Menikmati Dessert Salad Buah yang Nikmat dan Lezat, Review Book Bukan Sekadar Salad Buah Segar Biasa

Hai,

Suka dengan sajian makanan penutup atau dessert apa nih? Salad atau puding? Saya termasuk penyuka keduanya. Selain rasanya yang enak, keduanya juga bikin nyaman diperut alias makin tambah kenyang, hik.

Tahukah, ternyata salad bisa divariasikan sesuai selera, jadi bentuknya bukan cuma itu-itu aja. Tak hanya isinya yang bisa divariasikan, tetapi pelengkapnya juga bisa kita modifikasi. Salad tidak selalu identik dengan buah saja, tetapi bisa diisi juga dengan sayuran. Nah, jadi enakkan, karena apapun pilihannya yang penting tetap sesuai selera dan kenyamanan kita.

Jenis salad yang kali ini akan diulas adalah salad buah dan lagi-lagi saya mencoba cari pembuatan salad yang berbeda lewat buku resep di aplikasi ipusnas. Wah, ipusnas lagi ya. Yup, karena mudah didapat dan praktis dibaca dimanapun juga kapanpun. Hihi.

Asal kata

Tahukah asal muasal kata salad? Menurut wikipedia, kata salad berasal dari bahasa latin yaitu Sal yang artinya garam. Kemudian dalam dari bahasa Inggris menjadi salad, sedangkan Selada dari bahasa Belanda. Selada berarti hidangan. Nah, definisinya menurut The Dictionary of American Food and Drink adalah jenis makanan berupa sayuran hijau dan buah-buahan yang bagian atasnya disiram dengan bumbu atau saus.

 

Variasi Salad Buah

Penulis buku resep ini, Ibu Dewi Untari, adalah seorang pebisnis boga yang sudah berpengalaman sejak tahun 1980 dan kemudian mendirikan CV Catering sendiri dengan jumlah karyawan hingga 30 orang di tahun 1997. Keahlian memasak beliau tuangkan dalam buku-buku memasak dan bekerjasama dengan Penerbit Gramedia Pustaka Utama buku resep tersebut berhasil di terbitkan.

Buah bisa jadi makanan yang serba guna, bisa disantap langsung, di buat jus ataupun diolah sedemikian rupa dahulu untuk meningkatkan citarasanya. Sajian buah yang  divariasikan dengan bentuk yang berbeda dan tampilan menarik akan membuat rasanya semakin memikat. Salad salah satu pilihannya. Pilihan bentuk salad juga bisa disesuaikan dengan keinginan kita, seperti variasi buahnya, jadi tidak terpaku dengan apa yang ada di resep saja. Pembuatan yang mudah dan simple juga akan membuat kita mudah mengingatnya dan selanjutnya bisa kita buat lagi dan lagi.

Salad buah tidak selalu identik dengan adanya saos putih dibagian atasnya saja, tetapi bisa juga dalam bentuk cairan seperti rujak ataupun asinan. Dalam buku ini terdapat 25 resep pembuatan salad yang mudah dan praktis. Jumlah porsi yang disajikan juga sesuai dengan anggota keluarga, jadi benar-benar sesuai kebutuhan, tetapi kalau dirasa masih kebanyakan, maka jumlah takarannya bisa disesuaikan lagi.

Buah menjadi pilihan makanan penutup kita setelah makan padat. Namun, ada sebagian orang yang menjadi buah sebagai makanan selingan juga, karena rasanya manis dan kandungan manfaatnya bagi tubuh. Variasi bentuk buah yang kita konsumsi akan membuat asupan nutrisi tubuh menjadi terpenuhi. Seperti yang kita tahu bahwa setiap buah mempunyai keunggulan pada kandungan vitamin dan mineral, jadi jika kita mengolahnya dengan berbagai jenis buah akan membuat vitamin yang terserap lebih lengkap.

Tidak hanya kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan seratnya juga bermanfaat mengurangi risiko sembelit. Berbagai manfaat yang terdapat dalam buah, selayaknya membuat kita makin cinta dengan aneka jenis buah yang ada. Terlebih negeri kita, Indonesia, merupakan negeri yang kaya akan sumber alamnya. Berbagai jenis tanaman dan buah tumbuh subur. Tak hanya dibeli di pasar atau supermarket, bahkan memetik langsung di pekarangan juga bisa dilakukan. Inilah sebagian hasil bumi yang patut kita syukuri.

 

Salam sehat.

 

Referensi :

www.id.wikipedia.org

 

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *