Heatlh

Makanan yang Sebaiknya di Hindari Saat Hamil

Menjaga konsumsi makanan selama kehamilan (Sumber : Freepik)

Hai Bunda ….

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Namun, kita juga harus berhati-hati pada makanan yang kita konsumsi. Khususnya bagi ibu hamil. Selama masa kehamilan perlu memperhatikan dan menjaga asupan sehari-hari. Terlebih ibu hamil membutuhkan makanan dalam jumlah yang lebih banyak daripada kondisi sebelumnya. Sehingga ada yang mengatakan bahwa saat hamil, konsumsi makannya menjadi lebih banyak. Ya, karena bagi ibu hamil makanan tidak semata untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk janin yang dikandungnya. Karenanya menjaga makanan yang di konsumsi penting dilakukan agar kesehatan ibu dan janin terus terjaga hingga persalinan. Lalu adakah makanan yang dihindari selama masa kehamilan? Apa saja ya.

1. Makanan mentah atau setengah matang
Mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang bagi ibu hamil sangat tidak disarankan, karena bertujuan untuk lebih menjaga daya tahan tubuh. Makanan tersebut kemungkinan mengandung bakteri ataupun zat yang berbahaya bagi tubuh. Contohnya seperti telur, daging, kerang juga sayuran.

Telur memang kaya dengan kandungan protein dan bermanfaat bagi ibu hamil. Namun, telur mentah atau setengah matang bisa mengandung Salmonella yang memicu mual, muntah, diare, demam bagi ibu hamil. 
2. Makanan laut yang mengandung merkuri
Mengonsumsi ikan tentunya menjadi hal yang baik bagi ibu hamil karena ikan mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh dan perkembangan janin seperti asam lemak omega 3, protein, vitamin juga mineral. Namun, kekhawatiran yang terjadi saat ini adalah kadar merkuri yang terdapat dilautan. Maka ibu hamil dapat memilih jenis ikan yang aman seperti ikan teri, lele, tuna, gurame, nila, dll.  
 

Pilih jenis ikan yang aman di konsumsi. (Sumber : Freepik)

3. Makanan yang tidak di cuci bersih
Pentingnya menjaga kebersihan tidak hanya pada lingkungan rumah dan sekitarnya, tetapi juga pada semua bahan makanan yang akan kita konsumsi, seperti sayuran juga buah-buahan. Kenapa sih makanan yang kita akan di konsumsi perlu dicuci bersih dahulu? Karena pada sayuran dan buah-buahan tersebut masih terdapat pestisida juga kemungkinan terdapat kuman dan bakteri seperti salmonella dan e.colli.

Lalu bagaimana cara mencuci sayuran dan buah yang benar?
– bersihkan dahulu sayuran dan buah-buahan dari plastik pembungkus, atau akar yang masih menempel.
– Cuci tangan dahulu sebelum mencuci sayuran dan buah.  
– Memotong bagian-bagian yang rusak.
– Membersihkan dengan menggunakan air yang mengalir.
– Agar lebih bersih, bisa menggunakan sabun khusus pencuci sayuran dan buah.
– Bilas hingga benar-benar bersih.
– Tiriskan, tempatkan dalam wadah yang bersih, kemudian simpan dalam lemari pendingin.
4. Mengandung kafein atau alkohol
Menjaga asupan cairan tentunya menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Asupan air putih yang disarankan sekitar 3 liter per hari. Lalu apakah ibu hamil tidak boleh minum kopi atau teh?

Minum teh dan kopi bagi ibu hamil ada baiknya dalam jumlah yang terbatas atau tidak sama sekali. Berapa banyak yang diminum bisa dikonsultasikan dahulu dengan dokter karena nantinya akan disesuaikan dengan kondisi ibu selama masa kehamilan. Selain air putih tentu yang disarankan untuk ibu hamil adalah konsumsi susu. Ya, tujuannya untuk lebih menambah asupan nutrisi ibu dan mengoptimalkan perkembangan janin.
Epilog
Menjaga kesehatan ibu dan janin menjadi bagian yang sangat penting, yaitu mulai dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan. Harapan utama tentu menjaga kondisi ibu dan janin sehat. Dan untuk menjaga kesehatan ini, salah satu tindakan yang dilakukan dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang dikonsumsi tidak semata untuk memenuhi kebutuhan saat lapar saja, tetapi asupannya juga untuk menjaga kondisi tubuh agar dapat sehat dan bugar. Penting kiranya ibu hamil mengetahui apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan ini.
Semoga bermanfaat.    

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(20) Komentar

  1. Kata ibuk saya kalau mau masak daging, ayam dan temannya mesti dikukus dulu biar lemaknya ilang. Biasanya ikan dan sebagainya kalo dimasak tanpa dikukus vitamin dan rasanya gimana gitu

    1. Wah, baru tahu tipsnya nih Mbak, Terima kasih.

  2. Denik menulis:

    Wah, makanan laut nih yang sulit menghindari. Sukaaaa soalnya… hehehehe

    1. Bener Mbak, enak banget dan menggoda ya.

  3. Hmm selama hamil aku menjaga banget dengan gak makan gado-gado juga sate mba. Kalo gado2 takut nyuci sayurnya gak bersih. Kalo sate takut gak mateng. Dan berhasil punya kehamilan sehat Alhamdulillah. :))

    1. Kita sama Mbak. Pokoknya yang terpenting adalah kesehatan kita dan janin deh.

  4. Jaman hamil dulu, Ibu saya selalu wanti-wanti, jangan suka makan pedes, nanti anak rambutnya tipis. Di anak pertama saya, fine aja ternyata malah rambut tebel banget. Di anak kedua, agak struggle tumbuh rambutnya. Mmm jangan-jangan Ibu saya benar, xixiixxiii

    1. Makanan pedas sebenarnya untuk menjaga kondisi janin dan ibu, kalau dampak ke rambut belum terbukti sih Mbak.

  5. Jadi inget zmn hamil bneran puasa dr sate n kopiii
    Demi debayy
    Bumil emng harus care sm bayiny sih
    Luruhkan egoo hehe

    1. Banget Mbak. Ibu akan selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.

  6. Aku setuju dengan ini. Karena, tumbuh kembang janin sangat bergantung dengan apa yg di konsumsi Ibu. Selain itu, banyak-banyak mengandalkan doa juga.

    1. Yup setuju Mbak. Minta diberikan kesehatan juga kelancaran selama kehamilan.

  7. Bener nih mba. Harus banget memperhatikan asupan menu makanan. Thanks sharingnya mba

    1. Iya Mbak, menjaga asupan makanan untuk kesehatan ibu dan janin.

  8. Kemarin waktu hamil saya juga menghindari itu semua mbak. Khawatir janin saya kenapa-kenapa.

    1. Mengurangi ataupun menghindari makanan yang berisiko bermanfaat untuk diri ibu juga janin.

  9. Wah, pas banget nih adekku lagi hamil, langsung aku share link ahh ke doi biar lebih aware sama janinnya. Btw, informasinya bermanfaat banget nih mbaa. Thank you mbaa

    1. Terima kasih sudah berbagi Mbak.

  10. Wh mba ini aku baru tau kalo untuk masa kehamilan malah ga d sarankan untuk makan makanan laut ya, aman makan lele sama gurame. Noted karena aku suka ikan banget hehe

    1. Semoga bermanfaat infonya Mbak. Terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *