Lifestyle

Membaca Meningkatkan Kemampuan Otak, Benarkah?

Baca buku meningkatkan kemampuan otak

Helo sobat … Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membaca buku. Benarkah membaca bisa meningkatkan kemampuan otak kita? Ada banyak jenis buku yang menjadi kesukaan kita. Romance, inspirasi atau religi. Buat saya sih, semua buku punya isi yang menarik, jadi tidak hanya terfokus dengan satu atau dua genre saja yang di suka.

Setiap orang tentu punya alasan tersendiri dengan pilihannya. Jadi apapun itu yang penting tetap berusaha menikmati hari-hari dengan buku kesukaannya masing-masing. Apalagi zaman digital ini, membaca buku tidak selalu dalam bentuk fisik, tetapi bisa dinikmati juga melalui e-book, tetapi tetap pilih yang legal ya dan ada banyak pilihan juga kok.

Baca buku meningkatkan kemampuan otak

Menikmati hari dengan baca buku

Bagi sebagian orang membaca buku mungkin jadi pilihan yang kesekian dalam mengisi waktu setiap harinya. Namun, saat pandemi ini, ada banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari yang kita lalui dan baca buku jadi hal yang menyenangkan. Benar nggak sih?

Minat baca memang perlu terus di pupuk sedari dini supaya generasi muda bisa terus berkembang lebih baik dan menjadikan buku sebagai sahabat sejatinya. Era digital ini minat baca bisa terus ditingkatkan dengan adanya aplikasi yang memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan itu. Dari aplikasi ini kita bisa menikmati berbagai jenis bacaan yang kita suka.

Aplikasi yang bisa dijadikan pilihan juga beragam seperti iPusnas, Wattpad, iJakarta, Novel Nusantara juga Amazon Kindle. Pengalaman dari baca ebook melalui iPusnas, saya bisa memilih berdasarkan penulis buku yang inginkan, misalnya untuk novel dari Tere Liye, Dee Lestari atau Andrea Hirata.

Memang tidak semua penulis akan tersaji ebooknya di aplikasi ini, tetapi kita bisa memilih jenis buku lain yang tak kalah menariknya. Jadi tetap bisa mendapat buku menarik lain yang kita inginkan.

 

 

Baca : Review buku Ibuk

Membaca Meningkatkan Kemampuan Otak

Ada banyak buku yang menarik dan novel biasanya jadi buku pilihan yang begitu menggoda, termasuk saya yang menjadi novel sebagai salah satu buku favorit . Novel juga banyak macamnya, seperti romance, action, fantasy, thriller, horor. Nah, kamu termasuk penyuka jenis novel yang mana?

Setiap genre fiksi juga mempunyai keunggulannya masing-masing, bahkan bisa memberikan imajinasi tersendiri buat pembacanya. Apapun pilihan genre yang kamu suka, tetap bisa memberikan sisi positif, salah satunya meningkatkan minat membacamu dengan jenis genre yang lain.

Manfaat yang bisa didapatkan dengan membaca buku fiksi, antara lain :

  • Meningkatkan minat membaca
  • Menambah kosakata
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Menambah semangat
  • Menambah pengetahuan.

Baca buku meningkatkan kemampuan otak

Baca buku selain memberikan tambahan ilmu juga bisa membantu kinerja otak. Menurut The Best Brain Possible, kebiasan baca buku pada seseorang akan mampu meningkatkan daya ingatnya. Kata-kata yang terangkai ataupun gambar yang ditampilkan akan membantu neurobiologis berproses, sehingga tidak hanya penglihatan yang bergerak aktif, juga memperkuat jaringan otak untuk mengingat akan kalimat yang telah di baca.

Ada banyak manfaat yang didapat dengan kesukaan kita membaca buku dan hal ini tidak hanya dirasakan oleh kalangan usia tertentu saja, tetapi semuanya yang suka dengan membaca.

Apapun jenis buku yang menjadi pilihan, bukan hal yang sulit untuk memulai kebiasaan ini. Hanya awalan yang terlihat sukar dilakukan, tetapi selanjutnya bisa menjadi suatu kebiasaan baik dan akan terus menerus dilakukan. Karena tanpa kita sadari kebiasaan membaca ini sebenarnya sudah biasa kita lakukan sejak kecil hanya saja dengan kapasitas yang belum terlalu besar, seperti membaca info melalui social media, iklan di media, dll.

Baca buku merupakan bagian yang penting dalam menikmati kehidupan ini. Ada banyak hal yang nantinya bisa kita dapat dengan membaca, baik berupa ilmu, pengalaman, menambah ide juga bisa berimajinasi. Menurutmu apa yang paling menarik dari membaca buku? Yuk sharing …

 

Salam,

 

Referensi :
www. halodoc.com

 

 

 

 

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(32) Komentar

  1. Susana Devi Anggasari menulis:

    Saya sangat setuju, Mbak. membaca adalah batu asah agar otak tidak tumpul. Membaca juga melatih nalar berkembang.

    1. Iya Mbak. Pokoknya baca buku bikin kita makin melek ilmu deh.

    2. Setuju… Membaca mencegah agar tidak mudah Pikun dan tentu saja makin pinter. Dan, bagi penulis membaca memang inputnya, jadi wajib baca

      1. Iya Mbak. Banyak manfaat yang didapat dengan terus membaca dan membaca.

  2. minat bacaku sama buku menurun drastis sejak 2019 nih mba, kalo aku baca buku masih konteksnya konvensional, alias pake buku text book, belum ke ebook nih

    1. Di coba saja Mbak. Awalnya memang terasa beda, tapi setelah di nikmati nantinya enak juga kok.
      Meskipun buku fisik tetap jauh lebih nyaman.

  3. Setuju banget nih mba dengan pemaparannya. Bagi saya yang hingga kini masih setia dengan text book ketimbang e-book, justru lebih dapat feelnya ketika baca hehe. Apalagi, saat ini lagi senang banget berburu novel jadul, ahh jadi nagih wkwwk

    1. Sama donk Mbak. Saya juga lagi suka novel nih, lagi cari penulis yang beda. hehe.

  4. minat baca buku saya makin turun . masih seneng buku fisik daripada ebook

    1. Baca ebook juga nggak masalah kok Mbak, yang penting kita tetap menikmati isinya.

  5. Duh, saya masih PR nih. Rajin baca bukunya, pas ikutan challenge doang. Giliran enggak ada temennya, enggak ada lingkungan yang mendukung, semangat membacanya kok jadi loyo lagi … Duh, jangan ditiru, ya. 🙈

    1. Membaca memang banyak godaannya Mbak. Termasuk saya juga suka begitu kok, hehehe.

  6. saya sampai hari ini membaca buku dengan buku aslinya ketimbang yang sudah e-book, kenapa karena suka dicoret2 ditandai dan mudah aja nyarinya, ga khawatir baterainya habis. selain itu menurut saya betul dengan penjelasan kakak, saya merasa dengan membaca saya lebih berkonsentrasi dan wawasan saya makin bertambah dna tentu saja membuat minat bacanya makin meningkat karena penasaran

    1. Saya suka baca ebook juga belum lama ini kok, alasannya karena bisa mudah dibawa kemanapun dan lebih banyak variasi bukunya tanpa harus membeli.
      Namun adanya buku fisik tetap tidak bisa tergantinya nikmatnya.

  7. jadi bener ya mbak membaca meningkatkan kemampuan otak. aku baru tau ali bin abi thalib berbicara seperti itu tentang buku. ah baca buku lagi

    1. Yuk Mbak, kita baca buku bareng. Apapun buku yang kita pilih nggak masalah yang penting kita menikmati isinya.

  8. menurut sy siy benar mbak, bahwa membaca dapat menguatkan ingatan dan menambah wawasan. apapun genre bacaannya, pasti ada pesan yang dapat kita ambil loh, sekaliun itu dari sebuah novel. Semangat membaca yuk, sy skrng lagi senang membaca ebook.

    1. Wah kita salam donk Mbak, lagi senang baca ebook. hehehe.

  9. buku apapun, genre apapun sebenarnya tidak masalah ya kak
    setidaknya ada minat baca di dalamnya
    bahkan dari sebuah novel saya penasaran pada satu karakter hingga akhirnya saya suka biogragrafi

    1. Betul buku apapun tentu punya kelebihannya masing-masing, yang penting tetap ada waktu untuk membaca.
      Kenalan dengan penulis juga dari hasil tulisannya ya Mbak.

  10. Bener banget mbak, suka baca biki wawasan dan pengalaman imajinasi kita bertambah

    1. Baca buku memang bikin pemikiran kita juga jadi beda ya Mbak.

  11. Aku belakangan lebih sering dengerin podcast atau nonton youtube mbak untuk upgrade ilmu. Meski begitu, buku itu ya tetep jadi sumber yang dibutuhin juga. Apalagi penulis. Kalau nggak baca buku kan jadi nggak bisa belajar dari tulisan orang lain.

    1. Wah saya belum coba podcast nih. Ketinggalan nggak ya.
      Lagi menikmati ebook.

  12. Bener. Membaca itu seperti mengasah pisau agar enggak tumpul Mbak.

    Akhir-akhir ini enggak ada waktu untuk memaksa baca, berasa lemot nih kalau mikir 🙈😁

    1. Kalau sedang banyak aktivitas memang bikin keinginan baca kurang, tapi sekarang ada ebook sih, jadi bisa lebih mudah juga milih bukunya.

  13. Hobi saya baca buku Mbak. Suka buku apa aja sebenarnya. Namun saya menyukai novel bergenre romance. Entah, saya suka banget. Membaca membuat saya belajar menulis juga, sekalian menggali ide-ide dalam tulisan cerpen dan novel saya.

    1. Wah sudah banyak buku yang berhasil di lahap donk Mbak.
      Novel romance memang banyak peminatnya ya, termasuk saya. hehe.

  14. Aku suka baca buku pas sudah dibaca, Eeee related banget dengan masalah yang dihadapi. Merasa dapat semangat dari buku yang dibaca itu sesuatu banget. Bersyukur. Terkadang memang sengaja baca buku, pikiran jadi fresh, beban hidup jadi lebih ringan rasanya.

    1. Setuju. Kalau lagi mood kurang ok, paling enak memang cari bacaan yang ringan tapi bikin segar. Biasanya saya pilih novel sih. hehe.

  15. Fenni Bungsu menulis:

    Baca menjadi tahu dari sebelumnya tidak tahu, dan jadi mengetahui sehingga mendapat respon bagus untuk otak, gitu kali ya, haha, makanya perlu banget untuk baca yang bagus dan bermanfaat

    1. Bacaan yang bagus selain akan terus diingat juga bisa dicoba untuk di praktekan juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *