Inspirasi

Jiwa Kepahlawanan yang Menginspirasi

Jiwa kepahlawanan

Helo sahabat Ummi … Memiliki jiwa kepahlawanan dalam menjalani kehidupan ini memang tidaklah mudah. Nah, perayaan hari kemerdekaan yang tinggal sebentar lagi, jadi kita perlu tahu nih jiwa kepahlawanan seperti apa sih yang sebaiknya kita tiru dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pernah nggak sih kita membayangkan bagaimana perjuangan para pahlawan? Mereka berjuang tidak hanya dengan jiwa dan raganya, tetapi juga waktu, pemikiran juga harta. Apa yang dilakukan semua atas nama bangsa dan untuk kemakmuran negeri tercinta ini.

 

Arti Pahlawan

Apa sih sebenarnya arti pahlawan? Menurut saya, pahlawan adalah seseorang yang mau berjuang dan berkorban untuk mendapatkan kebenaran dan mencapai kedamaian bersama. Pahlawan yang berjuang untuk membela bangsa dan negara demi mencapai kemerdekaan dinamakan dengan pahlawan nasional dan kita mengenal banyak pahlawan negara yang berjuang dengan gigih demi bangsa tercinta ini.

Namun, seiring berjalannya waktu, kata pahlawan tidak hanya disematkan untuk mereka yang berjuang dengan bambu runcing demi mencapai kemerdekaan saja. Di era saat ini yang dikenal dengan generasi milenial, definisi pahlawan mengalami perkembangan. Seperti ada pahlawan tanpa tanda jasa, pahlawan keluarga, pahlawan teknologi, pahlawan bidang seni, pahlawan sosial juga termasuk buruh imigran termasuk pahlawan negara, meskipun belum mendapatkan posisi yang selayaknya.

 

Jiwa kepahlawanan

Pahlawan Adalah Bunga Bangsa

Kehadiran pahlawan dalam sebuah bangsa tentu memberikan kebahagiaan yang tak terkira untuk kemajuan negara tersebut. Perjuangan yang dilakukan untuk menjaga keutuhan dan kedamaian bangsa akan terus terkenang sepanjang masa.

Jas merah atau jangan sekali-kali pernah meninggalkan sejarah. Ini yang perlu dijaga sebaik mungkin. Pahlawan adalah bunga bangsa yang selayaknya bisa menjadi inspirasi dalam kehidupan kita. Jiwa patriotismenya yang tinggi dapat menjadi semangat kita dalam mengaruhi aktivitas sehari-hari.

 

Jiwa Kepahlawanan yang Menginspirasi

Jiwa kepahlawanan bukan hanya dibutuhkan saat kondisi tertentu saja. Dalam mengarungi perjalanan panjang tentu akan ada aral yang melintang, penuh dengan lika liku kehidupan. Arah jalan tidak selalu lurus, tetapi bisa belok ke kanan, kiri atau melewati tanjakan dan turunan.

Tak ada yang dapat menduga bagaimana arah jalan di depan sana. Oleh karena itu, perjalanan ini membutuhkan persiapan agar arus yang nantinya terlewati bisa dilalui dengan lancar. Kalaupun ada ujian, tetap bisa dilalui dengan baik. Dari sosok pahlawan kita bisa menjadikannya inspirasi dalam menghadapi kehidupan ini, yaitu :

1. Jiwa Kepemimpinan

Adalah jiwa yang mampu mengendalikan dirinya sendiri dengan penuh percaya diri, tidak mudah dipengaruhi, tegas, bertanggungjawab, juga mau menghargai orang lain. Tidak semua orang memiliki kepribadian ini. Proses kehidupan yang akan membentuknya.

 

2. Berani dan Pantang Menyerah

Sikap berani mengambil keputusan dan berjiwa pantang menyerah sebenarnya bisa terbentuk dari pola asuh. Orang tualah yang membantu membentuk karakter ini, agar dimanapun berada anak berani untuk berkata jujur, melakukan kebaikan juga tidak mudah menyerah saat menghadapi kesulitan.

 

3. Kreatif dan inovatif

Jiwa yang kreatif dan penuh inovasi akan mampu memberikan terobosan baru akan hal-hal yang dihadapi. Punya pemikiran yang berbeda dengan yang lain sehingga mampu menghadapi permasalahan dengan ide – ide cemerlang.

Daya kreativitas akan terus digunakan sepanjang kehidupan untuk menghasilkan karya yang unik, berbeda dan mempunyai daya jual yang tinggi. Mungkin awalnya di anggap aneh, tetapi setelah tahu apa manfaatnya dan bagaimana hasil yang didapatkan, barulah dapat merasakan secara nyata keberadaan hasil karya tersebut.

 

4. Rendah hati

Sikap rendah hati menunjukkan bagaimana jiwa seseorang yang tidak mau menyombongkan aka yang dimilikinya. Seperti ilmu padi, semakin berisi akan semakin menunduk, bukan membusungkan dada dengan rasa keangkuhan.

 

5. Cerdas dan Teguh Pendirian

Kecerdasan yang dimiliki ditujukan untuk menghasilkan karya yang terbaik, sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh semua orang. Menjadi hasil karya yang bernilai dan memberikan kebermanfaatan buat sesama.

 

6. Berpikir Kritis

Berpikir untuk mengembangkan apa yang dimiliki dan mampu menggali lebih dalam apa tidak diketahui sebelumnya. Tidak pernah malu untuk bertanya juga tidak ragu untuk mau berbagi dengan yang membutuhkan. Pepatah mengatakan “Malu bertanya sesat di jalan.” 

 

7. Jujur

Menjaga nilai kejujuran dalam kehidupan ini adalah bagian yang penting. Jujur, tanpa ada rasa takut dengan siapapun karena yang sebenarnya kita takutkan hanyalah Sang Khalik, sedangkan antar sesama kedudukan kita adalah sama. Meskipun berbeda posisi dan jabatan. Nilai kejujuran yang mulai ditumbuhkan sejak dini akan terus membekas hingga akhir hayat.

Jiwa kepahlawanan

 

Milad Kemerdekaan

17 Agustus tahun 45

Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia

Mer…de…ka

Sekali merdeka tetap merdeka

Selama hayat masih di kandung badan

 

Masih ingat lagu 17 Agustus ini nggak? Lagu kebangsaan karya H. Muntahar yang biasanya kita dengar saat 17 Agustusan di acara upacara juga saat lomba. Rasanya bikin jiwa bergelora ya, juga penuh semangat.

Ada yang berbeda dari perayaan hari kemerdekaan tahun ini. Kita tidak bisa berbondong-bondong pergi ke lapangan untuk upacara ataupun melakukan lomba dalam kerumunan. Masih dalam kondisi pandemi, jadi semuanya dilakukan dengan cara yang lebih variatif, yaitu bisa melalui virtual atau lomba yang tidak membuat berkerumun, jadi dibatasi jumlah peserta juga penontonnya.

Meski begitu perayaan hari kemerdekaan tetap bisa semarak diadakan.  Umbul-umbul bendera dipasang di sana sini, membuat rasa itu tetap menyatu dalam sanubari. Ya, hari kemerdekaan bangsa Indonesia tgl 17 Agustus.

Tahun ini sudah memasuki usia ke  75 tahun kemerdekaan. Bukan usia muda lagi, tetapi usia yang matang. Negara ini akan terus berkembang dan diharapkan mampu menjadi negara damai, sejahtera dan makmur dengan rasa toleransi yang tinggi dan saling menghargai.

Perjuangan untuk mencapai negara seperti yang diharapkan masih cukup panjang. Butuh generasi penerus yang mampu memahami dan mau membangun bangsa tercinta ini dengan sepenuh hati.

 

Kemerdekaan yang sudah diperjuangkan sebelumnya sudah sepatutnya dapat kita jaga sebaik mungkin. Bukan dengan melakukan pembangunan dan pembangunan saja, tetapi juga memajukan semua penduduknya dimanapun berada. Semua dilakukan secara merata tanpa pandang bulu, baik yang ada di pelosok , di pedalaman juga daerah lainnya semua mendapatkan pelayanan yang sama. Kemakmuran tidak hanya untuk kota besar saja.

Ayo  generasi muda, singsikan lengan bajumu untuk terus berjuang dan mengisi kemerdekaan ini dengan hasil karya yang gemilang dan bermanfaat untuk semua orang. Masih panjang waktumu untuk memberikan sumbangsih bagi negeri tercinta ini agar kita tidak terus bergantung dengan produk luar.

PR kita masih banyak. Semoga kita mampu terus memberikan yang terbaik bagi negeri tercinta ini dengan sebaik mungkin. Mulai dari hal yang kecil dan selanjutnya terus berkembang sesuai kemampuan yang kita miliki. Perbuatan kecil apa yang sudah kita lakukan untuk negeri tercinta ini. Sharing yuk!

 

Salam,

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(37) Komentar

  1. Pahlawan itu bukan hanya mereka yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan ya, tapi mereka yg bertarung memperjuangkan prestasi membawa nama baik bangsa dan negara juga termasuk pahlawan.

    1. Arti pahlawan memang semakin meluas, disesuiakan dengan perkembangan zaman.

  2. Sebagai generasi penerus bangsa, memaknai kemerdekaan harus betul-betul dipahami secara benar, dengan memahami kemerdekaan secara benar tentunya kita akan menghormati jasa para pahlawan dan pendiri bangsa. Jangan sampai mereka yang telah berjuang kita abaikan apalagi melupakannya. Yuk, bersama kita doakan mereka.

    1. Setuju. Semoga perjuangan para pahlawan mendapatkan pahala dan memberikan keberkahan untuk para pahlawan juga keluarganya. Aamiin.

  3. perayaan kemerdekaan dari tahun ke tahun, tentunya memiliki banyak arti untuk bangsa ini. Saya mengartikan dalam segi peranan wanita di era digital, bahwa wanita harus lebih turut mengambil bagian dalam segala bidang kepemimpinan

    1. Peran wanita semakin hari memang semakin diakui dan terus mendapatkan posisi yang baik. Semoga kita para wanita bisa terus memposisikan diri untuk semakin lebih baik dimanapun kita berada dan di posisi apapun kita saat ini. Salam semangat untuk semua wanita.

  4. Selain pahlawan yang gugur di medan perang, di sekitar kita juga banyak pahlwan. Salah satunya adalah guru :’)

    1. Arti pahlawan memang bisa dijabarkan dengan banyak makna. Semoga semua pahlawan yang berjasa untuk negeri ini mendapatkan tempat sebaik-baiknya.

  5. kemerdekaan bukan sekedar ceremony ya kak.. jadi memang perlu banget disadari tugas dan tanggung jawab dimasa saat ini. kita mengisi kemerdekaan dengan kemajuan dan memegang persatuan dan kesatuan

    1. Betul Kak. Negeri ini butuh generasi yang terus mampu membangun bangsanya untuk terus lebih baik lagi.
      Generasi mudalah yang memiliki peran besar dan kemakmuran bangsanya. Salam semangat untuk semua.

  6. jiwa kepahlawanan memang harus selalu dimunculkan ya mba terutama untuk generasi muda penerus bangsa kita, semoga kelak mereka bisa meneladani kepahlawanan para pahlawan terdahulu

    1. Setuju Mbak. Jiwa kepahlawanan ini diharapkan bisa menjadi bagian dalam kehidupan kita juga generasi muda supaya bisa terus memajukan bangsa tercinta dengan sebaik-baiknya.

  7. Memaknai merdeka dengan karya. Dengan semangat bahwa kita mampu membuat perubahan besar bersama. Kuatkan barisan agar mampu menahan gelombang penindasan

    1. Karya yang mampu bermanfaat untuk negeri ini supaya bisa terus maju dan maju dan tidak bergantung dengan negeri lain ya Kak.
      Salam semangat untuk semua. Semoga kita menjadi bagian yang terus mampu memberikan sumbangsih kebaikan untuk negeri tercinta ini.

  8. Tulisan yang sangat baik, menyemangati untuk terus berkarya membangun bangsa dan negara 🙂.

    1. Salam semangat Kak.
      Semoga kita bisa terus memberikan warna yang indah untuk kemajuan negeri tercinta ini.

  9. Pahlawan jaman dulu dan sekarang mungkin berbeda perjuangan nya tapi semangat berjuang itu yg harus kita jaga dan pertahankan

    1. Setuju Kak. Meskipun makna pahlawan mengalami pergeseran, tetapi semangat juang untuk memajukan negeri ini tetap sama dan perlu kita jaga sebaik mungkin.

  10. Jadi bersemangat nih habis baca artikel Ummi.

    Ayo singsingkan lengan baju. Duh sebagai milenial, ini saatnya kita mengembangkan jiwa kepemimpinan nan jujur seperti para pahlawan ya. Semangat. Merdeka.

    1. Salam semangat juga Kak.
      Generasi muda memang menjadi pilar dalam kemajuan bangsa. Yuk sama-sama membangun negeri tercinta ini dengan hal baik yang bisa kita lakukan.

  11. Enita menulis:

    Setuju kak, sama 7 hal dari sosok pahlawan yang bisa kita jadikan inspirasi dalam kehidupan.
    Dan itu harus kita ajarkan kepada anak2 sebagai generasi penerus bangsa ya..

    1. Iya Kak. Jiwa kepahlawanan ini bisa jadi bagian dalam pola pengasuhan anak-anak. Semoga kita mampu membentuk generasi yang terus lebih baik. Aamiin.

  12. Fenni Bungsu menulis:

    Minimal hal yang mudah tetapi rutin dapat kita lakukan untuk negeri ini yaitu tidak membuang sampah sembarangan, serta ikut bijak berplastik

  13. Kita semua bisa menjadi pahlawan di bidang kita masing-masing 🙂
    Saat ini kita pun bisa jadi pahlawan bangsa dengan cara yang gampang banget: tetap pakai masker kalau keluar rumah, tetap jaga jarak fisik, tetap patuhi protokol kesehatan. Insya Allah banyak jiwa terselamatkan 🙂

    1. Aamiin.
      Setuju Mbak, dengan kondisi pandemi ini kita semua perlu berjuang bersama untuk saling menjaga kesehatan bersama.

  14. Meilia Wuryantati menulis:

    Setuju banget , bahwa Kemerdekaan yang sudah diperjuangkan sebelumnya sudah sepatutnya dapat kita jaga sebaik mungkin. Apalagi jiwa kepahlawanan harus selalu dimunculkan kepada generasi muda penerus bangsa. Agar tercetak para pahlawan2 selanjutnya untuk tetap melanjutkan kemerdekaan bangsa

    1. Yes. Kemerdekaan ini adalah anugerah yang tak terhingga, jadi kita perlu terus menjaga sebaik mungkin. Semangat untuk semuanya.

  15. Pahlawan sesungguhnya adalah org yg melawan diri sendiri bukan org lain, org yg mampu menjadi idola bagi keluarganya.

    1. Mantap Mbak. Arti pahlawan saat ini memang berkembang disesuaikan dengan kondisi.

  16. Apa-apa yang sudah diperjuangkan oleh para pendahulu kita, wajib kita jaga dan lestarikan dengan semangat jiwa kepahlawanan. Sekecil apa pun, dalam kehidupan sehari-hari semisal jujur dalam bekerja, tidak menyebar berita hoax, dll

    1. Nilai kejujuran memang perlu terus di jaga karena penting dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari.

  17. sekarang pahlawan bentuknya banyak ya dan ada dalam keseharian dimulai dari kepedulian yg diwujudkan dlm hal sekecil apapun itu yg berguna dan berdampak. Bener, PR kita msh banyak nih 😅

    1. Iya nih, PR untuk terus menjaga negeri tercinta dengan sepenuh semangat dan membangun bangsa sebaik mungkin untuk masa depan bersama.

  18. sifat-sifat para pahlawan ini berbudi luhur sekali ya.. semoga meski beda yang diperjuangkan tapi para pahlawan masih banyak di sekitar kita

    1. Sifat luhur yang dapat menjadi teladan untuk generasi selanjutnya dalam membangun negeri tercinta ini ya Kak.

  19. […] Jiwa Kepahlawanan yang Menginspirasi  […]

  20. […] Jiwa Kepahlawanan yang Menginspirasi  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *