KHASIAT SI ORANGE CARICA

 
Buah Pepaya bukan merupakan buah yang asing bagi kita. Warna kulitnya mulai dari hijau hingga kuning kehijauan. Tekstur yang paling disuka mulai dari agak mengkal atau setengah matang hingga matang. Sangat disukai oleh semua kalangan usia mulai dari bayi hingga tua. Buah yang selalu dicari. Meskipun ada juga yang tidak menyukai buah orange ini.
Asal Muasal Buah Pepaya
 
                                                                Buah Pepaya  (Image:Pexels)
 
Menurut Wikipedia,  Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda “gedang”.
Khasiat Pepaya
Buah yang satu ini memberikan banyak sekali manfaat. Mulai dari daun, bunga pepaya, buah sudah pasti, biji bahkan kulitnya. Kita coba kupas satu-satu manfaatnya ya….
 
1.    Daun Pepaya
 
Daun hijaunya pepaya (Image : pixabay)
 
 
Daun Pepaya memiliki kandungan zat papain, sehingga memberikan rasa yang pahit. Rasa pahit inilah yang membuat orang terkadang enggan untuk mengkonsumsi daun pepaya. Namun, rasa yang pahit tersebut sebenarnya masih bisa disiasati saat merebusnya dengan menggunakan daun jambu biji.
Meskipun daun pepaya rasanya pahit, banyak khasiat yang didalamnya seperti, mampu melunakkan daging, kandungan seratnya cukup tinggi, juga bisa dijadikan sebagai obat mulai dari obat diare hingga untuk kecantikan.
2.    Bunga Pepaya
 
Bunga pepaya yang sama pahit dengan daunnya (Image : pixabay)
 
Bunga Pepaya juga tak kalang enaknya dengan daun pepaya. Rasa pahitnya tentu menyamai daun pepaya  tapi,  dengan pengolahan yang tepat tidak membuat rasa enak bunga pepaya menjadi hilang.  
 
3.    Buah Pepaya
Buah Pepaya yang disukai semua kalangan usia (Image : freepik)
 
Buah Pepaya bagi para penyuka, tentunya mempunyai kenikmatan tersendiri, baik tekstur juga citarasanya. Warna orange yang menjadi dominasi buah ini, menunjukkan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 235 mg. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pepaya antara lain :  vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat,  kalsium, potasium, folat, dan magnesium.
 
Kandungan nutrisi, berupa vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pepaya tersebutlah yang membuat buah ini, memiliki banyak khasiat, yaitu :
      *  Menyehatkan mata
       * Menyehatkan rambut
       * Memperlancar pencernaan
       * Mengurangi resiko kanker dan tumor
       * Membuat kulit mulus
       * Menjadi anti parasit
       * Mencegah penyakit jantung
       * Menyehatkan tulang
       * Memperbaiki daya tahan tubuh
       * Mencegah Asma
       * Peradangan
       * Menyehatkan mata
             
 
          4.  Biji Pepaya

Biji buah pepayamemiliki kandungan polifenol dan flavonoid. Kedua senyawa tersebut merupakan senyawa fitokimia alami yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan biji pepaya yang lain adalah serat, yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah pada tubuh.
Menurut Dokter Wahyu Triasmara,  biji pepaya dapat dikonsumsi dengan cara diblender dan disajikan seperti membuat jus atau pun dengan cara diseduh seperti menyeduh kopi setelah terlebih dahulu dikeringkan dan diblender.

       
        5. Kulit Pepaya

     Kulit buah pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ruam dan kulit yang terbakar sinar matahari. Sensasi dingin dari kulit pepaya mampu memberikan efek yang menenangkan pada kulit.  
     Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut tentunya menjadi bahan pertimbangan kita jika tidak mau mengonsumsi buah pepaya. Buah yang rasanya manis, mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap juga khasiatnya banyak. Buah yang mudah didapat ini juga tidak ada batasan musim, karena selalu ada kapanpun. Bentuk dan ukurannya pun dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita saat membeli. Penyajiannya dapat disesuaikan dengan keinginan, ingin dipotong sesuai dengan keinginan kemudian langsung disantap atau di olah dalam bentuk yang bervariasi, cocktail, jus, salad, puding, rujak, dll.  
 
Selamat menikmati kesegaran buah pepaya. Konsumsinya juga dapat divariasikan dengan buah yang lain agar kandungan nutrisi yang terserap tubuh lebih optimal, tapi yang terpenting sajian buah selalu ada dalam menu makanan sehari-hari. Konsumsi juga sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan karena yang berlebihan pastinya tidaklah baik.
 
Sumber : Wikipedia
              doktersehat.com
Share the article :

22 komentar untuk “KHASIAT SI ORANGE CARICA”

  1. Buah yang sudah umum dalam kehidupan sehari hari sebetulnya yaa, tapi banyak sekali manfaat yang selama ini terabaikan. Termasuk tentang pemanfaatan bijinya sendiri, karena selama ini kalau mengonsumsi pepaya, bijinya selalu saja aku buang. Hehhe

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *