Film Pendek Sundance Festival

Kompetisi Film Pendek Sundance Festival: Asia 2021 Persembahan IDN Media

Ħăi … Perkembangan dunia perfilman semakin hari terus meningkat. Film yang dihasilkan tidak hanya satu atau dua genre saja, tetapi semakin bervariasi dan memikat hati. Adanya kompetisi film pendek Sundance Festival tentu semakin memacu para kreator perfilman untuk unjuk kemampuannya. 

Perkembangan dunia perfilman tidak bisa dilepaskan dari adanya berbagai ajang festival yang mampu memacu adrenalin para sang sineas. Mereka berusaha terus menciptakan hasil kreativitas yang menarik. 

Mengenal Sundance Festival Film

Sundance Film Festival menjadi salah satu peneroka hadirnya berbagai festival film di berbagai negara, bahkan dunia yang mampu menjadi pemantik perkembangan perfilman. Festival ini sudah diadakan secara berkala setiap tahunnya.

Cikal bakal dari Robert Redford beserta teman-temannya yang mendirikan Sundance Institutes sejak tahun 1980-an. Bertujuan untuk memberikan edukasi tentang kerajinan, kemanusiaan dalam seni juga bisnis pembuatan film. 

Institutes ini terus memacu berkembangnya dunia perfilman. Saat ini pun sudah mengejawantahkan diri menjadi festival film independen terbesar di Amerika Serikat. 

Sundance Festival

Film Pendek Sundance Festival

Kompetisi film pendek terus diadakan untuk mengembangkan kemampuan para sineas dunia agar semakin semangat dalam memproduksi film berkualitas. Selain itu kompetisi untuk filmmakers di Indonesia juga akan membantu meningkatkan dunia perfilman dalam negeri.

Manfaat dari diadakannya festival film ini adalah untuk memberikan dukungan, membantu koneksi serta meningkatkan promosi bagi komunitas film independen di Asia, karena telah menyuguhkan film independen yang telah dikurasi oleh Sundance Institute. 

Sundance Film Festival: Asia 2021

Merupakan persembahan XRM Media dan IDN Media dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian acara di festival ini. 

Disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek, kompetisi ini dibuka untuk para insan perfilman Indonesia. Kompetisi ini juga bertujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan memperkenalkan mereka ke kancah global.

“Di Festival ini, kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka seperti melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang tentu juga tak kalah antusias.” ~ Mike Plante, Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival

Ajang kemampuan film pendek ini akan membuat para kreator dan sineas terus mengembangkan kemampuannya agar terus menghasilkan film yang bermutu. Sehingga hasil produksinya mampu diterima oleh banyak khalayak dalam bahkan juga luar negeri.  

Bagaimana tidak? Melalui ajang ini nantinya film pendek yang berhasil memenangkan kompetisi akan diputar di  bulan September mendatang. 

Selanjutnya semua karya dari para pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi nominasi dan bisa ditayangkan di tahun 2022 mendatang. Tidak hanya itu saja, para nominasi juga akan mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.

Festival Film Pendek

Adanya kompetisi untuk filmmakers di Indonesia ini juga akan membantu meningkatkan kemajuan dunia perfilman dalam negeri. Semua pihak yang berperan untuk perkembangan perfilman akan menunjukkan kemampuannya masing-masing. 

Saling berkolaborasi untuk menghasilkan karya yang menawan dan memikat hati dengan berbagai trik yang memukau. Ide, imajinasi dan kreativitas saling menguatkan agar produksi film yang diinginkan bisa benar-benar berwujud nyata.  

Penutup

Film pendek Sundance Festival merupakan hasil kreatifitas dari berbagai para kreator dan sineas dunia yang berkompetisi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Melalui ajang kompetisi ini nantinya akan semakin meningkatkan kemampuan diri mereka. Semoga perkembangan perfilman Indonesia terus lebih baik. 

Salam, 

Share the article :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *