Lifestyle

Ini Tempat Untuk Membangkitkan Inspirasi Kehidupan

Tempat untuk membangkitkan inspirasi kehidupan

Hello … Kehidupan yang kita jalani tidak selalu dalam keadaan yang menyenangkan. Semua rasa tentu akan kita alami, sedih, kurang bergairah, malas, bosan juga bahagia. Apa yang sebaiknya kita lakukan saat merasa gairah hidup ini berkurang? Rileks sejenak, berkunjung ke suatu tempat untuk membangkitkan inspirasi kehidupan, atau melakukan me time.

Tempat Untuk Membangkitkan Inspirasi Kehidupan

Ada 5 tempat yang biasanya saya kunjungi untuk membangkitkan semangat dan memberikan inspirasi kehidupan, yaitu :

1.Masjid

Suasana masjid yang tenang mampu membuat kenyamanan dalam hati. Mendengarkan alunan ayat suci Al-Qur’an atau melakukan ibadah salat membuat jiwa ini terasa semakin dekat dengan Sang Ilahi. Berusaha lebih memasrahkan diri dan mengharapkan pertolongan akan apa yang sedang dihadapi membuat hati terasa lebih plong dan lega. 

2. Bersilaturahmi

Menjalin hubungan yang erat dengan menjaga silaturahmi akan membuat ikatan kita dengan sesama semakin baik. Ada banyak hikmah yang kita dapatkan dengan bersilaturahmi. 

“Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturahmi, niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan dperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.” (HR. Bukhori)

3. Mentadaburi alam

Alam dan isinya diciptakan Allah Swt. untuk kita kelola agar dapat memberikan kemakmuran dalam kehidupan kita. Indahnya panorama yang ada disekitar kita membuat diri ini semakin merasakan betapa besar kekuasaan Allah terhadap semua hamba-Nya. Rasa syukur pun semakin menguatkan jiwa atas semua karunia yang Allah berikan. 

Meningkatkan semangat kehidupan

4. Mengunjungi orang sakit

Kesehatan tidak selalu hadir dalam kehidupan ini. Rasa sakit bisa tanpa mengenal waktu, bisa kapanpun, dimanapun juga disaat apapun. Bagi orang yang sedang sakit, adanya perhatian yang diberikan dan doa yang dipanjatkan tentu akan memberikan kebahagiaan. Untuk yang berkunjung pun demikian. Akan membuat diri kita semakin bersyukur dan berusaha terus menjaga kesehatan sebaik mungkin. 

5. Ke toko buku atau perpustakaan

Buku menjadi teman sejati yang mampu memberikan banyak hal untuk yang menikmati lembar demi lembar halaman yang tersaji. Menambah wawasan, memberikan motivasi, menambah ide, meningkatkan perbendaharaan kosakata juga membuat kehidupan ini jadi lebih indah.   

    

Bacalah : 

Ingat 5 Perkara Sebelum Datang 5 Perkara

Roda kehidupan akan terus dapat kita rasakan selama jantung ini terus berdetak. Menandakan kita untuk terus berjuang, menikmati waktu yang terus berjalan dengan penuh semangat tanpa kenal henti. Mengiringi hari demi hari dengan penuh kesungguhan agar setiap detiknya tetap ada hikmah yang bisa kita rasakan meskipun sangat kecil. 

Rasulullah saw. pernah menasihati seseorang, “Manfaatkan lima perkara sebelum datang lima perkara: 
Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, Hidupmu sebelum datang matimu”.  (HR. Hakim)

Banyak cara yang dipilih untuk meyakinkan diri dan membangkitkan semangat kembali Ada banyak hal yang sebenarnya bisa kita lakukan saat merasa kurang bersemangat, antara lain :

  1. Mengingat kebaikan orang lain.
  2. Selalu bersyukur atas semua karunia yang Allah Swt. berikan.
  3. Berusaha untuk berpositif thinking terhadap apapun yang sedang dialami.
  4. Tetap tersenyum.
  5. Berbagi dengan sesama.

 

Penutup

Tempat untuk membangkitkan inspirasi kehidupan bisa kita kunjungi saat merasa diri ini sedang kurang bersemangat. Masa kehidupan setiap insan manusia tentu tidak dapat diketahui akan bagaimana dan apa yang akan terjadi sekarang, esok, lusa dan hari ke depan. Oleh karena itu saat merasa diri kurang semangat, sebaiknya segeralah melakukan charnging sesuai dengan apa yang biasanya kita lakukan. 

Bertujuan untuk bisa membangkitkan kembali semangat diri. Selanjutnya melangkah dengan penuh senyum juga keyakinan diri dalam menggapai apa yang menjadi harapan. Gali terus inspirasi dengan terus berusaha, berdoa dan bertawakal menjadi kunci untuk menggapai cita. 

Salam,   

 

Referensi : www.rumaysho.com

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(6) Komentar

  1. Bener banget nih kak,aku sekarang lagi senang mentadaburi alam dengan merawat tanamanku. Kdang aku sama suami juga suka memperhatikan dan mencari alasan kenapa Allah bikin makhluk hidup ini kaya gini,makhluk hidup itu kaya gitu. Jadi lebis seru dalam memaknai alam dan mentadaburinya.

  2. […] Tempat Untuk Membangkitkan Inspirasi Kehidupan […]

  3. adem banget bacanya mbak, makasih ya udah diingetin untuk berbuat baik sekaligus bisa membangkitkan inspirasi. bersyukur memang kunci kehidupan yang bahagia. beneran deh, mengunjungi 5 tempat di atas memang bisa bikin kita makin bersyukur

  4. Saya jadi ingat lagunya Raihan. Ingat 5 perkara sebelum 5 perkara, mbak. Duh, membaca ini langsung merasa harus segera memperbaiki diri lagi ini. Terima kasih atas pengingatnya ya, mbak.

  5. Jadi kangen ke mesjid ;( dulu jaman kerja sebelum resign rajin banget ke mesjid. Baca artikel ini adem banget rasanya

  6. Aku kalau ngejenguk orang sakit bener-bener pikirannya sampai mana-mana, Mbak. Memang sih, sakit menjadi pengingat betapa pentingnya kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *