Mengoptimalkan-dunia-blogging

Asyiknya Menikmati dan Mengoptimalkan Dunia Blogging

Helo sobat … Kamu suka ngeblogging kah? Apa sih tujuan ngeblog? Sekarang banyak lho yang menerjunkan diri ke dunia ini. Katanya ngeblog itu menjanjikan dan asyik jalaninnya. Betul nggak sih? Terus bagaimana kita bisa menikmati dan mengoptimalkan dunia blogging ini?

Memang tidak sedikit blogger yang berhasil mencapai tujuannya dan inilah yang menjadi motivasi blogger pemula. Namun, keberhasilan yang mereka capai tidaklah diraih dengan mudah. Jejak bloggingnya dilakukan penuh kesungguhan juga mempunyai perisai yang kuat saat godaan menghadang. 

Mengoptimalkan Dunia Blogging

Saat pandemi ini, aktivitas yang membuat kita bisa selalu riang gembira adalah melakukan kegiatan yang kita sukai. Berkebun, memasak, baca buku, menulis, dan kesukaan lainnya. Tanpa aktivitas menyenangkan, rasanya rutinitas hidup yang kita jalani jadi cepat membosankan. 

Terus aktivitas apa sih yang jadi kesukaanmu? Buat saya yang merupakan seorang ibu, selain menemani anak PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), menulis jadi kegiatan tambahan setelah melakukan rutinitas rumah tangga. Memang melakukannya tidak mudah, tetapi berusaha untuk tetap dilakukan semampunya. Hiks. 

Godaan tentu selalu ada. Capek, anak rewel, block writing, mager dan banyak alasan lain lagi yang datang silih berganti. Bagaimana bisa menikmati dan mengoptimalkan dunia blogging kalau kita kalah dengan godaan yang datang? 

Mengoptimalkan-dunia-blogging-yuk

Bergabung dalam komunitas blog benar-benar membantu kita untuk semangat menulis dan berani melawan semua godaan yang datang. Boleh kok sekali-kali kita bersantai ria dengan melakukan quality time. Nah, waktu lainnya diusahakan untuk melanjutkan tujuan kita menulis. 

Salah satu komunitas yang membantu para ibu untuk terus semangat mengoptimalkan dunia blogging adalah IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis). Mbak Widyanti selaku ketua umum komunitas IIDN juga seorang blogger, penulis buku, penulis skrip, copywriter yang berpengalaman sehingga mampu menularkan kemampuan menulis dan memberikan dukungan pada semua anggotanya.  

Webinar IIDN bersama Indosat IM3 Ooredoo

Saya memang belum lama bergabung di IIDN. Awalnya hanya ingin sekadar gabung saja karena semua anggotanya para ibu-ibu keren. Namun, begitu masuk jadi tahu deh, IIDN ternyata punya banyak kegiatan setiap minggunya dan di bulan September mengadakan webinar blogger. 

Ada sekitar 25 webinar yang diadakan dan temanya semua menarik, jadi sayang kalau dilewatkan. Namun, tidak semuanya bisa saya ikuti. Perlu benar-benar meluangkan waktu supaya tidak ketinggalan. Terus apa saja yang didapat dari webinar ini?

1. Cara Mengoptimalisasi Blog

Mbak Widyanti selaku ketua IIDN, mengingatkan bahwa blog yang kita bangun tidak akan dapat dirasakan dengan proses yang instan. Semuanya membutuhkan proses dan konsisten. Bila kita bisa melalui masa itu dengan terus semangat dan belajar sepenuh hati, maka suatu saat akan memetik hasilnya. 

Tips-mengoptimalkan-dunia-blogging

2. Mengetahui Peluang Karir Untuk Para Blogger

Narasumber webinar tidak hanya dari pakar blogging saja. Ada dari bagian sosial media, ahli photography, public speaking juga SEO. Ternyata blogging itu punya banyak peluang yang menarik. Mana yang ingin kita tekuni, tergantung pilihan kita. 

3. Memperkuat Tujuan

Memilih menulis melalui blog, tentu ada tujuan awalnya. Tujuan inilah yang akan memantapkan langkah kita saat menjalani dunia blogging, supaya tidak hanya dilakukan sesaat saja. Perlu konsistensi yang panjang. Oleh karena itu kita perlu memperkuat tujuan awal menjalankan dunia ini. 

Baca :

Menulis Konten Berkualitas

Semua sesi webinar yang saya ikuti, benar-benar bermanfaat. Sesi webinar mengenai konten berkualitas yang disampaikan oleh Mbak Widyanti membuat saya semakin mengevaluasi diri.

Menikmati dunia blogging bukan hanya sekadar mengisi dan mengupdate blog saja. Mbak Widya yang sudah beberapa tahun menekuni dunia blogging mengingatkan dan menegaskan bahwa konten blog perlu ditingkatkan secara bertahap dengan bahasan yang bermanfaat, bahasa yang ringan, juga adanya sumber pendukung yang terpercaya, sehingga hasil penulisannya benar-benar dapat dinikmati sepenuhnya. 

Selanjutnya Mbak Widya menjelaskan bahwa sebelum mencapai kondisi seperti saat ini, beliau juga berproses untuk terus lebih baik. Oleh karena itu, buat blogger pemula pastikan dahulu dimana posisimu sekarang dan nikmati tingkatan berproses itu dengan penuh kesungguhan. 

Nah, jadi kebayangkan bagaimana dunia blogging ini. Kesannya seperti mudah, tetapi sebenarnya butuh perjuangan dan kitalah yang menentukan arah kemana yang ingin dituju. Ingin kontennya biasa saja atau berkualitas, kitalah yang membuat. 

IM3Preneur-bantu-mengoptimalkan-dunia-blogging

Ngeblog Asyik Bersama IM3 Ooredoo X IIDN

Asyik menikmati dunia blogging tentu tidak bisa dilepaskan dari keberadaan provider pendukung internet. Tentu kita akan merasa nyaman jika internet berjalan lancar dan aman. Sebaliknya kalau tersendat bisa bikin kita marah dan akhirnya jadi malas melanjutkan. Waduh bisa berabe kalo begitu.  

Target tidak terpenuhi, blog pun jadi merana. Oh no way. IM3 Ooredoo memberikan dukungan yang membahagiakan para blogger nih. Ada paket layanan IMPreneur. Kelebihan layanan paket ini antara lain :

  • Kuotanya besar, mencapai 320 Gb.
  • Paket bisa di share ke keluarga atau tim yang kita inginkan.
  • Bebas share menit telepon juga kuota.
  • Semakin mempermudah untuk kolaborasi dan mengembangkan usaha.

Paket layanannya benar-benar bisa mendukung aktivitas ngeblog berjalan lancar. Terima kasih IM3 Ooredo yang telah membantu webinar ini, sehingga berjalan dengan baik.  

Kesimpulan

Pakar blogging mengatakan bahwa konten is the king. Ini jadi poin penting dalam menikmati dan mengoptimalkan dunia blogging. Awalnya saya hanya sekadar mengisi blog saja tanpa memperhatikan hal penting dalam menulis. Ternyata menulis di blog ada rumusannya juga ya.  

Bersyukur selalu selama beberapa minggu di bulan September bisa menikmati webinar bersama IM3 Ooredoo dan IIDN. Ilmu yang bermanfaat yang saya dapatkan, membuat diri ini mampu melakukan evaluasi dan meninggalkan PR untuk terus menikmati masa berproses ini dengan banyak belajar juga mempraktekannya. 

Salam,

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging”

IM3 Ooredoo Mengoptimalkan Blogging

Share the article :

25 komentar untuk “Asyiknya Menikmati dan Mengoptimalkan Dunia Blogging”

  1. Konsistensi. Ini PR besar byanget buat aku. Kalau urusan menumbuhkan semangat, kadang lumayan susah, tapi begitu mesin panas, aku bisa berhari-hari menyiapkan konten untuk besok-besok. Tapi, menjaga agar konsisten seperti ini nih yang PR itu. Warbyasak memang. Makanya, ngumpul di komunitas tuh efektif buat terus menyalakan semangat kita.

  2. Ngeblog itu asik. Secara, perempuan katanya punya stok kata yang besar dan harus ia keluarkan setiap harinya. Blog adakah wahana paling nyaman buat aku sebagai perempuan.

    Dan, memang ngeblog juga ngga hanya mencurahkan isi pikiran. Tapi, bisa jadi peluang penghasilan juga.

  3. Aku pun sangat menikmati dunia blogging ini. Intinya sih menulis. Karena meski padat dengan aktivitas lain tapi kalau lama gak nulis kayanya malah ada yg kurang. Jadi blogging ya bisa dibilang sbg alat kalibrasiku. Apalagi kemudian bisa “menghasilkan”, Masya Allah ❤️❤️

  4. Saya juga bersyukur gabung sama IIDN. Seringkali dapat ilmu dan peluang yang bagus. Dan webinar marathon kemarin memang luar biasa. Daging banget ilmunya. Sayang kalo ga ikut. Lebih sayang lagi kalo ga diterapkan. Salam kenal ya mba, semoga jadi salah satu pemenang lombanya 🙂

  5. benar banget, keberhasilan orang lain jadi panutan, aku hobby menulis blog juga namun mungkin belum benar-benar konsisten, aku masih memiliki pekerjaan utama yang aku kerjakan setiap hari sehingga kurangnya waktu yang aku miliki untuk menulis blog namun aku masih tetap harus brsyukur sambil meluangkan seberapapun waktu yang aku punya untuk menulis, menulis dimalam hari saat pulang bekerja membuatku merasakan kebahagiaan tersendiri sehingga mampu menngurangi kelelahan hari ini

  6. Kalau dulu awalnya sih nulis cuma buat iseng, tapi makin ke sini, makin pengen bikin tulisan yang nggak hanya bisa dinikmati manusia tapi juga dinikmati mesin pencarian. Emang kudu sering ikutan pelatihan2 gini biar bisa jadi perempuan produktif ya

  7. Iya ya mbak, dari aktivitas blogging ini kalau ditekuni satu bidang aja dan jadi spesialis memang bisa membuat seorang blogger jadi profesional. Semoga lewat webinar dari IIDN dan Ooredoo ini bisa membuat para blogger jadi lebih profesional.

  8. Konsisten adalah hal yangmasih susah saya lakukan, hiks.
    Saya masih susah ngatur waktu, antara tugas ngajar, kerjaan domestik, dan nulis.
    Aups malah curhat saya, hihihi
    Btw, anak bungsu saya juga pakai IM3 Ooredoo untuk kegiatan belajarnya selama PJJ mbak, emang lancar internetnya. Makasih IM3 Ooredoo sudah membersamai anakku belajar

  9. Menulis konten berkualitas tentu lambat laun akan mendatangkan rezeki asal kitanya juga konsisten, dan alhamdulillah dari menulis pun bosa menambah pemasukan tuk bantu suami. Oh ya IM3Ooredoo mengadakan webinar ya mba, pasti seru banget kalau di ikuti supaya nambah ilmu apalagi IM3 mendukung para blogger dengan IM3preneur. Keren banget.

  10. Untuk saya sendiri sih baru saja mengubah tampilan baru blog saya supaya menjadi lebih menarik. Kemudian saya juga berusaha totalitas untuk setiap tulisan. Tujuannya sebagai branding agar banyak yang mau mengajak kerjasama.

  11. Awalnya saya pikir IIDN itu semacam website seperti kompa****a, ternyata adalah singkatan dari ibu ibu doyan nulis.

    Salut buat para founder seperti ini, yang bisa jadi penggerak.
    Apalagi ditambah dengan pelatihan yang super berkualitas.
    Habis ini saya mau daftar kesana hehehe

    anw, semoga menang ya mbak

  12. Ping-kembali: Meningkatkan Kemampuan Diri Bersama (Bagian 1) - UmmiSyifa.com

  13. Ping-kembali: Terus Konsisten Menulis Untuk Meningkatkan Kemampuan - UmmiSyifa.com

  14. Ping-kembali: 5 Tips Tidak Malu Belajar Pada Generasi Muda - UmmiSyifa.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *