Blog menjadi lebih menarik dengan membuat blog planner

Cara Membuat Blog yang Menarik dari Blog Planner

Cara membuat blog yang menarik dari blog planner, membutuhkan komitmen dalam menjalankannya. Tujuannya agar apa yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan baik, tetapi bagaimana kalau tidak terwujud? 

Apapun yang terjadi diharapkan tidak membuat perencanaan yang dibuat jadi terbengkalai begitu saja. Oleh karena itu dibutuhkan kesungguhan dalam menjalankannya

Cara membuat blog yang menarik

Blogger yang sudah membangun sebuah blog tentu berharap agar blognya bisa terus terisi secara rutin dan pengunjung yang datang bisa merasa betah. Banyak cara yang dilakukan, misalnya mengubah template blog agar lebih menarik, menampilkan infografis atau video, atau membuat konten berbobot menggunakan blog planner.

Agar terwujud seorang blogger memang perlu membuat blog planner sehingga perencanaan tulisannya menjadi jelas dan terperinci dengan baik. Apakah sudah pernah mencoba? Sudah, tetapi mengalami kendala dan akhirnya tidak berjalan sesuai harapan. Nah, sekarang saya mau coba lagi.

Mengenal dan memahami blog planner lebih dekat

Coach Marita di kelas BRT menjelaskan pentingnya seorang blogger membuat blog plan secara rutin. Blog plan yang dibuat bisa memberikan gambaran tujuan blog, tentang jadwal postingan, bank ide juga outline tulisan.

Kapan sebaiknya membuat blog plan? Waktu pembuatannya sih bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang membuat daily, weekly, monthly, bahkan yearly. 

Karena baru mencoba lagi untuk konsisten dengan perencanaan yang dilakukan jadi pilih blog plan daily dan weekly dulu. Syukur-syukur kalau nantinya bisa istikamah jadi bisa terus lanjut ke plan monthly. 

Perencanaan yang Terukur

Menurut Adler, life plan atau rencana hidup merupakan gaya hidup seseorang, termasuk didalamnya khayalan pembimbing, usaha untuk mencapai superioritas dan upaya perbaikan dari kegagalan. 

Seorang teman pernah berargumen, buat apa sih bikin life plan atau rencana hidup kalau ternyata kenyataannya semua tidak bisa terwujud sesuai harapan. Jadinya ya begini-begini aja. Lebih baik jalani kehidupan apa adanya aja, nggak pusing deh. 

Faktanya tidak semua orang yang membuat life plan merasa gagal dalam kehidupannya. Bahkan sebaliknya, life plan yang dibuat justru membuat kehidupannya jadi lebih terarah. 

Begitu pula dengan blog yang kita buat. Isi konten di dalamnya bisa jadi lebih teratur dan jelas dengan membuat blog konten. Lho, kenapa disamakan, kan beda? Karena bisa membantu kita untuk menentukan arah dan tindakan.

“Blog plan ini hanyalah awal, plan ini bisa berjalan atau tidak adalah diri kita masing-masing. Maka selain mempersiapkan blog plan, ada PR lain yang harus kita selesaikan; MANAJEMEN WAKTU.” ~ Coach Marita 

Blog plan dapat dibuat dengan perencanaan yang tertata dan terukur sehingga bisa membantu kita juga dalam menjalankannya, termotivasi saat menghadapi kendala dan sasarannya nyata. 

Contoh blog plan daily yang bisa rutin dilakukan

Membuat Blog Planner

Membuat blog yang menarik tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Semua membutuhkan waktu, proses dan mau terus belajar banyak. Karena ngeblog memang untuk jangka panjang. Kenal dunia blogging dulu, ikutan nulis terus mengenal blog lebih dalam. 

Apa saja kekurangan di dalamnya yang perlu diperbaiki satu persatu. Kemudian berusaha konsisten menjaga energi ngeblog supaya bisa terus fokus. Tidak hanya sekadar memikirkan DA/PA, alexa, PV, traffic, dan sebagainya. Namun, bagaimana kita mampu mengatur waktu yang berjalan agar bisa istikamah. 

Berat juga ya! Sebenarnya kalau belum terbiasa memang akan terasa berat, tetapi kalau terus dilatih, dicoba dan berusaha komitmen maka nantinya bisa membuahkan hasil kok. Yuk kita coba bersama. Ini bisa untuk plan tahun mendatang. 

Pendapat seputar blog planner dari para blogger:

* Konsisten Menulis

Mbak Fadmala mengakui kalau sering mengalami kehabisan ide saat akan menulis. Kondisi fisik seperti letih, kurang konsentrasi membuatnya tidak dapat menulis setiap hari. Kemudian mencoba membuat blog planner. Diakui awal membuatnya butuh waktu lebih, sekitar seharian, untuk memantapkan weekly blog plan karena melakukan research keyword, menentukan tema, referensi, dll. Alhasil, menulisnya jadi lebih mudah dan lancar. 

* Memotivasi Diri untuk Terus Berkembang

Serangan writer’s block bisa terjadi kapanpun dan ini banyak dialami para blogger. Padahal kita tahu bahwa konten is the king. Masalah ini tidak bisa dibiarkan begitu saja dan Mbak Hamim mulai membiasakan diri membuat blog planner. 

Rutinitas yang dilakukan membuahkan hasil memuaskan, karena akhirnya Mbak Hamim bisa membuat minimal dua artikel dalam sepekan. 

* Efisiensi Waktu

Blog tanpa konten bagaikan taman tanpa bunga, terasa hampa dan hambar. Curhat Mbak Naqiibah, bagaimana mau buat konten kalau idenya saja susah didapat. Ternyata membuat content plan hampir sama seperti kita menuliskan list to do. Hasilnya tulisan yang dibuat jadi lebih rapi, detail, efektif dan efisiensi waktu. 

* Memperbaiki Kualitas Ngeblog

Blog yang menarik adalah blog yang isinya bisa membuat para pengunjung betah dan nyaman. Artikelnya beragam dan bermanfaat. Tujuan ini yang ingin didapatkan Mbak Tami dengan membuat blog planner. Nantinya blog menjadi lebih berkualitas. 

Membuat blog plan weekly tgl 13-18 Desember 2021

Resolusi Tahun 2022 

Tahun 2022 sudah didepan mata dan biasanya menjelang tahun baru banyak yang sudah melakukan banyak persiapan. Umumnya membuat resolusi tahunan yang isinya apa saja yang sudah dicapai di tahun ini dan apa keinginan untuk tahun mendatang. 

1. Membuat Blog Planner Teratur

Ngeblog sudah jadi bagian hidup saya dan untuk menjalankannya lebih baik lagi saya ingin belajar konsisten membuat blog planner. Semoga bisa istikamah ya. 

2. Lebih Disiplin

Dalam menjalan aktivitas sehari-hari kita memang dituntut untuk disiplin. Hal yang seringkali disepelekan, padahal memberikan dampak yang baik untuk kehidupan kita. 

Membuat blog planner membuat waktu jadi lebih efisien

3. Mampu Memanage Waktu dengan Baik

Semua orang menjalani waktu yang sama, yaitu 24 jam/hari. Namun terkadang kita mengatakan andaikan waktu bisa lebih panjang, lho bagaimana mungkin. Memanfaatkan dan mengatur waktu memang perlu menjadi pembiasaan dalam kehidupan kita agar waktu yang berjalan bisa lebih bermanfaat. 

4. Tidak Menunda Pekerjaan

Ini yang sering saya lakukan, menunda pekerjaan dengan anggapan waktunya masih lama. Kemudian setelah mendekati deadline jadinya malah kalang kabut dan pusing.

5. Traveling ke Tempat Favorite

Pergi traveling bisa memberikan aura baru dalam diri, jadi lebih segar dan tambah semangat. Ngeblog juga bisa dilakukan dimana pun kita berada. Jadi meskipun traveling tetap bisa ngeblog cantik. 

6. Terus Menjaga Kesehatan

Pandemi sudah berlangsung 2 tahun dan entah sampai kapan. Menjaga kesehatan dengan pola hidup yang baik tentu mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

7. Fokus Menabung dan Investasi

Duh, siapa sih yang nggak mau investasi. Namun, perlu perencanaan yang matang dengan menjaga kondisi keuangan sehari-hari dan investasi bisa berjalan dengan baik. 

Penutup

Cara membuat blog yang menarik dari blog planner bisa dilakukan secara perlahan. Setelah terbiasa nantinya bisa menjadi rutinitas yang menyenangkan dan tidak terbebani lagi. Berat saat awal menjalani, tetapi terasa nikmat setelah dilalui. 

Tujuannya bukan untuk menyulitkan, justru sebaliknya akan membuat kemudahan. Aktivitas jadi lebih jelas, plan harian mudah tercapai dan bisa termotivasi juga saat ada masalah. Untuk memudahkan bisa dimulai dari blog plan yang mudah dulu, daily. 

Sebuah kebiasaan baik akan terus terasa nikmat dijalani bahkan bisa memberikan dampak yang positif. Jadi kalau itu baik kenapa mesti ditunda. Share donk resolusi kamu untuk tahun mendatang? 

Salam,

Share the article :

2 komentar untuk “Cara Membuat Blog yang Menarik dari Blog Planner”

  1. Karena aku baru jadi blogger sekitar setaunan, sejauh ini belum pernah punya blog planner sih padahal penting banget ya kak biar konsisten gitu nulisnya hehe. Banyak belajar nih dari postingannya, thanks!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *