Literasi

Belajar Bersama Blogger Squad ODOP

Belajar Bersama Blogger Squad ODOP

 Ħăiii … Banyak yang bilang, belajar itu berproses dan untuk menjalaninya perlu kesungguhan. Kalau hanya sekadar ingin di awal, tetapi terus enggan melanjutkan, maka tidak akan kelihatan hasilnya. Untuk semakin meningkatkan semangat belajar, ada baiknya dengan belajar bersama, ya belajar bersama blogger squad ODOP. 

Belajar Bersama Blogger Squad ODOP

Menikmati proses belajar memang jauh lebih enak kalau dilakukan secara bersama. Ada yang mengingatkan, mau saling sharing juga ada tantangan. Masa sih? 

Itu yang saya rasakan selama bergabung di blogger squad ODOP. Beberapa bulan bergabung, alhamdulillah bisa dapat tambahan banyak ilmu. Apalagi banyak yang ahli di dunia blogging ini. Ada yang sudah punya beberapa blog seperti Mbak Marita, Mbak Jihan yang selalu semangat update blognya setiap hari, juga ada Mbak Rindang, Mbak Ciani, Mbak Sari, dan lainnya. 

Blog yang telah mereka bangun bukan hanya sekadar ada keberadaannya, tetapi terus berusaha dikelola seoptimal mungkin. Hasilnya pun terlihat. Nilai DA/PA melonjak, konten yang dibuat memikat hati sehingga tidak salah kalau banyak pihak yang melirik dan tertarik untuk bekerja sama.

Benar adanya, bahwa membangun sebuah usaha tidak hanya sekadar ada saja, tetapi perlu terus dikembangkan. Membutuhkan usaha dan kesungguhan dalam menjalankannya. Mudahkah? Tentu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. 

Adanya kemauan untuk terus belajar dan mencari tahu suatu hal akan membuat ilmu yang dimiliki terus bertambah. Kemudian dari ilmu tersebut kita mempraktekkannya. Berhasilkah? Semua akan berhasil pada waktunya. Tergantung bagaimana kesungguhan kita. Hasil yang didapat tidak selalu bisa diraih dengan cepat. Karena berproses membutuhkan semangat yang tinggi. 

Tidak sedikit yang gugur saat menjalani proses itu. Namun, cukup banyak juga yang berhasil melaluinya sehingga berhasil meraih apa yang menjadi harapan. Ini yang ingin diraih oleh blogger squad ODOP. Bisa belajar bersama, terus semangat dan menjadi lebih baik lagi. 

Kelihatannya simple, tetapi semuanya bergantung pada diri kita masing-masing. Karena meskipun belajar bersama, niatnya ada pada diri setiap anggota. 

Bermula dari ODOP

Waktu awal ngeblog, saya belum mengerti apapun. Terus dipertemukan dengan ODOP. Benar kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Saya coba kenali apa sih ODOP itu, siapa aja yang menangani grup ini, berapa lama proses belajarnya, tantangan apa yang diberikan? 

Komunitas ODOP (One Day One Post) merupakan wadah untuk para blogger mengembangkan kemampuan menulisnya. Berusaha untuk terus rutin mengisi blog yang sudah dibuat dengan tulisan karya sendiri. Menuangkan ide yang ada dalam benak kepala. Merangkai kata demi kata sehingga menghasilkan sebuah tulisan bisa dinikmati secara utuh. 

Apa saja yang ditulis? Tulislah apapun yang kita inginkan. Puisi, cerpen, artikel, pengalaman hidup, apapun pokoknya berupa tulisan. Ide yang kita punya bisa terus dikembangkan sesuai keinginan. Misalnya hari ini ingin buat puisi saja, besok buat cerpen, lusa buat artikel anak, ok aja kok. 

Tantangan saat gabung di ODOP selain mengembangkan ide adakah menulis rutin setiap hari dan mengerjakan tantangan setiap minggunya. Waduh, berat ya! ¨¨ўūþ¨☺≈•¨¨ўūþ¨☺≈•

Baru gabung dapat tantangan begini, rasanya bikin ketar ketir. Bagaimana caranya? Ide apa yang ingin dituangkan? Bagaimana menulisnya? Untuk yang sudah biasa memang nggak bakal bingung, bakal sebaliknya untuk pemula. Bingung bukan main. 

Terus mau mundur, eits nanti dulu. Masa sih menyerah sebelum berperang. Malu atau gengsi? Bukan itu. Masa kita mau ngaku kalah sebelum mencoba. Akhirnya ide terus berusaha dicari dan digali. Tak apa kalau hari ini belum maksimal, besok bisa dicoba lagi. 

Tantangan Demi Tantangan

Setelah menjalani masa di ODOP kemudian berlanjut masa mengembangkan kemampuan yang sudah didapat. Menulis sendiri tanpa ada tantangan. Berhasilkah? Ternyata rasanya beda. Kalau ada tantangan, rasanya kita jadi terpacu untuk berani mencoba. Saat sendiri godaannya ya diri sendiri. 

Tantangan ini yang berat. Meski demikian berusaha untuk terus memacu juga menyemangati diri sendiri. Kalau bukan kita yang berusaha, lalu bagaimana kelanjutan blog nantinya. Apakah yang dilakukan masih dipantau sama ODOP? Masih ada, tetapi tidak seekstra saat masih ada tantangan dari ODOP langsung. Hanya di minta update setiap minggunya atau paling tidak dalam sebulan ada update-an beberapa tulisan. 

Bersama Blogger Squad ODOP

Semangat Untuk Blogger Squad ODOP

Beberapa minggu menikmati kebersamaan dengan belajar bersama blogger squad ODOP rasanya bikin betah. Nggak salah kalau ingin bisa terus berlanjut dan berlanjut. Kenapa? Karena enak, tambah semangat dan terus bersinergi. 

Tantangan demi tantangan yang diberikan berusaha untuk meyakinkan diri bahwa akan sanggup melaluinya. Terus bertahan sampai akhir, meskipun hasil belum maksimal tak jadi masalah. 

Ilmu yang didapat berusaha untuk terus diaplikasikan agar selanjutnya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Kapan? Waktu yang akan menjawab dan seberapa besar kesungguhan kita saat melakukannya. Harapan itu ada, tetapi jangan menyerah dan putus asa. Tetaplah terus belajar, istikamah untuk menghasilkan yang terbaik dan menjaga semangat diri. 

Baca juga :

Penutup

Belajar bersama blogger squad ODOP mampu memberikan kesegaran baru dalam proses perjalanan menjadi blogger. Selain ucapan untuk terus semangat, juga ingin berterima kasih atas kehadiran blogger squad ODOP ini. Ditujukan untuk jajaran pengurus ODOP, semua teman seperjuangan yang mau untuk selalu mengingatkan, juga berbagi ilmu. 

Berharap kebersamaan ini semakin memperkuat tali persaudaraan juga terus mengembangkan ilmu yang sudah didapat untuk mengoptimalkan blog masing-masing. Salam semangat untuk terus lebih baik lagi sehingga mampu menggapai apa yang menjadi harapan. 

Salam, 

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *