Literasi

Menguatkan Konten Dengan Backlink (Bagian 2)

Menguatkan Konten Dengan Backlink

Hello… Bagaimana caranya meningkatkan konten agar DA/PA blog kita bisa terus meningkat? Salah satunya caranya menguatkan konten dengan backlink dan blog squad berusaha mewujudkannya. Memang tidak dalam waktu yang cepat, karena ini modelnya adalah arisan, jadi perlu beberapa waktu untuk menjalankan prosesnya. 

Menguatkan Konten dengan Backlink

Apa sih backlink itu? Yaitu link yang ada di satu website dan mengarahkan pada situs web lainnya yang dapat membuat pengguna melakukan navigasi melalui internet ke halaman yang kita cari di dalam browser kita. Backlink ini bisa membantu untuk meningkatkan otoritas blog yang kita miliki. 

Ini salah satu ilmu yang saya dapatkan selama bergabung dalam blogger squad ODOP. Ada beberapa orang yang membantu untuk proses backlink ini. Ada Mbak Marita yang ahli di blogspot juga sebagai inspirasi planning ini dan Mbak Ciani selaku ketua yang terus mengingatkan tim untuk bisa mencapai target sesuai harapan, yaitu agar menyelesaikan tantangan sesuai waktu yang ditentukan, melakukan evaluasi nilai DA/PA dan memberikan semangat ngeblog agar semua tim bisa meraih keberhasilan bersama.

Apa hanya dua orang ini yang bergerak? Tentu tidak. Anggota tim lainnya juga saling mengingatkan satu sama lain, terlebih backlink ini dilakukan dengan sistem arisan. Dari semua tim, nantinya akan di kocok beberapa orang untuk menentukan tema dan pilihan kata untuk backlinknya (anchor). Tema inilah yang nantinya akan di buat konten oleh masing-masing tim dalam blog dan memastikan anchor sudah benar-benar tercantum dalam konten yang kita buat.  

 Apa semua tim bisa melakukannya tanpa ada kesulitan? Tentu kesulitan itu ada, tetapi bisa dengan cepat terurai karena selama ada ide, konten yang ingin dibuat bisa mencipta dengan baik.  Tahap awal saat mendapatkan tema memang membutuhkan ide, kemudian mencari data pendukung, kemudian dilanjutkan dengan menulis untuk menuangkan apa yang dirasakan atau dialami. 

Menguatkan-konten-blog

 

Hasil yang diharapkan terwujud

Apakah hasil yang diharapkan terwujud? Ya, tetapi perubahan tidak langsung terjadi dalam waktu yang cepat. Maksudnya sekali melakukan backlink hasil langsung terlihat, tentu tidak. Semua dilakukan terus dan konsisten sampai masa arisan berakhir dengan tuntas. Bila ada teman yang tertinggal maka berusaha untuk diingatkan agar tidak terlalu banyak pekerjaan rumah dan akhirnya jadi menumpuk.

Ah, tidak ingat berapa nilai DA/PA saat sebelum backlink, tetapi alhamdulillah terlihat adanya kenaikan yang bikin hati senang. Semua mengalami kenaikan, meski dengan angka yang berbeda-beda. Lalu setelah angka kenaikan didapat apa yang dilakukan? Berusaha untuk terus menjaganya agar tidak turun lagi. Caranya dengan terus mengisi dan membuat konten lanjutan, meskipun tanpa ada backlink.

Cara Melakukan Backlink

Memutuskan untuk mengadakan backlink tidak serta merta hanya menulis dan membuat konten saja, tetapi kita juga perlu saling berempati dengan anggota tim lainnya. Misalnya ada yang terkendala dalam pembuatan, maka terus disupport agar dapat segera menyelesaikan dengan baik. Adanya kerjasama antara satu dengan lainnya tentu mendukung program ini berjalan sesuai harapan.  Tahapan untuk melakukan backlink, antara lain :

  1. Membuat kesepakatan dahulu agar komitmen menjalankannya
  2. Menentukan link blog yang akan terus digunakan selama program berjalan
  3. Penerima arisan adalah tiga orang. Nantinya yang menjadi penerima arisan perlu menentukan tema dan anchor untuk backlink.
  4. Menentukan waktu pembuatan konten sesuai tema.
  5. Evaluasi hasil

 

Baca : 

 

Menguatkan konten dengan backlink sering kali menjadi pilihan untuk membantu meningkatkan otoritas blog yang kita miliki dengan meningkatkan traffic website kita. Meskipun buat saya ini hal yang baru dilakukan, bukan berarti kesempatan ini dilewatkan begitu saja. Semua tim blog squad berusaha saling mengingatkan, memberikan dukungan dan saling membantu agar niat awal program ini bisa terus berjalan sampai akhir dan hasilnya maksimal.

Lagi-lagi blog yang dibangun perlu terus mendapatkan update konten yang baru. Maka dengan adanya backlink ini, selain membuat wawasan semakin bertambah juga kegiatannya makin memberikan keseruan untuk semua. Dikala susah mendapatkan ide, ada teman yang sharing link untuk menjadi tambahan ide. Rasanya ingin bisa mengadakan backlink lagi untuk lebih mewarnai blog. Apakah kamu punya pengalaman tentang backlink juga? Bagi infonya yuk!

 

Salam,

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(1) Komentar

  1. […] Menguatkan Konten dengan Backlink  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *