Kekasih Semusim Dini Fitria

Review Kekasih Semusim di Kota Praha Dini Fitria

Ђคll๏ … Asmaraloka insan manusia yang saling mengasihi dan menyayangi memang selalu bisa menggetarkan hati. Memberikan gambaran tentang perjalanan kehidupan dua sejoli, termasuk kisah Kekasih Semusim di Kota Praha karya Mbak Dini Fitria ini. 

Memang bukan karya yang baru pertama kali, sebelumnya Mbak Dini sudah menghasilkan tiga novel Trilogi Cinta yang mengambil latar belakang Amerika, Eropa dan India.

Sebuah kisah tidak akan menyentuh hati jika cerita yang disampaikan tidak sepenuhnya dapat dirasakan oleh penulis juga pembaca. Proses inilah yang berusaha penulis berikan dalam setiap karyanya. Saat awal menulis cerita yang dibuat sudah mencapai beberapa bab, tetapi merasa ada feel yang kurang maka proses penulisan diulang kembali dan didukung dengan riset. 

Review Kekasih Semusim di Kota Praha

Judul: Kekasih Semusim

Penulis: Dini Fitria

Penyunting: Jia Effendie

Ilustrasi Sampul: Aqsho Zulhida

Penata Letak: Abdul M

Penerbit: Falcon Publishing

Tahun Terbit: Cetakan pertama, April 2021

ISBN: 978-602-6714-63-3

Halaman: 412

Review Kekasih Semusim

Kanaya merupakan sosok utama dalam kisah ini. Gadis muda berbakat yang menjadi seorang travel influencer dan masih menjalani pendidikan akhir kuliah. Di usianya yang belia dia sudah memiliki pamor yang sedang naik daun. Kepiawaiannya menjadi seorang endorsement membuat banyak pihak ingin bekerja sama dengannya. 

Adanya isu yang mengatakan dirinya memiliki sugar daddy tidak membuatnya gundah. Sosok pria dambaan yang sudah dikenalnya selama beberapa waktu membuatnya tetap bersemangat. Reno, lelaki matang yang seusia dengan ibunya telah menjadi dambaan hati. 

Sejak kecil Kanaya memang tidak mengenal sosok ayah dalam kehidupannya. Nina, sang ibu telah membesarkan seorang diri. Ya, Nina memang merupakan single parent yang tangguh dan kuat. 

Sikap Nina dalam mengasuh memang sangat overprotektif. Sebuah alasan yang sebenarnya cukup wajar mengingat masa lalu yang telah memberikannya banyak luka. Tindakan inilah yang dilakukan untuk putri semata wayangnya. Menjaga agar Kanaya tidak mengenal lelaki sampai batas usia yang matang.

Tak ayal kehadiran Reno dalam kehidupan Kanaya memberikan banyak perubahan yang mengesankan. Pria yang 25 tahun lebih tua itu benar-benar mampu membuat Kanaya jatuh cinta bahkan tergila-gila. Reno memang pandai mengambil hati Kanaya dengan menghujaninya perhatian dan hadiah menarik yang membuat Kanaya merasa dicintai.

Kepergian Nina dan Kanaya ke kota Praha, tidak hanya sekadar menjalankan tugas Nina untuk mewawancarai seseorang saja, tetapi secara perlahan mampu membuka tirai kehidupan masa lalu yang selama ini ditutupnya rapat-rapat. 

“Kamu boleh marah pada masa lalu, tapi kamu tidak bisa mengembalikan apa yang sudah terjadi dulu, ke hari ini” ~ Eyang Yono

Wawancara Nina terhadap Eyang Yono memberikan pembelajaran kehidupan yang berharga, sehingga membuatnya berani untuk untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya telah terjadi dimasa lalu.

Kesan Terhadap Novel Kekasih Semusim

Setelah membaca hingga tuntas novel Kekasih Semusim karya Dini Fitria, adab beberapa kesan yang saya rasakan, yaitu :

1. Penulisan Novel dengan Riset

 

Kesan Terhadap Novel Kekasih Semusim

Mbak Dini tidak hanya sekadar menuliskan novel hingga tuntas, tetapi juga berusaha menyusun karyanya dengan sepenuh hati. Riset yang dilakukan juga cukup panjang, selama dua tahun. Waktu untuk penulisannya hingga satu tahun. 

Menurut beliau, proses penulisan kisah yang dilakukan dengan sepenuh hati akan memberikan rasa yang mendalam dan tersampaikan dengan baik. Pembaca pun dapat ikut merasakan dan menjiwai terhadap kisah yang tertulis tersebut. 

2. Belajar Sejarah

Novel ini memang bergenre romance, tetapi penulis mampu memberikan sentuhan yang menarik dengan adanya tokoh Eyang Yono. Kisah sejarah pun disuguhkan dengan apik dan menarik didalamnya. 

Eyang Yono memberikan pemaparan bagaimana perjalanan hidup yang menimpanya. Beliau bersama beberapa kawan di masa orde lama berusaha memberikan aspirasi untuk ikut berjuang demi kemerdekaan. Jiwa muda kemahasiswaannya telah mendorongnya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa. Namun, hasil yang didapatkan ternyata jauh dari harapan. 

Justru diasingkan di kota Praha dan digantungkan statusnya tanpa ada proses peradilan. Saat masa pemerintahan Gus Dur, barulah Eyang bisa pulang kembali ke Indonesia. Namun, tidak serta merta beliau kembali dan menetap di Indonesia. 

“Karena ketika kamu mengenal sejarah, kamu akan mengenal dirimu sendiri. Kamu bisa lebih menghargai dan mempunyai rasa memiliki. Kalau sudah begitu, rasa cintamu terhadap bangsa sendiri akan mengakar kuat.” – Eyang Yono, hal. 131

3. Menggambarkan Keindahan Kota Praha

Keindahan Kota Praha

Mbak Dini memberikan latar yang menarik dari kisah yang dibuatnya, yaitu Eropa Timur, khususnya Praha dan beberapa wilayah yang cukup populer seperti Cesky Krumlov, Karlovy Vary, Salzburg. 

Tentu hal ini membuat daya tarik tersendiri bagi pembaca. Membayangkan bagaimana keindahan kota kecil dan menarik ini juga ikut merasakan atmosfer negeri mozart yang kaya sejarah dan seni. 

4. Membeli Buku dan Berdonasi

Nah, buat kamu yang penasaran dengan novel ini dan ingin tahu lebih lengkap juga ikut merasakan karakter peran di dalamnya bisa membeli di toko buku atau marketplace. Bisa juga contact langsung ke IG penulisnya @Diary.Dinifitria .

Nantinya hasil royalti dari buku ini akan disumbangkan untuk aksi kemanusian dan edukasi melalui ACT. Projectnya yaitu untuk mewujudkan studio baca di dusun- dusun terpencil di Indonesia. Jadi kita bisa membeli novel plus berdonasi. Keren, ya.

Baca juga : 

Penutup

Novel Kekasih Semusim karya Mbak Dini Fitria tidak hanya mampu memberikan penyegaran suasana saja, tetapi juga membuat kita tahu bagaimana sejarah bangsa di masa lalu. Ya, hal tersebut bisa jadi pembelajaran berharga. 

Eyang Yono dan kisah hidupnya secara tak langsung memainkan peran penting sebagai guru kehidupan untuk Nina dan Kanaya. Siapa sebenarnya Eyang Yono dan kisah hidup seperti apa yang telah dilaluinya? Apakah Kanaya dan Reno nantinya akan melanjutkan kisah cintanya dijenjang yang lebih serius? Bagaimana reaksi Nina? Bagaimana juga respons Kanaya setelah tahu perjalanan kehidupan ibunya tercinta? 

Banyak pesan yang disampaikan dan setelah membaca novel ini saya juga bisa lebih memahami bagaimana peran kita sebagai orang tua dalam proses pengasuhan. Apa kamu juga mau tahu lebih lengkap kisah dalam novel ini. Yuk, ikutan baca novelnya. 

Salam membaca, 

Share the article :

3 komentar untuk “Review Kekasih Semusim di Kota Praha Dini Fitria”

  1. Mbak…jadi mupeng nih pengen baca novel ini. Saya suka banget sejarah, kalau lagi nulis cerpen dengan latar sejarah auto riset memang. Penasaran sama endingnya nih.

  2. Aku pas ada peluncuran buku ini lgsg di ignya mba dini terbawa bgt sama ceritanya. Emang baded in research bgt yaa, apalagi pas cerita ttg eyang yono.. Ada nasionalisme ya di ceritanya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *