Harapan dari ngeblog versiku

Harapan Dari Ngeblog Versiku, Mana Versimu

Ђคll๏ … Apa sih yang kamu inginkan setelah menjalani dunia blogging? Pertanyaan ini untuk menjawab harapan dari ngeblog sesuai versimu. Kalau buat saya pribadi banyak harapannya, tetapi tidak bisa diuraikan di sini semuanya. Hehe

Setiap orang berhak menjelaskan apa yang menjadi harapan dalam menekuni sebuah aktivitas. Bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup, mengembangkan hobi, meningkatkan  kemampuan diri, dan berbagai alasan lainnya.  

Harapan Dari Ngeblog

Harapan Dari Ngeblog

Dunia blogging sebenarnya belum lama saya jalani. Tahun 2019 jadi awal mula pengenalan dunia yang baru ini dalam kehidupan. Niat awal untuk mengisi waktu dari kegiatan sehari-hari. 

Saat merasa bingung bagaimana cara memulai ngeblog, ada komunitas yang membantu menguatkan niat tersebut, One Day One Post. Tantangan demi tantangan saya coba buat sesuai dengan kemampuan yang sangat minim. Apapun hasilnya yang penting tantangan sudah berhasil dilaksanakan. Benar atau salah urusan belakangan, deh.

Ini sebagian harapan dari ngeblog versiku, yaitu : 

1. Bikin Hati Happy

Hati happy adalah saat berhasil menulis apa yang diinginkan dan dipublish. Apalagi saat berhasil ikut challenge tertentu sampai finish. Meskipun tulisan yang dibuat masih jauh dari kata keren, tetapi tetap ada rasa bahagia dalam hati. 

Ketika banyak hal yang dirasakan, dipikirkan atau sedang banyak keinginan, rangkaian kalimat yang kita buat dalam blog bisa membuat hati terasa lebih plong. Lega rasanya. Ini yang bikin hati jadi happy. Masa sih. Coba dan rasakan, deh sensasinya. 

2. Meningkatkan Kemampuan Diri

Menulis dengan merangkai kata demi kata memang butuh kekuatan diri. Pokoknya nggak boleh terpengaruh sama rumput tetangga yang hijau. Bangun kemampuan, kuatkan niat dengan membuat skala prioritas dan tanamkan keyakinan dalam diri, kita pasti bisa. 

Semudah itukah? Eeit, nggak juga. Godaan untuk menjalaninya lebih besar, apalagi kalau lagi mager, nggak ada ide, dan alasan lain yang bikin mood nulis jadi hilang.

3. Jadi Lebih Produktif

Berusaha untuk terus konsisten menulis. Saat ikutan komunitas ODOP ada tantangan selama sebulan untuk membuat tulisan seperti yang diadakan Blogger Perempuan saat Ramadan ini. 

Seru dan menyenangkan. Temanya bikin kita lebih produktif lagi, nggak melulu yang itu saja. Manfaat lain dari ikut challenge ini adalah kita bisa terus termotivasi dan bisa mengisi waktu me time dengan hal yang menyenangkan.   

4. Bisa Saling Berbagi

Nah, ini yang biasanya dirasakan. Bisa menulis dengan meluapkan semua yang dirasakan. Bisa cerita sedih, bahagia dan humor sekalipun bisa disampaikan melalui kalimat demi kalimat yang disuguhkan. 

Menulis juga mengajarkan kita mengungkapkan kejujuran. Ya, menulis dari hati nantinya akan bisa dirasakan lewat hati juga. 

5. Rekam Jejak Kehidupan

Ini yang jadi harapan utama. Selain itu juga berharap agar nantinya anak-anak bisa mengikuti rekam jejak yang sudah dilakukan. Mau belajar lebih banyak tentang dunia literasi.

Ngeblog Sebagai Rekam Jejak

Berapa lama prosesnya? Soal lama tidak bisa diukur karena tergantung bagaimana konsistensi kita dalam menjalaninya. Bisa saja awal buat blog semangat banget, tetapi karena sibuk dan banyak hal yang dilakukan akhirnya lupa dengan blog pribadi. 

Jadi yang penting konsisten dan mau terus mengembangkan blog yang sudah dibuat dan dibangun dengan kesungguhan hati. Ada yang menjadikan menulis sebagai bagian penting dalam hidupnya, lho. Apapun niat awalnya, semoga kita bisa terus menguatkan niat itu dan tidak patah semangat.     

Kapan Menghasilkan Cuan Dari Blog

Siapa sih, yang nggak punya harapan dari ngeblog bisa menghasilkan cuan? Ini yang biasanya jadi harapan utama saat awal menjalani. Memang beneran bisa? 

Kalau melihat blogger senior dan mumpuni yang konsisten, menjaga attitude dan benar-benar menikmati peran blogger, rasanya tidak ada yang tidak mungkin. Mereka membangun branding yang kuat sehingga bisa memberikan hasil sesuai harapan. 

Usaha yang mereka lakukan juga tidak setengah-setengah. Oleh karena itu hasil yang didapatkan juga senilai dengan usaha yang telah dilakukan. Duh, jadi pengin seperti mereka ya. 

Ngeblog Bikin Semangat Hidup Bertambah

Isi Blog Menarik

Lebay ya. Hiks. Ngeblog itu bagaikan kita bercerita, bisa berdasarkan fakta, trend suatu kejadian atau bisa juga opini. Lebih dari itu, kalimat yang disampaikan blogger didukung dengan foto atau video pendukung yang mampu menguatkan apa yang disampaikan. 

Ini yang bikin ngeblog jadi sebuah tantangan, yaitu untuk menghasilkan sebuah karya yang terbaik. Mencoba ini, belajar aplikasi itu dan berani menulis yang berbeda, bikin blogger jadi lebih bersemangat.  

Godaan Saat Ngeblog

Seperti yang disampaikan sebelumnya kalau ngeblog itu tidak selalu bisa berjalan mulus. Tidak ada istilah jalan tol untuk menggeluti dunia yang satu ini. Semua butuh usaha, dan kesungguhan. 

Harapan dari ngeblog tetap tidak akan pupus selama kita mau terus berjuang. Melangkah secara bertahap demi bertahap akan membantu kita menggapai harapan itu. Berikut ini beberapa godaan yang akan dialami saat ngeblog, yaitu :

1. Sulit Mendapatkan Ide Tulisan

Mas ilham tidak selalu datang sesuai harapan. Ini yang sering kali menjadi alasan saat tidak melanjutkan menulis. 

Penulis Theoresia Rumthe, menjelaskan bahwa untuk mendapatkan ide menulis sebenarnya bisa didapatkan dari benda yang ada disekeliling kita, misalnya buku, alat tulis, buah jeruk, air dalam gelas dan sebagainya. Benda-benda tersebut dapat kita uraikan sesuai dengan gaya bahasa yang kita inginkan.

Semudah itukah? Bisa jadi dan memang perlu dicoba untuk menggali ide dari apa yang ada disekitar kita. 

2. Konten Statis

Membuat isi blog dengan berbagai konten yang apik dan menarik membutuhkan semangat dari si empunya blog tentunya. Jika ingin kontennya bisa terus menarik dan mengesankan maka pemilik blog perlu usaha. 

Lain halnya kalau ingin blog yang hanya begitu-gitu saja alias statis. Tidak ada perubahan dari waktu ke waktu, atau asal isi saja. Apapun dilakukan semua kembali kepada diri pemilik masing-masing blog. Namun hasil dari sebuah usaha keras tentu nantinya bisa dipetik di saat yang tepat.    

3. Kalah Lomba

Sudah pernah beberapa kali ikutan lomba, tetapi belum membuahkan hasil. Kalau patah semangat tidak akan ikutan lagi alias nggak mau ambil pusing. 

Padahal menang atau kalah adalah hal yang lumrah dalam sebuah kompetisi. Saat menang tidak membusungkan dada dan ketika kalah juga tidak berkecil hati. Semua akan ada hikmahnya. 

4. Tampilan Blog Kurang Menarik

Menjaga Tampilan Blog

Sebuah penampilan yang menarik dan menggugah selera memang akan memantik diri untuk terus menikmatinya. Rasanya tidak pernah merasa bosan. Ini alasannya kenapa tampilan blog perlu kita atur sedemikian rupa agar membuat pemiliknya nyaman di dalamnya. 

Tidak hanya itu, pengunjung yang datang pun perlu dijaga kenyamanannya. Selain penampilan, daya dukung blog juga perlu dijaga, seperti kecepatannya, kemudahan mengakses melalui handphone dan kontennya juga menarik.    

5. Traffic Kurang Banyak

Traffic blog juga mempengaruhi semangat diri. Pengunjung yang datang silih berganti akan membuat traffic meningkat. Lagi-lagi kondisi blog yang perlu kita jaga sebaik mungkin agar nantinya bisa mendapatkan traffic sesuai harapan. 

Penutup

Harapan dari ngeblog akan selalu tersemat dalam setiap diri blogger. Apapun yang menjadi keinginan, tidak serta merta semuanya bisa didapat dengan mudah. Membutuhkan kesungguhan yang kuat agar blog yang kita bangun bisa terus kokoh berdiri dan memberikan kenyamanan buat semua pengunjung. 

Sebagai poin terakhir, teruslah semangat menjalani niat yang sudah kita tanamkan. Ini juga reminder banget untuk diri sendiri. Jangan patah semangat, ya. Ini adalah harapan dari ngeblog versiku, mana versimu. Sharing cantik di sini, yuk!

Salam, 

Share the article :

2 komentar untuk “Harapan Dari Ngeblog Versiku, Mana Versimu”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *