Heatlh

Tips Menjaga Keamanan Makanan yang Kita Konsumsi

Menjaga keamanan makanan yang kita konsumsi (Sumber : Freepik.com)
Makanan merupakan bagian yang penting dalam menjaga kelangsungan hidup semua insan. Namun, apakah semua makanan yang kita konsumsi, aman untuk tubuh?
Berbagai jenis makanan dijajakan untuk memenuhi asupan sehari-hari, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga restoran. Semua variasi makanan tersedia dan tersaji dengan menarik, hingga menggoda mata dan meneteskan air liur.  


Menjaga Kesehatan
Menjaga pola hidup (Sumber : Freepik.com)
Setiap insan akan berusaha menjaga kesehatan tubuhnya. Begitu pentingnya menjaga kesehatan, sehingga banyak cara yang dilakukan agar kondisi tubuh sehat dan bugar, seperti melakukan olahraga secara rutin, berpuasa di hari-hari tertentu, mengontrol makanan yang di konsumsi, melakukan diet, dll.

Apapun pilihan yang kita ambil, hendaknya dapat rutin dilakukan sehingga hasilnya benar-benar dapat kita rasakan. Karena hakikatnya, kesehatan adalah hal yang sangat mahal.  


Makanan Terpapar Zat Kimia

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah menjaga konsumsi makanan sehari-hari. Makanan merupakan bagian yang sangat pokok dalam kehidupan dan apapun yang kita konsumsi akan memberikan dampak bagi tubuh. Jenis makanan yang beragam di sekitar kita, terlihat begitu menggiurkan, tetapi apakah semuanya aman untuk kita konsumsi? Apa yang harus kita perhatikan dan teliti sebelum membeli makanan?

Zat Kimia Yang Berbahaya Bagi Tubuh Kita

Dampak konsumsi makanan yang terpapar zat kimia, belum tentu dapat dirasakan langsung, tetapi akan membutuhkan beberapa waktu untuk prosesnya. Zat kimia dalam makanan dan bersifat membahayakan tubuh, antara lain :
1. Nitrosamin (Sodium nitrit)
Nitrosamin merupakan garam yang berwarna semu kekuningan yang bisa berbentuk bubuk, kristal dan bongkahan. Zat kimia nitrosamin biasa terdapat pada sosis, kornet, dendeng dan lain lain. Zat nitrosamin dalam kadar yang tinggi dapat bersifat karsinogenik yang menyebabkan keracunan.
2. Sakarin saccharin
Berbentuk bubuk halus berwarna putih, Bahaya bahan kimia jenis sakarin cenderung tidak berbau dan memiliki citarasa yang sangat manis bahkan lebih manis 500 kali dari gula biasa. Gula jenis nitrasomin sering digunakan sebagai pengganti gula, Tetapi penggunaan yang berlebihan terus menerus dan sudah masuk pada tahap kecanduan maka dapat menyebabkan munculnya sel kanker mukosa, Kanker kandung kemih dan kemandulan dan kegagalan sperma bagi kaum pria.
3. Siklamat (Cyclamate)
Zat kimia siklamat berwarna putih, Tak berbau namun rasanya sangat manis bahkan melebihi manisnya gula tebu. Zat ini biasa dipakai untuk pemanis buatan yang jika dikonsumsi terlalu banyak dan jangka panjang menimbulkan kerusakan dan kelainan pada kromosom sel sel tubuh. Bahaya bahan kimia siklamat sangat berbahaya jika ibu hamil mengkonsumsinya selama masa kehamilannya hingga masa persalinan maka bayinya akan menderita cacat ketika dilahirkan.
4. Monosodium glutamat (MSG)
MSG atau sering disebut vetsin adalah penyedap masakan yang sudah populer didunia karena mampu melezatkan setiap masakan apa saja. Misalnya mie, bakso, sup, soto, capcay dan sebagainya. Namun bahaya bahan kimia tersebut terbukti nyata ketika seseorang mengkonsumsi secara berlebihan dan selama bertahun tahun maka dapat menyebabkan regenerasi dan nekrosi pada sel neuron secara bertahap, merusak DNA,merusak jaringan ginjal, hati, jaringan lemak dan memicu pertumbuhan kanker pada otak dan memecah serta mutasi sel.
Tips Menjaga Keamanan Makanan
Penyimpanan makanan harus sesuai (Sumber : Freepik.com)

Dalam memenuhi asupan sehari-hari, kita harus menjaga konsumsi makanan dengan baik agar pemenuhan asupan nutrisinya tercukupi. Namun, makanan yang kita konsumsi tidak hanya sekedar membuat kita kenyang semata, tetapi juga aman.
Yang harus di cek sebelum mengkonsumsi makanan:
1. Makanan kering atau kemasan
Hal yang perlu diperhatikan untuk makanan kemasan :
– Cek kondisi kemasan. Jika kondisinya ada kerusakan, tukar dengan kemasan yang kondisinya baik.
– Cek tanggal kadaluwarsa.
– Cek kehalalan produk.
2. Makanan basah
Makanan basah seperti sayuran, buah, ikan, ayam, dll, sebelum di konsumsi perlu diperhatikan beberapa hal berikut :
– Menjaga kebersihan bahan makanan.
– Memasak hingga kondisinya benar-benar matang.
– Simpan dalam kulkas dengan kondisi bersih dan penyimpanannya disesuaikan dengan kondisi bahan makanan.
– Pengolahan makanan menggunakan air yang bersih.

Semoga bermanfaat

Sumber : helosehat.com

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(31) Komentar

  1. kebersihan memang hal. pertama yg harus diperhatikan, mau makanan kering atau basah… kalo nggak bersih bahaya tuh…

  2. Ngeri juga mba baca ini 😀

    Kalau mengenai kebersihan insha Allah saya terbiasa, karena jijikan.
    Cuman emang zaman now rada parno dengan banyaknya makanan kering dengan pengawet, lalu makanan tersebut diklaim sehat pula hahaha

  3. Pengolahan bahan pangan memang harus tepat ya kak, karena kan untuk dikonsumsi sendiri dan dikonsumsi orang tersayang

  4. Garam ternyata punya kandungan nitrosamin yang kurang baik dikonsumsi jika berlebihan. MSG pun begitu. Dua hal ini memang lazim digunakan, moga bisa pelan-pelan mengurangi inu karena faktor kebiasaan

  5. Sejak ada tumor saya ngejaga banget pola makan. Ayo semangat mb untuk hidup sehat

  6. Kandungan unsur-unsur kimia tadi jika berlebihan masuk k dalam tubuh, menyebabkan banyak kerugian ya mba. Apalagi ak udah cukup sadar untuk ga konsumsi makanan yg ada kandungan MSG nya, kadang suka mudah berdebar dan mudah terasa haus.

  7. Aduh serem deh. Jadi semakin harus mengawasi asupan bagi bocilita nih. Terima kasih atas tipsnya ya mba ☺

  8. wah tips penting ini biar tetap sehat, secara makanan zaman now itu lebih mengandung risiko ya mbak?

  9. Kebersihan dsn kesehatan makanan merupakan hal yang harus dijaga untuk kesehatan tubuh

  10. Soal msg ini, ada penelitiannya gak mba bahwa tidak aman? Karena ada seorang dokter di ig kalau msg saat ini aman dikonsumsi.

  11. Makasi ya mbak tipsnya. Jadi tahu dan lebih waspada lagi sama begituan.

  12. Kebersihan memang nomer satu mba yang diperhatikan. Agar tetap sehat.

  13. Klo makanan udah gak pake MSG tapi masih pake penyedap,, hehe

    Thanks sharing nya mba 🙂

  14. hiks, aku masih sering niy mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat-zat ini. makasih mbak sharingnya

  15. Zaman now emang tantangan banget bisa mengkonsumsi makanan yang aman. Apalagi budaya kuliner sedang merebak, baik makanan atau minuman yg tampilannya menarik tapi belum tentu sehat. Lha malah jadi budaya, tuh :'(

    Zat-zat di atas memang perlu dihindari. Kalau MSG masih debatable menurut saya: aman asal secukupnya. Tidak seberbahaya sodium nitrit, siklamat, dan sakarin. Wallahu a'lam.

  16. Kebersihan memang hal yang penting diperhatikan.

  17. Betul Mbak. Banyak hal yang tidak terduga dari makanan yang ada di luar.

  18. Saling mengingatkan Mbak. Saya juga suka khawatir sama jajanan anak-anak di luar.

  19. Iya Mbak, seperti temanku yang tubuhnya mulai sensitif dengan MSG, jadi kalau kandungannya berlebihan, kepalanya jadi pusing banget.

  20. Kesehatan memang mahal harganya ya Mbak.

  21. Iya Mbak, kita belajar ke alami lagi.

  22. Setuju Mbak.

  23. Iya Mbak, jadi kita harus berhati-hati untuk konsumsi makanan apapun.

  24. Makanan sekarang memang menggoda banget, jadi kitanya yang harus berhati-hati ya Mbak.

  25. Setuju Mbak. Kebersihan itu hal yang penting untuk menjaga kesehatan.

  26. Sama-sama MBak. Ini pengingat diri juga.

  27. Sebenarnya menurut BPOM, FAO dan WHO, MSG aman dikonsumsi selama dalam jumlah yang tidak berlebihan. Hanya saja, kadar sedikit setiap orang berbeda dan kalau diberikan secara rutin, nantinya juga bisa terakumulasi di dalam tubuh. Jadi ini patut kita jaga sedini mungkin Mbak.

  28. Setuju baget Mbak. Secara ini yang kita butuhkan sehari-hari.

  29. Saya juga terkadang begitu Mbak, tapi terus dicoba kurangi sedikit demi sedikit.

  30. Saling mengingatkan ya Mbak.

  31. Iya Mbak, kita berusaha merubahnya secara bertahap. Semoga kesehatan kita bisa terus terjaga dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *