Sudahkah SDM Kita Sesuai Harapan? Kadin Segera Tingkatkan Kualitas SDM Untuk Indonesia Maju dan Produktif

Hai Sobat … Sumber daya manusia (SDM) memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemajuan dan perkembangan bangsa. Indonesia yang merupakan negara berkembang dengan berbagai ragam kekayaan alamnya, ternyata masih memiliki nilai SDM yang kurang.

Bank Dunia menyampaikan kesimpulan mengenai kondisi SDM di Indonesia dalam laporan kuartalnya pada bulan Juni 2018, bahwa untuk kawasan yang sama, SDM Indonesia daya saingnya masih berada di bawah negara-negara lain. Namun, untuk tingkat partisipasi sekolah di Indonesia telah tumbuh secara signifikan meskipun belum bisa meningkatkan daya saing.

Inilah yang  masih menjadi PR bangsa Indonesia. Meningkatkan kemajuan dan kemampuan SDM agar mampu memiliki daya saing dan terus tumbuh berkembang dengan lebih baik.

 

Faktor yang berperan dalam peningkatan SDM

Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul, antara lain :
 
1. Pendidikan
Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2019 menjadi indikator tingkat kualitas SDM, yaitu proporsi penduduk yang umurnya 15 tahun ke atas dan mempunya ijazah tinggi hanya 8,8%, SMA 26,4%, SMP 21,2%, SD merupakan jumlah paling banyak, yakni 43,7%.
Berdasarkan data tersebut, mampukah kiranya bangsa kita menghadapi tantangan era industri 4.0? Data BPS ini menunjukkan bahwa pendidikan menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas SDM dan hasil SDM yang belum maksimal dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Karenanya dibutuhkan akselerasi yang bersinergi antara berbagai pihak untuk mewujudkan SDM yang didambakan yaitu SDM yang unggul, inovatif dan produktif sehingga nantinya mampu bersaing dengan negara lain.
  
2. Ekonomi
Faktor ekonomi menjadi kunci kemakmuran suatu negara dan khususnya rakyat. Tingkat ekonomi yang rendah akan mempengaruhi pendidikan yang diraih untuk generasi selanjutnya. Berdasarkan data BPS laju pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2019 adalah sebesar 5,02% secara tahunan. Hal ini tentunya menjadi evaluasi bagi pemerintah dan diharapkan secepat mungkin mampu meningkatkan laju ekonomi rakyat kembali.  


Peran pemerintah dan pengusaha

Tekad pembangunan SDM tentu tidak sepenuhnya dapat dilakukan oleh pemerintahan semata, tetapi membutuhkan sinergi yang kuat dengan pihak pengusaha seperti Kadin yang diharapkan mampu memberikan sumbangsih yang besar untuk mencetak generasi penerus yang unggul dan kreatif.
 
Kadin Indonesia merupakan salah satu organisasi terbesar yang terdiri dari para pengusaha dan memiliki komitmen untuk memajukan perekonomian negara. Pengusaha yang nantinya mampu memberikan kontribusi dalam mencetak anak bangsa sebagai entrepreneur-entrepreneur muda yang tangguh sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi di berbagai sektor.
 
Ini menjadi harapan dan keinginan semua rakyat, agar semakin hari jumlah entrepreneur semakin meningkat. Bukan sebaliknya, yaitu jumlah entrepreneurberkurang karena pengaruh laju ekonomi yang menurun. Training, motivasi, pendampingan dan saling memberikan support tentunya menjadi dukungan yang sangat penting. Adanya saling membantu dan bekerja sama akan semakin memudahkan calon entrepreneur terus berani unjuk gigi dan berkembang lebih baik.    
     
  
Pelatihan dan training yang diadakan dapat dimulai dari anak-anak lulusan SMA agar mampu membentuk jiwa-jiwa entrepreneur sedini mungkin. Pelatihan yang diberikan pun terus berjenjang, agar dapat memastikan bagaimana hasil selanjutnya. Hal ini memang sudah mulai terlaksana, tetapi perlu terus dilakukan secara berkesinambungan agar hasil yang diharapkan dapat benar-benar terwujud.
Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya selain dapat meningkatkan kemampuan daya saing juga membentuk kepribadian diri agar terus terasah dengan keahlian dan ilmu yang dimilikinya karena semakin hari tingkat persaingan terus semakin ketat.
 
Rapimnas yang diadakan Kadin bulan November 2019 lalu, semakin menguatkan perencanaan untuk tahun mendatang. Mampu terus menggeliat dan bergerak maju agar program-program yang sudah disepakati dapat terwujud sesuai harapan.
Akankah nantinya Kadin dan pemerintah mampu terus bersinergi untuk menciptakan generasi harapan itu? Keyakinan itu tetap ada karena semua perubahan dimulai dengan melakukan tindakan terlebih dahulu. Hasil yang nantinya terlihat akan di evaluasi agar bisa menjadi lebih baik di tahapan selanjutnya.
 
Para pengusaha! Bentuk dan tempalah anak bangsa ini agar dapat mengikuti jejakmu. Berikan dukungan dengan sarana dan prasarana yang ada agar calon-calon entrepreneur terus tumbuh dan berani bertindak untuk meningkatkan kemampuan diri dan usahanya. Bukan semata untuk menambah pundi-pundi saja, tetapi bisa terus maju dengan go-publik penuh keberanian dan produk yang memiliki daya saing tinggi.
Saat para entrepreneurterlihat loyo, berikanlah dukungan dan support kembali agar bisa bangkit lagi. Karena menghadapi kegagalan tidaklah mudah, butuh tekad yang kuat untuk dapat terus maju.
Namun, setiap usaha yang dilakukan pasti akan membuahkan hasil, meskipun dengan perjuangan lama dan peluh yang membasahi tubuh. Inilah jiwa entrepreneur, yang tidak mudah menyerah, pantang mundur dan selalu memiliki inovasi juga berdaya kreativitas. 
 
Semoga bangsa Indonesia terus maju dengan produknya yang unggul dan inovatif, hasil anak bangsa yang berperan sebagai entrepreneur- entrepreneur muda. Semangat terus Kadin. Di pundakmu kami, rakyat Indonesia mengantungkan harapan untuk mencetak generasi unggul dan produktif demi kemajuan dan kejayaan bangsa.     
 
Semangat berjuang dan terus maju.  
 
Referensi :
Share the article :

96 komentar untuk “Sudahkah SDM Kita Sesuai Harapan? Kadin Segera Tingkatkan Kualitas SDM Untuk Indonesia Maju dan Produktif”

  1. Entrepreneur memang perlu terus ditumbuhkan supaya perekonomian bergerak maju, tapi pengusaha perlu memberikan dukungan yang real supaya keinginan ini benar-benar bisa terwujud. Indonesia harus terus maju.

  2. Saat ini persaingan di dunia kerja abis2an bgt mbak. Yg berijazahpun sudah dpt kerja, apalagi yang tidak punya.

    Makanya masing2 dri sdm kita harusnya punya 1 skill yang bisa diandalkan buat bersaing di dunia luar

  3. selain pendidikan formal yang menunjang, alangkah baiknya lebih ditingkatkan lagi dengan mengikuti pelatihan basic skill yang sesuai dengan bidangnya. selain keterampilan atitut juga sangat berpengaruh dalam SDM yang baik dan unggul

  4. Ngomongin tentang generasi muda jadi ingat anak-anak didik saya. Anak-anak STM yg kalau diberi pengertian untuk mengexplore potensinya demi masa depannya masih belum begitu sadar.

  5. Pemerintah juga perlu lebih seing memberi informasi mengenai pelatihan, seminar, atau sertifikasi keahlian pada masyarakat luas. Belajar dan terus belajar adalah satu-satunya cara meningkatkan kapasitas kita sebagai manusia. Maju terus generasi muda!

  6. Kalau mau menjadi negara maju, indonesia memang harus mencetak banyak pengusaha2 yg usahanya minimal menengah ke atas. Tp ya gmn, setiap ada lowongan cpns yg daftar bisa jutaan jg. Hmm, semoga Kadin bisa merubah mindset sdm2 muda kita utk mau jd pengusaha

  7. Msih perlu banyak usaha agar SDM kita sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. makanya banyak tenaga asing yang bisa bekerja di sini, karena kita masih ada PR besar di SDM.

    Semoga peran Kadin turut mendongkrak SDM unggul Indonesia

  8. SDM memang merupakan diperhatikan mulai dari dalam kandungan sampai keluar dari universitas harus bisa bersaing, maka selain kurikulum harus ada pelatihan2 guna meningkatkan kualitas SDM.

  9. Sekarang sudah banyak enterpreneur yang sudah dapat dijadikan contoh…sebut saja menteri P dan K Nadim makarim sukses masuk sebagai menteri yang dimukli dari merintis karir sebagai founder gojek…

    Nah..contoh bagus sudah ada… prasarsna juga sudah memadai…semoga semakin baik ke depannya

  10. Bicara soal kualitas SDM tentu berkaitan dengan dunia pendidikan salah satunya.
    Seperti yang kita ketahui masih banyak sekolah diperdesaan jauh dari kata 'layak'.
    Mulai dari akses ke sekolah,infrastruktur bangunan yang perlu diperbaiki, minim nya tenaga pengajar.
    Untuk itu marilah kita semua khususnya pemerintah lebih perhatikan dunia pendidikan agar kelak terjun kedunia kerja daya saing nya tinggi.
    Karena SDM nya sudah dipersiapkan sejak dini

  11. Saya rasa SDM kita masih dalam proses pengembangan. Karena kita tahu bahwa fokus pemerintahan saat ini adalah meningkatkan program SDM Indonesia Unggul.
    Semoga programnya bisa sesuai harapan, tanpa ada kendala yang berarti.

  12. Tuntutan jaman bergerak cepat, jika tidak berbenah generasi kita akan kalah dibanding negara lain. Jika meningkatkam kualitas SDM sebuah generasi, terlebih dahulu tingkatkan kualitas SDM kaum wanita dlm hal ini para ibu. Jangan berhenti belajar… Karrma ditangan ibu lah peradaban sebuah generasi ditentukan.

  13. Duh, ngomongin SDM itu agak-agak gimana gitu? Serba salah. Dari pemerintahnya sudah memfasilitasi dalam bentuk training atau pelatihan untuk meningkatkan mutu SDM. Eh, SDM nya yang malas. Otak-otak. Ketik SDMNYA semangat. Fasilitasnya gak ada.. hehehehe

  14. usaha kecil menengah, memang garda terdepan dalam membangun masyarakat agar bisa semakin menggerakkan roda perekonomian. Syaratnya, tentu KAdIN bisa memfasilitasi banyaknya magang dan pelatihan ringan yang bisa langsung diaplikasikan di dunia usaha.

  15. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, memang terdapat kesenjangan yang lebar antara kemampuan / ketrampilan seorang fresh graduate dengan kebutuhan di industri. Biasanya mereka butuh banyak waktu untuk belajar dan beradaptasi dengan pekerjaannya.

    Beruntung sekarang sudah banyak perusahaan yang bekerja sama dengan dengan sekolah2 menengah untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi. Ini akan memangkas kesenjangan di atas. Semoga semakin banyak perusahaan yang turut andil.

  16. Para pengusaha mmg salah satu yang cukup berperan membntk SDM yang tangguh. Namun kalo bisa sih secara global juga harapannya semoga pemerintah dan iklim usaha di Indonesia juga mendukung bagi pengusaha mikro, jangan cuma yang bermodal besar agar SDM yang terserap makin banyak.

  17. Meningkatkan kapasitas diri tak hanya dari bangku sekolah. Kurikulum di sekolah membantu membentuk pola pikir terstruktur. Namun, kalo tidak diaplikasikan jadi gak bermakna. Dalam menghadapai era 4.0, meningkatkan skill sangat penting untuk menghadapi persaingan. Banyak kok kelas online, yang gratis juga ada. Kembali lagi ke manusianya mau apa gak.

  18. Pemerintah punya program, pengusaha punya duit. Keduanya jika bergabung pasti gak ada generasi muda Indonesia yg pengangguran. Kadang pengusaha juga lebih cepat bergerak. Mereka eksekutor yg baik.

  19. Harapan yang sama, semoga di negeri kita semakin banyak lahir para entrepreneur yang kreatif dan kompetitif agar negeri kita semakin berkembang dan bisa mengejar ketertinggalannya.

  20. Saya juga berharap semakin banyak pelatihan-pelatihan untuk semua lulusan. Kita semua butuh itu untuk meningkatkan skill. Semoga ke depannya Kadin ini bisa terus menjadi media pencetak generasi bermutu terutama enterpreanur

  21. Dari tahun ke tahun daya saing SDM semakin kuat apalagi dengan adanya tenaga asing yang bisa mencari rezeki di indonesia. Indonesia sangat perlu gerakan "melek pendidikan & skill" sehingga tidak perlu takut dengan tenaga asing.

  22. Saat ini walaupun banyak kemajuan tapi kenyataannya SDM kita memang masih kalah dibandingkan negara berkembang lainnya.
    Menurut saya mutu pendidikan harus lebih diperhatikan sebagai dasar melahirkan SDM yang berkualitas. Jangan selalu gonta ganti sistem.

  23. Setuju. SDM kita perlu terus maju dengan skill dan pendidikan yang mumpuni, sehingga tidak kalah saing dengan SDM luar.

    Negeri kita kaya dan anak bangsalah yang seharusnya mengelola dengan baik.

  24. Aamiin.
    Kadin merupakan kelompok pengusaha yang maju dan berkembang. Jadi peran Kadin dalam pembentukan entrepeanur muda sangat besar. Semoga Kadin berhasil mencetak banyak entrepeanur muda yang unggul dan membanggakan untuk terus memajukan negeri tercinta ini.

  25. Iya Mbak, kondisi sudah berubah dan tuntutan saat ini adalah mampu memperbaiki semua yang sudah terjadi dan merubahnya untuk menjadi lebih baik. Semoga sinergi yang tercipta antara pemerintah, kadin dan generasi muda bisa mewujudkan harapan baru untuk negeri tercinta ini. aamiin.

  26. Iya Mbak. Perubahan awal memang dimulai dari diri sendiri. Kemudian cari peluang/kesempatan yang ada luar sana, supaya kemampuan yang dimiliki bisa terus terasah dan berkembang dengan baik.

  27. Hehehe. Memang buuh sinergi yang kuat disemua sektor, baik pemerintah, pengusaha juga anak mudanya. Selain memberikan pelatihan, mereka juga perlu diberikan motivasi supaya semangatnya tidak kendor.

  28. Memantapkan skill yang dimiliki memang hendaknya bisa terus diasah sejak masih dalam bangku sekolah agar setelah lulus bisa terus diasah melalui pelatihan dan magang.

    Selanjutnya pengusaha yang akan memberikan dukungan.

  29. Setuju, bangsa ini memang membutuhkan SDM yang unggul dan berkualitas. Tingkatkan skill juga supaya bisa bersaing dengan tenaga kerja lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *