Freepik

Keragaman Buah Lokal dan Khasiatnya

Hai, hai … Siapa ya yang tidak suka dengan buah? Oo ruginya jika tidak suka makan buah. Kenapa rugi? Karena buah itu rasanya enak dan bikin ketagihan. Gigitan pertama untuk memastikan bagaimana rasanya, lalu gigitan kedua ingin mencobanya lagi, gigitan selanjutnya akan bikin ketagihan dan akhirnya mau lagi dan lagi. Nah, kan jadi rugi kalau tidak mau makan buah. Hihi.

Setiap buah mempunyai citarasa tersendiri, begitupun dengan kandungan nutrisinya. Memang semua buah kaya akan kandungan vitamin dan mineral, tetapi ada kandungan nutrisi tertentu juga yang terdapat didalamnya, seperti buah alpukat mengandung lemak tidak jenuh. Lalu bagaimana dengan kandungan nutrisi buah lainnya

Alpukat

Buah alpukat sebenarnya berasal dari Meksiko dan sudah berhasil tumbuh dan berkembang di Indonesia dengan bentuknya yang cantik nan rupawan. Warna hijaunya menunjukkan kandungan serat yang tinggi juga kaya akan kandungan asam lemak tidak jenuh, kalium dan nutrisi lainnya. Warna dagingnya yang kuning bisa di olah dengan berbagai bentuk, ataupun disantap langsung. Buah alpukat mentega saat ini jadi varietas unggulan, dengan daging buahnya yang tebal, legit dan warnanya yang kuning menawan seperti mentega.

Nanas

Nanas, buah kuning dengan kulit pelindungnya yang mempunyai bermata. Buah ini banjir saat menjelang bulan puasa, karena digunakan untuk membuat cookies. Rasanya yang manis dan nikmat menjadi kesegaran tersendiri saat disantap dalam kondisi dingin, tetapi dalam kondisi segarpun tetap nikmat. Tahukan, kandungan bromelin dalam buah nanas mampumencegah terjadinya perut kembung.

Nanas, enak dan segar. (Sumber : Freepik)

Jeruk

Merupakan buah yang kaya vitamin C. Jenis buah ini memiliki banyak ragamnya. Mulai dari jeruk nipis hingga jeruk buah. Suburnya alam Indonesia membuat buah jeruk lebih mudah didapat dengan rasanya yang manis dan memiliki kekhasan masing-masing seperti jeruk Pontianak, jeruk Medan, jeruk Bali, jeruk nipis, dll.

Rambutan

Buah rambutan bentuknya unik karena bagian kulitnya dikelilingi dengan rambut. Jenisnya pun tidak hanya satu varian saja, tetapi ada beberapa jenis dari buah ini seperti rambutan Binjai, rambutan Si Bongkok, rambutan Cimacan, dll. Didalamnya juga terkandung vitamin C seperti jenis buah lainnya.

Sawo

Keberadaan buah ini tidak sebanyak seperti buah lainnya, karena semakin hari lahan yang digunakan semakin sempit hingga membuat keberadaan pohon ini menjadi semakin berkurang. Meski begitu penggemar buah ini masih tetap banyak, karena sawo mempunyai citaras yang enak, lunak dan manis.

Pisang

Buah pisang tetap menjadi primadona karena dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari bayi hingga manula. Buah ini pun mudah didapat. Mulai dari pisang Barangan, Sunpride hingga pisang Ambon, menjadi kesukaan semua usia. Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga disarankan untuk penderita anemia.

Buah pisang berkhasiat. (Sumber : Freepik)

Semangka

Merupakan salah satu buah kesukaan Nabi yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan cairannya yang cukup tinggi yaitu sekitar 92 persen dan kandungan gula alaminya memberikan kesegaran bagi tubuh. Apa saja khasiat buah ini? Baca  5-khasiat-buah-semangka-buah-kesukaan-rasulullah

Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang banyak penggemarnya juga, seperti halnya buah pisang. Salah satu khasiat buah ini adalah membantu mengatasi sembelit. Namun, apakah hanya buah saja yang bisa diberdayakan dari pohon pepaya? Ternyata banyak bagian yang bisa di manfaatkan, seperti daunnya, biji juga bunga pepaya bisa diolah dan bermanfaat. Baca khasiat-si-orange-carica

 

Negeri kita tercinta, Indonesia, merupakan negeri yang kaya akan sumber alam, salah satunya buah-buahan. Mulai dari buah pisang, mangga, durian, alpukat, jeruk, apel, pepaya dan lainnya, menjadi keragaman yang patut kita syukuri. Jadi meski  buah tidak kita import, kita akan tetap bisa mengkonsumsi buah lokal. Aneka buah hasil alam negeri kita, juga kaya nutrisinya lho dan terbilang unik dan berbeda dengan buah import. Bahkan bijinya juga mudah di tanam dan dikembangbiangkan. Kemajuan teknologi pertanian juga berhasil membuat persilangan dari buah-buah yang ada sehingga hasilnya jadi lebih menggiurkan. Nah, dari berbagai jenis buah lokal yang ada, buah apa yang kamu suka?

 

Salam sehat.

Share the article :

31 komentar untuk “Keragaman Buah Lokal dan Khasiatnya”

  1. Saya suka semuanya tuh buahnya, selain nanas dan pisang sih 😀
    Nanas kurang suka karena kadang gatal gitu di makan, kalau pisang, nggak tahu kenapa sejak kecil saya moody terhadap pisang 😀

    Tapi yang lain mah saya doyan banget 🙂

  2. semuaa buah favorit orang serumah, include anak bayi hehe. eh kalau anak bayi masih paling doyannya baru pisang. gampang dipegang, digigit, dan dikunyah, cemilan andalan deh pokoknya

  3. Alhamdulillaah aku suka banget sama buah mba.. eh tapi ada satu yang aku gak suka.. yaitu DUKU!
    Buat aku makan dulu tuh susaah banget, daging buah nya cuma dikit, sering kegigit bijinya.. huff.. tapi suamiku malah suka banget sama duku, hehehe

  4. Buah itu udah seperti cemilan wajib sih buat aku. Semua yang pernah aku coba, pasti suka. Dalam sehari itu kudu ada. Orang yg terbiasa pasti akan merasa ada yg kurang kalau sehari saja gk makan buah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *