5 Khasiat Buah Semangka, Buah Kesukaan Rasulullah

Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari. Kenapa? Karena buah merah ini kaya akan kandungan air dan rasanya juga manis. Selain berwarna merah, semangka juga ada yang berwarna kuning. Untuk rasa sama-sama manis, tetapi untuk pilihan bisa disesuaikan dengan selera. Merah atau kuning sama enak dan nikmatnya.
 
Seiring perkembangan dunia pertanian, saat ini semangka ada varian yang tidak berbiji. Begitupun dengan bentuknya. Semangka tidak selalu identik dengan bulat saja, tapi saat ini ada yang bentuknya lonjong.
 
Rasulullah SAW sangat menyukai buah semangka. Abu Dawud dan At-Tiimidzi meriwayatkan dari Aisyah Ra bahwa Rasulullah SAW biasa makan semangka dengan kurma mengkal (ruthab). Karenanya sering disampaikan bahwa buah semangka merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Apa saja manfaat buah semangka ini?
 
Manfaat Buah Semangka
Selain memiliki kandungan air yang cukup banyak, sebenarnya apa saja kelebihan dari buah semangka ini, yaitu antara lain :
 
1. Mengandung Antioksidan
Buah semangka diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, selain itu juga mengandung tinggi antioksidan, seperti betakaroten, likopen, citruline dan asam amino yang penting untuk tubuh.
Jus buah semangka (Sumber : Pixabay)
 
2. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan antioksidan yang ada dalam buah semangka yaitu likopen, citruline dan arginine, bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hasil studi dari Universitas Purdue, bahwa buah semangka memiliki kandungan lycopene tinggi yang efektif untuk melindungi sel jantung dari kerusakan serta mampu menurunkan risiko penyakit jantung itu sendiri.
 
3. Mampu menghidrasi tubuh
Saat cuaca panas dan terik, makan buah semangka mampu memberikan kesegaran bagi tubuh. Ya, karena buah semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang sangat baik untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.
 
Buah Semangka (Sumber : Pixabay)
4. Menjaga kesehatan rambut dan kulit
Kandungan vitamin A yang terkandung dalam buah semangka ternyata baik untuk menjaga kulit dan batang rambut agar tetap dalam kondisi lembab. Kandungan vitamin yang ada dalam buah semangka juga mampu mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin alam kulit sehingga kondisinya selalu sehat. Kondisi rambut dan kulit yang lembab akan membuat kulit tampak sehat.     
 
5. Mampu mengatasi nyeri otot
Sebuah hasil  studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry  di Spanyol menemukan, bahwa dengan konsumsi jus buah semangka akan mampu menenangkan otot setelah berolahraga.
 
Apakah manfaat dari buah semangka hanya bisa didapat dari daging buahnya saja? Tidak. Buah semangka secara keseluruhan dapat memberikan manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita. Namun, pembahasannya akan dilanjutkan di kesempatan mendatang ya.
Epilog
Buah merupakan hasil alam yang mampu memberikan citarasa yang segar dan kandungan zat gizinya penting untuk mendukung metabolisme tubuh. Salah satunya seperti buah semangka ini. Buah ini dikenal dapat membantu menjaga cairan tubuh kita, tetapi dibalik itu ternyata terdapat manfaat yang baik untuk tubuh kita.
Jus buah semangka (Sumber : Pixabay)

Warnanya yang merah, manis dan nikmat ini tidak akan membuat kita cukup makan satu atau dua potong saja, tetapi bisa sampai tiga atau empat potong. Rasanya yang enak membuat kita begitu menyukainya.  Namun, konsumsi yang baik bukan harus dalam jumlah yang baik, tetapi konsumsilah dalam jumlah yang cukup saja kemudian divariasikan juga dengan konsumsi buah yang lainnya agar zat gizi yang terserap oleh tubuh bisa lebih optimal lagi.

 
Berdasarkan hal ini, maka asupan sehari-hari kita hendaknya bisa terus dijaga, tidak dengan konsumsi makanan padat dan cemilan berat yang kita asup, tetapi juga menjaga konsumsi buah-buahan dalam asupan sehari-hari. Tersedianya buah potong yang sudah siap di konsumsi juga semakin memudahkan kita. Jadi kapanpun, dimanapun, buah bisa selalu hadir dalam menu makanan sehari-hari kita.   
 
Semoga bermanfaat.
 
Sumber :
@rabbanians.id
hellosehat.com   
Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *