Lifestyle

Yuks, Tingkatkan Hobimu Saat Pandemi

Menjalani hari demi hari saat pandemi tentu membutuhkan siasat tertentu agar waktu yang berjalan tetap dapat di nikmati dengan senyuman. Seperti melakukan kegiatan yang menjadi kesukaan kita kemudian menggali kembali agar hasil selanjutnya bisa jauh lebih baik lagi.

Apa yang menjadi kesukaanmu atau apa sih hobimu? Dari sebuah kesukaan nantinya bisa lho jadi suatu hal yang menjanjikan. Tidak sedikit pengusaha yang merintis usahanya berdasarkan dari sebuah hobi. Ya, hobi bisa memberikan hasil yang menjanjikan.  Bagi saya saat #dirumahsaja ini menjadi ajang yang menyenangkan untuk terus menggali apa yang masih kurang, supaya bisa terus lebih baik lagi.

 

Bermula dari kesukaan

Hobi adalah suatu perbuatan yang kita sukai, seperti masak, menulis, motret, olahraga, dll. Nah, dari sekian banyak kesukaan yang ada dalam diri kita, ambil satu yang paling menonjol untuk terus ditempa. Coba lakukan dan terus dilakukan supaya kemampuan itu terus terasah dan kita jadi lebih terampil.

Mungkin awalnya kita tidak yakin dengan hobi kita, karena sebenarnya banyak yang kita suka. Memang tidak mudah menentukan mana yang paling kita sukai dari sekian banyak yang jadi kesukaan kita, tetapi pastinya ada satu yang paling kita gemari. Nah, cari tahu apa sih yang kurang dari kegemaran kita itu. Apa masih terasa ambyar sehingga membutuhkan banyak polesan di sana sini, atau masih butuh penggalian mendalam agar apa yang buat bisa lebih baik lagi.

Dari rincian kekurangan tersebut, selanjutnya kita coba memastikan bagaimana cara memperbaikinya secara perlahan, supaya hasil selanjutnya bisa sesuai harapan. Cari banyak informasi baik melalui social media, Google juga info grup. Masuki satu per satu informasi yang didapat atau kepoin lebih dalam supaya kita bisa memastikan kebenarannya. Setelah itu baru deh kita ikuti langkah-langkah yang diberikan.

 

Kembangkan hobi

Sebenarnya kebisaan memasak saya masih jauh dari mampu. Karena belum semua masakan sanggup di buat, masih pilih-pilih, cari mana yang mudah dan bisa yakin buatnya dulu, baru berani coba. Jenis makanan yang suka saya buat yaitu camilan, seperti puding, salad, cake ataupun cookies.

Untuk buatnya ada yang lama, tetapi ada juga yang singkat. Misalnya buat puding itu kan cepat dan hasilnya juga sudah ke bayang, atau buat salad buah. Ini lebih praktis lagi, tinggal potong-potong buahnya terus di campur jadi satu dengan bahan lainnya. Aduk sampai tercampur rata dan masukkan dalam kulkas, sabar menunggu hingga beberapa jam untuk bisa di nikmati bersama. Terus cobain deh rasanya. Heem mantap.

Luangkan dan manfaatkan waktu

Berusaha untuk meluangkan waktu saat semua anggota keluarga di rumah tentu tetap perlu diusahakan. Meski pekerjaan rumah nggak ada habisnya, bukan berarti kita lupa dengan waktu untuk diri sendiri. Sesibuk apapun, waktu luang itu ada dan sebaiknya segera di tangkap untuk menikmati waktu yang ada.

Misalnya melakukan perawatan tubuh, menyapa teman-teman atau kerabat melalui social media, istirahat untuk merenggangkan otot tubuh, menyalurkan hobi seperti baca buku kesukaan ataupun menulis. Saat ada waktu yang diinginkan, sebaiknya segera dilakukan, tidak menundanya, karena nantinya bisa hilang kesempatan baik itu. Tidak perlu dalam waktu yang lama jika kondisinya belum memungkinkan, tetapi jika waktunya sudah benar-benar longgar barulah kita maksimalkan.

 

Setiap orang mempunyai hobi atau kesukaan. Inilah saat yang tepat untuk mengembangkannya. Karena ada kesempatan yang bisa kita lakukan saat #dirumahsaja. Salah satunya meningkatkan kemampuan terpendam yang kita miliki. Merasa masih merasa kurang PD, nggak apa kok, nantinya juga akan terbiasa. Ibarat anak yang sedang belajar berjalan, proses yang dilalui adalah setahap demi setahap. Tidak langsung kokoh bisa berjalan.

Begitupun dengan keterampilan yang kita punya dan disukai. Terus dicoba, di nikmati dan ditingkatkan kemampuannya sehingga kita makin mencintai apa yang kita lakukan. Tak ada yang tak mungkin. Semuanya akan bisa dan berhasil dilakukan bila kita semangat dan mau terus berusaha.

 

Salam semangat.

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *