Harga-minyak-Bimoli-2-Liter-di-Indogrosir

Harga Minyak Bimoli 2 Liter di Indogrosir

Harga minyak Bimoli 2 liter di Indogrosir saat ini jadi pantauan para ibu untuk mengetahui harga pasarannya. Setelah mengalami lonjakan harga bulan November, Desember dan Januari, harga minyak goreng saat ini memang ada perubahan. 

Terhitung mulai 1 Februari pemerintah memberikan aturan HET (Harga Eceran Tertinggi) mulai dari minyak curah, kemasan sederhana sampai premium. Ya, harga per liternya tidak boleh lebih dari Rp 14.000;. Jadi lega rasanya. Ketersediaan di rumah pun bisa tetap terjaga dengan harga tersebut. 

Harga Minyak Bimoli 2 Liter di Indogrosir

Barang kebutuhan pokok tentu tidak hanya minyak goreng saja, ada jenis barang lainnya seperti beras, gula, telur, daging, susu, bawang, gas, juga garam. Ya, kebutuhan sembako ini perlu dijaga ketersediaannya dalam pemenuhan asupan sehari-hari.

Wajar bila saat ini para ibu terus memantau harga minyak. Tidak hanya ibu-ibu saja, tetapi juga para pelaku usaha juga melakukan hal sama. Masih ingat saat bulan Desember lalu beli minyak kemasan 2 liter yang ternyata harganya Rp 42.000;. Sampai-sampai kerabat ada yang kesulitan mencari minyak karena stok di pasaran kosong termasuk di beberapa minimarket. 

“Ummi, punya stok minyak goreng nggak? Saya tadi cari minyak kemasan di pasar kosong terus cari di minimarket terdekat juga katanya habis. Duh, bagaimana masakanku hari ini?” keluh adikku.

Belum lagi para pedagang yang mengeluhkan kondisi yang sama, sulit mendapatkan minyak, tetapi sekalinya ada barang harganya lumayan tinggi, sampai Rp 40.000; lebih, lalu bagaimana harga jual dagangannya. 

Harga-minyak-di-pasaran-masih-belum-stabil

Harga Minyak di Pasaran

Makanan sehari-hari rasanya memang kurang lengkap bila tidak ada sajian gorengan, baik untuk menu makanan utama atau sebagai cemilan. Jenis makanan ini rasanya lebih enak dan bisa dinikmati dalam kondisi apapun untuk mengganjal perut. 

Termasuk juga buat saya dan keluarga. Makanan gorengan memang tidak selalu ada dalam sajian sehari-hari, tetapi keberadaan minyak goreng di rumah adalah penting adanya. Nah, kalau harga minyak meroket tentunya membuat kondisi keuangan semakin membengkak. 

Bagaimana tidak, masa pandemi masih berlangsung hingga saat ini dan kondisi ekonomi juga baru mulai menggeliat. Bila harga kebutuhan sehari-hari ikut merangkak naik maka membuat kondisi kita semakin berat. Hal ini tidak dapat dipungkiri. 

Maka kebijakan pemerintah yang membantu memberikan aturan HET membuat harga minyak menjadi terjangkau dan diharapkan harga ini bisa kembali seperti semula.  Patokan harga yang diberlakukan per liternya yaitu :

  • Minyak curah Rp 11.500;
  • Untuk minyak kemasan sederhana Rp 13.500;
  • Kemasan premium Rp 14.000;

Harga Minyak Bimoli 2 Liter di Indomaret

“Dek, berapa harga minyak goreng di Indomaret sekarang?”

“Waktu lalu gue beli sih, harganya sesuai ketentuan. Refill minyak Bimoli 2 liternya Rp 28.000; tapi nggak tau deh sekarang masih ada nggak barangnya. Karena kemarin aja ke sana adanya minyak yang lain. Ya udah, beli aja stok yang ada. Males cari-cari lagi.”

Kenaikan harga minyak tak ayal membuat para ibu kewalahan untuk mengatur anggaran belanja. Alhasil ada ibu yang berburu minyak untuk bisa memenuhi kebutuhan harian. Saat mencari di warung terdekat tidak ada, maka coba mencari di minimarket yang ada. Berharap bisa mendapatkan sesuai dengan ketetapan harga yang berlaku dan memenuhi stok minyak di rumah. 

Bolehkah menimbun minyak? Oh no. Untuk meminimalisir hal ini maka pihak retail ada yang memberlakukan pembatasan pembelanjaan. Ya, setiap pembeli hanya boleh 1 atau 2 minyak goreng saja. Tujuannya agar semua yang membutuhkan minyak goreng bisa terpenuhi dengan baik. 

Bahkan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, mengimbau agar masyarakat tidak mengalami panic buying atau membeli dalam jumlah banyak karena pasokan minyak akan terus diusahakan penyalurannya secara merata sehingga tidak ada kekosongan.

Grafik-harga-minyak-dunia-hari-ini
Grafik Harga CPO (Sumber: cnbcindonesia.com)

Grafik Harga Minyak Dunia Hari Ini

Apa sebenarnya yang membuat harga minyak terus meroket? Bukankah Indonesia punya banyak kelapa sawit, apakah jumlahnya masih kurang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Tak dipungkiri kalau kondisi saat ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. 

Meskipun negeri kita mampu menghasilkan banyak kelapa sawit, tetapi untuk prosesnya membutuhkan dukungan dari banyak hal. Kondisi dilapangan menunjukkan bahwa produsen minyak goreng belum terintegrasi dengan produsen CPO. Hal inilah yang mempengaruhi harga yang saat ini terjadi. 

  • Harga CPO Meningkat

Melambungnya harga minyak beberapa waktu lalu memang dipengaruhi oleh harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO). Kenaikan harga CPO yang terus meningkat, tak dipungkiri akan semakin mempengaruhi harga minyak di pasaran. 

Sedangkan harga CPO yang meningkat dipengaruhi oleh terjadinya gangguan cuaca sehingga mempengaruhi produksi minyak dunia.

  • Pandemi Covid-19

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan menjelaskan bahwa produksi CPO di masa pandemi ini mengalami penurunan, dan bagian logistik juga menghadapi gangguan, seperti berkurangnya jumlah kapal dan container. Kondisi ini tentunya juga mempengaruhi harga kenaikan harga minyak

Pengganti-minyak-goreng-yang-bisa-digunakan-sehari-hari

Pengganti Minyak Goreng

Menurut Oke Nurman hingga kuartal 1 tahun 2022 ini, yaitu sampai dengan bulan Maret. Bagaimana jadinya jika harga masih belum stabil, akankah kita tidak konsumsi minyak goreng sama sekali? Duh, makanan rasanya kurang lengkap jika tidak menggunakan minyak. 

Penggunaan minyak kelapa sawit dalam olahan sehari-hari memang dalam jumlah besar. Terlebih menggoreng, menumis sudah jadi variasi dalam menu makanan sehari-hari. Namun, ada alternatif minyak yang sebenarnya bisa kita gunakan untuk keperluan memasak sehari-hari, yaitu :

  • Minyak Kelapa (Coconut Oil)

Minyak ini terbuat dari santan yang dipanaskan hingga nantinya akan menghasilkan minyak. Aroma minyaknya juga khas sehingga bisa digunakan juga untuk membuat kue. 

  • Zaitun (Olive Oil)

Minyak zaitun didapatkan dari ekstraksi buah zaitun. Merupakan minyak serbaguna dan sehat juga bila disantap langsung. Untuk penggunaan sebaiknya menggunakan api yang kecil hingga sedang.

  • Kanola 

Minyak ini berasal dari tanaman kanola dan bisa digunakan untuk menggoreng ringan dengan titik asap tinggi. 

Penutup

Harga minyak Bimoli 2 liter di Indogrosir masih terus menjadi perhatian. Harga minyak goreng yang melambung tinggi membuat banyak  ibu kalang kabut. Bagaimana tidak, keberadaan minyak kelapa sawit menjadi bagian yang penting dalam penyajian menu makanan sehari-hari. 

Tidak hanya digunakan untuk menggoreng, tetapi juga menumis dan membuat menu makanan lainnya. Fakta ini yang membuat para ibu protes dan berharap harga minyak dipasaran bisa sesuai dengan harga sebelumnya. Nyatanya ada faktor lain yang membuat harga minyak melonjak tinggi.

Belum dapat dipastikan kapan harga minyak goreng akan terus stabil. Diharapkan kita semakin bijak dalam penggunaan minyak dan bisa juga menggunakan alternatif minyak lain untuk membuat menu sehari-hari.

Memang akan membutuhkan waktu untuk penyesuaian perubahan. Namun seiring waktu nantinya kita pun bisa menerima dengan baik.  Sharing yuk, apa yang kamu lakukan dengan harga minyak goreng yang melambung tinggi seperti saat ini? 

Salam,    

Referensi :

www.cnbcindonesia.com

www.kompas.com

Share the article :

2 komentar untuk “Harga Minyak Bimoli 2 Liter di Indogrosir”

  1. Pingback: Mendapatkan Alamat Distributor Minyak Goreng Bimoli

  2. Kalo skr udah ga Nemu yg harga segitu ya mba 😄. Tapi aku sbnrnya memang jaraaang pakai minyak. Pake tapi hanya utk tumis yg cuma sedikiiiit aja. Kalo yg goreng2 deep fried memang ga sering. Kalo lagi kangen mendoan atau ayam KFC, lebih milih beli drpd bikin. Jadi kenaikan harga minyak goreng ini dibilang ngaruh juga ga, tapi ya sedikit nyusahin pas beli minyak utk stok tumis2 🤣. Tapi ya sudahlah yaaa 😁. Kadang untuk menghibur hati, mikirnya demi kesehatan 😄. Skr aku malah LBH suka numis pake butter mba. jadi lebih wangi juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *