Cara Meningkatkan Mood Booster

7 Cara Meningkatkan Mood Booster Agar Kembali Ceria

Ħăi … Apa kabar mood hari ini? Untuk yang sedang bete, bosan dan jenuh, berarti butuh mood booster, nih. Kalau sedang datang bad mood, segalanya memang jadi kurang nyaman. Perlu ada cara meningkatkan mood booster agar kita bisa tersenyum dan ceria lagi. 

Apa, sih, Mood Booster Itu

Kalau ditanya apa itu mood booster, jawabannya adalah suatu hal yang bisa membangkitkan semangat kita saat sedang bad mood. Perubahan suasana hati memang bisa datang kapanpun dan biasanya setiap orang punya caranya sendiri. 

Apa Itu Mood Booster

Lebih lanjut, jika kita mendiamkan bad mood ini terus bercokol dalam diri maka bisa bikin aktivitas yang dilakukan jadi kurang semangat atau tidak dilakukan sepenuh hati. Hasilnya nanti malah bikin kita kecewa. Duh, siapa sih, yang mau kayak begini. 

Seperti beberapa waktu yang lalu, Nia curhat kalau dia merasa bersalah karena lupa dengan hari ulang tahun teman dekatnya. Padahal sebenarnya dia berencana ingin memberikan surprise spesial. Namun karena alasan tersebut, akhirnya semua jadi berantakan. 

Teman dekatnya kecewa karena tidak mendapatkan perhatian. Alhasil Nia terus menyalahkan dirinya sendiri dan bingung bagaimana memperbaiki hubungan yang sudah terjalin itu. Kejadian ini bikin Nia bete terus sehingga dia lebih banyak diam. 

Perubahan suasana hati sebenarnya bisa disebabkan karena banyak faktor dan bisa segera diatasi dengan caranya masing-masing. Hanya saja tidak semua orang bisa menyikapinya dengan bijak. 

Cara Meningkatkan Mood Booster

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menikmati waktu sendiri untuk me time, melakukan perenungan, mendengarkan musik, tidur atau melakukan hobi. Cara tersebut nantinya akan membuat diri jadi lebih nyaman dan rileks. 

1. Tidur

Tidur bisa membantu meredam semua rasa sedih, kecewa dan gundah. Bad mood rasanya segera pergi menjauh saat kondisi tubuh terasa bugar. Organ tubuh bisa mengoptimalkan kinerjanya dan kita juga mendapatkan ide baru untuk menyelesaikan kegundahan yang dirasa. 

Tidur Meningkatkan Mood Booster

Jumlah waktu tidur untuk orang dewasa adalah 7-8 jam/hari. Beberapa manfaat tidur bagi kondisi tubuh seseorang adalah :

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Senyawa sitokin yang keluar saat waktu tidur akan memberikan efek perlindungan terhadap kekebalan tubuh. Peran senyawa inilah yang akan membantu tubuh kita saat mengalami peradangan atau infeksi. 

  • Meningkatkan suasana hati

Tidur akan membantu meredam sejenak semua perasaan yang ada di hati dan pikiran. Terbukti saat tidur, semua perasaan buruk menjadi terlupakan. Kita bangun tidur, tubuh dalam keadaan bugar dan bersemangat, seperti memiliki energi yang baru untuk menghadapi kehidupan. Yess.  

  • Tubuh terasa lebih sehat

Kerja organ tubuh tentu membutuhkan keseimbangan. Layaknya mesin yang bila terus menerus dipaksa untuk bekerja maka bisa menimbulkan panas dan akhirnya cepat rusak. Waktu istirahat berfungsi untuk merehatkan kerja organ sejenak. agar keadaannya tidak terus terforsir. 

2. Melakukan Me Time

Meluangkan waktu sejenak untuk memanjakan diri sendiri tentu bukan sebuah kesalahan. Sebaliknya hal ini perlu rutin dilakukan. Waktu me time bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari menjalankan hobi, hingga berbagai jenis aktivitas kesukaan. Misalnya ke salon, masak, traveling, baca buku, ngeblog, dan lain sebagainya. 

3. Melakukan Olahraga

Cara Meningkatkan Mood Booster

Olahraga yang dilakukan secara rutin mampu memberikan dampak positif bagi kondisi tubuh. Menikmati waktu pagi dengan olahraga ringan akan membuat tubuh bugar, tidak loyo. Jenis olahraga yang biasanya dilakukan adalah lari santai, senam ringan, berenang, bersepeda juga yoga.

4. Mendengarkan Musik

Ada banyak jenis musik yang biasa kita dengarkan,  seperti rock, jazz, nasyid, pop, dangdut dan jenis lainnya. Saat suasana hati sedang kurang nyaman, jenis musik yang lembut tentu lebih banyak dipilih. Alunannya bikin suasana hati tenang, bahkan kita pun ikut hanyut di dalamnya dengan mengikuti syair lagunya. 

5. Ngobrol Sejenak

Meluangkan waktu untuk talking-talking bisa membantu melepaskan kepenatan yang kita rasakan. Bisa dilakukan dengan teman, sahabat karib atau keluarga. 

Ketika ingin mengungkapkan semua yang dirasakan rasanya memang tidak mudah. Terkadang timbul rasa was-was, bagaimana kalau dia menertawakan apa yang kita ceritakan atau khawatir orang yang diajak sharing tidak amanah. Duh, bisa gawat, deh. 

Enaknya memang ngobrol santai tanpa membahas hal yang pribadi kepada orang yang belum kita kenal betul. Sebaliknya, saat ngobrol dengan orang yang kita kenal baik dan amanah, bebas rasanya mengungkapkan semua yang dirasa. Bahkan hal pribadi sekali pun. Hehe. 

Musik Untuk Mood Booster

Mendengarkan musik atau lagu kesukaan memang bisa bikin tubuh lebih rileks. Karena itu banyak yang memilih cara ini untuk meningkatkan mood booster. Ada beberapa jenis lagu yang biasanya saya dengarkan. 

1. Nasyid Raihan

Mendengarkan Musik

Adakah yang suka dengan syair nasyid? Kalau didengarkan atau memperhatikan judul lagunya itu menyentuh di hati, pake banget. Memang, sih, lagu ini tidak sering diperdengarkan seperti lagu pop atau jazz lainnya. 

Buat saya syair lagu yang dilantunkan bukan hanya untuk mengingatkan diri sendiri, tetapi juga bisa buat renungan. Makanya ini jadi pilihan lagu yang utama kalau lagi ngerasa bad mood

Dulu sempat koleksi beberapa kaset, tetapi seiring perkembangan zaman dengan teknologi digital yang semakin pesat, dengerin lagunya lewat aplikasi spotify. Kasetnya entah ada dimana sekarang, terus tapenya juga sudah tidak berfungsi lagi. Duh, lengkap, ya. 

2. Michael Learns To Rock – MLTR

Awalnya suka dengan lagu Sleeping Child, tapi begitu dengerin kumpulan lagunya yang lain, kok malah jadi keterusan. Alunannya lembut, sih. Pantaslah kalau grup band asal Denmark ini sudah berhasil memikat hati banyak penggemarnya. Meskipun keberadaannya sudah lama, tetapi tetap saja nyaman didengar sampai saat ini. 

3. Lagu Tempo Dulu

Perkembangan musik makin hari semakin meriah. Generasi baru terus tumbuh dengan kekhasannya masing-masing. Namun, dari sekian banyak lagu yang ada saya memilih sering mendengarkan lagu lama. 

Rasanya tuh, lagu tempo dulu suka bikin kangen, misalnya lagu Ebiet G. Ade yang menjelaskan tentang kondisi alam, Chrisye dengan lagu cinta yang alunannya lembut dan  banyak lagu lainnya yang nyaman didengar juga. Maklumlah sekarang jarang banget dengerin lagu-lagu terbaru. Jadi nggak begitu update. Hehe. 

Penutup

Banyak cara meningkatkan mood booster. Saat tubuh mulai merasakan suasana hati kurang nyaman, biasanya kita akan mencoba melakukan hal lain yang lebih menarik hati. Salah satunya mendengarkan musik kesukaan. 

Ada juga yang lebih memilih untuk tidur di singgasana kamarnya. Merehatkan diri sejenak dari berbagai aktivitas dan begitu bangun, tubuh terasa lebih segar. Selanjutnya bisa menikmati rutinitas kembali dengan penuh semangat. Apa yang biasanya kamu lakukan saat bad mood datang? Ngobrol di sini, yuk!

Salam, 

Share the article :

22 komentar untuk “7 Cara Meningkatkan Mood Booster Agar Kembali Ceria”

  1. Wow musik Rayhan? Jadi inget jaman dulu sering dengerin juga. MLTR juga, ih mba kita satu generasi gak sih? Hihihi. Sekarang sih moodbosster aku KPop 😂 kadang denger juga lagi tahun 90an, macam oasis, pearljam, Nirvana, radiohead dan beberapa band tahun 80an juga

  2. Nasyid raihan sekarang masih ada nggak sih? Aku suka sih ngobrol gt sama org yg nyambung obrolannya. Pandemi gini kerasa bgt ngobrol itu mahal apalagi kalau ketemu lgsg.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *