Saat Waktu Libur Tiba

Saat Waktu Libur Tiba, Ini yang Dilakukan

Ђคll๏ … Asyik sudah mulai liburan. Anak sekolah libur selama dua minggu dan yang kerja libur selama 4 – 7 hari. Apa yang sebaiknya dilakukan saat waktu libur tiba. Perlu ada rencana yang matang, nih. Jadi waktu yang dijalani nantinya nggak terbuang begitu saja. Apa pun kegiatannya yang penting sekarang senang dulu karena sudah libur. Yeay ….

Libur t’lah tiba

Libur t’lah tiba

Hore hore hore …

Libur Telah Tiba

Masih ingat lagu ini nggak. Lagunya asyik, ya, dan pas banget dengan kondisi hari ini. Libur t’lah tiba …Libur jelang Ramadan. Ada yang ingin mudikkah? Eeit, tahan dulu, deh. Beberapa area sudah ada penjagaan ketat, lho. Alhasil yang ketangkap akan diminta untuk putar balik alias tidak boleh mudik. 

Libur Telah Tiba

Larangan mudik ini sudah disampaikan sejak jauh hari. Meskipun demikian tetap saja ada yang tidak ikut aturan main. Alasannya sebenarnya nggak salah, sih. Kangen dengan keluarga dan ingin merasakan lebaran bersama-sama. 

Namun, lagi-lagi diingatkan kalau kondisi saat ini berbeda. Kita masih hidup berdampingan dengan pandemi. Pasien yang sembuh memang sudah meningkat, dan vaksinasi Covid-19 terus disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkannya.

Meskipun begitu bukan berarti kondisi saat ini sudah dikatakan stabil seperti sebelum pandemi. Tahukah, saat ini sudah ditemukan varian mutasi virus Covid-19 dan menurut WHO penularan varian mutasi virus ini relatif lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. 

Berdasarkan data Satgas Covid-19, per 3 Mei 2021 di Indonesia sudah ditemukan 16 kasus positif varian mutasi virus. Untuk mencegah penyebaran virus ini, maka kita semua dihimbau untuk lebih aware lagi dengan kondisi yang terjadi. 

Salah satunya dengan tidak mudik dulu. Rindu sangat, sudah pasti, tetapi untuk menjaga kesehatan bersama ada baiknya kita ikuti saran pemerintah. Menahan diri untuk saling menjaga dan disiplin dengan 3M. 

Liburan di Rumah Aja

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama masa liburan berlangsung. Menikmati kebersamaan dengan keluarga dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan, antara lain :

1. Membersihkan Rumah

Saat waktu libur tiba, hal pertama yang dilakukan adalah mengajak anak dan keluarga membersihkan rumah. Bagaimana caranya? Anak-anak membersihkan sekitar kamar dan meja belajar mereka. Anak yang lebih besar membantu membersihkan kamar mandi dan pekarangan. 

Buat rincian tugas yang jelas sehingga anak-anak bisa memahami dengan baik tugas yang mereka perlu kerjakan. Bunda juga bisa mendampingi dan mengawasi apa yang mereka lakukan.

2. Ajak Anak Membaca Buku Cerita

Kegiatan Waktu Liburan

Liburan sekolah bukan berarti anak-anak hanya berdiam diri saja atau mengisi waktu dengan bermain terus. Tentukan waktu yang jelas kapan mereka perlu membaca buku kesukaan. 

Bagaimana jika mereka merasa bosan? Berikan jeda dan Bunda bisa melanjutkannya dengan membacakan kisah yang ada di buku cerita tersebut. Ini akan memancing anak untuk nantinya membaca sendiri. 

3. Menata Ulang Rumah

Melakukan kegiatan bersama tentu jauh lebih menyenangkan dibandingkan seorang diri. Kegiatan menata ulang rumah tentu membutuhkan waktu yang lama. Maka libatkan anak-anak juga anggota keluarga lain agar nantinya mereka memberikan ide-ide yang inovatif. 

Penataan rumah yang apik akan membuat penghuninya merasa lebih nyaman. Home Sweet Home. Menata ulang rumah juga bisa membantu membangkitkan ide, lho. 

4. Nonton Film

Nonton film atau tayangan tv bisa menjadi momen kebersamaan dengan keluarga. Pilih jenis film yang bisa dinikmati oleh semua umur dan mengandung pendidikan yang baik untuk anak. Apa pun yang nantinya mereka lihat juga dengar tidak memberikan dampak yang kurang baik bagi pertumbuhannya.  

5. Masak Bersama

Masak makanan kesukaan akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Ada yang memotong sayuran, meracik bumbu atau menyiapkan bahan pendukung lainnya. Waktu memasak pun jadi terasa cepat dan menyenangkan. 

Untuk Bunda yang memiliki anak balita bisa juga ikut melibatkan anak-anak dalam proses pembuatan. Namun, tidak bisa dilakukan dalam waktu yang lama karena biasanya anak-anak cepat merasa bosan. 

6. Bermain

Main ular tangga, congklak atau petak umpet bisa jadi pilihan untuk melakukan permainan bersama-sama. Rasa bosan yang dirasakan anak akan segera sirna dan membuatnya tersenyum setelah dilibatkan dalam permainan kesukaannya. 

 7. Tidur

Istirahat yang cukup tetap dibutuhkan saat liburan. Bahkan tidak jarang akan lebih memilih terus berada di peraduan sepanjang hari. Menikmati waktu libur dengan memanjakan tubuh. Namun, jika waktu tidur lama maka bisa membuat kepala terasa pusing dan tubuh jadi kaku. 

Nah, perlu waktu untuk melakukan penyegaran tubuh. Bisa dengan berolahraga atau melakukan aktivitas yang bikin tubuh bergerak dengan aktif. Misalnya membersihkan rumah.

 8. Bersantai Ria 

Bersantai Saat Liburan

Menikmati hari dengan bersantai ria di rumah tentu boleh-boleh saja, apalagi saat pandemi seperti saat ini. Tubuh akan melakukan proses relaksasi. Setelah olahraga pagi, kita bisa melakukan aktivitas yang kita sukai.

Misalnya membaca buku, menyalurkan hobi atau hanya sekadar nonton tv atau channel favorit. Waktu liburan memberikan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh juga kan. 

9. Belajar Mengaji

Semua kegiatan saat libur terasa berbeda dari kondisi biasanya. Selain melakukan aktivitas menyenangkan lainnya, bisa juga diisi dengan belajar mengaji. Memperdalam apa yang masih kurang dan perlu diperbaiki. 

Tips Mengisi Liburan di Rumah

Agar liburan di rumah semakin menyenangkan, perlu memperhatikan hal berikut ini :

1. Cukup Istirahat

Waktu libur bukan berarti kita begadang dengan nonton film hingga larut. Hal ini bisa membuat kondisi tubuh jadi terasa kurang nyaman. Tetap perlu mengatur waktu istirahat agar terpenuhi dengan baik sehingga kesehatan juga terjaga. 

2. Siapkan Aneka Camilan

Mengisi Waktu Liburan

Saat libur anak-anak membutuhkan makanan dalam jumlah lebih banyak, kenapa? Karena meskipun di rumah, mereka tetap bergerak dengan aktif. Sehingga membutuhkan asupan nutrisi pendukung untuk menjaga kebutuhan energinya. 

Camilan enak dan nikmat selalu dinantikan. Karena itu Bunda akan lebih kreatif menciptakan makanan yang disukai oleh anak-anak atau mencoba resep baru yang nantinya jadi kesukaan anak. 

Penutup

Saat waktu libur tiba, hati jadi happy. Yeey … Libur t’lah tiba. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama masa liburan. Mulai dari membersihkan rumah sampai bersantai ria bersama keluarga. 

Yuk, buat liburan ini jadi lebih berkesan dengan kegiatan yang menyenangkan dan penuh kebersamaan. Karena waktu libur tidak hanya untuk memanjakan diri saja agar waktu yang berjalan tidak cepat berlalu tanpa hasil. Kalau kamu waktu libur ngapain aja, nih. Ceritain donk. 

Salam,

Share the article :

7 komentar untuk “Saat Waktu Libur Tiba, Ini yang Dilakukan”

  1. Pingback: Ide Kegiatan Ramadan Kreatif Bersama Keluarga - UmmiSyifa.com

  2. Arif R (ardintoro.com)

    Wah saya juga seneng Mbak klo libur. Selama Pandemi klo libur biasa saya gunakan tuk nonton, sampai film² barat banyak yang katam, ya mau bagaimana lagi yang penting sehat.

  3. Nonton film dan memasak kegiatan yang hampir setiap hari aku lakukan Mba saat liburan di rumah saja. Terutama film animasi anak-anak. Karena biar bocah enggak bosan juga. Kita yang ngalah. Nanti gantian kita ajak masak ke dapur. Pinter-pinternya aja deh… hehehe

  4. Mengisi waktu liburan dengan menata ulang rumah mengasyikkan juga ya Mbak… kamar anak jadi lebih estetik dan betah menghuninya… ruang tamu, kamar utama, dapur, dan ruangan lainnya bahkan home office yang tren sejak pandemi.

  5. Lagi pandemi gini emang saat libur emang bagus dirumah aja tapi harus banyakin aktifiktas biar ga berasa bosen liburan di rumah aja, semoga pandemi segera berakhir biar bisa keluar2 dengan bebas tanpa khawatir virus

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *