Lifestyle

Trik Menikmati Moment Work From Home

Work from home. Apaan sih? Kok sekarang sering dengar kata-kata itu? Hehe betul banget. Ini salah satu istilah yang kita dapatkan setelah datangnya Covid-19. Itu lho bekerja dari rumah, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang semakin hari jumlahnya terus meningkat. Semua berharap rantai penyebaran virus ini bisa segera berakhir, jadi kita bekerja sama untuk memutusnya.

Work from home atau WFH dilakukan untuk yang bekerja, sedangkan buat anak-anak sudah lama melakukan home schooling, yaitu sementara waktu belajar di rumah. Jadi seru ya, segala aktivitas kita lakukan di rumah, mulai dari anak-anak sampai ayahnya. Meskipun ekstra buat Ibu, tetapi yakinlah kita semua bisa melakukannya. Kita semangat bersama. Yess.

 

Aktivitas saat WFH

Buat saya yang merupakan seorang ibu rumah tangga tulen, tentu bukan hal yang baru melakukan aktivitas di rumah, karena sudah jadi rutinitas. Nah, untuk yang berkarier, tentu ini menjadi hal yang woow ya, melakukan dua tugas di rumah. Bekerja dan mengawasi keluarga. Melakukan pekerjaan di rumah berarti kita yang mengatur sistem kerja itu sendiri dan untuk hasilnya nanti bisa disesuaikan dengan target yang sudah ditentukan.

Sungguh berbahagia rasanya di tengah pandemi ini, kita masih bisa melakukan pekerjaan di rumah, yang menandakan bahwa kita nantinya masih bisa terus menjemput rezeki dari pekerjaan yang kita lakukan saat ini. Bagaimana dengan saudara kita yang ternyata sebaliknya. Ya, mereka di PHK di saat kondisi seperti ini, bahkan ada yang tidak mendapatkan gaji.

 

Aplikasi yang digunakan

Butuh persiapan untuk melakukan WFH, ada yang khusus, tetapi ada juga yang biasa saja. Khusus misalnya  perlu mendownload aplikasi tertentu untuk memaksimalkan pengawasan pekerjaan atau ada beberapa berkas pekerjaan yang di bawa pulang ke rumah. Meskipun aktivitas keseharian saya di rumah, tetapi saat ini tetap membutuhkan adanya aplikasi yang bisa mendukung kegiatan yang saya lakukan antara lain :

Cookpad Indonesia

Adanya aplikasi ini membuat saya terbantu untuk membuat berbagai menu masakan untuk keluarga tercinta. Hampir semua menu makanan ada di sini. Step membuatnya juga lengkap dan memudahkan. Kita bisa pilih siapa yang ingin diikuti kemudian simpan resepnya agar nanti saat ingin mencoba tidak mencari-cari lagi, karena sudah tersimpan rapi di sana. Beberapa chef yang saya ikuti yaitu : Fitri Sasmaya, Rhinie’s Kitchen, Bunda Ei, Susan Mellyani, Cooking with Sheila, dll.

Zoom

Inilah aplikasi kekinian yang membantu kita untuk bersua melalui layar android. Bisa membincangkan apapun saat bersua, mulai dari pekerjaan sampai bersilaturahmi. Selayaknya untuk bersilaturahmi adalah bersua langsung, tetapi dengan kondisi yang saat ini sedang terjadi maka agenda untuk itu sementara waktu tertunda. Saya menggunakan aplikasi ini untuk bersilaturahmi juga kumpul saat berbuka puasa. Senangnya bisa bertemu kangen dengan saudara yang jaraknya jauh, hingga jarak terasa dekat.

 

Suka duka WFH

Sedikit mengamati teman yang melakukan WFH, di saat kondisi seperti ini dia merasa senang banget melakukannya, karena jadi makin dengan anak-anaknya, meskipun dia perlu menyiasati waktu dengan baik, tetapi no problem. Intinya adalah mengalokasikan waktu sebaik mungkin. Misalnya saat jamnya bekerja, anak-anak pengawasannya di bantu oleh pasangan atau kerabat dahulu, kemudian setelah jam kerja berakhir, bisa bermain lagi bersama anak-anak.

Lagi-lagi rasa kangen akan kebersamaan menjadi hal yang dirindukan. Rasa inilah yang dirasakan setelah beberapa minggu melakukan WFH. Hal lainnya adalah tidak bisa makan bersama juga cuci mata saat dalam perjalanan bekerja.

 

Work from home terbantukan dengan adanya berbagai aplikasi pendukung. Kemajuan dunia digital membuat semuanya terasa mudah hanya melalui genggaman tangan. Pilih aplikasinya, download, lakukan apa yang kita inginkan dan beres. Namun, meski memudahkan hendaknya kita tetap bijak dalam penggunaan dan mengambil kebermanfaatan di dalamnya.

Pekerjaan adalah sebuah amanah, karenanya dimanapun dan kapanpun kita melakukan pekerjaan itu, diharapkan tetap mampu menjaganya sebaik mungkin. Aktivitas yang saat ini lebih banyak dilakukan #dirumahsaja bertujuan untuk menjaga kondisi kesehatan kita semua. Karenanya kita perlu mendukung untuk kepentingan bersama.

Berusaha untuk menikmati apa yang saat ini kita jalani menjadi kunci kebahagiaan. Seberat apapun itu, tentu akan ada hikmah yang kita dapatkan nantinya. Tetap berhusnuzon akan apa yang terjadi sehingga agar segalanya terasa ringan dan mudah.

 

Salam semangat.

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(2) Komentar

  1. Wah betul sekali mba. Saat WFH ini sebaiknya anak2 dijaga oleh pasangan. Setelah selesai baru kita bisa bermain kembali bersama anak2.
    Akupun juga di rumah sering akses zoom and cookpad. Terbantu ya dengan adanya teknologi. Sambil bekerja bisa sambil quality time bersama keluarga,

    1. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu aktivitas kita termasuk bersama keluarga.
      Semangat untuk semuanya, semoga Covid-19 segera berlalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *