Jenuh dengan kehidupan

Jenuh dengan Kehidupan, Coba 5 Sumber Inspirasi Ini

Ђคll๏ … Saat merasa jenuh dengan kehidupan, apa yang biasanya kamu lakukan? Diam sejenak kemudian mencari sumber inspirasi hidup agar kejenuhan tidak terus menggerogoti diri. Namun ada juga yang terus terkungkung dalam perasaan ini dan sulit melepaskan diri karena tidak mendapatkan pijakan yang kuat untuk kembali melangkah.  

Saat Jenuh dengan Kehidupan

Saat Jenuh dengan Kehidupan

Wena sudah beberapa hari ini mager di tempat tidurnya. Dia bosan dengan semua aktivitas yang dilakukan sehari-hari, bekerja dan bekerja. Padahal karirnya cemerlang dan saat ini dia sudah ada di posisi yang diinginkannya. Namun entah kenapa tiba-tiba dia merasa jenuh dengan kehidupan yang dijalaninya. 

Tubuhnya terasa lelah, merasa seorang diri dan semua yang dilakukan tidak terasa nyaman. Intinya membosankan dan membuat dia tidak semangat. 

Pernah nggak sih, kamu merasakan perasaan seperti Wena. Perasaan yang bikin kita tidak semangat untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Padahal sebenarnya kita merasa nyaman dengan semua yang dilakukan, tetapi tiba-tiba saja perasaan itu datang. 

Ternyata rasa jenuh atau bosan adalah kondisi yang wajar dan bisa dialami oleh siapapun. Salah satu penyebabnya karena kita melakukan hal yang sama secara berulang-ulang. Namun ada orang yang mampu mengatasi kondisi ini dengan cepat sehingga tidak memberikan dampak yang buruk terhadap diri dan sekitarnya. 

Ada juga orang yang larut dengan kondisi ini sehingga membuat semua aktivitas yang dilakukan sebelumnya jadi terbengkalai dan berpengaruh juga terhadap kesehatannya. Duh, siapa sih, yang ingin seperti itu. 

Dampak Kejenuhan Terhadap Tubuh

Meskipun rasa jenuh merupakan hal yang wajar terjadi, tetapi bila kondisi ini terus didiamkan maka akan memberikan dampak yang kurang baik. Mendiamkan dan membuat diri terus mengikuti keinginan yang ada bukanlah hal yang baik.

Sebaliknya akan membuat diri menjadi semakin terlena dan akan mempengaruhi produktivitas. Kemampuan diri akan semakin melemah dan nantinya memberikan dampak bagi kesehatan juga. 

Beberapa hal yang akan terjadi jika kejenuhan terus didiamkan dalam diri, yaitu :

1. Gairah Hidup

Setiap diri tentu mempunyai banyak harapan yang ingin diwujudkan di waktu mendatang. Cita-cita yang menjadi dambaan agar nantinya mampu membahagiakan diri dan orang-orang yang disayangi. 

Namun apa jadinya jika semua kemampuan yang dimiliki tidak berkembang dengan baik. Prestasi yang awalnya meningkat kemudian menurun bahkan target pencapaian mengalami perubahan. 

Saat tubuh mengalami kejenuhan, dia perlu melawan rasa jenuh ini dengan berbagai cara agar tidak terus menggerogoti diri. Bukan dengan membiarkannya menumpuk terus menerus. 

Semakin didiamkan membuat semangat hidup menjadi berkurang, jadi tidak percaya diri dan bisa mempengaruhi prestasi juga kinerja kerja. 

2. Selera Makan Menurun

Kejenuhan membuat diri enggan melakukan kegiatan yang sudah menjadi rutinitas. Hanya ingin melakukan apa yang dimau saja, misalnya ingin berdiam di rumah, pergi ke tempat yang diinginkan, dan keinginan lainnya. 

Lebih lanjut akan membuat selera makan menjadi berkurang dan terus membenamkan keinginan dengan berdiam diri saja. Tentu hal ini akan membuat tubuh menjadi semakin melemah dan mempengaruhi kinerja organ tubuh lainnya. 

3. Ingin Melukai Diri Sendiri

Dampak lainnya adalah memudarnya rasa percaya diri. Merasa bahwa diri sendiri tidak bisa memberikan manfaat untuk orang lain, tetapi justru menyusahkan. Menarik diri dari kondisi di sekitarnya juga terus menikmati kejenuhan yang dirasakan. 

Rasa ketidakpercayaan diri ini akan membuatnya mengambil jalan pintas yang kurang baik. Ada yang minum obat-obatan, atau melukai dirinya sendiri. 

Sumber Inspirasi Kehidupan

Sumber Inspirasi Kehidupan

Siapa yang tidak pernah merasakan jenuh dengan kehidupan. Mungkin saja ada, tetapi jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang pernah merasakannya. Bukan sebuah kesalahan besar memiliki perasaan ini. 

Namun sejauh mana kita dapat meminimalisir perasaan tersebut agar tidak terus bertambah dan terbenam dalam diri adalah sebuah tindakan yang bijak. Beberapa cara yang bisa dan salah satunya mencari sumber inspirasi kehidupan yang mampu membangkitkan semangat diri kembali, antara lain : 

1. Saat Melihat Kondisi Sekitar

Setiap kita mempunyai sisi kelebihan masing-masing yang tanpa disadari memberikan banyak keberuntungan. Namun hal ini sering kali terlupakan. Alhasil saat kita mengalami masalah selalu merasa bahwa kita adalah orang yang paling menderita. 

Padahal kenyataannya kita sudah mendapatkan banyak nikmat yang belum tentu bisa dirasakan oleh orang lain. Begitupun saat kita merasa jenuh. Kita tergoda untuk menarik diri dari orang-orang di sekitar dan membenamkan diri dengan kesendirian.

Faktanya ini akan membuat kita semakin susah move on dan jika terus didiamkan akan merugikan diri sendiri.   

2. Nonton Video atau Film

Kemajuan teknologi memudahkan kita untuk terus berkembang dengan menjelajahi dunia. Mendapatkan inspirasi dari tayangan video yang di share atau melihatnya melalui youtube bisa menjadi pilihan untuk membangkitkan semangat diri kembali.     

3. Membaca Buku

Menikmati waktu untuk melakukan perenungan diri bisa dengan membaca buku inspirasi juga. Buku fiksi atau nonfiksi sama menariknya. Selain mendapatkan inspirasi, kita juga akan mendapatkan penyegaran. 

Ada kisah menarik yang bisa didapatkan sehingga bisa membantu membangkitkan semangat diri. Pesan yang disampaikan mengena dalam hati dan membuat kita tersenyum kembali dengan penuh keyakinan. Terus jalani kehidupan dengan lebih bersemangat lagi. 

4. Bersilaturahmi dan Sharing

Sharing untuk Berbagi Cerita

Dalam menjalani kehidupan, keberadaan kita tidak akan bisa dilepaskan dari orang-orang disekeliling kita. Ya, karena kita makhluk sosial. Insan yang tidak dapat hidup tanpa keberadaan orang lain. 

Menjalin silaturahmi akan memberikan banyak manfaat untuk diri kita, seperti mempererat ikatan persaudaraan, memperpanjang umur, menambah rezeki dan lainnya. Silaturahmi juga bisa menjadi tempat untuk saling berbagi, sharing time

Saling mencurahkan isi hati dan berbagi perasaan. Solusi mungkin tidak didapatkan, tetapi setelah mengungkapkan isi hati kita jadi lebih merasa lega, plong. 

5. Mendapatkan Tausiah

Mendapatkan tausiah dari orang yang lebih berilmu juga mampu membangkitkan semangat diri. Kita akan diingatkan hakikat kehidupan dan apa yang sebaiknya dilakukan saat merasa jatuh. 

Bagaimana cara mendapatkan tausiah? Bisa dengan bersilaturahmi ke rumah ulama yang kita kenal atau mendengarkannya melalui media tertentu. Hati akan jadi lebih tenang dan adem. Rasa percaya diri yang semula dirasakan, selanjutnya bablas tanpa bekas. 

Penutup

Merasa jenuh dengan kehidupan bisa disebabkan karena banyak faktor. Keadaan yang membuat diri menjadi tidak nyaman dan mempengaruhi kinerja kerja. Rasanya mager dan lebih suka berdiam diri di kamar. 

Meskipun kondisi ini wajar terjadi, tetapi tidak bisa kita diamkan begitu saja. Kita membutuhkan sumber inspirasi yang mampu membangkitkan kembali semangat dalam diri. Tidak terus membuat kondisi menjadi larut lebih dalam. 

Menurut kamu, apa saja sih, sumber inspirasi yang nantinya bisa bikin hidup kita jadi lebih bersemangat? Sharing cantik di sini, yuk! 

Salam,

Share the article :

6 komentar untuk “Jenuh dengan Kehidupan, Coba 5 Sumber Inspirasi Ini”

  1. Ketika kuliah saya sering ke pasar Johar untuk melihat segala orang dengan segala permasalahan mereka. Lumayan menyembuhkan dan membuat saya sangat bersyukur bisa kuliah meski uang saku bulanan hanya 1/5 dari uang saku terendah teman. Setelah itu bangkit kembali dan kuliah sambil kerja dengan semangat.
    Melihat sekitar memang powerful.
    Sekarang saya masih melihat sekitar namun dengan cara berbeda karena usia memang mendewasakan dan membuat pemiliknya bisa melihat dalam.

  2. Saat traveling ke berbagai daerah ,bukan hanya ke lokasi wisata, kita banyak menemukan berbagai kejadian. Nah saat itu saya suka mikir. Alhamdulillah saya masih mampu ini, itu dan sehat. Sementara mereka…
    Ternyata masih banyak yg kondisinya lebih kurang baik daripada saya. Disitulah saya kembali semangat dan jadi sumber inspirasi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *