Bagaimana-cara-mendaftar-dan-menggunakan-Google-Webmaster-Tools-serta-apa-tujuannya

Cara Menggunakan Google Webmaster Tools dan Tujuannya

Cara menggunakan google webmaster tools dan tujuannya baru saya tahu setelah menekuni dunia blogging. Ternyata oh ternyata ngeblog tidak sekadar mampu menulis dan merangkai kalimat demi kalimat saja, tetapi lebih banyak dari itu. 

Maksudnya para blogger akan dituntut untuk terus mau mengembangkan diri dengan mengetahui dunia ngeblog lebih dalam. Ya, sembari meningkatkan kemampuan untuk mendalami membuat konten, blogger juga belajar untuk mengenal lebih dalam tentang cara mengoptimasi blog, salah satunya tentang google webmaster tools.

“A professional writer is an amateur who didn’t quit.”  ~ Richard Bach

Mengenal Google Webmaster Tools Lebih Dekat

Sebuah situs atau blog baik yang menggunakan platform wordpress maupun blogspot, sang empunya tentu ingin mengetahui bagaimana trafik di dalamnya.  Tulisan apa yang paling banyak peminatnya, berapa jumlah pengunjung, atau memantau trafik untuk periode waktu tertentu.  Bagaimana cara melakukan hal tersebut?

Alhamdulillah ya google memfasilitasi para blogger untuk mendapatkan semua informasi tersebut. Nama google webmaster tools sebenarnya saat ini lebih dikenal dengan Google Search Console. Tool gratis yang membantu pemilik situs memahami bagaimana performa situsnya. 

Namun ini tidak bisa langsung terpasang begitu saja dalam blog yang kita punya. Ada tahapan yang perlu dilakukan untuk itu. Don’t worry cara pasangnya mudah kok, tinggal ikuti tahapan demi tahapannya aja.   

Fungsi Google Webmaster Tools

Jelaskan sekarang apa itu google webmaster tools atau google search console ini, yaitu bagian komponen dari google yang membantu memudahkan sebuah situs untuk dikenali oleh mesin pencari google sehingga pemilik situs mampu mengidentifikasi bagaimana performa situsnya. 

Melihat kinerja blog berdasarkan laman mesin pencarian google, posisi artikel, hingga menganalisa sumber trafik dari yang tertinggi sampai terendah sekalipun juga keamanan data.   

Memahami-lebih jauh-tentang-tujuan-penggunaan-Google-Search-Console

Tujuan Penggunaan Google Search Console

Berdasarkan fungsi tersebut kita sudah mulai bisa membayangkan bagaimana kinerja dari google search console. Namun dibalik itu kita juga perlu tahu manfaat dari google search console ini, yaitu :

1.Data Search Trafik

Tampilan data search trafik ini menunjukkan bagaimana performa dari sebuah situs secara real time. 

Performa-blog-berdasarkan-data-trafik-google-search-console

  • Total klik adalah angka yang menunjukkan berapa banyak klik blog kita di google.
  • Total tayangan merupakan angka tayangan blog kita di google. Meskipun tayang bisa jadi belum di klik ya. 
  • CTR (Click Through Rate) adalah persentase dari total klik dan total tayangan.
  • Posisi rata-rata menunjukkan posisi tulisan kita di search engine, tetapi tergantung dari jumlah query blog juga ya. 

Di bagian bawah performa akan terlihat kueri, halaman, negara, perangkat, tampilan penelusuran dan tanggal. Nah, untuk tahu lebih dalam tentang blog kita maka bisa diamati setiap bagiannya. 

2.Mengindex Halaman di Google (Inspeksi URL)

Tulisan yang sudah kita publish bisa kita lakukan inspeksi url. Kenapa begitu? Karena bisa jadi tulisan tersebut belum ada dalam penelusuran mesin google sehingga saat ada pencarian keyword tulisan kita belum bisa ditemukan. Jadi indeks url ini bisa membantu prosesnya.

Melakukan-index-halaman-di-Google-pada-google-search-console

Caranya dengan memasukkan url blog, kemudian klik Minta Pengindeksan dan akan muncul tampilan berikut.

Notifikasi-yang-didapat-dari-index-url

3.Mengidentifikasi Keyword Populer

Tools ini pun bisa memberikan informasi keyword mana saja yang banyak di klik juga ditayangkan. Alhasil  jadi tahu keyword apa sih yang sering digunakan masuk dalam situs kita. 

4.Cek Masalah Keamanan Situs

 Google search console juga bisa mengidentifikasi masalah keamanan dalam sebuah situs. Perhatikan sisi kiri dan klik menu Security and Manual Action. Nantinya akan ada informasi keamanan situs kita dan jika terdeteksi ada masalah maka ada peringatan. 

5.Monitor Backlink dan Broken Link    

Blog kita akan meningkat reputasinya jika ada blog berbobot yang memberikan link blog kita di dalamnya. Sebaliknya jika ada blog yang memberikan link buruk kepada blog kita maka bisa dilakukan penolakan. Untuk mengetahui internal link dan eksternal link yang ada di blog kita maka klik ‘Link’ di sisi kiri. Akan muncul tampilan link berikut jumlahnya. 

Langkah-langkah  Memasang  Google Search Console

Setelah memahami maksud dan tujuan dari Google Search Console, selanjutnya kita akan melangkah ke tahapan pemasangan di sebuah blog. Ikuti tahapannya perlahan-lahan ya :

1.Menyiapkan Akun Gmail.com

Seperti yang dijelaskan sebelum bahwa google search console adalah bagian dari tools google maka untuk melakukan aktivitas di dalamnya tentu menggunakan email aktif dari gmail. Namun saat ini email yang kita miliki memang gmail sih, betulkan.

Buka-link-dan-login-di-laman-google-search-console

Selanjutnya buka laman https://search.google.com/search-console/about bisa login dan masuk google search console deh. 

2.Masukkan Nama Domain atau URL

Memasukkan nama domain blog yang kita punya, https://abcdx.com, kemudian klik ‘add property.’

3.Proses Verifikasi

Akan muncul tampilan verifikasi, kemudian klik ‘add property.’

Hasil-dari-proses-verifikasi-Google-Search-Console-sumber-infodigitech.webp
Verifikasi dari Google Search Console (Sumber : Infodigitech)

4.Masuk Laman Google Search Console

Halaman-Utama-Google-Search-Console-sumber-infodigitech
Halaman Utama Google Search Console (Sumber: Infodigitech)

Setelah tahapan proses di atas berhasil dilakukan maka akan terlihat tampilan google search console, tetapi trafik blog tidak akan langsung terlihat ya, karena membutuhkan waktu untuk prosesnya.   

Penutup

Cara menggunakan google webmaster tools bagi para blogger tentu sangatlah mendukung kinerja sebuah blognya. Tidak hanya mengetahui bagaimana performanya saja, tetapi turut membantu meningkatkan semangat optimasi blog

Tentunya menjadi sebuah kebanggaan bila blog yang kita bangun dapat memberikan kontribusi terhadap banyak khalayak dengan terus meningkatnya jumlah trafik kunjungan dalam blog kita. Nah, sudah seberapa besar trafik yang berhasil kamu dapatkan berdasarkan hasil google search console tersebut? Apapun hasilnya semoga semakin membuat kita untuk terus semangat dan semangat.

Salam,  

Referensi :

https://www.niagahoster.co.id/blog/google-search-console-adalah/

https://idwebhost.com/blog/google-webmasters-tools/#:~:text=Google%20Webmasters%20sendiri%20menjadi%20salah,lebih%20mudah%20dalam%20proses%20pemantauannya.

https://www.blogspedia.my.id/google-search-console-cara-memasang-dan-menggunakannya/

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *