Kampanye #KejuAsliCheck manfaat keju yang perlu kita ketahui

Manfaat Keju Untuk Otak, Manfaat Lain Kampanye KejuAsliCheck

Manfaat keju untuk otak, manfaat lain kenali kampanye #KejuAsliCheck? Keju merupakan salah satu produk olahan dari susu sapi alami, maka memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini sudah tidak diragukan lagi terutama oleh para ibu.

Cemilan, dessert, kue kering dan jenis makanan lain rasanya jadi lebih mantap setelah ditambahkan keju. Tak heran kalau produk olahan susu ini menjadi bagian dalam konsumsi makanan kita sehari-hari bahkan jadi favorite anak dan keluarga.   

Manfaat Keju Untuk Otak dan Fungsi Tubuh Lainnya

Kebutuhan nutrisi kita tidak hanya terpenuhi dari satu atau dua zat gizi saja. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral menjadi satu kesatuan yang penting untuk metabolisme tubuh. Ketersediaannya saling melengkapi sehingga fungsional tubuh dapat bekerja dengan optimal. 

Manfaat keju untuk otak, sebenarnya lebih dari itu. Keju merupakan bagian dari zat gizi protein yang berfungsi sebagai sumber energi, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, membentuk enzim dan hormon, juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu tubuh membutuhkan protein dalam jumlah cukup. Sebelumnya yuk kita kenali dulu apa itu protein dan jenis makanan apa saja yang terkandung didalamnya. 

Protein merupakan komponen esensial bagi tubuh. Dalam keseharian protein jadi bagian yang tak terelakkan dari kebutuhan makanan kita sehari-hari. Ya, protein memang ada dua jenis, yaitu protein hewani dan nabati. Sebut saja telur, ayam, daging, tahu juga tempe yang menjadi pilihan menu kita. 

Makan rasanya kurang lengkap tanpa lauk protein tersebut. Bahkan banyak anak yang lebih memilih makan dengan telur atau ayam saja dan susah diberikan pilihan menu lainnya. Kondisi ini yang membuat para ibu perlu memutar otak, mengatur strategi agar anak mau makan dengan berbagai jenis variasi menu. 

Pilih-pilih makanan, GTM (gerakan tutup mulut) dan reaksi anak lainnya menuntut ibu untuk lebih kreatif, antara lain :

  • Menyajikan makanan dengan wadah yang menarik
  • Membuat kreasi terhadap bentuk makanan
  • Mengajak anak mengenal manfaat jenis bahan makanan
  • Menyisipkan jenis bahan makanan tertentu seperti lauk, atau sayur agar anak tetap terpenuhi asupan nutrisinya
  • Membuat daftar menu agar asupan anak bisa lebih bervariasi

Kenali aneka jenis protein yang bisa kita konsumsi sehari-hari

Kenali Label Pangan dengan Kampanye #KejuAsliCek 

Ibu mana yang tidak sedih dan khawatir kalau anaknya tidak mau makan atau pilih-pilih makanan. Anak-anak adalah generasi masa depan bangsa yang sepatutnya mendapatkan perhatian dalam masa tumbuh kembang, dan menjaga asupan nutrisi sehari-hari berarti mengoptimalkan perkembangannya sejak dini.

Maka jenis makanan yang diberikan tidak hanya sekadar membuat anak kenyang saja. Hal yang menjadi perhatian ibu adalah mengecek komposisi dan zat gizi yang terkandung dalam sebuah kemasan. Karena menyajikan berbagai variasi menu makanan tentu didukung oleh bahan baku yang berkualitas. 

Namun, faktanya banyak ibu yang masih merasa bingung dalam menentukan satu pilihan terbaik saat memilih jenis keju cheddar untuk anak dari berbagai jenis keju yang ada.

Hasil survei KRAFT terhadap konsumen yang merupakan para ibu mengungkapkan bahwa sekitar 50 persen responden sering mengonsumsi keju (1 sampai 7 kali dalam seminggu). Namun, lebih dari 61 persen tidak mengetahui kalau produk keju cheddar tidak semuanya berbahan baku keju cheddar. Padahal 77 persen ibu mengaku selalu mengecek label kemasan, tetapi lebih dari 48 persen tidak mengetahui bagaimana cara membaca susunan komposisi dengan benar. 

Merujuk pada peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) yang menjelaskan bahwa komposisi bahan baku pada label pangan diurutkan berdasarkan jumlah, yaitu dari kandungan yang tertinggi ke rendah. 

Senior Marketing Manager keju KRAFT, Dian Ramadianti, memberikan penjelasan dalam kampanye #KejuAsliCheck yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada semua ibu Indonesia dalam membaca label pangan dalam kemasan keju cheddar, yaitu : 

  1. Memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung)
  2. Memiliki klaim nutrisi pada kemasan. 

 

Manfaat Makan Keju

Keju adalah produk olahan susu yang sudah menjadi tambahan sajian dalam menu sehari-hari. Beberapa manfaat keju yang perlu kita ketahui antara lain : 

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Hasil penelitian National Library of Medicine menunjukkan bahwa produk olahan susu kaya kandungan kalsium, salah satunya keju cheddar yang terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang. 

2. Manfaat Keju untuk Otak

Susu dan produk olahannya memiliki kandungan protein dan vitamin B kompleks. Kedua zat gizi tersebut berperan untuk pertumbuhan otak, produksi enzim hingga pembentukan neurotransmitter (zat kimia otak). 

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Sebuah riset menunjukkan bahwa anak yang lebih banyak mengonsumsi susu dan produk olahan memiliki risiko gigi berlubang yang lebih kecil dibandingkan dengan anak yang tidak mengonsumsi susu dan produk olahannya. 

Sebagian besar anak-anak menyukai keju karena cita rasanya yang khas dan nikmat. Tak salah jika banyak ibu, termasuk saya yang memberikan tambahan keju dalam setiap sajian menu. Misalnya untuk cemilan berupa Pisang Coklat Keju juga Ice Coklat Keju. 

Nutritionist, Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes, menjelaskan berbagai manfaat yang diberikan keju cheddar tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti kalsium, protein, dan vitamin D. Oleh karena itu, ibu perlu memastikan pemilihan keju cheddar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas. 

Apa yang Dimaksud Keju Cheddar

Menurut Wikipedia, keju cheddar adalah keju yang relatif keras, berwarna kuning pucat hingga putih gading dan terkadang memiliki rasa yang kuat. Keju ini merupakan keju yang paling umum tersedia dan banyak digunakan dalam pengolahan berbagai jenis panganan. 

Untuk keju KRAFT cheddar berbahan utama keju asli New Zealand (komposisi pertama) dilengkapi juga dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan vitamin D. Komposisi tersebut membuat rasa kejunya lezat dengan cita rasa gurih keju yang khas dan tanpa perasa tambahan.  

Kreasikan berbagai menu makanan untuk anak dengan tambahan keju cheddar berkualitas

Makan Keju Setiap Hari

Apakah boleh? Mengonsumsi rutin keju cheddar KRAFT bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian yaitu 30 persen kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D dan protein. Dalam kemasan tercantum takaran saji adalah 20 gram. 

Maka dengan mengkonsumsi 20 gram keju cheddar KRAFT yang mengandung 10 persen kalsium berarti kita sudah memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium harian. Untuk lebih melengkapi asupan zat gizi tentu dibutuhkan variasi menu makanan juga sehingga asupan zat gizi harian dapat terpenuhi dengan baik. 

Variasi menu makanan untuk anak dimasa tumbuh kembangnya tentu akan membuat kondisi fisik terus terjaga, dan imunitasnya juga optimal. Ibu yang kreatif tentu akan membuat berbagai sajian yang enak dan bernutrisi untuk memenuhi asupan sang buah hati. 

Penutup

Manfaat keju untuk otak, manfaat lain kenali kampanye #KejuAsliCheck. Tidak hanya bertujuan agar para ibu bisa lebih berkreasi lagi dalam menyajikan makanan untuk anak, tetapi juga perlu memperhatikan produk sebelum menentukan pilihan. Lakukan cek komposisi pada label kemasan merupakan bagian penting. 

Kampanye #KejuAsliCheck mengajak para ibu di Indonesia bisa lebih teliti lagi sebelum memilih dan membeli bahan makanan. Komposisi yang tercantum tentu menunjukkan bagaimana kualitas sebuah produk. Asupan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik dengan mengonsumsi produk yang berkualitas. Yuk Bunda, kita terus berkreasi untuk mendukung asupan nutrisi buah hati yang optimal dengan berbagai sajian kreatif dari keju cheddar KRAFT.

Salam, 

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Keju_Cheddar

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-keju-yang-lezat-dan-menyehatkan

Share the article :

13 komentar untuk “Manfaat Keju Untuk Otak, Manfaat Lain Kampanye KejuAsliCheck”

  1. Betul, seorang ibu memang harus lebih teliti membaca label pangan agar anak tercukupi gizinya. Dan kampanye keju asli check dari KRAFT ini akan membantu banyak ibu

  2. Kampanye keju asli check ini beneran manfaat banget, saya jadi sadar bahwa selama ini nggak bener-bener perhatian pada kemasan bahan makanan. Asal beli saja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *