Alasan kenapa perlu ngeblog

Ini 15 Alasan Kenapa Perlu Ngeblog

Ђคll๏ … Benar banget, menikmati hari dengan melakukan aktivitas rutin plus hobi bikin hidup kita jadi lebih bersemangat. Hanya fokus dengan rutinitas saja bisa bikin cepat bosan. Nah, salah satu aktivitas tambahan yang menyenangkan buat saya adalah ngeblog. Ada banyak alasan kenapa kegiatan ini disukai. Ini 15 alasan kenapa perlu ngeblog, dari sekian banyak alasan lainnya, lho.

Menulis di blog pribadi bisa menjadi ajang kita untuk merangkai kata demi kata. Apapun bisa kita tuangkan di dalamnya. Dari yang awalnya ragu, was-was dan khawatir dengan tulisan yang kita buat, berubah jadi lancar dan mahir menikmati proses menulis yang dilakukan. Nggak percaya? 

Alasan Kenapa Perlu Ngeblog

Setelah kita mendapatkan nama yang pas untuk blog pribadi, langkah selanjutnya adalah mengisinya sesuai tujuan awal. Bagaimana cara memulainya? Ini pertanyaan yang muncul dalam benak saya saat pertama kali membuat blog. 

Apalagi kemampuan menulis masih jauh dari kata baik, terus bagaimana cara memulainya. Kata apa yang sebaiknya dirangkai supaya bisa menghasilkan kalimat demi kalimat yang renyah. Bukan hanya pertanyaan ini yang muncul, ada rasa takut juga, lho

Alasan Kenapa Perlu Ngeblog

Khawatir kalau tulisan yang kita buat ternyata tidak layak tayang, banyak typo, kalimatnya tidak nyambung, dan kekhawatiran lainnya. 

Menurut blogger senior, kekhawatiran yang dirasa oleh blogger pemula adalah wajar. Sebagian besar juga merasakan kondisi yang sama, tetapi berusaha mengendalikan dan menikmati perasaan itu, hingga akhirnya berani juga terus mencoba tanpa pantang mundur. 

“ Apapun yang kita tanam nantinya akan menghasilkan buah kenikmatan. Oleh karenanya, hasil tidak akan pernah mengingkari setiap usaha yang telah kita dilakukan.”

Ini 15 Alasan Kenapa Perlu Ngeblog

1. Ngeblog Untuk Mencurahkan Isi Hati

Dikala pikiran terasa penat, banyak rasa yang terpendam, satu yang ingin kita lakukan. Ya, mencurahkan segalanya agar yang terpendam tidak terus membuncah. Lalu dimana, pada siapa dan kapan? 

Berusaha mencari orang yang tepat untuk dijadikan tempat curahan hati atau mengungkapkan segala yang dirasa kepada Sang Khalik. Eeit …  bisa juga dengan meluapkan semuanya melalui blog. 

Ada juga sih yang menulisnya lewat diary. Jadi ingat masa kecil dulu. Diary jadi tempat mencurahkan isi hati. Bisa dibawa kemanapun dan kita bebas mengungkapkan semuanya disana. 

Sekarang semuanya beralih media. Tempat untuk menulisnya lewat media digital, dan tetap bisa diakses dimanapun, bahkan bisa dibaca juga oleh orang lain. Apa isinya bisa hal yang pribadi? Untuk itu bisa disimpan saja dalam draft, jadi hanya bisa dibaca oleh diri sendiri.  

2. Menyalurkan Hobi

Kalau ditanya apa aktivitas kesukaan, jawabannya tentu ada membaca dan menulis. Memang masih banyak sih, aktivitas lainnya, seperti memasak, photography, traveling, berkebun dan aktivitas lain. 

Kegiatan ini bisa jadi pelengkap dalam menjadi rutinitas keseharian. Pekerjaan sehari-hari yang membuat diri merasa jenuh, bosan dan penat terasa mendapatkan suntikan baru setelah menikmati hobi. 

Apakah hobi bisa dikembangkan? Bisa banget. Tidak sedikit orang yang berhasil karena meningkatkan hobinya jadi aktivitas yang lebih serius. Jadi tidak dilakukan setengah-setengah lagi. Alhasil bisa menjadi sumber pendapatan dalam kehidupannya.  

3. Menjaga Kewarasan

Rasa penat dan banyaknya problematika kehidupan yang dialami membuat diri membutuhkan energi positif yang mampu menguatkan jiwa. Salah-salah jika tidak mampu mengontrolnya akan membuat emosi meningkat, rasa jenuh menumpuk dan akhirnya malas melakukan rutinitas sehari-hari. 

Self love hendaknya patut kita jaga. Caranya? Buat hati selalu bahagia. Simple kan. Bukan dengan menjadi konsumtif, atau sekadar kongkow dimanapun yang diinginkan. Namun agar bisa menata jiwa, kita perlu melakukan hal yang sekiranya membuatnya kuat.

Ngeblog menjadi salah satu aktivitas yang mampu menjaga kewarasan diri tersebut. Mungkinkah? Itu yang dirasakan oleh para blogger. 

4. Menjalin Persahabatan

Konten yang kita buat dan berhasil di publish nantinya tidak hanya dapat dinikmati oleh satu atau dua orang saja. Kita bisa menshare tulisan tersebut melalui media sosial, melakukan blogwalking atau sharing tulisan dengan blogger lain. 

Apa hasilnya? Akan membuat lingkup persahabatan jadi semakin luas. Ajang pertemanan tidak hanya dilakukan secara personal, tetapi juga bisa melalui grup. Antar individu nantinya bisa saling sharing, berbagi ilmu juga bersenda gurau. Nah, jadi makin serukan.

5. Meninggalkan Jejak Memori

Meninggalkan Jejak Memori

Setiap peristiwa yang kita alami nantinya akan menjadi sebuah kenangan indah. Akan lebih menyenangkan lagi kalau kenangan itu nantinya bisa tersimpan rapi dan bisa kita kenang kapanpun. 

Saat rasa kangen datang, kita bisa membukanya dan mengenang semua kejadian masa lalu itu. Membaca, melihat foto atau menonton video yang terupload. Seolah semua yang terjadi benar-benar bisa kita nikmati kembali. 

6. Menjadi Endorse

Nah, ini jadi bagian yang ditunggu. Masa sih? Yup, karena kita bisa menjadi salah satu bagian dalam produk tertentu. Mencoba produknya atau mempromosikan produk dan mendapatkan fee. Enakkan.

Tentu bukan hal yang mudah untuk menjadi seorang endorse. Bagaimana bisa mendapatkannya? Bergabung dalam komunitas blogger seperti Blogger Perempuan akan membantu kita mengenal banyak hal, salah satunya jadi bagian afiliasi.   

7. Meningkatkan Kreativitas Diri

Ngeblog tidak hanya sekadar menulis semaunya saja. Kita bisa mengembangkan kemampuan itu dengan terus belajar menggali ilmu. Apakah hanya tentang penulisan saja? Oh no, penulisan plus kreativitas tentunya. 

Ngeblog nggak melulu tentang menulis, tetapi menjadikan konten tersebut menjadi lebih apik dan menarik baik untuk dibaca juga untuk dinikmati. Ini yang membuat kita perlu banyak belajar dan menggali ilmu sedalam mungkin. 

8. Memacu Diri Untuk Terus Lebih Baik

Semakin menekuni dunia blogging membuat kita untuk terus memacu diri agar bisa menjadi blogger yang lebih baik. Berkaca pada diri sendiri, apa kekurangan yang dimiliki dan kemampuan apa yang perlu terus ditingkatkan membuat kita mau terus belajar dan tidak mudah putus asa. 

Benarkah bisa seperti para senior blogger yang mumpuni itu? Selagi ada kemauan tentu akan ada jalan. Selama terus berusaha maka akan selalu ada kesempatan yang datang. Kuncinya tidak mudah putus asa, ya. Selain itu juga tidak merasa iri dengan keberhasilan orang lain. 

9. Sebagai Branding Diri

Menancapkan diri sebagai blogger tidak serta merta akan diketahui banyak orang. Namun lambat laun orang akan mengenal siapa diri kita dengan semakin seringnya mengenalkan jati diri. 

Branding sebagai seorang blogger pun akan nampak dalam diri kita. Bahkan dengan suka cita bisa kita tambahkan status ini dalam cv kita, sebagai blogger

10. Terus Mengupdate Diri

Ilmu akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Tidak ada yang statis, tetapi semua akan bergerak dinamis. Begitupun dalam perkembangan kemampuan diri. Meskipun baru menekuni dunia blogging, kita akan berusaha mengupdate diri dan ilmu. 

Melihat sekeliling dan memantaskan diri agar tidak kudet alias kurang update. Bukan untuk menjadi yang sempurna ya, tetapi berusaha menjadi lebih baik. 

11. Menjadi Me Time

Menjadi Me Time

Ini menjadi bagian penting dalam menjalani rutinitas kita, meluangkan waktu untuk me time. Bagaimana caranya, dengan menulis apa yang kamu inginkan. Menyempatkan waktu beberapa menit untuk menenangkan diri, menggali kemampuan yang terpendam dan publish untuk meluapkan semua yang dirasa. 

12. Meninggalkan Rekam Jejak Untuk Anak

Rekam jejak tidak hanya untuk mengingat semua yang terjadi pada diri kita, tetapi bisa juga dikenang untuk anak keturunan kelak. Generasi penerus kita akan tahu apa yang pernah terjadi dan kebahagian apa yang kita rasakan saat menjalani kehidupan ini. 

13. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Memantaskan diri untuk menjadi seorang blogger memang membutuhkan konsistensi. Menurut salah seorang blogger, Mbak Widyanti, menjalani dunia blogger tidak bisa dirasakan dalam waktu yang singkat. Blogger bagaikan investasi untuk jangka panjang.  

14. Melek Teknologi

Kemajuan teknologi yang terus berkembang membuat diri seorang blogger terus mengembangkan kemampuannya. Menulis tidak ada didepan pc saja, tetapi bisa melalui aplikasi pendukung lain. Melengkapi tulisan dengan foto atau media yang menarik perhatian. Alhasil konten tidak hanya berupa tulisan saja. Ada infografis, video, juga foto yang menarik. 

Ngeblog Pasti Kita Bisa

15. Kita Pasti Bisa

Menikmati waktu dengan menulis dan mengisi blog memang membutuhkan konsisten. Tujuannya agar rumah web yang sudah kita bangun bisa terus rutin di update. Memang butuh kemauan kuat, karena godaannya woww banget. Selain menguat niat, terus berusaha maka hal yang tidak bisa menjadi bisa, bahkan yang semula dianggap tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Ya, kita bisa melakukannya.  

Penutup

Ini 15 alasan kenapa perlu ngeblog dan masih banyak alasan lainnya yang baru bisa kita rasakan setelah menjalani dunia ini. Apa kamu sudah berani melakukannya? Kalau sudah, yuk berbagi alasan kenapa perlu ngeblog. Sharing disini, ya.

 

Salam,

Share the article :

2 komentar untuk “Ini 15 Alasan Kenapa Perlu Ngeblog”

  1. Hai kak, salam kenal ya. Perkenalkan nama saya Izzuddin, saya anak baru di 1M1C 😊

    Kalau saya menulis blog ataupun menulis di platform lainnya karena memang senang menulis dari SD. Rasanya sangat puas apabila ada hal-hal yang “mengganjal” di kepala, dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Terlebih lagi bisa dibaca oleh banyak orang dan memberikan manfaat untuk mereka.

    Artikel yang menarik kak, semoga semakin banyak orang yang mendapat manfaat dari artikel yang kakak buat, aamiin ☺️

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *