Harapan Bikin Kita Terus Optimis

Harapan Bikin Kita Terus Optimis

Ħăi … Setiap orang tentu punya harapan yang ingin diwujudkannya. Sebuah harapan bikin kita terus optimis dalam menjalani kehidupan. Ya, asa yang kita inginkan akan membuat diri terus termotivasi dan berusaha terus semangat menapaki langkah dalam berproses. Karena kita yakin bahwa nantinya mampu menggapai apa yang dicita-citakan. Apa yang perlu kita lakukan untuk menggapai harapan itu? Terus berusaha dengan sepenuh hati, tanpa putus asa dan yakin kalau semua itu bisa diraih. 

Bagaimana jika yang terjadi sebaliknya? Hal pertama bisa jadi sedih dan kecewa. Namun faktanya memang tidak ada orang yang tahu akan apa yang terjadi dalam kehidupannya. Rasa kecewa dan sedih yang terus dipendam justru akan membuat diri menjadi semakin lemah. 

Apa Itu Harapan

Apa sih, harapan itu? Bisa dibilang harapan adalah sebuah keinginan akan suatu hal yang kita ingin gapai suatu saat kelak. Menggapai cita membuat harapan bikin kita terus optimis. 

Impian dan harapan yang kita tanamkan dalam diri sebenarnya menjadi kekuatan untuk terus kuat dan mampu melangkah dalam kondisi apapun. Kita akan menentukan strategi dalam mencapainya, setahap demi setahap. 

“Hope is a waking dream.” (Harapan adalah mimpi yang terjaga) ~ Aristoteles

Keyakinan dan kekuatan ini membuat kita terus produktif. Bergerak maju dengan penuh rasa percaya diri. Mempunyai harapan juga akan memberikan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.  

“Kami selalu berpegang pada harapan dan keyakinan, dengan keyakinan bahwa ada kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih baik, di luar cakrawala.” ~ Franklin D. Roosevelt  

Harapan yang Menjadi Keinginanku

Ada beberapa hal yang menjadi harapanku di tahun 2021 ini, yaitu :    

1. Pandemi Segera Berlalu

Virus Covid-19 yang datang dan menyerang dunia memberikan pengaruh dalam semua lini kehidupan kita. Setahun sudah pandemi ini kita hadapi dan sampai saat ini kita masih hidup berdampingan dengan virus Covid-19. 

Perjuangan demi perjuangan pun kita lakukan untuk menghadapi bersama virus ini dengan mengikuti semua himbauan dinas kesehatan, yaitu patuh pada pesan ibu (3M). Siapa sih, yang tidak ingin virus ini segera pergi jauh. Tentu tidak ada. Harapan ini menjadi keinginan semua orang diseluruh dunia.  

2. Usaha yang Dirintis Bisa Berjalan

Pandemi memberikan dampak yang sangat terasa pada sektor ekonomi. Ada yang tidak dapat bekerja kembali karena perusahaan tidak mampu memenuhi tanggung jawab terhadap karyawannya. Pendapatan usaha menurun dan tidak dapat menjalankan operasional kerja lagi dan alasan lain. 

Berbagai alasan membuat usaha yang saya jalankan vakum sementara. Harapan selanjutnya adalah bisa menjalankan dan mengoptimalkan usaha yang sudah dirintis menjadi lebih baik lagi. Bukan semata untuk memenuhi kebutuhan saja, tetapi juga untuk memacu diri agar menjadi lebih baik lagi.  

3. Kemampuan Menulis Terus Bertambah

Menikmati dunia literasi memberikan kebahagiaan tersendiri. Bukan hanya sekadar menulis saja yang dilakukan, tetapi juga melakukan evaluasi akan hasil yang sudah dibuat. Jadi setelah publish kita juga melakukan koreksi tentang tulisan itu. 

Apalagi ternyata membuat konten ada pakem tertentu yang perlu diperhatikan. Misalnya apakah konten yang dibuat sudah sesuai penulisannya, tidak ada typo, dan kata-katanya mudah dimengerti. 

Lebih lanjut menjadi mahir membuat konten dengan memperhatikan penulisan yang sesuai kaidah SEO. Nah, tidak mudahkan. Memang, dan butuh latihan terus agar nantinya bisa lebih baik lagi. 

4. Terjaga Kesehatan dan Istikamah

Harapan-yang-Bikin-Optimis

Semua orang memiliki harapan yang sama, yaitu ingin terjaga kesehatannya. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mewujudkan harapan tersebut. Mulai dengan melakukan diet terhadap jenis makanan tertentu, menjaga asupan agar tidak berlebihan, atau merawat tubuh dengan pola hidup sehat.

Upaya yang dilakukan tersebut tentu tidak akan memberikan dampak berarti jika kita tidak komitmen. Ya, hasilnya akan mengecewakan diri sendiri. 

Pandemi ini juga mengajarkan banyak hal kepada kita semua, terutama untuk kesehatan. Bahwa menjaga kesehatan bukan hanya dari segi makanan dan pola hidup saja, tetapi juga saat berinteraksi dengan orang lain. Misalnya tidak batuk dan bersin semaunya saja, tidak bersentuhan saat kondisi tangan dalam keadaan kotor, menjaga jarak ketika sakit dan sebagainya.

Awareness kita bertambah setelah pandemi datang dan berharap mampu menjaga kesehatan sebaik mungkin. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang disekitar kita dan orang yang kita sayangi.    

5. Rezeki yang Berkah

Rezeki tidak hanya berupa materi saja. Segala nikmat yang kita miliki dan rasakan adalah bagian dari rezeki yang Allah SWT berikan. Nikmat sehat, nikmat tubuh yang lengkap, anggota keluarga yang sehat, kebutuhan yang terpenuhi, dan nikmat lainnya. 

Harapan Itu Bikin Kita Terus Optimis Bukan Pesimis

Harapan-dalam-hidup

Sebuah keinginan akan memacu kita untuk terus bangkit, berjuang dan berusaha terus optimis. Berapa lama kita berproses untuk mendapatkan apa yang diinginkan? Tak akan ada yang tahu kapan hasil sebuah proses bisa diraih.

Namun cepat atau lambatnya proses selama diri kita bersemangat maka tidak akan pernah putus asa. Sebaliknya jika kita menyerah dulu saat menjalani prosesnya maka hasil yang diinginkan tidak akan pernah terlihat. Bahkan bisa jadi malah akan tertunda untuk waktu yang lama.      

Ikhtiar, doa dan tawakal menjadi kunci dalam menjalani kehidupan ini. Semua harapan tentu membutuhkan usaha untuk mewujudkannya dan hasil tidak akan terlihat jika kita ingin prosesnya instan. 

 “Kerja keras dan doa yang tidak pernah putus akan menjawab harapan kita. Mungkin tidak secara langsung untuk kita, bisa jadi melalui anugerah yang diberikan kepada orang – orang yang sangat kita cintai, keluarga kita.” ~ Ahmad Fuadi

Penutup

harapan bikin kita terus optimis, benar adanya. Kemauan yang kuat dan tidak mudah menyerah membuat kita jadi insan yang tangguh. Badai yang datang menghadang akan membuat kita semakin kuat. 

Yakinlah kita akan mendapatkan apa yang kita mau selama terus berusaha dengan gigih, berdoa sepenuh hati dan memohon yang terbaik pada Sang Ilahi. Jika nantinya hasil belum berpihak pada diri kita, maka ini merupakan pilihan yang terbaik pula. 

Nantinya akan ada pilihan lain yang lebih baik dan sesuai dengan diri kita. So, teruslah berharap dengan yang terbaik. Kemudian dukung dengan usaha, dan jangan patah semangat. Setujukah?

Salam,  

Share the article :

3 komentar untuk “Harapan Bikin Kita Terus Optimis”

  1. Ping-kembali: Diriku 5 Tahun ke Depan, Terwujudkah Nantinya - UmmiSyifa.com

  2. Ping-kembali: Hobi Sederhana yang Menarik dan Membangkitkan Semangat - UmmiSyifa.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *