Cara-Mendapatkan-Uang-dari-Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Ini Tipsnya

Cara mendapatkan uang dari blog, mungkinkah? Anggapan bahwa menjadi seorang blogger itu mudah dan menyenangkan memang sudah menunjukkan hasilnya. Tidak sedikit blogger yang berhasil mendapatkan pundi-pundi uang dari tulisan yang dibuatnya. 

Mereka tidak hanya rutin mengupdate blog pribadinya saja, tetapi juga terus berusaha mengembangkan kemampuannya di sektor lain. Tentu yang sesuai dengan keahliannya dalam dunia literasi. Hasil yang mereka dapatkan memang sebanding dengan usaha keras yang sudah dilakukannya. Faktanya seperti apa yang didapatkannya saat ini. 

Darimana Blogger Mendapatkan Uang

Short Course Blogger yang digagas oleh Mbak Jihan Mawaddah, Mbak Shafira Adlina dan Mas Rozak jelang akhir bulan Oktober lalu, alhamdulillah jadi tambahan amunisi untuk terus mengoptimalkan blog yang sudah dibuat ini. 

Darimana Blogger Mendapatkan Uang

Bagi para blogger nama mereka tentu sudah tidak asing lagi, bahkan jadi inspirasi untuk mengikuti jejak yang sudah dilakukannya. Kemampuan menulis mereka sudah bisa memberikan hasil nyata, ya tentu dengan penuh kegigihan dan keuletan untuk meraih semua itu. 

“Jadilah seperti batu karang yang dihantam ombak. Batu karang itu terus berdiri tanpa bergerak dan ombak masih terus menghantamnya.” ~ Marcus Aurelius

Sebut saja Mbak Jihan yang sudah beberapa kali menang lomba blog. Secara terbuka menjelaskan kalau total yang sudah didapat kurang lebihnya sekitar 30-an juta. Woow, nilai ini belum termasuk angka keseluruhan lho. Mantap ya. Mbak Shafira pun pernah jadi pemenang lomba dan mendapatkan tambahan proyek dari agency untuk bekerja sama. 

Sedangkan Mas Rozak punya kemampuan dalam dunia adsense. Tak heran rasanya kalau saat ini sudah mempunyai banyak blog dan terus dikembangkan bahkan sudah membuat terobosan baru dengan membuat blog luar negeri (maksudnya berbahasa Inggris).

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Kalau mendengar dan tahu bagaimana keberhasilan yang sudah diraih para blogger handal seperti mereka, tentu bikin kita ingin ikutan. Termasuk saya tentunya. Siapa sih yang tidak ingin jadi pemenang lomba dan mendapatkan hadiah menariknya. Uh, harapan banget ini tuh. 

Infografis-Cara-Mendapatkan-Uang-dari-Blog

Namun, untuk mendapatkan uang dari ngeblog tidak hanya diraih dari ikutan lomba saja. Mbak Shafira memberikan penjelasan kalau ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tulisan yang kita buat bisa lebih menghasilkan, antara lain :

1.Content Writer

Adalah jasa penulisan konten yang sesuai dengan permintaan dan relevan dengan platform yang akan dituju. Misalnya seorang blogger menjadi content writer di media kesehatan, maka artikel yang dibuat tentu sesuai dengan media tersebut. 

2.Sponsor Post

Yaitu menulis artikel di blog pribadi yang bertujuan untuk mempromosikan produk/menanam backlink/meningkatkan awareness atau keperluan lainnya. Cara mendapatkannya melalui agency atau komunitas blog. 

3.Content Placement

Agency sudah menyediakan tulisan dan bertujuan untuk memasang iklan/backlink kepada blogger.

4.Afiliasi

Yaitu blogger mendapatkan komisi dari pemilik produk setelah berhasil dan sukses membuat konsumen melakukan pembelian atas produk tersebut.

5.Iklan

Pemasangan iklan tersebut didapatkan dari google adsense. 

6.Lomba Blog

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, yaitu :

  • Menjadi ajang untuk mengukur kemampuan menulis
  • Menambah wawasan dari tema lomba yang dituju
  • Mendapatkan benefit dan popularitas
  • Menjadi penyemangat untuk berani terus mencoba

Berapa Lama Menghasilkan Uang dari Blog

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan tentu membutuhkan effort yang tidak sedikit. Ada yang jatuh dan bersedih, tetapi semua itu tidak membuat blogger patah semangat lalu menyerah. Mbak Jihan awal mula ikutan lomba juga tidak langsung menang seperti saat ini. 

Menurutnya kekalahan yang dialami jadi penyemangat untuk menggali apa kekurangan yang sudah dilakukan. Mencoba mencari tahu bagaimana sebenarnya tulisan para pemenang lomba. Apa saja sih kelebihan konten mereka.

Setelah coba menyelidiki satu persatu, ternyata memang tulisan yang dibuatnya masih memiliki kekurangan. Hingga akhirnya mencoba kembali di lomba blog selanjutnya dengan persiapan yang lebih matang dan penampilan menarik. Alhasil usaha itu membuahkan hasil yang membahagiakan.

Mas Rozak pun hampir sama dengan Mbak Jihan. Blog yang dikembangkannya sejak masa kuliah tidak langsung membuahkan hasil seperti saat ini. Bahkan Mas Rozak sempat jatuh karena blog yang dibangunnya menghilang (domain habis dan alasan lainnya). Namun dia berusaha untuk menguatkan diri kembali dengan membangun satu persatu blog dan terus berusaha mengoptimalkan isinya.

Ini memberikan gambaran bahwa meniti sebuah blog tidaklah mudah. Perlu ada usaha dan kerja keras agar blog yang kita bangun terus jadi lebih baik. Misalnya semula hanya ingin menulis karena ingin mengungkapkan isi hati. Namun setelah tahu tentang SEO, isi blognya jadi lebih menarik lagi dan mulai ada trafik yang lebih jelas.  

Tentu ini jadi suatu hal yang membanggakan, bahkan bikin kita jadi terus berpacu lagi. Meningkatkan DA/PA, semakin banyak tawaran agensi yang masuk atau mendapatkan kesempatan yang lebih menjanjikan. Duh, jadi menyenangkan ya. 

Proses Belajar Dan Semangat Diri

Untuk semakin menguatkan diri menjadi seorang blogger, hal pertama yang perlu kita tanamkan adalah menetapkan tujuan ngeblog. Apa sih tujuan kita ngeblog? Apakah hanya sekadar ingin mendapatkan uang saja, mau sharing seputar kehidupan yang dijalani seperti traveling, cooking, dll. 

Setelah menetapkan tujuan ngeblog, kita jadi tahu langkah apa yang sebaiknya dilakukan. Lebih lanjut Mbak Shafira mengingatkan akan beberapa hal berikut, yaitu :

1. Niche Blog

Isi blog yang diinginkan seperti apa, tentang memasak, hobi, traveling, parenting, teknologi. Hal ini nantinya akan mempengaruhi pembaca yang singgah ke blog kita. 

2. Percaya Diri

Setiap orang memang memiliki kelebihannya masing-masing. Namun bukan berarti kita menjadi orang yang mudah rendah diri dan minder. Selama kita mau terus belajar dan berusaha, apa yang kita harapkan tentu secara perlahan dapat terwujud. 

3. Mencoba Terus dan Tidak Menyerah

Menulis memang tidak mudah dilakukan. Seringkali ada saja godaan yang datang. Tidak ada ide, kurang percaya diri, merasa tulisannya kurang meyakinkan atau banyak typo disana sini. Namun merasa sayang dengan blog yang sudah dibuat. Apakah harus berhenti sampai di sini saja?

Tentu keputusan ini bukan solusi. Kita bisa cari komunitas yang mampu membangkitkan semangat untuk terus berjuang mempertahankan dan mengembangkan blog. Adanya kebersamaan bisa membuat kelemahan diri jadi berkurang dan kekurangan diri jadi pemantik untuk terus maju.    

4. Kuasai Literasi dan Terus Belajar

Kemampuan menulis kita tentu tidak bisa langsung sempurna, baik dari segi tata bahasa juga tanda baca. Kunci menulis adalah membaca dan membaca. Karena nantinya kita bisa mendapatkan banyak ilmu dari kegiatan ini. 

Lebih tegas Mbak Shafira menjelaskan bahwa menulis itu soal pembiasaan. Jadi kitalah yang perlu membiasakan diri dengan kegiatan ini dan disiplin.

“Menulis butuh improvisasi dan kuantitas di atas kualitas. Semakin sering menulis maka akan semakin mudah membuat tulisan yang berkualitas.” ~ Shafira Adlina   

5. Tingkatkan Kualitas Tulisan

Pernahkah membandingkan tulisan yang pertama kali kita buat dengan yang saat ini? Saat saya coba lakukan evaluasi akan hal ini, ternyata memang nyata perbedaannya. 

Saat awal pemahaman tentang cara penulisan masih sangat awam, tetapi saat membaca ulang tulisan saat ini memang terasa bedanya. Meskipun masih jauh dari baik, karena itu berusaha untuk terus belajar. 

Mencoba Terus dan Tidak Menyerah

Tips Menang Lomba Ngeblog

Menang lomba blog, pasti semua berharap. Terlebih saya, hehe. Memang sih, tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu effort yang besar dan disiplin. Mbak Jihan yang sudah beberapa kali memang lomba blog memberikan beberapa tips penyemangat untuk yang ingin mengikuti jejaknya, yaitu :

1. Pelajari Tema dan Lakukan Riset

Setiap lomba blog tentu mengusung tema tertentu dan jika kita tertarik dengan tema tersebut, maka pelajari lebih dalam. Kemudian lakukan riset sebagai bahan tulisan yang akan dibuat nantinya. Apa maksud tema itu, sisi apa yang unik dan menarik sehingga layak untuk diangkat.  

2. Buat Pokok Bahasan yang Unik

Bahan riset yang sudah didapatkan bisa menjadi pokok bahasan yang unik dengan pengemasan yang tepat. Tentu ada keterkaitan antara judul dan paragraf penghubung selanjutnya. Diharapkan pokok bahasan ini bisa membuat juri dan pembaca merasa betah dan menikmati semua tulisan yang kita buat dengan sepenuh hati.   

3. Mengaitkan Tema dengan Pengalaman Pribadi 

Jika memungkinkan kaitkan tema dengan pengalaman yang kita alami. Bisa juga kisah teman/kerabat/orang lain yang menjadi inspirasi. Kemudian meramunya hingga menjadi sebuah kisah menarik, tetapi kisah ini nantinya bisa kita perjelas di bagian akhir bahwa pelakunya adalah A yang merupakan seorang kerabat terdekat. 

4. Gambar dan Infografis Pendukung

Adanya gambar yang sesuai dengan tema tentu akan membuat tulisan kita jadi lebih menarik. Apalagi jika ditunjang dengan infografis yang tepat. Keterangan dalam infografis nantinya akan mampu menjelaskan tentang tulisan yang kita buat. 

5. Data Pendukung yang Mampu Menguatkan Tulisan

Data pendukung yang dimaksudkan bisa kita dapatkan dari hasil riset yang kita lakukan. Misalnya dari jurnal, buku yang kita baca atau literasi lainnya. 

6. Tulisan Mampu Memberikan Manfaat

Setiap blogger tentunya berharap bahwa tulisan yang dibuatnya mampu memberikan manfaat untuk pembaca. Bisa berupa informasi yang aktual, sharing pengalaman atau info tips tertentu.  

7. Tawakal  

Segala bentuk upaya yang kita lakukan merupakan ikhtiar kita untuk mendapatkan sesuatu. Kemudian didukung dengan doa agar apa yang diharapkan dapat terwujud nyata dan pada akhirnya hasil yang didapatkan merupakan bentuk yang terbaik untuk kita. 

“Siapapun yang berlatih selama 10.000 jam dengan disiplin di bidang tertentu. Maka ia akan ahli di bidang itu.” ~ Malcolm Gladwell

Optimasi SEO dan Artikel Untuk Google Adsense

Di hari terakhir, giliran Mas Rozak yang berbagi ilmu tentang dunia SEO. Ngeblog plus SEO memang jadi paketan yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Ada keterkaitan satu sama lain. Tujuannya agar konten yang kita buat nantinya dapat dibidik oleh google. Tipsnya adalah :

1. Niche Blog Terfokus

Membuat blog dengan satu niche tentu akan lebih memudahkan dalam pengisiannya. Namun bukan berarti blog dengan banyak tema tidak bisa ya, tetap bisa dan yang terpenting terus istikamah. 

2. Lakukan Riset Keyword

Riset keyword bisa dilakukan dengan bantuan ubersuggest atau melalui google keyword. 

3. Membuat Pilar Keyword dan Golden Keyword

Pilar keyword adalah tulisan panjang yang menjelaskan tentu suatu hal sesuai niche (sekitar 1500 karakter). Kemudian didukung dengan tulisan golden keyword (sekitar 500 karakter). 

Pembahasan tentang SEO sebenarnya panjang dan sangat menarik. Namun penguasan saya akan hal ini masih berproses, jadinya ada yang bisa saya mengerti dan banyak yang perlu diperdalam lagi. 

Penutup

Cara mendapatkan uang dari blog, tentu jadi harapan banyak blogger. Ada yang berusaha dengan terus belajar dan mencoba membuat berbagai konten yang menarik. Selanjutnya mencoba berbagai ajang lomba untuk semakin menguatkan kemampuan diri atau ikut komunitas agar dapat job tertentu. 

Menjadi seorang blogger memang tidak bisa langsung matang dengan sendirinya. Akan ada banyak ujian agar kita benar-benar semakin mantap untuk terus memaksimalkan diri dalam dunia ini. Terus belajar dan belajar. Dari satu coach ke coach yang lain. Seolah kita haus akan ilmu. Inilah nikmat yang membahagiakan. Bertemu dengan banyak blogger dan berusaha saling menguatkan juga. 

Ngeblog merupakan proses jangka panjang yang sepatutnya dapat kita nikmati prosesnya. Alhamdulillah sharing ilmu di Short Course Blogger oleh Mbak Jihan Mawaddah, Mbak Shafira Adlina dan Mas Rozak memberikan banyak wawasan ilmu yang berguna. Terima kasih atas ilmunya Mbak dan Mas. Semoga semangat kalian mampu tertular kepada saya dan bisa menjadi salah satu blogger yang bermanfaat. Aamiin.  

 

Salam,  

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *