Traveling

Menikmati Traveling yang Aman Saat Pandemi

Menikmati Traveling yang Aman Saat Pandemi

Ħăiii … Sudah sekian bulan menikmati masa pandemi. Semua rasa jadi satu dan yang paling banyak disampaikan adalah bosan, jenuh dengan kondisi saat ini. Yuk, menikmati traveling yang aman saat pandemi, biar kebosanan itu hilang sirna. Kemana ya enaknya?

Menikmati Traveling yang Aman Saat Pandemi

Melihat pemberitaan di media, saat liburan beberapa waktu lalu memang banyak yang tetap menyempatkan diri untuk menikmati masa tersebut. Ada yang melakukan solo traveling, bersama keluarga dengan kendaraan pribadi atau berkunjung ke rumah keluarga. Tentunya ada alasan yang membuat mereka tetap melakukan hal tersebut. Kangen, ada keperluan penting dan alasan lainnya.

Namun dibalik itu ada rasa sedih juga. Bukan merasa iri karena tidak ikutan traveling seperti yang lain, tetapi justru bertanya dalam hati, kapan ya bisa ikutan traveling seperti itu. Namun syaratnya kondisi sudah benar-benar aman. Kalau saat pandemi begini saya dan keluarga tetap memilih di rumah dulu deh. 

Tak dipungkiri jika semua orang perlu hiburan dan salah satu pilihannya dengan traveling. Namun di tengah kondisi saat ini kita perlu melakukan siasat jitu agar tetap aman dan nyaman melakukannya, yaitu :

1.Traveling ke Tempat Terdekat

Keluar rumah sejenak bersama keluarga ke tempat wisata yang dekat dari rumah bisa menjadi pilihan. Menggunakan kendaraan pribadi dan tentunya tidak dalam waktu yang lama. Mengingat kondisi pandemi ini, kita tetap perlu memberikan perhatian penuh untuk menjaga kesehatan semua anggota keluarga. 

Berkeliling sejenak di sekitar tempat tinggal juga bisa membantu menyegarkan pikiran dengan menghirup udara segar di luar rumah. Melihat kondisi sekitar. 

2. Silaturahmi dengan Keluarga

Alhamdulillah di masa pandemi ini kami tetap bisa bersilaturahmi dengan kakak yang jarak tempuh ke rumahnya sekitar 20 menit dengan motor. Saat sebelum pandemi kami sering berkunjung, tetapi sekarang paling tidak sekitar 2 bulanan sekali kami main ke sana. 

Bersilaturahmi ke rumah keluarga terdekat bisa juga jadi pilihan untuk menyegarkan pikiran. Bisa menikmati makan bersama, sharing sejenak, saling senyum dan sapa rasanya tuh nyes di hati. Hehe. 

Memang sih bisa berjam-jam di sana. Biasanya dari sore ba’da Ashar sampai sekitar jam sembilan malam. Sampai dirumah langsung bersih-bersih dan istirahat. 

3. Traveling Virtual

Banyak juga lho anak muda yang melakukan pilihan ini. Bahkan Traveloka juga sudah memberikan pilihan ini melalui aplikasinya. Lebih aman tentunya. Meskipun secara virtual, kita tetap merasakan nuansa traveling. Tidak hanya ke tempat terdekat, bisa juga ke tempat wisata di luar negeri. 

Traveling virtual bikin kita update juga tentang kondisi yang ada di luar sana. Setelah kita mengikutinya bisa sharing dengan keluarga atau teman, seolah kita benar-benar habis menikmati traveling secara langsung. 

4. Traveling di Rumah

Traveling identiknya memang dilakukan di luar rumah, tetapi untuk menyenangkan anak-anak bisa juga dibuat dalam rumah. Bagaimana caranya? 

Buat suasana seolah-olah sedang berada di alam bebas, misalnya memasang tenda di luar rumah kemudian bercengkrama atau tidur di dalamnya. Tidak hanya anak yang menikmati nuansa berbeda ini, juga termasuk orang tua. 

Pilihan Traveling Saat Pandemi

5. Staycation

Banyak yang memilih pilihan ini untuk tetap menikmati traveling menarik saat pandemi. Suasananya mirip seperti di rumah dan jaraknya juga tidak terlalu jauh. Staycation, konsep liburan dengan booking hotel dalam kota sehingga mampu memberikan daya tarik tersendiri untuk setiap keluarga. 

Bagaimana tidak? Hotel tentunya akan memberikan fasilitas yang menyenangkan agar para pengunjung merasa betah dan nyaman di dalamnya. Menarikkan!

Terus Menjaga Kesehatan

Menikmati traveling yang aman saat pandemi bisa kita lakukan selama tetap menjaga protokol kesehatan (3M) dan melengkapinya juga dengan peralatan penting, seperti :

  • Bawa masker pengganti
  • Hand sanitizer
  • Tisu kering dan basah
  • Snack dan minuman
  • Perlengkapan salat

Saat pandemi ini tempat yang aman adalah di rumah. Kita bisa menyiasati dengan banyak cara untuk tetap merasa nyaman saat di rumah saja. Kalau dibilang bosan, tentu semua orang akan berteriak dan bilang ‘sama kok dirasakan’. Semua kembali ke diri kita karena pilihan ada pada diri sendiri.  

Baca juga :

Tetap Menjaga Kebahagiaan

Lakukan Hal yang Menyenangkan

Pandemi entah sampai kapan akan berlangsung. Banyak hal yang berubah dalam kehidupan kita selama beberapa bulan ini. Tidak hanya orang dewasa saja yang perlu beradaptasi dengan kondisi ini. Anak-anak dan orang tua juga melakukan hal yang sama. 

Saya belajar banyak dari kondisi yang saat ini terjadi dan terus berusaha menikmati dengan kegiatan yang saya bisa lakukan. Tujuannya agar tetap terjaga daya imun dan tersenyum setiap harinya. Simple kan!

Padahal sebenarnya tidak semudah itu juga. Saat anak sedang marah atau bosan, perlu segera cari cara agar bisa mengatasinya. Kalau dibiarkan bukan hanya anak yang bakal kecewa. Saya lebih sedih dan bisa bikin emosi juga. Duh perlu menahan diri. 

Akhirnya bikinin deh apa yang jadi kesukaan anak. Buat mpek-mpek dos, cake atau ngajak bermain. Alhamdulillah sekarang sudah ada teman baru di rumah, ikan hias di aquascape. Jadi sudah ada hiburan yang menyegarkan. 

 

Penutup

Menikmati traveling yang aman saat pandemi siapa yang tidak ingin? Semuanya tentu berharap bisa segera melakukan destinasi ke tempat wisata yang diinginkan. Namun ada cara traveling yang tetap bikin kita aman. Kalau kamu apa yang akan dilakukan saat merasa bosan? Apapun pilihannya semoga kesehatan kita terus terjaga ya… InsyaAllah. 

Salam, 

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *