Ide kegiatan Ramadan kreatif

Ide Kegiatan Ramadan Kreatif Bersama Keluarga

Ħăi … Saat puasa Ramadan kegiatan apa yang biasanya kamu lakukan? Menanti bedug Maghrib, ya. Hehe. Ini sudah pasti dilakukan oleh semua orang kok. Namun, ada juga yang punya ide kegiatan Ramadan kreatif yang bikin waktu puasa kita jadi terasa lebih cepat. Apa, ya!

Kegiatan Ramadan Bersama Keluarga

Saat Ramadan memang lebih terasa nikmat jika kita berkumpul bersama keluarga. Namun, kenyataannya tidak semua orang berada dalam kondisi seperti yang diharapkan. Apa pun kondisinya kita tetap berusaha melakukan ibadah Ramadan seoptimal mungkin. Deal, ya.

Kegiatan Ramadan Bersama Keluarga

Berharap semua ibadah yang kita lakukan semakin mendekatkan diri dengan Sang Khalik. Terlebih bulan Ramadan hanya dinikmati setahun sekali. Sebulan berpuasa dan melakukan ibadah sunah lainnya, salat tarawih, tadarus juga berzakat. 

Nikmatnya berpuasa bersama keluarga adalah merasakan kebersamaan dan bisa saling menunjukkan kasih sayang satu sama lain. Menyiapkan takjil, salat tarawih juga tadarus bersama yang biasanya dilakukan setelah sahur dan bada Maghrib. 

Tentu kebiasaan setiap keluarga berbeda-beda. Ada yang melakukan salat tarawih bersama kemudian dilanjutkan tadarus atau menjalankan salat tahajud bersama dilanjutkan sahur. 

Ramadan merupakan bulan  pembentukan diri. Sebulan berpuasa dan melakukan amalan ibadan lainnya akan menempa diri kita dengan hal-hal yang belum biasa dilakukan. Ingat pepatah ‘bisa karena biasa’. 

Namun, Ramadan tidak hanya sekadar menjalankan ibadah saja, tetapi juga melakukan kegiatan kreatif lainnya yang nantinya bisa terus dilakukan dihari-hari mendatang. Termasuk juga disaat sedang liburan

Ide Kreatif Kegiatan Ramadan

Aktivitas yang dilakukan saat berpuasa selain untuk menjaga kebugaran tubuh juga agar waktu yang dilalui tidak membosankan. Berpuasa tidak menghalangi seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas seperti hari-hari biasanya. 

Alasan berpuasa bikin tubuh lemas dan ngantuk tentu akan terbantahkan. Faktanya puasa tidak akan menghambat aktivitas yang dilakukan, selama kita melakukannya dengan baik dan berlebihan. Ada 7 ide kegiatan Ramadan kreatif yang bisa kamu lakukan, yaitu :     

1. Baca Buku Cerita

Ide Kreatif Kegiatan Ramadan

Bakal seru kalau baca buku bersamaan, yaitu ayah, ibu dan anak-anak. Ya, baca buku cerita anak. Orang tua bisa membacakannya dengan suara nyaring atau membacakannya seperti mendongeng. 

Selain buku cerita bisa juga dengan buku sejarah nabi, fabel atau komik. Hal ini tidak hanya akan memantik minat baca anak. Lebih dari itu bermanfaat juga untuk orang tua yang membacakan, yaitu bisa meningkatkan kemampuan otak.     

2. Menyiapkan Takjil

Kegiatan menyenangkan yang satu ini diminati oleh banyak orang. Membuat sajian menu berbuka Ramadan. Kolak manis, es buah, gorengan, dan menu takjil lainnya. Kemudian setelah semua menu siap, akan disajikan dalam wadah tertentu atau untuk es buah bisa menyimpannya dalam kulkas dahulu agar rasanya tambah nikmat. 

Di waktu tertentu kita juga menyempatkan diri untuk bisa berbagi takjil dengan sesama. Membuat jenis makanan tertentu kemudian mengemasnya dengan rapi dan membagikannya pada orang sekitar atau menyalurkannya pada tempat yang membutuhkan, seperti panti asuhan, lembaga sosial, atau masjid. 

3. Membersihkan Rumah

Saat liburan datang biasanya kita memang memilih untuk bisa melakukan traveling bersama keluarga. Namun, keinginan tersebut tidak selalu dapat dilakukan karena berbagai alasan. Nah, kegiatan kreatif yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah membersihkan rumah. 

Ada yang bagian membersihkan kaca dan langit-langit rumah, menyapu dan mengepel, membersihkan kamar mandi atau membersihkan kamar masing-masing. Setelah melakukan kerja bakti, kemudian kita bisa beristirahat. Bersih sudah, deh rumahnya.

4. Membuat Kue Bersama

Membuat Kue Bersama Keluarga

Siapa, sih, yang tidak suka makanan manis dan lezat. Dijamin bakal nggak ada yang mampu menolak makanan ini. Bahkan makanan ini tidak kuat berlama-lama karena cepat ludes alias dimakan sampai habis bis. 

Berpuasa dan menikmati kebersamaan dengan membuat makanan kesukaan bersama akan terasa lebih seru dan menyenangkan. Walaupun nantinya banyak perkakas yang digunakan. Hehe. Maklum anak-anak terkadang punya keinginan untuk mengikuti dunia imajinasinya sendiri. 

Sambil membuat kue dia juga bermain apa yang diinginkannya. Tepung dianggapnya sebagai pasir laut yang akan dimainkannya atau saat membentuk adonan kue jadinya tidak beraturan. Meskipun demikian semua tetap menikmati kebersamaan ini. 

5. Mengajak Anak Berbebagi dengan Sesama

Sebagai manusia sosial tentu keberadaan sesama di sekitar kita sangatlah mendukung satu sama lain. Kehidupan ini akan terasa semakin hampa jika kita seorang diri. Tidak ada teman yang berbagi dengan kita juga saat membutuhkan tidak ada yang mau membantu.

Tak dipungkiri kehidupan egosentrisme melanda kota besar, tetapi tidak semuanya memiliki perasaan itu. Masih ada rasa kepedulian yang tertanam dalam jiwa mereka. Mau mengulurkan rasa simpati kepada yang membutuhkan dengan apa yang dimilikinya, harta, pemikiran atau tenaga.

Ramadan membantu kita meluluhlantakkan sikap keegosentrisan, keangkuhan dalam diri dengan membuka hati untuk mau bederma. Bersama keluarga, menyiapkan sajian untuk takjil dan berbagi dengan sesama. Bentuk kasih sayang ini nantinya akan teperlus dalam jiwa anak-anak.

Saat sepuluh hari terakhir kita juga diingatkan untuk melakukan zakat fitrah dengan 2,5 kg beras atau dapat juga berupa uang senilai Rp 40.000; per jiwa. Batas akhirnya adalah sebelum melaksanakan salat Id.     

6. Bersilaturahmi

Indahnya bersilaturahmi dengan kerabat, sanak saudara juga teman. Ada keharmonian yang tercipta didalamnya. Rasa kasih sayang dengan penuh cinta yang akan membuat hati saling terpaut satu sama lain. 

7. Belajar Mengaji

Tadarusan Bersama Keluarga

Tadarusan di bulan Ramadan sudah biasa dilakukan. Tidak sedikit yang menargetkan diri untuk mengkhatamkan tilawahnya hingga beberapa kali. Namun, untuk anak-anak tentu belumlah memahami hal tersebut. 

Belajar mengaji akan memupuk kemampuan anak dalam mengenal dan memahami bagaimana cara membaca dan melafalkan huruf hijaiyah dengan baik. Membaca Al-Qur’an bersama-sama atau saling bergantian akan membantu kelancaran dan keaktifan anak di hari-hari selanjutnya. 

Penutup

Ide seru kegiatan Ramadan kreatif bersama keluarga begitu banyak. Kegiatan ini akan menautkan hati antar anggota keluarga. Tertanam rasa kasih sayang, kepedulian, dan saling memahami. Semua terpatri dalam jiwa. Ibadah Ramadan memang mampu menyatukan hati semua anggota keluarga.  

Salam sayang,

Share the article :

3 komentar untuk “Ide Kegiatan Ramadan Kreatif Bersama Keluarga”

  1. Ping-kembali: 5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Berpuasa Ramadan - UmmiSyifa.com

  2. Ping-kembali: Resep Aneka Takjil Favorit Keluarga yang Istimewa - UmmiSyifa.com

  3. Ping-kembali: 7 Kegiatan Seru Saat Menunggu Waktu Buka Puasa - UmmiSyifa.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *