Khasiat dan Jenis Buah Kurma

Khasiat dan Jenis Buah Kurma Untuk Kesehatan

Hai … Apakah kamu salah satu penyuka kurma? Ya, buah kesukaan Nabi itu. Selain rasanya manis juga mempunyai banyak khasiat dan jenis buah kurma untuk kesehatan tubuh kita. Tak salah jika terkadang bikin kita bingung memilihnya, ada Sukari, Palmfruit, Ajwa, kurma muda, dll. Jenis apa yang biasa kamu makan?

Kurma memang selalu identik dengan bulan Ramadan dan disarankan sebagai sajian saat berbuka puasa. Kandungan glukosa yang ada didalamnya mampu menggantikan asupun tubuh yang berkurang selama berpuasa. Namun, sebenarnya kurma tidak selalu dikonsumsi saat bulan puasa saja.

Hari-hari biasa pun tetap bisa di konsumsi, lho. Memang rasanya berbeda dengan buah-buahan pada umumnya dan mempunyai keistimewaan tersendiri.

Manfaat Buah Kurma

Kurma sudah dibudidayakan sejak 6000 tahun sebelum masehi. Sangat lama dan populasi pohonnya masih terus ada hingga saat ini. Luar biasa, ya. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki citarasa yang enak, lembut dan nikmat. Meski keberadaannya lebih dirasakan saat bulan Ramadan, tetapi bagi penyuka kurma, di bulan biasa pun tetap dicari dan dikonsumsi.

manfaat Kurma

Kandungan kurma yang paling dikenal adalah memiliki sekitar 50-70 persen glukosa yang dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Apa, sih manfaatnya buat kita:

1. Tinggi Kandungan Serat Larut

Kandungan serat larut yang tinggi mampu menggiatkan pergerakan usus sehingga makanan yang tidak terserap tubuh dapat dibuang, karenanya dikatakan bahwa konsumsi rutin buah kurma mampu melancarkan saluran pencernaan.

2. Mengurangi Risiko Gangguan Usus

Serat yang terdapat dalam buah kurma tidak hanya yang larut saja, tetapi juga ada kandungan serat tidak larut dan kaya akan asam amino. Hal ini membuat asupan zat gizi yang terserap lebih banyak daripada yang dibuang.

3. Sebagai Pemanis Alami

Kurma berupakan sumber fruktosa yaitu gula alami yang terdapat dalam buah.

4. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu membantu proses pembentukan sel darah merah, juga mengurangi rasa lelah dan lesu.

5. Sumber Energi

Kurma memiliki kandungan glikosa, fruktosa dan sukrosa, sehingga bisa menjadi cemilan yang mampu mendongkrak energi tubuh.

6. Bebas Lemak Jenuh

Konsumsi kurma setiap hari tidak akan membuat tubuh menjadi kegemukan, karena tidak ada kandungan lemak jenuh, kolesterol dan sodium.

7. Banyak Nutrisinya

Zat gizi yang terkandung dalam buah kurma cukup lengkap dan membantu kebutuhan nutrisi tubuh, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Jenis Buah Kurma yang Biasa Dikonsumsi

Pasar Tanah Abang menjadi salah satu tempat yang menjual berbagai oleh-oleh umroh dan haji, salah satunya kurma dan hanya ada kurma kering ya. Untuk memilih bisa disesuaikan dengan keinginan dan kesukaan kita. Buah kurma memiliki banyak jenis, tetapi yang biasa kita konsumsi antara lain :

Jenis-jenis Kurma

1. Kurma Muda

Kurma muda memang tidak terlalu banyak dipasaran, tetapi bukan berarti sulit didapat, ya. Kurma jenis ini sudah mulai dikenal dan dicari terutama oleh pasangan muda, untuk program hamil karena bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Kurma jenis ini ada 3 warna yaitu hijau, kuning dan merah. Untuk rasa tentunya berbeda dengan kurma kering. Rasa kurma muda cenderung ada rasa sepat.

2. Ajwa

Sering disebut dengan kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW, sehingga dari segi harga juga cukup tinggi. Warnanya hitam, ukurannya agak besar dan rasanya hampir menyerupai kismis.

3. Palmfruit

Bentuknya identik lonjong, agak ramping, rasanya manis dan banyak tersedia di supermarket dengan kemasannya yang khas.

4. Sukari

Kurma Sukari memiliki bentuk yang agak besar, lembut dan warna dagingnya kecokelatan seperti karamel. Sering disebut sebagai kurma ratu atau kurma raja karena itu menjadi pilihan paling disukai di kawasan Arab dan Timur Tengah.

5. Madjool

Berasal dari Amerika Serikat ini, bentuknya lebih besar dari jenis kurma yang lain, sehingga mendapatkan julukan ‘kurma raja’. Ya, bentuknya besar, lembut dan dagingnya juga tebal. Rasanya makan sebutir saja sudah terasa kenyang. Sesuai dengan julukannya, dari sisi harga juga terbilang lumayan mahal, sebanding dengan bentuk dan ukurannya.

Penutup

Khasiat dan jenis buah kurma untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Buah kurma yang lebih sering disantap saat bulan Ramadan sebenarnya juga sering dicari dihari biasa. Jenisnya yang beragam, rasanya manis dan mampu menambah energi yang cepat memang cocok untuk sajian saat berbuka puasa.

Namun, konsumsinya juga bisa di hari-hari biasa, sebagai cemilan yang enak dan sehat tentunya. Tidak hanya di makan secara langsung, tetapi juga bisa ditambahkan dalam air yaitu sebagai infused water. Selamat menikmati rasa manisnya.

Semoga bermanfaat.

Share the article :

36 komentar untuk “Khasiat dan Jenis Buah Kurma Untuk Kesehatan”

  1. Ibu saya suka sekali makan buah kurma, cuman buah kurma yang sering dibeli kebanyakan dilapisi oleh gula agar timbangan berat dan membuat rasa manis yg berlebihan.
    Saya sendiri kurang begitu sering mengkonsumsi buah kurma, karena saya tidak terlalu suka manis yang berlebih, maklum beli kurma nya di pasar baru.
    Salam kenal.

  2. Aku tadinya engga suka kurma. Lama-lama doyan sih, karena suami makan kurma. Aku engga tahu jenis-jenisnya. Suami selalu pesan online, kurma jenis kurma Iran. Engga tahu termasuk jenis mana. Kurmanya engga terlalu manis, lembut, tapi kering.

  3. Buah yang identik dikonsumsi pada bulan Ramadhan ini sangat banyak sekali manfaatnya. Selain dari manfaat yang disebutkan diatas, konon katanya Kurma juga bagus untuk kecantikan wajah, karena kandungan serat didalamnya dapat dengan mudah mengganti sel-sel di wajah yang rusak.

    Pokoknya buah yang selalu dimakan oleh Rasulallah dikala berbuka pusa ini sangat baik untuk kesehatan.

  4. Suamiku suka banget makan kurma, cuma sayang kalau selain bulan ramadhan, agak susah nih nemu yang jual kurma di sekitaran rumah. Ternyata banyak ya manfaat dari kurma ini. Aku nanti kalau suami makan kurma, mau ikutan makan juga ah

  5. Wah ada kurma muda warna pink mb? Kalau aku sih baru satu kali makan kurma muda, warnanya hijau muda. Entah jenis apa. Rasanya crispy dan segar.

    Kalau kurma matang favorit saya adalah kurma palmfruit, yang tidak terlalu manis tetapi enak banget.

  6. Aku suka pake banget mba sama buah Kurma, soalnya kan manisnya alami. Tapi sungguh ku baru tahu kalau buah kurma punya khasiat mencegah anemia dan gangguan usus. Aku sukanya dimakan langsung dan dijadikan infused water si buah kurma ini 🙂

  7. Jenis kurma ini sangat banyak ya Mbak, daerah penghasilnya juga banyak. Konon ada kurma dari Amerika, dan masing-masing kurma memiliki ciri khas tergantung tempat asalnya

  8. Saya ini rentan sekali anemia
    Beberapa kali bahkan sampai harus transfusi darah
    Dokter menyarankan untuk rutin konsumsi kurma
    Sejak itu, HB saya stabil dan udah beberapa bulan terakhir gak lagi berurusan dengan jarum suntik

  9. Pantas saja saya ada nonton sebuah video yang bertuliskan bangsa arab gemar memakan buah karma apalagi bangsa yahudi.. Dan skrg jika nanti istri saya hamil, saya akan suguhi istri saya buah kurma biar bayinya sehat dan ibunya juga.. Namun skrg saya masih jomblo hehe

  10. Ping-kembali: Tips Cerdas Minim Sampah Makanan Bikin Hati Tenang - UmmiSyifa.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *