Belajar SEO blogger bersama kelas BRT

Belajar SEO Blogger Ikut Tantangan Kelas Gratis BRT

Belajar SEO blogger ikut tantangan kelas gratis BRT. Apa sih, maksudnya? Dunia ngeblog makin hari semakin banyak peminatnya. Setiap blogger berusaha mengembangkan kemampuan literasi dengan berbagai cara. 

Ada yang ikut kelas penulisan konten dan kemudian menuliskan kisah tentang perjalanan hidupnya, traveling, lifestyle, beauty, teknologi, dan sebagainya. Ada juga yang ikut kelas ngeblog seperti kelas SEO. 

Belajar SEO Blogger 

Blog yang sudah dibuat tentunya berusaha untuk semakin dikembangkan agar menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu blogger perlu belajar SEO blogger dan menerapkannya dalam penulisan yang dilakukan. 

SEO (Search Engine Optimization) merupakan tahapan untuk mengoptimasi blog agar nantinya artikel yang dibuat bisa menjadi peringkat teratas di halaman pencarian google. Alhasil blog akan jadi banyak pengunjungnya.

Untuk mendapatkan ilmu tersebut saya pun bergabung dengan kelas BRT. Sebelum bergabung saya pernah membaca ulasan tentang kelas blogger ini dan menurut saya merupakan kelas yang memang patut untuk diikuti. Maka saat kesempatan itu datang, tanpa pikir panjang saya pun segera mencoba peruntungan dan alhamdulillah berhasil join.

Tantangan kelas gratis BRT rasanya luar biasa

 

Kelas Gratis BRT Network

Tara… masuk kelas gratis BRT nih. Rasanya wow banget. Pengajarnya adalah mastah blog yang sudah malang melintang di dunia blogger sejak lama. Sebut saja Mas Punto, Mbak Monica Anggen, Mas Priyo Harjiyono, Mbak Marita Ningtyas, Mbak Gilang Maulani dan Mas Zen.

Siapa sih mereka itu? Bagi para blogger nama mereka tentu sudah tidak asing lagi karena memang sudah mengenal mereka dengan baik. Apalagi yang sudah pernah ikutan kelas BRT. Pastinya semua coach tersebut ahli di bidang bloggingnya masing-masing. 

Dalam kelas ini materi disampaikan melalui grup whatsapp juga zoom dan setiap minggunya disampaikan dua kali kemudian dilanjut dengan penugasan, antara lain :

  1. Memeriksa struktur blog apakah sudah sesuai indikator SEO
  2. Parameter SEO On Page 
  3. Cek performa blog dengan Google Analytics dan Google Search Console

Sebelum materi diberikan, Mbak Monica mengingatkan bahwa kelas BRT ini bukan kelas untuk meningkatkan DA/PA, jadi bagi peserta yang mempunyai tujuan demikian sebaiknya mempertimbangkan kembali. Memang benar sih, berdasarkan materi yang diberikan memang tidak ada coach yang menjelaskan tentang hal tersebut.

Mbak Finairakara, teman sekelompok saya juga sharing kalau awal gabung di kelas RBT merasa senang karena ketemu banyak teman di bawah naungan yang sama-sama blogger. Namun, ada rasa insecure, karena merasa kalau selama ini ngeblog cuma buat fun saja, jadi belajar seadanya. Setelah masuk kelas BRT mindset jadi berubah. Untuk ngeblog, kita memang perlu belajar mandiri, ya setidaknya tahu apa yang sebaiknya dilakukan saat ada sesuatu di blog kita. 

Memang ada yang bilang bahwa kelas BRT bisa membantu untuk memperbaiki DA atau performa blog. Namun, yang menjadi ketertarikannya masuk kelas ini adalah kelas BRT mengajarkan blog dari basic, kita diajarkan untuk mengenal isi blog kita sendiri. Jadi yang berniat mau ikutan kelas ini perlu mengubah mindsetnya dulu, yaitu untuk mencari ilmu blogging bukan untuk meningkatkan DA/PA. 

Tantangan Demi Tantangan

Layaknya masuk dalam sebuah kelas pendidikan, seorang guru memberikan pelajaran kemudian dilanjutkan dengan tugas dan ujian. Begitu juga dalam kelas BRT ini. Faktanya memang belajar SEO kurang afdol kalau tidak langsung dipraktekan dan terus dipraktekan.

Apalagi kelas ini bertujuan untuk mengenal lebih dalam bagaimana blog yang sudah dibuat, kemudian berusaha meningkatkan penulisan dengan lebih baik lagi. 

Peserta blogger dituntut untuk mengerti tentang materi yang disampaikan para coach. Namun kalau belum jelas para coach akan siap untuk membantu sejauh kita memang sudah berusaha dan mau melakukan apa yang diajarkan dengan baik. 

Kalau sebaliknya, hanya mau terima materi saja tanpa ada action maka jangan berharap para coach akan diam begitu saja. Ada proses seleksi yang dilakukan setelah tugas diberikan. Jika tidak sanggup menjalankan tantangan maka akan di kick dari kelas. 

Tugas yang diberikan coach bagaikan tantangan yang harus ditaklukkan. Ada yang sampai tidurnya larut malam, atau kepalanya jadi pusing. Saya pun mengalaminya. 

Bingung dan panik saat mengerjakan tugas kedua, memeriksa struktur blog. Berdasarkan indikator SEO blog saya ada tanda merah yang berlebih dan harus segera diperbaiki. Akhirnya berusaha dengan tanya sana sini untuk bisa segera mengatasi masalah tersebut. Apalagi ada batas waktu yang diberikan dan ini bikin deg-degan. Awalnya cek koding dulu, kemudian berniat ingin ganti template, dan akhirnya dapat solusi juga setelah dibantu para coach dan pihak hosting. Huf leganya, alhamdulillah. Satu tantangan terlewati sudah selanjutnya melangkah ke tantangan berikutnya.   

 

Terus semangat ikut kelas gratis BRT

Semangat Belajar SEO Bersama Kelas BRT

Peserta kelas berasal dari berbagai kalangan dengan kesibukannya masing-masing, begitu pula dengan para coach. Namun, semua keterbatasan yang ada selayaknya dapat dioptimalkan sebaik mungkin agar hasil yang didapat juga bisa memuaskan. 

Memang ada saja rintangan yang dihadapi saat kita sudah mempunyai niat tertentu. Semuanya kembali kepada diri kita sendiri, tetap mau terus maju dan berkembang atau mundur teratur, kemudian meninggalkan kelas. Karena sayang rasanya kalau sudah berhasil masuk kelas ini, kemudian tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Inilah yang menguatkan saya untuk terus maju di kelas BRT ini. 

Niat untuk bergabung dalam kelas BRT sudah jauh hari dan saat kesempatan itu datang saya tidak ingin membiarkannya berlalu begitu saja. Adakah paksaan dalam kelas ini? Tantangan yang diberikan merupakan paksaan bagi saya untuk mengerjakannya. Karena jika tidak dikerjakan maka saya tidak akan tahu apa dan bagaimana kendala juga hasilnya. Apalagi penanganan pada setiap blog itu berbeda-beda. 

Mbak Annisa Kemala, seorang mompreneur, merasa exciting dengan materi kelas BRT karena cukup ‘daging’ katanya. Penjelasan dari materi yang kadang diberikan bikin peserta melek akan dunia ngeblog dan berusaha lebih dipahami dengan mencari tambahan informasi pendukung dari internet, tetapi sayangnya tidak semua artikel bisa menjelaskan detail seperti yang diinginkan.

Awal ngeblog Mbak Annisa hanya ingin senang-senang saja, tetapi kemudian meluruskan niat untuk lebih semangat belajar dan mengaplikasikan ilmu bloggingnya dengan serius. Inilah yang membuatnya terus commitment mengikuti kelas ini. Berusaha untuk bisa membagi waktu antara menjalankan rutinitas harian dengan tugas kelas. Ya, saat malam hari berusaha untuk menuntaskan tugas yang diberikan sebaik mungkin. Harapannya blog bisa lebih baik lagi kualitasnya supaya tulisan-tulisan yang dibuat bisa dibaca lebih banyak orang.   

Penutup

Belajar SEO blogger ikut tantangan kelas gratis BRT, rasanya sulit diungkapkan. Memang banyak kelas ngeblog yang diadakan dan BRT jadi salah satu kelas yang patut untuk diikuti. Sistem kelasnya mengajarkan kita untuk aktif bertanya juga berdiskusi, mencari referensi pendukung dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. 

Tanpa adanya tugas, materi yang diberikan akan mudah menguap begitu saja. Namun setelah diaplikasikan maka nantinya kita bisa melihat hasil yang lebih baik. Sebelum bergabung diharapkan ubah dulu mindset dan kuatkan niat agar saat masuk kelas benar-benar bisa dinikmati dengan nyaman.

Berharap semoga saya bisa mengikuti kelas BRT ini hingga akhir dan nantinya mampu terus mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan sebaik-baiknya. Aamiin. 

Salam semangat,

Share the article :

96 komentar untuk “Belajar SEO Blogger Ikut Tantangan Kelas Gratis BRT”

  1. Semangat ya kakak kakak. Jadi ikut senang lihat teman teman belajar SEO bareng di kelas BRT. Semoga lulus semua dan ilmunya bermanfaat. Aamin

  2. Semangat Mba…semoga bisa sampai tuntas. Keren Skali kelasnya. SEO itu salah satu ilmu mahal dalam blog. Di BRT dapatnya gratis…mupeng euuyyy…semoga next time ada kelas lagi dan aku bisa ikut.

  3. Saya belum pernah ikutan kelas BRT nih. Jadi penasaran setelah membaca ulasan teman-teman. Asyik banget ya bisa belajar di BRT, sekaligus ngecek performa blog. Kita jadi tau bagaimana cara meningkatkan performa blog dengan cara yang tepat. Makasih atas sharingnya….

  4. Mbak aq pernah sekali ikut kelas DA di BRT, kelasnya ala militer banget tapi justru itu yang bikin kita lebih semangat buat mengerjakan tugas ya. Semangat terus

  5. Sepakat banget dengan kalimat Mbak, bahwa seorang blogger itu setidaknya harus tahu isi blognya. Sehingga dia bisa mandiri memahami ilmu per blog an ya Mbak? Kelas BRT ini penuh tantangan dan happy karena mendapatkan banyak ilmu. Jadi pengen gabung, tapi saya terlalu banyak pertimbangan, he..he.. Selamat uprek blog menuju lebih baik ya Mbak. Semangat slalu.

  6. Keren banget nih Mbak ikutan kelas yang tough semacam kelas BRT. Pastinya harus pintar membagi waktu antara urusan domestik rumah dengan mengecek si rambu rambu merah biar blognya sehat kembali.

    Semangat mbak, semoga semangatnya terus berkibar sampai akhir pelatihan

  7. Waah..emang bener ada suka dukanya ikut kelas ini, hehehe..
    Pengalaman yang sudah-sudah saya sering dengar teman-teman sampai rela begadang untuk bisa menuntaskan tugasnya tapi worth it sama ilmu yang mereka dapatkan ketika berhasil menyelesaikan setiap tantangannya

  8. Dulu aku belajar seo via buku gtu, dan alhamdulillah manjur. Setelah blog ganti ke https wktu itu, kenapa ya blog aku ga keseo dgn baik lagi, perlu belajar lagi nih aku

  9. Belajar ilmu SEO untuk blogger memang penting adanya dan saya pernah dengar kelas Mas Punto ini, mantap kelasnya. Sukses dan lancar sampai akhir kelas ya Mbak.

  10. Semangat Mba belajarnya. Memang si sebagai blogger itu harus paham dulu basicnya, baru nanti ngejar DA dan PA. Dulu waktu ikut kelas BRT juga gitu. Diajari bagaimana mengatasi eror dan memilih tema yang bagus.

  11. Wah, mantap-mantap. Siap-siap naik kelas, Kak. Kelas BRT ini total banget, lho. Lulusannya udah banyak terbukti blognya makin keren. Good luck!

  12. Blogger jaman now harus upgrade skill biar blognya makin cetar ya
    Jujur aja aku masih nol banget nih urusan begini-beginian
    Masih tahap main blog untuk bersenang-senang aku tuuuu
    Tapi baca artikel begini, asli bikin kepo dan mupeng
    Jadi pengen ikutan belajar juga

  13. Ikut kelas ini hati selalu dag dig dug, pengen terus lanjut tapi susah buat memenuhi tugas. Pada akhirnya ikut kedepak di minggu kedua, padahal masih banyak yg pingin dipelajari

  14. Masya Allah, jadi pengen ikut kelasnya, tapi kayaknya saya belum sanggup menaklukkan tantangan demi tantangan yang nantinya diberikan. Sukses ngeblognya ya, mba. Semangat.

  15. Semangat kak. Semoga bisa tuntas dalam belajar dan ilmu yang terserap diaplikasikan dengan sebaik-baiknya. Untuk SEO sampai sekarang saya belum begitu paham, jadi kepo sama kelas gratis BRT juga nih.

  16. wah ikutan kelas BRT ini nggak cuma nambah ilmu tapi juga nambah teman blogger ya soalnya kan dibagi per grup gitu yang harus saling membantu. pastinya jadi lebih dekat dengan rekan sesama blogger di grup itu

  17. Mas Punto, Mbak Monica Anggen, Mas Priyo Harjiyono, Mbak Marita Ningtyas, Mbak Gilang Maulani dan Mas Zen. Ini mah semua udah jadi suhu ya, dengan keahlian masing-masing. Pasti daging semua ilmunya ikut kelas BRT.

  18. saya juga senang sekali bisa ikutan Kelas Gratis dari BRT Network di bulan Desember ini, sekarang jadi lebih tahu salahnya blogku dimana dan harus segera berbenah jika nanti ada yang error lagi, kelas yang sungguh daging emang ini mah.
    gak cuma soal ngeblog aja, tapi tentang kedisiplinan juga bisa banget dipelajari disini 🙂

  19. Ikut senang deh aku, emang ya kak kalau ada kesempatan mesti banyak belajar.
    Selain meningkatkan pengetahuan kita seputar dunia blog bisa bersilahturahmi dengan anggota yang lain sesama blogger.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *