Food

Tips Menikmati Makanan Enak Tanpa Rasa Bersalah

Halo … Dalam melakukan aktivitas sehari-hari tentunya kita membutuhkan tenaga yang cukup. Karenanya kita perlu menjaga asupan nutrisi yang sesuai agar tubuh dapat bergerak dengan aktif sehingga semua kegiatan kita dapat berjalan dengan lancar. Lalu asupan nutrisi seperti apa yang kita butuhkan?
Konsumsi makanan yang sehat merupakan bagian yang terpenting dalam memenuhi asupan sehari-hari. Makanan yang enak dan nikmat menjadi pilihan kita. Namun, apakah makanan yang enak sudah benar-benar mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh? Yuk, simak selengkapnya.

Fungsi makanan bagi tubuh

Makanan merupakan kebutuhan primer bagi kita, maksudnya suatu kebutuhan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita sehari-hari. Selain makan kita juga membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup. Bila asupannya kurang maka tubuh akan lebih cepat lemas. Begitupun dengan makanan. Misalnya setelah berpuasa, dalam kurun waktu sekitar 13 jam, tubuh kita merasa lemas dan haus tak tertahankan, sehingga saat berbuka yang paling diinginkan adalah minum dahulu selanjutnya baru makan.

Begitupun dalam keseharian kita, asupan makanan yang cukup akan membuat kita tidak mudah letih dan terus berenergi sehingga semua aktivitas dapat berjalan dengan baik. Konsumsi makanan yang kita asup mulai dari makan pagi hingga malam penting diperhatikan dan semuanya kita atur sedemikian rupa agar asupannya dapat seimbang.

   
Makanan yang baik bagi tubuh
Makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sebaiknya adalah makanan yang membuat kita terus berenergi, sehat dan kuat. Jadi bukan semata makanan tersebut membuat kita merasa kenyang saja. Bila kita hanya memandang makanan untuk mengenyangkan saja maka kita bisa menyesal nantinya. Kenapa? Karena semua yang terserap oleh tubuh nantikan akan memberikan reaksi. Lalu apa reaksinya?
 
Misalnya jika kita banyak mengkonsumsi makanan berlemak maka efek bagi tubuh bisa kegemukan, mengalami penyakit jantung, kadar kolesterol tinggi, dll. Makanan enak pada dasarnya tetap boleh kita konsumsi, tetapi apapun yang dimakan sebaiknya tidak berlebihan atau tetap dalam batas sewajarnya saja.  
Tips memilih makanan
Makanan sehat (Sumber : Freepik)
Makanan yang masuk ke dalam tubuh selayaknya dapat memberikan kontribusi yang baik untuk kesehatan, jadi bukan hanya untuk memenuhi hasrat lapar saja. Karenanya kita juga dapat memilih mana makanan yang baik dan mana yang kita batasi konsumsinya. Tips memilih makanan antara lain :
  • Dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh
  • Tidak mengandung zat penambah citarasa seperti mengandung pewarna, rasa manis yang tinggi, dll.
  • Higienis
  • Terlihat segar

 

Menjaga keseimbangan makanan
Semakin hari makanan yang kita jumpai semakin bervariasi. Mulai dengan tampilan warna yang menarik, rasanya nikmat, dan bentuk yang memikat. Tentunya hal ini menjadi godaan tersendiri. Awalnya mungkin terlihat biasa, tetapi saat didekati ternyata semakin menggoda dan kitapun tergoda untuk melahapnya. Eehmmm nikmat.Makanan yang mengandung asupan nutrisi akan membuat tubuh kita terjaga dengan optimal.
 
Sumber bahan makanan yang dibutuhkan tubuh adalah :
  • Karbohidrat, berasal dari beras, tepung-tepungan, umbi, cereal, makaroni, roti.
  • Protein terdiri dari 2 macam, yaitu protein hewani (ikan, ayam, telur, dll) dan nabati seperti tahu, tempe.
  • Lemak, sumbernya seperti minyak, margarin, butter.
  • Vitamin dan mineral yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan.

 

Menjaga pola makan
Pola makan yang sebaiknya kita perhatikan, antara lain :
1. Cukup asupan air putih.
2. Cukup serat, baik dari sayuran juga buah-buahan.
3. Tidak berlebihan mengonsumsi makanan berlemak.
4. Hindari alkohol.
5. Konsumsi gula secukupnya, seperti dari kopi, teh, minuman kemasan, dll.
6. Hindari makanan yang mengandung pengawet berbahaya.
7. Konsumsi makanan segar, seperti buah-buahan juga sayur.
8. Tidak makan berlebihan.
9. Makan dengan teratur.
Makan enak tanpa rasa bersalah
Buah penting untuk tubuh (Sumber : Pixabay) 
Asupan makanan sehari-hari yang terjaga akan membuat metabolisme tubuh bekerja dengan lebih baik. Walaupun untuk  menjaga tubuh selalu sehat, tidak hanya konsumsi makanan yang berperan penting. Menjaga pola hidup, rajin berolahraga, asupan air putih yang cukup juga menjadi faktor penunjang yang tak kalah pentingnya.
 
Namun, memperhatikan apa yang kita makan merupakan hal yang dapat kita jaga setiap saat, agar apapun yang kita konsumsi dapat memberikan dampak yang baik juga untuk kesehatan. Jadi, kapanpun dan dimanapun kita tetap bisa makan enak. Yaitu makan dengan mengetahui batasan mana yang sebaiknya dijalankan dan dihindari. Kitalah yang mengatur kesehatan diri dan yang lebih mengetahui bagaimana menjaga tubuh ini sebaik-baiknya.
 
Salam.

 

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(43) Komentar

  1. Alhamdulillah bermanfaat sekali mbak

    1. Alhamdulillah. Ini juga untuk mengingatkan diri sendiri.

  2. Aku jarang sih Mba feeling guilty kalo makan enak. Biasanya bukan karena timbangan yang geser ke kanan. Tapi karena uang di kantong jadi abis hahaha.

    Soalnya aku masih menyusui, jadi gak ada simpanan lemak tubuh. Habis disedot si kecil..

    1. Semangat mengASIhi Mbak.
      Saat hamil dan menyusui kebutuhan kalori lebih banyak dari wanita biasanya. Supaya ASI nya terus lancar dan produksinya banyak.

  3. Baru bisa sebatas menghindari alkohol saja kak.. gula dan sejenisnya yg enak2 itu masih suka kalap.. tapi kadang2 bisa nahan2 juga sich

    1. Mulai dari yang mudah dulu ya Mas, asalkan konsekwen. Supaya hasilnya bisa benar-benar bisa dirasakan.

  4. masalahnya tuh mba, setiap abis makanenak, timbangan naek lho haduuuuh

    1. Hahaha… Karena saat makan enak jumlah konsumsinya jadi over.

  5. Langsung merasa kalau saya sedang diingatkan. Apalagi memang sudah waktunya menjaga pola makan. Bismillah, saya mau mengatur pola makan kalau begitu. Terima kasih atas infonya kak.

    1. Sama-sama saling mengingatkan Mbak.
      Saya juga sedang mulai menata pola makan lagi nih.

      Semangat bersama jadinya.

  6. Tips biar gak merasa bersalah memang kita harus menerapkan pola makan yang tepat sih jadi gak boleh ada makan yang berlebihan. Saya malah kepikiran pengen konsul ke Dokter Gizi untuk minta dibuatin pola makan mba.

    1. Wah mantap nih planningnya Mbak.
      Salam sehat.

  7. Hihihi. Saya seringnya pas baca tulisan-tulisan seperti yang Mba Asih tulis ini bisa sadar seketika, tapi 5-10 menit kemudian lupa lagi dan makan aja sesuka hati. Kadang itu pula godaannya, yang namanya makanan tidak sehat itu pasti enak di lidah, dan yang namanya makanan sehat itu tidak selalu enak di lidah 😀 Terima kasih sudah mengingatkan mba.

    1. Sama-sama Mbak.
      Rasa makanan hanya dinikmati saat di lidah, kemudian terekam oleh otak, sehingga ada sensasi sendiri.
      Jadinya saat kita makan makanan sehat, langsung merasa kurang suka. Inilah godaannya.

  8. Sebenarnya simple nih makan makanan enak yang sehat, cuma ya godaan kanan kiri atas bawah ada teroosss, Mana makanan jaman sekarang macem-macem dan so looks yummy… enakan sih olah sendiri di rumah, udah pasti kita tahu bahan-bahannya…

    1. Makanan sekarang banyak variannya dan begitu menggoda. Boleh aja sih kita makan, tapi dalam jumlah yang tidak berlebihan.
      Buat sendiri memang jauh lebih aman dan terjaga, tapi kadang kita malas buatnya. Iyakan, hehehe.

  9. Bener sekali kak, makan sesuai kadarnya jangan berlebihan ya. Yang mengetahui kesehatan ya diri kita sendiri dan memang harus dijaga setiap asupan yang masuk.

    1. Iya Mbak, yang lebih baik adalah seimbang. Tidak berlebihan juga tidak kekurangan.

  10. Memilih makanan yang seimbang itu memang perlu disiplin supaya gk mudah tergoda. Utamanya asupan sayur sebagai sumber serat dan mineral serta vitamin yang sering dilewatkan.

    1. Setuju Mas. Banyak yang kurang suka sayur, padahal sebenarnya punya rasa yang enak dan bermanfaat untuk tubuh. Semangat makan sehat.

  11. Bener banget, apa yang masuk ke dalam pencernaan itu menentukan juga kondisi tubuh kita selanjutnya. Jadi memang harus di jaga dan tak boleh sembarangan

    1. Karena kontrol utama adalah diri sendiri. Kalau sudah terbiasa yang berat akan menjadi mudah dilakukan.

  12. haniwidiatmoko.com menulis:

    Buat keluarga yang anak-anaknya masih kecil, pe-er banget nih mengolah menu yang semua suka. Yang penting sih memenuhi gizi untuk tumbuh kembang anak-anak

    1. Bermula dari menjaga konsumsi anak-anak dan orangtua jadi panutannya deh.

  13. Kalau berbicara mengenai pola makan sehat sih susah-susah gampang emang buat dilaluinya, kalo ada kemauan yang kuat pasti bisa jalanin dg baik tapi kalo ngga pasti akan mudah tergoda dg makanan-makanan yang kurang baik.

    1. Benar banget Mbak. Banyak godaannya.

  14. Wahh aku kalau makan enak suka bablas, padahal tidak bole ya . Makasih sudah mengingatkannkak manfaat sekali infonya.

    1. Makanan enak memang menggoda dan boleh kok dikonsumsi selama tidak dalam jumlah berlebihan dan imbangi juga dengan serat juga air putih.

  15. Penting banget emang untuk bisa menjaga pola makan. Mungkin waktu muda kita ngerasa bebas mau makan apa aja dan gak ada dampak jangka pendek yang dirasakan. Tapi nanti pas udah tua, baru tuh mulai bermunculan berbagai konsekuensi dari makanan yang kita konsumsi waktu masih muda

    1. Karenanya kita perlu terus menjaga makanan yang masuk dalam tubuh. Jika saat muda terlena maka segera di perbaiki agar tidak berlarut sehingga saat tua baru merasakan efeknya.

  16. Segala sesuatu berlebih memang tidak baik. Jadi makanan juga harus dibatasi. Minum air putih berlebihan saja tidak bagus. Apalagi makanan.

    1. Setuju Mbak, segala sesuatu yang seimbang akan lebih baik.

  17. Mas Kholis menulis:

    Membahas rasa makanan, saya jadi teringet sama temen kantor yang suka banget berkomentar.
    Makanan enak aja dikomentar kekuranganya apalagi yang ga enak..

    1. Hahaha… Makanan enak memang selalu menggoda.

  18. sesuai judulnya menikmati makanan enak tanpa rasa bersalah yaitu mengkonsumsi makanan yg mengandung nutrisi yg cukup buat tubuh kita agar bisa menjadi sehat dan tenaga buat pekerjaan selanjutnya

    1. Iya betul Mas. Supaya makanan yang masuk dalam tubuh tidak hanya membuat perut merasa kenyang, tapi juga mampu menjaga kesehatan.

  19. Aduh, Mbak, saya mah makanan apa saja dilibas saja. Hihihi.
    Sebisa mungkin yg sehat. Tapi ada kalanya saya makan makanan yg tidak segar tuk mengingat masa lalu. Misalnya sambel tempe semangit, pepes ikan yg didiamkan sehari agar ada rasa khas. Hihihi. Ini wisata kuliner tuk mengenang masa lalu bersama ibu.

    1. Iya Mbak tidak masalah selama makanan tersebut tidak berlebihan dan tidak mengandung bahan tambahan yang berbahaya bagi tubuh.

  20. Fadli Hafizulhaq menulis:

    Seringkali saya ingin makan enak, tapi kemudian bimbang, banyak makanan enak yang kandungannya gak baik jika dimakan berlebihan. Akhirnya terpaksa membuat jadwal. Misal makan bakso/mie ayam seminggu sekali atau lainnya. Trims mbak, tulisannya ini sangat bermanfaat

    1. Terima kasih atas kunjungannya.

  21. Makan rendang memang enak dan nikmat. Suaya aman makannya tambahin daun singkong dan minumnya air hangat. Mantap jadinya.
    Ini juga bisa membuat keseimbangan ke tubuh.

  22. Amir menulis:

    Sekarang saya mulai memperhatikan konsumsi sehat dengan mengurangi makanan siap saji yang banyak dijual di pinggir jalan. Mending bikin sendiri untuk menu-menu yang bisa. Untuk jenis lainnya, boleh saja asal jangan terlalu sering. Karena emang bener seperti apa yang tertulis di atas “apa yang kita makan akan bereksi pada tubuh kita”

    1. Makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan untuk kesehatan juga ya Mas. Salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *