Lifestyle

Nikmati Film Perjuangan Bangsa Menguatkan Semangat Jiwa

Nikmati film perjuangan bangsa

Ħăiii˚ … Masa yang kita jalani saat ini tentu tidak bisa dilepaskan dari masa lalu, ya sejarah masa lalu. Sebuah bangsa tidak langsung berdiri begitu saja. Di masa lalu ada perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu. Nikmati film perjuangan bangsa bisa membantu menguatkan semangat kita untuk terus menjaga kedamaian dan kemakmuran negeri tercinta, Indonesia. 

Nikmati Film Perjuangan Bangsa

Tidak sedikit pahlawan yang berjuang untuk meraih kemerdekaan dan memajukan negeri yang kita cinta ini. Tanpa perjuangan yang gigih tentu kemerdekaan tidak mudah didapat. Maka sudah selayaknya kita belajar dari sejarah. 

Film perjuangan biasanya akan ditayangkan menjelang hari kemerdekaan atau saat momen hari nasional tertentu seperti tgl 30 September, atau 10 November. Film yang disajikan untuk mengingatkan kita bagaimana perjuangan yang telah dilakukan untuk menjaga kedaulatan negara. 

Ada beberapa film sejarah yang layak jadi tontonan, antara lain :

  1. Jenderal Sudirman (2015)
  2. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)
  3. Kartini (2017)
  4. Wage (2017)
  5. Perburuan (2019)

Selain film tersebut masih ada sih film lainnya yang memberikan gambaran kepada kita tentang sejarah perjuangan bangsa ini. Lalu perlukan kita menyimak berulang-ulang film sejarah bangsa? Setiap kisah perjuangan tentu memberikan kesan yang berbeda pada setiap orang. Ada yang menyatakan perlu sering ditonton supaya kita bisa terus semangat dalam mengisi kemerdekaan dengan prestasi yang dihasilkan. 

Namun ada juga yang menyampaikan “rasanya nggak perlu mengulang terus nonton film sejarah, karena yang terpenting kita bisa memahami dan tahu perjuangan yang sudah dilakukan para pahlawan.” Wajar terjadi perbedaan pendapat. Hal penting yang kita lakukan adalah berusaha untuk saling memahami perbedaan yang ada dan saling menjaga toleransi.    

Manfaat Belajar Sejarah

Ada 5 manfaat yang kita dapatkan dengan menyaksikan film sejarah, yaitu :

1.Kisah yang diangkat adalah nyata

Kisah ini tentu jauh berbeda dengan drama yang kita nikmati. Alurnya tidak mudah ditebak dan membuat kita penasaran. Ada pesan moral juga yang bisa kita dapatkan. 

2. Menambah wawasan

Suatu hal yang baru kita ketahui membuat wawasan jadi terus berkembang. Ada hal baru yang kita dapatkan dan terasa jadi semakin jelas dan mudah dipahami. Karena bisa jadi  awalnya kita belum tahu secara pasti akan informasi yang ada.    

Manfaat-mengetahui-sejarah-bangsa

3. Untuk proses pembelajaran

Lagi-lagi sejarah memberikan banyak arti dalam menjaga kemajuan sebuah bangsa. Banyak fenomena yang membuat kita semakin menyadari arti penting dari perjuangan, pengorbanan juga keikhlasan. 

4. Menguatkan jiwa patriotisme

Saat menyaksikan film rasanya seperti kita menyaksikan secara langsung kejadian yang sedang terjadi dan semakin merasakan bagaimana perjuangan yang telah dilakukan. 

5. Menguatkan rasa cinta pada tanah air

Perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan telah mengorbankan banyak hal dalam kehidupannya. Semua yang dilakukan hanya semata untuk kejayaan negeri tercinta ini. Tentu tidak hanya pahlawan saja yang mampu merasakannya. Kita pun semakin mencintai dan akan terus berjuang untuk negeri ini dengan sepenuh jiwa.  

Baca :

 

Arti Penting Belajar Sejarah

Sejarah merupakan rekam jejak yang pernah terjadi di masa lalu. Sebuah kejadian baik ataupun buruk yang dialami tentu menjadi catatan tersendiri dalam sebuah bangsa. Presiden RI pertama, Soekarno menyampaikan never leave history, “jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah.”

Jelaslah sudah bahwa seburuk apapun kejadian yang pernah bangsa kita alami, semua itu bisa menjadi catatan penting untuk menjaga keutuhan bangsa. Kejadian buruk bisa menjadi pembelajaran kita untuk bisa menghindarinya dan peristiwa baik seperti saat hari kemerdekaan bisa menjadi penyemangat kita untuk terus mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya. Karena kita semua memiliki harapan yang sama yaitu ingin bangsa kita terus maju dan berkembang. Rakyatnya makmur dan negara aman juga damai. 

 

Penutup   

Nikmati film perjuangan bangsa bisa membantu kita menguatkan semangat kebersamaan dalam menjaga kemakmuran dan kesejahteraan negeri tercinta ini. Sejarah yang sudah terjadi tentu dapat dijadikan sebagai pembelajaran berharga. Oleh karena itu tidak masalah bila kita terus menonton film-film perjuangan. Ada hikmah yang bisa kita petik dari film sejarah tersebut.

Jalinan kebersamaan dengan rasa saling menghormati dan menghargai patut terus kita junjung tinggi untuk menjaga rasa persaudaraan kita. Belajar dari sejarah yang ada, persatuan yang kuat akan membuat perjuangan menjadi semakin mudah dilakukan sehingga musuh pun takluk dan kita berhasil meraih kemerdekaan. Nah, film perjuangan apa nih yang kamu suka. Sharing yuk!

 

Salam,

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(1) Komentar

  1. […] Nikmati Film Perjuangan Bangsa […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *