Lifestyle

Kucing Jadi Hewan Peliharaan, Manfaat Ini Didapatkan

Kucing-hewan-peliharaan

Hai sobat … Hewan apa sih yang paling kamu suka atau sudah adakah hewan peliharaan yang kamu miliki saat ini? Entah kenapa sudah beberapa waktu ini, saya sedang menaruh perhatian pada hewan menarik satu ini. Memilih kucing jadi hewan peliharaan!

Dibalik bulunya yang halus, binatang ini memang masih banyak menyimpan rahasia. Ada yang bilang kalau kita memelihara hewan ini, nantinya bisa memberikan kebermanfaatan buat pemiliknya. Betul nggak sih?

 

Kucing Hewan Peliharaan

Kenapa memilih kucing hewan peliharaan? Memang ada banyak hewan disekitar kita yang bisa dijadikan hewan peliharaan. Sebut saja burung, kelinci, ikan, anjing dan hewan lainnya, tetapi kucing lebih sering kita jumpai dan banyak jadi pilihan untuk pemeliharaannya.

Setiap hewan tentu mempunyai keunikannya masing-masing. Seperti burung, hal yang menarik adalah kicauan suara juga lincahnya gerakan di sangkar. Ikan, mampu memberikan ketenangan ditambah dengan adanya suara gemericik air yang memberikan kesejukan di hati.

Begitupun dengan kucing. Banyak yang suka karena hewan ini lucu, punya daya ingat yang kuat juga bisa jadi teman bermain, tetapi untuk menentukan pilihan hewan mana yang akan dipilih tentu tidak mudah.

Buat saya untuk memilih kucing jadi hewan peliharaan, membutuhkan beberapa pertimbangan. Salah satunya karena tidak semua anggota keluarga suka dengan hewan satu ini. Ada yang geli dengan bulunya, takut dicakar juga ada merasa khawatir dengan proses perawatannya.

Yah, memang sih, kalau kita mau merawat hewan ada baiknya tidak hanya sekadar diberi makan begitu saja. Perlu ada sentuhan kasih sayang gitu deh. Merekakan juga makhluk Allah SWT, yang perlu di sayang dan diperhatikan.

Adanya ikatan kasih antara hewan dan pemiliknya akan membentuk jalinan yang kuat. Rasa sayang itu nantinya akan bisa dirasakan oleh diduanya.

Kucing-menjadi-hewan-peliharaan

Kucing Hewan Peliharaan Nabi

Kucing memang populer jadi hewan peliharaan baik di negara kita juga di luar negeri. Bahkan Nabi juga menjadikan kucing sebagai hewan kesayangannya.

” Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada disekeliling kita.” (HR. Tirmidzi)

Kucing memang sering kita lihat dalam keseharian, tetapi yang menjadi pilihan kita untuk dipelihara disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Ada yang ingin memelihara kucing biasa, kucing Anggora, kucing Percia, dan jenis kucing lainnya.

Dokter hewan Andre Listnawan menuturkan bahwa langkah awal memelihara kucing adalah mempunyai rasa tanggung jawab. Lanjut beliau lagi, hal lain yang perlu diperhatikan adalah dari segi medis, yaitu mempelajari bagaimana merawat kucing yang benar, menjaga kebersihan juga pencegahan penyakitnya.

Nah, ini yang perlu kita perhatikan dengan seksama. Keberadaan hewan dengan kondisi yang bersih dan terawat, selain menjadi sahabat dalam keseharian juga perlu dijaga kondisi kesehatan juga kebersihannya sehingga nantinya aman bagi diri kita dan keluarga.

 

Baca :

Manfaat-menjadikan-kucing-hewan-peliharaan

 

Manfaat Kucing Hewan Peliharaan

Benarkan menjadikan kucing hewan peliharaan akan memberikan manfaat buat kita? Ada yang meyakinihal ini karena sudah merasakan hasilnya, tetapi tidak sedikit juga yang masih meragukannya. Kamu termasuk yang mana nih? Berikut beberapa manfaat :

1. Meredakan stres

Saat rasa penat datang, bulu lembut kucing akan terasa nyaman kalau kita mengelus-elusnya. Begitu lembut dan kucing pun terlihat menikmati sentuhan yang kita berikan. Dia diam dan berbaring untuk dekat dengan pemiliknya dan seolah ingin tahu apa yang kita rasakan. Karenanya dikatakan kucing bisa membantu meredakan stres yang kita alami.

 2. Membantu menurunkan tekanan darah

Kucing juga mempunyai suara dengkuran. Dengkuran atau purring kucing yang berfrekuensi 25-50 Hz, bermanfaat untuk kesehatan kita, yaitu membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres juga bisa membantu terapi penyakit tulang.

3. Meningkatkan imun tubuh

Adanya interaksi dan kedekatan dengan hewan peliharaan, akan membuat hati kita selalu merasa bahagia. Hal ini akan membuat imun tubuh kita terus meningkat sehingga membantu menjaga daya tahan tubuh. Kucing juga merupakan hewan yang enerjik, yang membuat kita senang didekatnya dan akan meluangkan waktu, meski hanya untuk mengelus-elus bulu lembutnya.   

4. Meningkatkan rasa kepedulian pada sesama makhluk

Menjadikan kucing hewan peliharaan membuat kita semakin menyayangi makhluk yang Allah SWT ciptakan. Ada perhatian yang kita curahkan. Hewan ini memang tidak membutuhkan perawatan khusus, tetapi kita juga tidak bisa membiarkannya begitu saja. Menjaga kebersihan dan kesehatan tetap hal yang perlu dijaga sebaik mungkin. 

5. Menjalin ikatan kasih sayang

Psikolog dari universitas Kyoto, Jepang, Sako Takagi menjelaskan bahwa kucing dan anjing mempunyai kemampuan episodic memory, yaitu kemampuan aktif mengingat kembali pengalaman yang telah lalu, baik berupa tempat dan waktu tertentu. Ini berarti kucing dan anjing punya kecerdasan yang sama ya.

Ingatan yang kuat inilah yang membuat, kedua hewan ini menjadi pilihan untuk dipelihara. Ada ikatan yang kuat antara pemilik dengan hewan peliharaannya, baik berupa perhatian juga ikatan kasih sayang.

Kesimpulan

Memilih kucing hewan peliharaan, memang banyak jadi pilihan. Hewan ini bisa jadi teman dalam keseharian juga mampu menghibur saat rasa gundah dan bosan itu datang. Namun, memelihara bukan sekadar memberikan makan dan minum semata.

Sebagai sesama makhluk Ilahi, kita perlu menumbuhkan rasa tanggung jawab, juga memberikan perhatian dengan sepenuh hati. Sentuhan dan perhatian yang kita berikan akan memberikan warna yang indah, kemudian hasilnya akan dirasakan bersama. Adanya sobat yang sudah mempunyai hewan peliharaan, sharing yuk!

Salam,

 

Referensi :

Ilmu dan Teknologi : Kucing dan sejumlah keunggulan yang tidak banyak diketahui. (Pusat Data dan Analisa Tempo)

 

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(47) Komentar

  1. Kucing lucu tapi entah sekarang saya memilih untuk tidak memeliharanya. Dulu waktu masih gadis saya suka sekali dan punya peliharaan. Sampai2 walau bulunya terlihat sama, saya bisa membedakan satu sama lain dengan wajah dan suaranya.

    1. Kucingnya kemana Mbak. Saya sekarang sedang memikirkan untuk memelihara kucing, tapi masih banyak pertimbangan.

  2. Ternyata memelihar kucing meningkatkan kekebalan tubuh juga ya. Aku baru tau.

    Di rumah aku juga punya 2 kucing peliharaan. Hehe

    1. Wah, asyik nih punya kucing. Saya masih mempertimbangkan nih Mbak.

  3. Kucing memang binatang imut dan menggemaskan tapi klo udah berkelahi dan nyomot ikan hmmm bikin sewot juga hahahaa

    1. Haha… Kucing juga berperasaan ya, jadi bisa berkelahi.

  4. Punya kucing peliharaan memang banyak ya manfaatnya.

    Dulu sewaktu kecil sampai terakhir ngantor, saya pelihara kucing. Berkali kali mati dan merasa sedih sekali, sekarang saya berhenti. Belum sanggup patah hati lagi

    1. Sedih Mbak. Kucing itu kalau sudah dekat terasa menyatu dengan kita ya.

  5. Kalau kucing yang biasa suka nangkring di pecel lele gitu, itu kucing peliharaan bukan ya?

    1. Haha… sepertinya itu kucing yang beda.

  6. Sebenernya suami dan anak saya suka banget sama kucing. Ngga tahu kenapa dari kecil saya takut banget sama kucing, bahkan sampai sekarang ngga mau dekat-dekat, huhu padahal sih kalau saya perhatikan lucuuu dan gemesin. Tapi mau pegang aja udah takut hahaa

    1. Sepertinya Mbak takut dengan bulunya ya. Sama seperti ibu saya donk.

  7. Saya mencintai hewan apapun, salah satunya kucing. Pen mengadopsi type kucing british short hair deh

    1. Saya masih banyak pertimbangan untuk adopsi kucing.

  8. Pelihara kucing emang banyak banget manfaatnya. 3 tahun lalu aku pelihara kucing persia dan emang nyenengin banget tapi syg tiba” sakit dan mati. Pengen pelihara lagi tapi anak masih kecil takut gak keurus ntr kucingnya.

    1. Punya pengalaman ya Mbak. Mungkin nanti bisa dipertimbangkan untuk memelihara lagi.

  9. Waktu SD aku punya kucing, namanya Belang, Cemot, dan Cepot. Sejak mereka bertiga mati, aku tuh kayak udah patah hati gitu nggak mau pelihara kucing lagi. Sekarang di rumah tuh banyak banget kucing yang suka gantian mampir. Mereka aja deh yang suka kami kasih makan kalau pas ada. Jadi bukan beneran kucing kami sebenarnya. Untuk punya kucing sendiri lagi, sepertinya aku belum tertarik. Ikan aja deh yang kotorannya nggak bau, hahaha …

    1. Pelihara ikan memang enak juga Mbak. Sebelumnya saya pernah punya, tapi hanya bertahan beberapa bulan selanjutnya mati satu per satu dan tidak lanjut lagi deh.

  10. kucing salah satu hewan kesukaan anak-anak dan pada request jga ingin melihara kucing, tapi blm acc ni sama ayah bundanya karena takut jadinya malah menyakiti hewan tersebut

    1. Memelihara kucing memang perlu pertimbangan yang matang. Karena bukan sekadar kasih makan saja.

  11. Fenni Bungsu menulis:

    Dulu ada kucing suka main ke rumah. Bener dengan sentuhan halus, malah waktu itu daku kek ajak ngomong dianya kayak mengerti gitu hihi. Hanya, pas dianya udah nggak ada, bikin sedih saat itu

    1. Duh jadi terasa sedih Mbak.

  12. Maasyaa Alloh Tabaarokalloh…

    Hai, Ummi Syifa. Aku pun semasa kecilnya suka piara kucing. Tapu sekarang di rumah ngga pelihara apa-apa, nih…

    1. Kucingnya kemana Mbak?

  13. Makasih Mbak Asih mau bahas soal kucing… Itu hewan kesayanganku dari kecil. Tau melihara kucing segitu banyak manfaatnya aku jadi makin semangat ngurus kucingku…hehehe

    1. Sharing donk Mbak seputar kucing peliharaannya di blog, nanti share ya.

  14. Di rumah juga sudah ada kucing. Lucu gitu saja kalau lihatnya. Apalagi kalau mau makan, dekat2 gimana gitu.

    1. Punya kucing juga ya.

  15. Keluarga saya pecinta kucing
    Bahkan nenek saya dulu malah sediakan khusus makanan kucing dari ikan teri yg dimasak gt.
    tp sy ga bisa pelihara krn anak ada riwayat radang paru.
    Dilarang dokter pelihara kucing

    1. Kalau sudah alasan medis kita patuhi saran dokter deh.

  16. Gemes banget buat pelihara kucing, anakku pengen banget buat bisa adopsi satu kucing di rumah

    1. Saya juga ingin Mbak, tapi masih ragu gitu.

  17. Yudha menulis:

    Sepakat banget sama konten ini karena memang kelakuannya sangat lucu dan pasti seru aja kalau merawat kucing

    1. Kucing memang menyenangkan dan bulunya lembut banget.

  18. Ada juga beberapa alasan spiritual memelihara kucing, misalnya mengusir jin. Dan lainnya. Saya kurang suka kucing dan tidak telaten mendidik dari awal agar jadi kucing rumahan. Tapi suka kalau dolan dan yang pemilik rumah punya kucing yang terawat.

    1. Kucing rumahan yang jinak dan bikin gemes ya Mbak.
      Baru tahu ada alasan spiritual juga ya.

  19. Sebenarnya saya ada trauma sama kucing. Karena pernah mau ngelus eh malah dicakar. Sakit banget. Tapi karena tahu kucing adalah hewan kesayangan Nabi dan sahabatnya, maka saya tetap berusaha suka. Walau ga sampai melihara tapi saya masih suka kasih makan kucing liar.

    1. Diluaran sana memang banyak kucing yang butuh perhatian. Pemberian makan yang sesuai akan bantu kehidupan mereka juga.

  20. omaygat itu yag abu-abu gemesh banget, aku pengen nanti beli kucing yang tipe british short hair mba, gemes and cute banget

    1. Kucing memang ngemesin ya Mbak.

  21. Manfaatnya banyak ya, tapi kalau kucing saya masih mikir kalau di rumah. Pasalnya bulunya sangat halus dan dari sisi kesehatan kurang diperkenankan.

    1. Salah satu pertimbangan saya juga itu Mbak, bulunya.

  22. Nita Juwithafina menulis:

    ini yang sekarang jadi pergolakan batin sama anakku..aq ga pernah betah/tahan punya piaraan hewan di rumah, sementara dia seneng huhu #kan jadi curhat

    1. Kayak ibuku Mbak. Beliau akhirnya melarang anaknya punya binatang peliharaan, kecuali ikan.

  23. Woh,gitu ya,tapi aku gak kuat sama bulunya euy. Alergi aku tuh. Binatang lain bisakah?

    1. Banyak binatang peliharaan lain yang bisa kita pilih sesuai kenyamanan kita kok Kak. Ikan juga menyenangkan.

  24. memelihara kucing itu bener-bener bikin stress hilang, soalnya tingkah lakunya itu lucu banget.. :))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *