Lifestyle

MUTIARA HATIKU DAN HATI KITA SEMUA

  Jagalah hati agar menjadi cahaya Ilahi (Image : Freepik)
🎶🎶 Jagalah hati, jangan kau kotori
Jagalah hati, lentera hidup ini
Jagalah hati, jangan kau nodai
Jagalah hati, cahaya ilahi 🎶🎶

Ingatkah bait lagu indah ini, lagu yang disampaikan oleh KH. Abdullah Gymnastiar. Lagu untuk menjaga hati, agar selalu terjaga dengan baik, layaknya kita menjaga mutiara. Mutiara yang selalu indah terlihat dan mempesona.
Hati dalam bahasa Arab disebut dengan qalb, ia berasal dari qolaba yuqolibu yang bermakna “membolak-balik“ karena hati memang cepat berubah, bahkan bergejolaknya hati lebih cepat dari air yang mendidih.
Hati adalah raja dan anggota tubuh merupakan pasukannya. Bila hatinya baik maka tubuhnya pun akan baik, begitu sebaliknya. Menjaga hati dengan menjaga tutur kata, sikap juga tingkah laku.
Rasulullah SAW, mengajarkan kita sebuah doa agar hati tetap terjaga, beliau bersabda:
“Wahai Allah,  yang membolak-balikkan hati, tetapkan lah hati ini untuk berada dalam agamamu ”
Jagalah hati dengan menjaga tutur kata saat berbicara dengan orang tua, pasangan, anak-anak, keluarga dan sahabat, karena siapa yang halus tutur katanya maka pasti banyak yang ingin bersama dengannya.
Allah mengingatkan kepada Rasulullah agar selalu mengikat hati umatnya dalam dakwah, karena jika orang sudah terpikat hatinya, maka ia akan memberikan segalanya bahkan ia rela mengorbankan nyawanya sekalipun.
Allah SWT berfirman:
Maka dengan sebab rahmat dari Allah (kepadamu wahai Muhammad), engkau telah bersikap lemah-lembut kepada mereka (sahabat-sahabat dan pengikutmu), dan kalaulah engkau bersikap kasar lagi keras hati, tentulah mereka lari dari kelilingmu.
Oleh itu maafkanlah mereka (mengenai kesalahan yang mereka lakukan terhadapmu) dan mohonkanlah ampun bagi mereka dan juga bermusyawarah  dengan mereka dalam urusan (peperangan dan hal-hal keduniaan) itu.
Kemudian apabila engkau telah berazam maka bertawakkal  kepada Allah, sesungguhnya Allah Mengasihi orang-orang yang bertawakal kepadaNya.
(Ali Imran 159 )
Semoga Allah SWT selalu menjaga hati kita agar berkilau bak mutiara.. Aamiin
Sumber : manis.id

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *