Kue kering favorit hari raya

Kue Kering Favorit Keluarga di Hari Raya

Ħăi … Sambut hari nan fitri dengan berbagai sajian enak dan lezat. Menikmati kebersamaan keluarga dengan sanak kerabat ditemani hidangan kue kering favorit hari raya. Tak hanya membuat suasana jadi makin semarak, tetapi juga menambah keakraban antar sesama.   

Sajian kue kering yang sering tersaji di meja dan menjadi santapan bersama antara lain :

1. Nastar

Kue kering satu ini sepertinya jadi hidangan wajib dalam setiap keluarga. Nastar dibuat dengan berbagai macam bentuk untuk memikat hati penyukanya. Mulai dari yang bentuknya bulat dan ditambah taburan keju diatasnya, nastar gulung, juga bentuk daun. 

Nastar Kue Kering Lebaran

Sebenarnya bagaimana pun bentuknya tetap menggoda karena memang memiliki citarasa yang enak dan nikmat. Berbahan mentega, tepung dan telur ini berisikan selai nanas yang manis dan legit. 

Tak salah jika saat matang, ingin bisa segera mencoba kemudian memakannya lagi dan lagi. Rasanya jika hanya makan satu atau dua buah saja masih terasa kurang. Teksturnya yang lumer di mulut ini tidak membutuhkan waktu lama untuk mengunyah. 

Sehingga membuat khilaf yang menikmatinya dan tanpa terasa satu per satu nastar masuk ke dalam mulut. Akhirnya tanpa disadari satu toples sudah berhasil dipindah posisikan. hehe. Nggak terasa, ya. Pantaslah jadi kue kering favorit hari raya.

2. Kastengel

Tidak jauh berbeda dengan kue kering yang satu ini. Kastengel juga jadi pilihan kedua setelah nastar. Kue yang asin gurih dan nikmat ini jadi penawar rasa manis dari kue kering lainnya. Tambahan keju yang mantap membuat kukis ini jadi pilihan yang dicari-cari. 

Kukis asal negara kincir angin, Belanda ini bentuknya memang khas. Persegi panjang sekitar 4 sentimeter dan bertabur parutan keju di atasnya. Asal muasal namanya terdiri dari kaas yaitu keju dan stengel artinya batangan. Jadi kaasstengel berarti batangan keju.

Berdasarkan namanya tersebut maka bentuk kastengel di Indonesia memang hampir sesuai dengan maknanya yaitu bentuk persegi seperti batangan keju kecil. Tak salah jika kue kering ini jadi idola banyak orang.    

3. Coklat Chip Cookies

Kesukaan saya dengan coklat membuat momen lebaran tidak ingin dilewatkan tanpa kehadiran kue kering satu ini. Ya, kukis coklat chip. Citarasanya sudah pasti manis dengan limpahan coklat chip di atasnya. 

Saat pertama kali mencoba resep kukis ini, hasilnya jauh dari harapan. Maklum masih uji coba resep. Bentuk kukis yang dihasilkan tidak bulat seperti yang di resep, tetapi justru melebar. Duh, sedihnya. Kenapa hasilnya jadi jauh berbeda, apa yang salah. 

Coklat Chip Lebaran

Merasa penasaran saya coba buat lagi kukis ini, tetapi tidak dalam jumlah banyak karena masih ingat kejadian sebelumnya. Saat proses pemanggangan rasanya deg-degan. Membayangkan hasil akhirnya akan seperti apa. Sesuai tidakkah dengan harapan. Ternyata masih sedikit melebar. 

Meski bentuk tidak sesuai harapan, untuk rasa tetap enak dan nikmat. Tahun selanjutnya saya tetap membuat dan tidak dalam jumlah banyak. Sayangnya dua tahun ini saya belum buat lagi karena pandemi terasa sepi. 

Kue kering favorit hari raya ini tidak hanya cocok disantap saat waktu tertentu saja, tetapi bisa kapan pun di segala suasana termasuk camilan untuk takjil

4. Kue Sagu

Kue sagu juga jadi kesukaan keluarga di rumah. Rasanya yang khas dari tepung sagu dan tambahan parutan keju bikin aromanya sedap dan menggoda. Proses pembuatannya juga tidaklah rumit. Adonan tinggal dimasukkan dalam plastik segitiga kemudian disemprotkan dalam loyang dengan spuit yang sesuai. 

Hasilnya terlihat cantik seperti bunga. Parutan keju yang masuk dalam adonan pun memberikan warna yang berbeda, agak kecoklatan. Saat masuk dalam mulut pun langsung lumer karena memang mudah meleleh. 

Mendapatkan berbagai resep untuk diuji coba memang membutuhkan berbagai referensi. Mulai dari channel youtube sampai cara pembuatan yang ada di sosial media semua disimpan kemudian dicoba satu per satu sampai menemukan resep yang benar-benar sesuai keinginan.  

5. Kue Kacang

Kue kacang adalah jenis kue yang tidak kalah menggoda. Biasanya saya mengonsumsi biskuit kacang yang dibeli di supermarket. Makan biskuit dengan lapisan selai kacang suka bikin lupa. Jika terus mengikuti kemauan bakalan habis dalam waktu singkat. 

Jadi biasanya saya hanya mengambil beberapa biskuit saja, sekitar 4-5 keping. Selebihnya saya simpan dan berusaha tidak tergoda lagi. Hehe. Biar aman terkendali asupannya.    

6. Wafer

Aneka Kue Kering Hari Raya

Biskuit kemasan satu ini juga tidak pernah ketinggalan saat momen hari raya. Rasanya kurang lengkap kalau sajian lebaran tidak ada kaleng yang satu ini. Krezz krezz satu rasanya kurang, akhirnya nambah dan tambah lagi. 

Kenikmatan makan kue yang satu ini tidak hanya dengan disantap langsung, tetapi nikmat juga jika dicelup dalam teh atau kopi. Sambil menikmati waktu pagi atau sore hari.  

7. Kue Semprong

Penjaja kue semprong makin hari sulit ditemukan. Biasanya saya suka ketemu saat pagi atau siang hari. Namun, sudah beberapa waktu ini, saya tidak pernah bertemu. 

Bentuk kue ini sesuai dengan namanya, seperti semprong panjang yang terdiri dari beberapa lilitan adonan kue. Saat dimakan akan terdengar krezz menandakan kue ini renyah. Selain itu kue ini juga nggak mudah lembek atau melempem. Meskipun begitu sebaiknya tetap ditutup rapat supaya kerenyahannya lebih tahan lama.  

8. Dodol Wijen

Merupakan makanan khas Betawi. Cita rasanya yang nikmat membuat suguhan khas ini layak dicari oleh pecinta dodol. Teksturnya kenyal, rasa legit juga manis, menjadi pemikat tersendiri ditambah adanya taburan wijen di bagian atas membuat rasanya makin tambah enak. 

Proses pembuatan dodol memang terbilang cukup lama, bisa mencapai 8 jam dan tidak bisa didiamkan begitu saja. Wajan penggorengan yang digunakan pun cukup besar dan perlu terus diaduk agar tidak timbul kerak di bagian bawah. 

Ya, proses pembuatannya memang membutuhkan kesabaran. Buah dari ketelatenan itu adalah cita rasa yang enak dan mantul. Tak ayal inilah yang membuat penyuka dodol terus bertambah bahkan tidak sedikit yang merasa ketagihan. 

Saat ini dodol sudah semakin banyak variasi bentuk dan rasanya. Namun, jika diamati lebih seksama setiap daerah memang mempunyai kekhasan sendiri untuk menghasilkan makanan yang satu ini.    

9. Aneka Kacang

Kurang afdol rasanya jika lebaran tidak tersaji kacang di atas meja. Ya, tidak hanya kue kering favorit hari raya saja yang menjadi suguhan, tetapi juga ada aneka kacang bisa jadi pilihan. 

Ada banyak pilihan kacang yang bakal bikin kamu bingung saat memilih, yaitu :

  • Kacang Tanah

Aneka Kacang Pilihan

Kacang ini lebih banyak tersaji di setiap rumah sebagai suguhan lebaran. Proses penggorengan dengan tambahan daun jeruk juga bawang putih menjadikan cita rasanya lebih mantap. Namun, proses pengelupasan kulit kacang membutuhkan kesabaran. 

Ada juga yang langsung membeli kacang kupasan agar tidak membutuhkan waktu lama saat mengupas kacang tersebut. Menikmati kacang goreng juga bikin kita lupa sehingga makan sedikit saja terasa kurang. 

  • Mede

Adakah yang kurang suka dengan kacang yang satu ini? Selain menjadi makanan camilan, kacang yang satu ini juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, antara lain:

  • * Menjaga kesehatan tulang
  • * Memelihara kesehatan mata
  • * Menjadi sumber energi
  • * Mencegah anemia

Khasiat kacang mede tersebut tentu berkaitan dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

  • Kacang Campur

Aneka ragam jenis kacang yang berbaur jadi satu dengan jenis makanan yang lain tentu menghasilkan cita rasa yang berbeda. Rasa gurih dan pedas yang menyatu. 

Perpaduan ini menciptakan warna yang menarik dan menggoda, sehingga membuat siapa saja yang memandang akan tertarik untuk mencicipinya, termasuk kamu. Hehe. Ada warna hijau, orange, putih dengan bentuk yang juga bervariasi. 

Sudah pernah mencoba jenis kacang yang satu ini? Bagaimana rasanya? Kalau saya suka dengan cita rasanya dan sekali makan jadi kebablasan. Maklum enak juga, sih.

  • Kedelai

Kedelai tidak hanya dijadikan bahan olahan untuk pembuatan tempe atau tahu saja. Namun, bisa juga digoreng untuk campuran bubur atau untuk sajian lebaran. Bisa juga menjadi teman saat nonton tv. 

  • Kacang Telur

Kacang tanah berbalut tepung dan telur ini layak jadi camilan saat lebaran. Bagaimana tidak, kacang ini rasanya renyah, gurih dan enak dinikmati dalam segala suasana. Sambil nonton tv, baca buku, atau untuk teman ngobrol. 

Penutup

Kue kering favorit hari raya menjadikan suasana lebaran makin tambah semarak. Makanan camilan yang bisa disantap dalam kondisi apa pun ini layak jadi pilihan kita saat kumpul bersama sanak keluarga.

Ada yang lebih suka makan kacang, nastar, kastengel atau kue semprong. Ada juga yang bingung menentukan pilihan, karena semua enak dan membuat air liur meleleh. Duh, mau pilih yang mana, ya. Semua kelihatan enak dan sayang kalau tidak dicobain satu per satu. 

Kalau kamu lebih suka makanan camilan yang mana saat lebaran. Kue kering, kue kaleng, dodol atau kacang? Apa alasannya pilih camilan tersebut? Sharing, yuk!

Salam, 

Share the article :

1 komentar untuk “Kue Kering Favorit Keluarga di Hari Raya”

  1. Ping-kembali: 7 Momen Lebaran Paling Berkesan dan Dirindukan - UmmiSyifa.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *