Lifestyle

ARTI WARNA KESUKAAN

Helo … Apa warna favoritmu? Kenapa suka dengan warna itu?

Merah, kuning, biru, putih, orange, hijau, orange, cokelat, hitam, dst, adalah sebagian dari warna-warna yang kita ketahui. Dari warna-warna dasar akan menghasilkan warna turunan juga di kombinasikan, seperti ungu, pink, dst.

 

Apa warna kesukaanmu?

Pastinya setiap orang mempunyai warna favorit seperti, putih, coklat, biru, hijau, merah, dst. Kalo saya suka beberapa warna, tapi putih dan hijau jadi warna favorit. Putih identik dengan bersih. Putih juga enak dilihat walaupun kadang terlihat pucat dan kekurangannya putih mudah kotor, jadi harus hati-hati saat memakainya.

Berbeda dengan warna hijau. Hijau punya beberapa variasi, mulai dari hijau muda, tosca, hijau tua, dst. Hijau bikin seger, karena warna alam, kayak ulat keket sih kata orang. Tapi biarlah orang bilang apa, kurang bagus atau tidak suka, tak apalah. Karena yang penting kita suka dan warna itu punya arti tersendiri buat kita.

 

Warna favorit (Gambar : freepik.com)
 

Warna menunjukkan karakter

Pilihan warna yang kita sukai akan terlihat dari warna benda-benda yang kita miliki, atau dari dominasi wana pakaian yang kita kenakan. Warna memang bisa memberikan gambaran, bagaimana karakter penyukanya.

Menurut C.S. Jones, ada 8 warna yang menggambarkan rasa dan emosi, yaitu merah, orange, kuning, biru, hijau, hitam, putih, cokelat. (goodminds.id)

Arti dari warna-warna tersebut antara lain :

1. Warna Merah

Dalam psikologi memberikan arti simbol keberanian, kekuatan dan energi, juga gairah untuk melakukan tindakan (action), serta melambangkan kegembiraan.

2. Warna Orange

Warna orange memberikan kesan hangat dan bersemangat serta merupakan simbol dari petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi.

 

 

Arti warna (Gambar : freepik.com) 
3. Warna Kuning
Warna kuning memberi arti kehangatan, rasa bahagia dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain, dengan kata lain warna kuning mengandung makna optimis, semangat dan ceria.
4. Warna Biru
Warna biru mampu memberi kesan profesional dan kepercayaan. Warna biru diyakini bisa merangsang kemampuan komunikasi, ekspresi artistic, sebagai simbol kekuatan.
   
5. Warna Hijau
Warna yang identik dengan alam dan mampu memberi suasana yang santai. Kebanyakan orang merasakan bahwa warna hijau merupakan warna yang paling seimbang.
6. Warna Hitam
Warna hitam memberikan kesan suram, gelap dan menakutkan namun juga elegan. Filosofi warna hitam mengandung makna positif, antara lain :
      Mencerminkan keberanian
      Pusat perhatian (terutama lawan jenis)
      Ketenangan dan dominasi
      Keteguhan, kekuatan dan keteguhan hati
      Lebih menyukai yang alami daripada yang palsu
Hitam mempunyai arti yang melambangkan keanggunan, kemakmuran, kecanggihan, juga merupakan warna yang independent dan penuh misteri.
 
     7. Warna Putih
Kelebihan warna putih adalah kemampuannya untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Hal ini dikarenakan warna putih memberi kesan kebebasan dan keterbukaan. Kekurangan warna putih adalah dapat memberi rasa sakit kepala dan mata lelah jika warna ini terllu mendominasi.
8. Warna Cokelat
Merupakan salah satu warna yang mengandung unsur bumi. Dominasi warna ini memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Secara psikologis warna cokelat memberikan kesan kuat dan dapat diandalkan. Warna ini melambangkan sebuah pondasi dan kekuatan hidup.
9. Warna Pink
Warna pink mengekspresikan prinsip feminisme dan banyak disukai oleh para wanita, auranya kuat, nuansa kelemahlembutan, peduli dan romansa.
10. Warna Ungu
Warna ungu tersambung dengan pikiran dan imajinasi seseorang. Warna ungu disebut sebagai warna mewah, keagungan, dan kebijaksanaan.
 
Pilihan warna tidak dapat dilepaskan dari keinginan dan kesukaan. Namun, apapun pilihan warna yang kita inginkan, warna yang dibalut dengan kombinasi yang tepat dan sesuai akan memberikan variasi yang menarik dan menakjubkan.
 
Berikan pilihan warna yang sesuai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk pemilihan warna rumah, desain warna untuk dapur, kamar, dll. Dengan pilihan warna yang tepat dan sesuai, nantinya akan mampu membuat suasana yang berbeda. Ada nilai kesesuaikan, ketenangan, keseimbangan.   
 
Semoga bermanfaat
 
Sumber : goodminds.id

 

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(18) Komentar

  1. Always black 😁😁🙈🙈🙈

  2. Pink, dkk😅

  3. Hem tapi kadang warna kesukaan gak ccok sama kepribadian

  4. Saya suka semua warna. Gimana dong?

  5. kalau warna toska, bagaimana artinya? 😃

  6. Sky blue

  7. Keren banget! Makasih infonya 👍 jadi dapet ilmu baru

  8. Aku suka warna biru dan hitam… Waah bagus ya artinya 🙂

  9. Aku suka warna biru dan ungu

  10. Wah kita sama, saya juga suka warna biru.

  11. Warna kesukaan tiap orang memang unik-unik ya Mbak.

  12. Kembali kasih

  13. Warna biru itu menenangkan ya.

  14. Warna tosca (perpaduan biru dan hijau), ini bagus dan menarik. Bisa diartikan ketenangan dan kesabaran lho.

  15. Makin seru kalau suka semua warna.

  16. Betul Mbak, warna kesukaan memang tidak selalu identik sama kepribadian.

  17. Ini warna cewek banget.

  18. Ini mah warna kesukaan semua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *