Lifestyle

Ide Lomba Perayaan Kemerdekaan Yang Bervariasi

Ide Lomba Perayaan Kemerdekaan

Ħăiii … Adanya angka merah penanggalan membuat hitungan sendiri buat kita. Warna ini menunjukan hari tersebut berbeda dari hari lainnya. Ya, hari libur yang dinanti akan datang. Salah satunya penanggalan bulan Agustus. Menjelang hari libur kemerdekaan, biasanya kita mulai membayangkan variasi atau ide lomba perayaan kemerdekaan. Seru rasanya. 

Ide Lomba Perayaan Kemerdekaan

Apa sih menariknya lomba saat perayaan kemerdekaan? Seru karena orang seRT ikutan lomba, mulai dari anak-anak sampai orang tua ikut menyemarakkan acaranya. Memang tidak semuanya ikutan lomba, tetapi kehadirannya bikin suasana semakin meriah. 

Ada yang berinisiatif untuk memasang bendera untuk lingkungan sekitar. Ibu-ibu membuat dan menyiapkan snack untuk panitia dan peserta lomba. Anak-anak asyik membantu kakaknya mengibarkan bendera dan saling berebutan untuk memberikan bendera kecil yang akan dipasangkan. 

Kaum muda jadi panitia untuk acara yang akan diadakan. Sedangkan para orang tua memberikan dukungan sepenuh hati dari belakang, baik menjadi pengawas acara ataupun penasehat. Tak hanya lomba yang dipersiapkan. Upacara menaikkan bendera juga diadakan bersama. Jadi persiapannya sudah dimulai sejak pagi sampai sore hari. 

Bahkan ada juga lingkungan yang sudah mengadakan lomba seminggu sebelum hari H. Maklum acara yang dibuat lebih banyak dan biasanya acara awal dan akhir dengan perlombaan olahraga dulu. Misalnya lomba sepakbola, badminton, tenis meja atau catur. Kemudian perlombaan dibuat berjenjang sampai mendapatkan juara utama. 

Meskipun acara yang diadakan dari tahun ke tahun terlihat sama, tetapi tetap terasa nikmat dan menyenangkan. Tak ada rasa bosan deh. 

Perayaan Saat Pandemi

Suasana perayaan kemerdekaan menjadi berbeda saat pandemi datang. Pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dengan melakukan gerakan 3M membuat kita lebih banyak membatasi diri. Apa tidak ada perayaan lomba lagi? 

Tetap ada, hanya dengan bentuk yang berbeda. Tak sedikit yang memanfaatkan media online, seperti lomba mewarnai, pidato, dll. Memang suasana perayaan tahun ini terasa sepi, tetapi bukan berarti kita melewatkan momen hari bersejarah ini begitu saja. 

Di lingkungan tempat saya tinggal seorang pemuda berinisiatif melakukan lomba makan kerupuk secara lokal. Hanya mengikutsertakan 5 keluarga terdekat saja. Untuk memberikan sedikit kesenangan buat anak-anak. Melihat mereka tertawa dan bergembira bersama teman sekitarnya. Cukup satu lomba saja kemudian mereka kembali ke rumah kembali. 

Hadiah yang diberikan pun sederhana, berupa jajanan dan uang senilai lima ribu rupiah. Melihat mereka tertawa dan senang mendapatkan hadiah, rasanya tuh ikutan bahagia. Ya, mereka sejenak melupakan kondisi yang selama ini terjadi. 

Ada juga yang mengisi waktunya dengan menikmati film perjuangan. Mengetahui bagaimana perlawanan yang dilakukan oleh para pahlawan. Baik film yang terbaru atau hasil produksi beberapa tahun lalu. 

Variasi-ide-lomba-kemerdekaan

Variasi Lomba yang Menarik

Semakin berkembangnya dunia digital, membuat kita semakin melek ilmu. Termasuk meningkatnya peminat di sosial media. Youtube, tiktok, instagram semakin mewarnai kehidupan generasi saat ini. Tentu jadi tantangan yang baik untuk mereka. Media sosial yang mereka kuasai bisa dikembangkan untuk bisa menyalurkan ide dan kreativitasnya.  

Terinspirasi dari media digital tersebutlah lahir ide-ide kreatif untuk menciptakan perlombaan saat pandemi atau untuk tahun mendatang, yaitu: 

  • Lomba memasak 
  • Membaca puisi dengan alunan suara
  • Berdeklamasi / membacakan pidato perjuangan
  • Menulis cerita anak dengan tema hari kemerdekaan
  • Membuat drama / film dokumenter 
  • Membuat gambar perjuangan bisa berupa tokoh pahlawan atau suasana saat perjuangan

Desain lomba bisa dibuat semenarik mungkin sesuai dengan jenis lomba yang diadakan. Misalnya untuk lomba membaca deklamasi. Peserta untuk usia 13-25 tahun, menggunakan pakaian dengan desain seperti pahlawan yang diinginkan. Kemudian unggah ke youtube. Pemenangnya dipilih oleh warga sekitar. 

Lalu bagaimana yang belum menguasai media tersebut atau aplikasi tidak mendukung di smartphonenya? Ini jadi tantangan untuk mereka dengan saling membantu satu sama lain. Bahkan nantinya bisa membuat mereka saling bertautan. Dari yang sebelumnya tidak kenal akhirnya jadi akrab. 

Generasi muda merupakan bagian penting dalam perkembangan sebuah bangsa. Mengedepankan mereka untuk berbagai aktivitas sosial di lingkungan sekitar akan membangkitkan jiwa sosial, meningkatkan komunikasi antar sesamanya juga bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam dirinya. 

Belajar memang bagian penting untuk menggapai masa depannya. Namun, adanya variasi dalam kehidupan ini membuat wawasan mereka semakin terbuka akan apa yang terjadi di sekelilingnya. Begitu pentingkah? Ya, bangsa kita akan terus membutuhkan pemuda yang berjiwa besar. Pemuda yang memiliki kepedulian tinggi dengan sesama dan berpendidikan juga. 

Ajang ini bisa membantu memicu kemampuan diri dan kreatifitas mereka. Para orang tua bisa berperan sebagai penasehat dan pengawas kegiatan. Memberikan kesempatan sepenuhnya pada generasi muda untuk meningkatkan perannya dalam bermasyarakat. 

Baca juga :

Penutup

Ide lomba perayaan kemerdekaan membayangkannya saja sudah seru dan menyenangkan. Apalagi untuk anak-anak. Sebelum acaranya dimulai saja, mereka sudah riuh rendah karena merasa bahagia. Bukan kemenangan yang diutamakan, tetapi senang hati bisa berkumpul dan bermain dengan teman-temannya. Yey….

Ada banyak ide perlombaan yang bisa dituangkan saat acara kemerdekaan. Tujuannya agar bisa lebih bervariasi dan mampu meningkatkan kreativitas anak-anak khususnya anak muda. Belum tahu apakah ide yang saya sampaikan ini akan disampaikan ke pak RT atau tidak. Bisa jadi sebagai masukan untuk anak muda saja nantinya saat akan mengadakan acara. 

Apapun bentuk perayaan yang akan diadakan saat hari kemerdekaan nanti, diharapkan memiliki satu tujuan. Mampu terus bersemangat menjaga kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya. Perjuangan para pahlawan begitu besar dan sudah selayaknya kita terus bersyukur atas kemerdekaan ini. Semoga harapan ini terus terjaga dan bangsa Indonesia semakin jaya. Semangat bersama ya!

Salam, 

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *