Tips Cerdas Minim Sampah Makanan

Tips Cerdas Minim Sampah Makanan Bikin Hati Tenang

Ђคll๏ … Apa yang ada dalam benak kamu saat melihat tumpukan sampah? Baunya nggak enak, jijik, jorok, kotor, dan  banyak komentar lainnya. Intinya merasa kurang nyaman saat melihat tumpukan sampah. Adakah tips cerdas minim sampah makanan yang bisa bikin hidup kita jadi lebih tenang dan nggak ada rasa bersalah.

Faktanya sekitar 60% sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir sampah) adalah sampah rumah tangga. Ada plastik, sampah makanan, kertas, bekas kemasan tertentu dan sampah makanan ternyata jumlah yang paling banyak. 

Gaya Hidup Minim Sampah

Keberadaan sampah memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Dalam sehari saja, kita bisa banyak menghasilkan sampah. Coba deh, perhatikan lebih seksama, sampah apa yang paling banyak kita buang dalam sehari. 

CNN menjelaskan bahwa setiap hari kita menghasilkan sampah 0.5-0.7 kg/hari. Dalam waktu setahun jumlah sampah yang dihasilkan di Indonesia bisa mencapai 64 juta ton. Wow… jumlahnya banyak banget, ya.

Dari jumlah tersebut 14% sampah plastik dan 60% sampah organik. Selidik punya selidik, saya coba cek sampah di rumah dan ternyata benar. Jumlah terbesar dari sampah organik, baik hasil olahan dapur, sisa sayuran, juga sisa makanan. Jadi ketahuan, deh. 

Lalu apa yang dilakukan pada sampah itu? Membuang semuanya ke plastik sampah yang nantinya akan diambil oleh petugas. Apa jadinya bisa dalam satu keluarga saja bisa menghasilkan sampah rumah tangga sekitar 1-3 kantong plastik sampah. 

Pantaslah kalau tempat penampungan dan pengolahan sampah kewalahan dengan jumlah yang semakin membludak. Sampah terus menumpuk dan menjulang tinggi dan tinggi. Aromanya saat musim penghujan juga terasa menyengat. 

Benar adanya kalau sampah organik bermanfaat untuk tanah karena mudah terurai, tetapi kalau penanganannya benar. Sedangkan sampah di tempat pengolahan semua tercampur (sampah plastik dan organik) nantinya akan menghasilkan gas metana dan bisa mempengaruhi lapisan ozon.

Sampah organik memang mampu memberikan dampak manfaat untuk kehidupan kita, tetapi ada dampak lain yang bisa saja terjadi akibat penumpukan sampah yang berlebihan.  Beberapa peristiwa mengenaskan yang pernah terjadi di TPA, antara lain :

Tragedi Sampah di Indonesia

Gaya hidup minim sampah makanan menjadi penting adanya dengan meminimalisir sampah dalam keseharian, atau memanfaatkan sampah yang dihasilkan agar menjadi lebih bermanfaat. 

Tips Cerdas Minim Sampah Makanan

Sampah tidak pernah bisa dilepaskan dari keseharian kita. Bekas atau sisa makanan, plastik belanjaan, botol, kertas dan barang bekas lain. Jika jumlah sampah hanya satu, dua tentu tidak akan membuat kita bingung. 

Namun, jika jumlahnya berlebih dan menimbulkan aroma yang kurang mengenakkan tentu perlu mendapatkan perhatian atau melakukan preventif akan kondisi ini. Ya, sudah selayaknya jika kita lebih perhatian akan sampah yang dihasilkan sehari-hari. 

Bumi ini membutuhkan perhatian. Bukan karena usianya yang sudah semakin menua, tetapi untuk menjaga kelestarian alam, melindungi ekosistem juga untuk keberlangsungan kehidupan masa depan kita.   

Untuk kita selayaknya kita makin cerdas dalam mengelola sampah atau meminimalisir sampah khususnya sampah makanan yang jumlahnya terus bertambah, antara lain dengan :

Cerdas Minim Sampah Makanan

1. Membeli Barang Berdasarkan Kebutuhan

Benar adanya jika apa yang kita beli sebaiknya sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan. Semakin banyak keinginan dituruti maka akan membuat daya beli kita semakin meningkat, baik berupa jajanan sehari-hari atau keperluan lainnya. 

Academy of Nutrition and Dietetics memberikan beberapa tips untuk mengurangi sampah makanan, antara lain :

a. Berbelanja sesuai kebutuhan

Untuk memastikan apa yang kita beli sesuai dengan kebutuhan, maka bisa dibuat list belanjaan. Bahan makanan kering beli secukupnya agar tidak terlalu banyak bahan makanan yang disimpan. 

b. Membeli produk yang masih segar

Bahan makanan yang segar memiliki rasa dan aroma yang lebih menyegarkan. Begitu pun setelah bahan tersebut diolah, akan memberikan cita rasa yang lebih mantap dibandingkan dengan bahan makanan yang sudah disimpan beberapa waktu. 

c. Berbelanja saat kondisinya fresh

Jenis sayuran tentu lebih nyaman jika dibeli saat pagi hari, karena keadaannya masih segar dan berkualitas. Berbeda halnya saat siang hari yang kondisinya sudah mulai layu dan terlihat kurang menyenangkan. 

2. Simpan Makanan dan Bahan Makanan dengan Baik

Proses penyimpanan bahan makanan juga memberikan dampak terhadap bahan makanan yang sudah dibeli. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses penyimpanan, antara lain:

  • Jenis sayuran seperti kentang, tomat juga bawang putih sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. 
  • Memisahkan jenis protein segar seperti ikan, daging sapi juga daging ayam. 
  • Jika ada sisa makanan sebaiknya ditempatkan dalam wadah tertutup yang bening sehingga tidak terlupakan. 
  • Melakukan pemeriksaan bahan makanan yang disimpan dalam kulkas untuk memastikan keadaannya dan menghindari pembusukan atau kadaluarsa.
  • Tidak membuka pintu kulkas terlalu lama dan memastikan juga kulkas tertutup dengan rapat.
  • Tidak menyimpan makanan dan bahan makanan dalam jumlah berlebihan dalam kulkas.
  • Membersihkan kulkas secara berkala agar kondisinya tetap bersih dan tidak ada sisa makanan atau bahan makanan yang tertinggal.

3. Membawa Peralatan Makan Sendiri Saat Bepergian

Terkesan memang agak merepotkan, tetapi memberikan dampak yang baik untuk diri dan lingkungan. Kondisi pandemi saat ini semakin menguatkan alasan ini, kenapa karena untuk menjaga keamanan, kebersihan dan kesehatan bersama. 

4. Membawa Botol Minum

Tidak hanya peralatan makan yang perlu kita bawa saat bepergian, tetapi juga membawa tempat minum sendiri. Manfaat lain yang kita dapatkan dengan membawa wadah sendiri adalah isi di dalamnya berbeda dari yang lain. 

Minumannya dapat berupa infused water sayuran atau buah tertentu, air nabeez dari rendaman kurma atau kismis. 

5. Kurangi dan Hindari Penggunaan Plastik

Membawa wadah sendiri juga membuat kita mengurangi penggunaan plastik untuk pengemasan. Selain itu juga dapat membantu mengurangi penumpukan sampah.

6. Mengolah Kembali Sisa Makanan

Apabila kondisi sisa makanan masih layak dikonsumsi maka bisa coba untuk diolah kembali dengan bentuk yang lebih baik lagi sehingga bisa dikonsumsi. 

7. Manfaat Sampah Organik

Sisa bahan makanan yang masih ada dan sudah tidak digunakan lagi bisa dimanfaatkan untuk menjadi kompos. Ya, menjadi sampah organik. Untuk hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

 

Zero Waste Lifestyle Bikin Hati Tenang

Gerakan zero waste bukan sebuah hal yang baru, tetapi sudah mulai ada sejak tahun 2002. Sudah banyak diadaptasikan juga dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan untuk menyelamatkan bumi tercinta. 

Bandung Food Smartcity menjadi salah satu pemrakarsa gerakan zero waste tersebut dengan melakukan banyak kegiatan pendukung. Program yang dilakukan bekerjasama dengan pemda Bandung, antara lain :

  • Food sharing
  • Urban farming

Sampah Menjadi Kompos

Kondisi bumi memang perlu terus mendapatkan perhatian karena kehidupan kita sangat tergantung pada kondisi bumi hari ini dan selanjutnya. Memberikan perhatian terhadap keberlangsungan bumi kita bukan semata untuk hari kehidupan kita saja, tetapi juga untuk generasi kehidupan selanjutnya. 

Menjalani kehidupan dengan bersikap cerdas minim sampah makanan atau bijak terhadap food waste membuat kita menjadi lebih memahami bagaimana menyiasati sampah rumah tangga yang ada. 

Tidak hanya sekadar mengumpulkannya dalam satu tempat kemudian menitipkannya pada petugas kebersihan untuk dikirim ke TPA. Namun, mampu belajar memilah mana yang dapat dimanfaatkan kembali, diberikan kepada pemulung untuk didaur ulang atau dibuang.

Penutup

Cerdas minim sampah makanan membuat kita menjadi lebih aware terhadap keberlangsungan kehidupan kita di bumi ini. Menyayangi dan mampu menjaga bumi sebaik mungkin akan membuat kita menjadi lebih tenang. 

Bumi sudah memberikan banyak manfaat untuk kita. Perhatian kita terhadap sampah merupakan wujud nyata kepedulian kita terhadap kondisi bumi saat ini. Sampah tidak hanya sekadar berakhir di TPA, tetapi juga bisa memberikan daya guna yang lebih bermanfaat untuk sekitar.

Mengembalikan hasil bumi kepada bumi kembali dengan memanfaatkan sampah organik menjadi kompos merupakan salah satu hal yang saya pilih saat ini. Berharap kompos yang dihasilkan nantinya bisa memberikan kesuburan buat tanaman yang ada disekitar rumah saya. Nah, bentuk kepedulian apa yang kamu lakukan terhadap sampah yang ada disekitarmu? 

Salam, 

Referensi :

  • https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200917193247-537-547866/kementan-serukan-hindari-food-waste-demi-ketahanan-pangan
  • https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/cara-mengurangi-sampah-sisa-makanan/

Tulisan ini diikutsertakan untuk lomba Blog “Gaya Hidup Minim Sampah Makanan” :

Bandung Food Smart City

 

Share the article :

12 komentar untuk “Tips Cerdas Minim Sampah Makanan Bikin Hati Tenang”

  1. Saya pun sepertinya ikut andil nih mbak dalam membuang sampah dalam jumlah besar apalagi saya suka jajan minuman di botol plastik. Ada rasa berdosa juga. Bismillah mulai sekarang mengatur daftar belanja dengan tujuan mengurangi sampah plastik juga

  2. semua itu harus dimulai dari kesadaran diri sendiri, terkadang masih banyak orang yang abai soal sampah, trimaksih tipsnya semoga blog ini bisa di baca banyak orang biar semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya mengurangi sampah

  3. Banyak sekali sampah rumah tangga kita. Saya juga cek, memang kebanyakan isinya sampah sisa sayuran, makanan, dan sejenisnya. Selama ini belum bisa melakukan langkah besar dalam mengurangi sampah di rumah. Palingan belanja sesuai kebutuhan dan sebisa mungkin makan selalu dihabiskan.

  4. Arif R (ardintoro.com)

    Wah ngeri ya sampah di Indonesia, bisa² negara kita tertimbun sampah kalau di biarkan.

    Banyaknya sampah di suatu daerah terkadang bukan semata² kesalahan Masyarakat, terkadang juga pemerintah yg nggak menyediakan tempat sampah yg layak makanya pemerintah sebisa mungkin harus menyediakan tempat sampah layak agar Masyarskat rajin membuang sampah di tempatnya.

  5. Sampah rumah tangga memang paling banyak menumpuk di TPA. Alaagkah baiknya jika sampah yang bisa di daur ulang, langsung dimafaatkan lagi ya Mba. Selain itu dipilah antara sampah daur ulang dan yang tidak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *