Literasi

Meningkatkan Kemampuan Diri Untuk Ngeblog (Bagian 1)

Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri

Hello guys … Menulis di blog apa enaknya sih?  Menekuni dunia menulis atau blogging ternyata tidak semudah seperti yang dibayangkan. Kalau melihat orang yang menulis memang rasanya enak, tetapi saat kita melakukannya sendiri perlu perjuangan lho. Setelah berkenalan dan menjalani hari bersama ODOP, ada perasaan yang beda. Maunya sih makin tambah semangat menulisnya. Tujuan gabung di ODOP untuk semakin meningkatkan kemampuan diri. Bisakah?

 

Meningkatkan Kemampuan Diri

Siapa yang menduga bisa gabung dalam komunitas ODOP (One Day One Post). Niat awal sebenarnya untuk mengenal bagaimana cara menulis di blog. Kemudian terus bergelut dan memaksa diri agar bisa mencapai target yang sudah ditentukan oleh tim ODOP. Memang isi yang tertuang dalam tulisan mengalir begitu saja dan alhamdulillah semua bisa dilalui, tetapi kualitasnya masih jauh dari kata baik. Maklumlah masih belajar.

Meskipun mulanya merasa nggak yakin bisa menjalani tantangan ini, tetapi tetap berusaha untuk terus dicoba. Ikuti kata para blogger, tulis aja apa yang ada dipikiran. Nantinya bisa diedit dan kalau tulisan terasa masih banyak kekurangan nggak masalah kok. Kalau kita mau terus belajar dan nggak putus asa dengan terus coba dan mencoba, maka nantinya akan jadi lebih baik.  

Tantangan yang diberikan ODOP adalah dengan mengadakan tema tulisan tertentu. Nah ini yang bikin menulis jadi tambah seru. Apalagi saat diminta bikin cerbung. Waduh rasanya bikin pening kepala. Diaduk-aduklah kisah yang ada, terus diramu biar sesuai tantangan. Hiks. 

Setelah menikmati kebiasaan ODOP, begitu selesai masa pengenalan ngeblog, rasanya sayang kalau semangat yang sebelumnya sudah ada tidak terus dilanjutkan. Akhirnya terbentuk ODOP Squad dan aksi menulis pun bisa terus dilanjutkan. 

“Terus tingkatkan kemampuan diri. Jangan mudah menyerah. Hasil yang indah tidak akan bisa didapat jika kita mudah berputus asa.” ~ Asih Mufisya

 

Keningkatkan-kemampuan-ngeblog

Tips Kembangkan Kemampuan Blogging

Apa yang sebaiknya dilakukan setelah kita membuat blog? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain :

1. Niat atau tujuan ngeblog

Tentukan dulu niat ngeblog untuk apa dan apa yang harus dilakukan untuk mewujudkannya, seperti ingin mengisi waktu, meningkatkan trafik blog, bisa segera mendapatkan tawaran menulis atau ingin membentuk branding sehingga nantinya bisa lebih meyakinkan brand yang ingin bekerjasama. 

2. Target

Ada yang berani menentukan target pencapaian, misalnya tahun ini DA/PA naik mencapai 20 atau lebih, menang lomba blog, dan target lainnya. 

3. Konsisten

Blog yang sudah dibuat hendaknya bisa diisi secara rutin. Misalnya setiap hari (mengikuti sistem ODOP), seminggu sekali atau seminggu 2-3 kali. Usahakan blog yang sudah dibuat tidak dipenuhi sarang laba-laba karena tidak atau jarang kita kunjungi.  

4. Tentukan tema blog

Blog yang dibuat ingin tema apa. Lifestyle, travelling, blog review, teknologi, parenting dan lainnya. Sesuaikan dengan kemampuan diri masing-masing. Kalau suka jalan-jalan berarti bisa pilih tema travelling. 

5. Evaluasi

Terus belajar. Proses belajar artinya terus berusaha untuk menjadi lebih baik. Dari yang awalnya tidak tahu dan tidak mengenal, selanjutnya jadi lebih paham dan mengerti. Kesalahan berusaha diperbaiki agar jadi lebih baik. Hasil memang tidak selalu bernilai seratus. Maka diperlukan proses evaluasi hasil agar kekurangan diri bisa terus berusaha memperbaiki.   

6. Optimis

Perjalanan menjadi blogging tentu tidak dapat dirasakan dalam waktu satu atau dua hari saja, tetapi butuh waktu yang panjang. Oleh karena itu dibutuhkan keyakinan yang kuat saat menjalankannya. Tidak ada hasil indah yang diperoleh secara instan. 

7. Berkumpul dengan komunitas

Bergabung dalam komunitas blogging tentu bisa membuat kita terus termotivasi. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan kebersamaan ini. Saling mengingatkan, menguatkan dan berbagi ilmu. Kritik dan saran tentu dibutuhkan untuk semakin mempertajam kemampuan yang kita miliki. 

Mengetahui-kemampuan-diri

Harapan Bergabung dengan Blog Squad

Bersyukur banget bisa bergabung dalam komunitas blogger Squad, kenapa? Karena banyak yang didapatkan, mulai dari mempererat persaudaraan, dapat ilmu, terus termotivasi dan blog rutin terisi. Ilmu ngeblog nggak hanya menulis dan menulis, ternyata lebih dalam dari itu. Adanya komunitas yang mendukung keingintahuan kita tentu sangat membantu dan membuat kita terus termotivasi. Apalagi kalau kita ada sedang malas atau lupa untuk update blog, nantinya akan ada yang mengingatkan. Jadi bisa saling menguatkan.  

Terus apa yang jadi harapan selanjutnya? Harapan selanjutnya adalah bisa semakin meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri dalam dunia blogging.  Memang tidak semua ilmu bisa langsung dipraktekan, perlu terus berproses, mau mencoba dan tidak patah semangat. Hasil indah yang ingin didapatkan tentu tidak selalu mudah diraih. Semua butuh perjuangan dan hasil yang didapat tidak akan mengingkari usaha yang sudah dilakukan. 

Sedikit curhat ya, ada beberapa tugas yang sebenarnya belum maksimal saya kerjakan lho, tetapi tetap nantinya akan coba dibuat dan dimaksimalkan. Maklum sifat manusia adalah pelupa, apalagi kalau sudah bergelut dengan kegiatan sehari-hari. 

Baca :

 

Kesimpulan

Meningkatkan kemampuan diri dalam dunia blogging bermula dari kemampuan diri untuk melakukannya. Harapan bergabung dalam blog squad sudah terwujud, selanjutnya tinggal bagaimana kita menjalani waktu yang ada untuk terus mengoptimalkan diri. 

Setiap orang tentu punya harapan tersendiri dan melakukan berbagai cara sesuai kemampuannya agar harapan itu bisa jadi wujud nyata. Saat awal masuk ODOP, semuanya terasa berat, tetapi selanjutnya jadi terbiasa dan bisa menikmati alurnya dengan baik, tanpa ada beban. Begitu pun setelah mengikuti ODOP squad. Ngeblog bisa jadi semakin nikmat dan kemampuan menulis terus lebih baik. Semoga semangat ini bisa terus terjaga, istikamah dan tidak berputus asa saat belum mencapai harapan.  InsyaAllah. 

Salam, 

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(1) Komentar

  1. […] Meningkatkan Kemampuan Diri untuk Ngeblog  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *