Inspirasi

Tambahkan Rasa Cinta untuk Meningkatkan Imun Tubuh dalam Hadapi Virus Corona

Sudah lebih dari seminggu, #dirumahsaja kita jalani ditengah kondisi yang saat ini sedang terjadi. Ya, virus Corona yang terus menjalar hingga penyebarannya semakin luas. Berdasarkan data hari ini saja, tanggal 28 Maret 2020, jumlah totalnya 1.155 kasus dengan jumlah yang dirawat  994 kasus.( kompas.com )

Berdasarkan data tersebut memang terlihat bahwa jumlah kasus dari hari ke hari semakin bertambah, meskipun himbauan dan peringatan sudah dilakukan oleh pemerintah juga ulama. Memang untuk kondisi saat ini hal yang terbaik bukan dengan meningkatkan kepanikan atau takut akan menghadapi hari selanjutnya, tetapi berusaha untuk tetap tenang dan terus meningkatkan imunitas tubuh.

 

Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan Diri

Kepanikan dan ketakutan akan membuat sistem imunitas tubuh kita semakin menurun, sedangkan pada saat ini kita diharapkan kita dapat menjaga imunitas tubuh semaksimal mungkin. #dirumahsaja menjadi salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh kita. Memang tidak dipungkiri, saat dirumah seperti saat ini intensitas kita terhadap penggunakan handphone menjadi lebih tinggi.

Bagaimana tidak? Handphone yang kita letakkan di meja atapun di kasur, sering kali menggoda untuk disentuh dan di buka. Hingga akhirnya kita pun penasaran dengan update berita saat ini atau membuka social media yang mayoritas menyajikan info seputar virus Corona. Share foto ataupun video terus memenuhi semua media social yang ada.

Nah, coba deh kita lebih bersabar untuk tidak melulu membuka handphone kesayangan kita, tetapi coba terlibat dalam suasana yang lain seperti bermain dengan anak, membersihkan area rumah tertentu atau membaca buku. Pokoknya lakukan hal yang membuat kita lupa sejenak dengan handphone dan berita social media yang ada. Dengan melakukan hal yang menyenangkan pikiran dan hati kita jadi lebih tenang, tidak terusik berita di luar sana.

Freepik

Menjalin Kemesraan dengan Keluarga

Hal positif yang kita dapatkan saat hanya #dirumahsaja membuat kita semakin dekat dengan keluarga, terutama anak-anak. Aktivitas kita yang biasanya sibuk dengan berbagai kegiatan di luar, saat ini membuat bonding menjadi kuat. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan secara bersama, dengan bermain, makan, melakukan ibadah, masak, dll.

Kegiatan yang awalnya sulit dilakukan bersama, saat ini justru jadi lebih mudah. Kebersamaan itu memang indah. Ada canda, tawa, juga kehangatan. Semuanya menjadi akrab dalam kebersamaan. Kemesraan ini akan semakin menguatkan jiwa dan menambah imunitas tubuh. Kebayangkan tubuh jadi lebih segar dan berenergi. Meski sepanjang hari bersama tidak membuat setiap anggota keluarga menjadi bosan ataupun jenuh.

Bagi yang masih memiliki Balita, bisa jadi apa yang dilakukan dalam rumah membuat kondisi rumah jadi lebih berantakan, tetapi adanya kebersamaan akan membuat yang sulit menjadi lebih mudah. Anak yang awalnya tidak biasa merapikan, lambat laun jadi terbiasa dan tidak merasa berat melakukannya.

 

Semakin Dekat dengan Sang Khaliq

Kita merupakan insan yang tanpa daya dihadapkan Sang Khaliq, karena kita sangatlah bergantung kepada-Nya. Saat susah dan sedih, hanya kepada-Nya kita berkeluh kesah dan meminta pertolongan. Nah, saat ini kedekatan kita dengan Sang Khaliq semakin berasa. Ada kepasrahan dengan terus memohon dan mengharapkan kebaikan untuk kondisi saat ini.

Unplash

Bukan hanya permohonan yang kita lakukan, tetapi ibadah yang kita lakukan juga bertambah, seperti bersedekah, membaca Al-quran, dll. Untuk bersedekah bisa dengan ikut berdonasi untuk kegiatan sosial seperti melalui kitabisa.com, ACT (Aksi Cepat Tanggap), dll. Sedekah yang kita lakukan selain akan mendapatkan balasan dari Allah SWT juga membuat kita semakin dekat dengan sesama.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)”

 

Rasa cinta akan membuat kita mampu melakukan hal yang terbaik untuk orang yang kita sayang. Inilah bentuk cinta kita untuk keluarga. Ya, bonding, mengurangi interaksi dengan social media juga semakin dekatnya diri kita pada Sang Khaliq akan membuat amunisi untuk daya tahan tubuh kita semakin meningkat.

Amunisi yang besar akan mampu menghalau virus Corona yang saat ini sedang mewabah. Bersama keluarga kita mampu memperkuat diri dan menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin. Bukan dengan kepanikan kita menghadapi kondisi saat ini, tetapi dengan menguatkan cinta kasih untuk diri, keluarga, juga kepada Sang Kuasa. Harapan kita adalah satu, semoga kondisi saat ini segera teratasi secepatnya.

 

Salam cinta.

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(36) Komentar

  1. Sepakat banget, mba. Sistem imun akan menurun kalau kita senantiasa stress. Daripada mikirin yang tidak-tidak soal wabah ini, lebih baik kita mengerjakan hal-hal positif.

  2. Bener bgt sih emg kadang butuh memberi diri sendiri asupan kesenangan ya mbak. Asal positif mah oke2 aja, kl aku lg suntuk pun kadang berhenti kerja trs yutuban. Hihi

    1. Wah, bisa tambah energi baru donk atau bisa tambah ide nulis baru deh,

  3. Denik menulis:

    Semakin dekat dengan sang khalik. Itu yang lebih difokuskan. Karena bisa membuat hari merasa tenang dan damai.

  4. Aamiin. Semoga kondisi yang tidak menyenangkan ini segera berlalu. Memang yang utama semakin mendekatkan diri dengan Allah Swt. agar kita tetap berpikir positif.

  5. terima kasih sdh ingatkannkami mll tulisan ini kak . memang saat wabah bgini, sbtulnya Alloh mnyediakan bnyk wktununtuk kita agar tak tll mngejar dunia y kak. semangat berkegiatan positif kak 🌹

    1. Semangat dan salam bahagia juga Kak.

  6. Memang kepanikan menjadi biang kerok dari turunnya Imun tubuh, sya kemaren juga sempat drob karena sedikit panik karena masifnya pemberitaan Covud-19.

    Tapi Alhamdullilah sekarang agak baikkan dg mengurangi menyimak pemberitaan virus Corona 🙂

    1. Berita hoax yang terus bertebaran bikin kepanikan semakin menjadi.

  7. Intinya kita harus happy terus yaa ka jangan terlalu panik dan yang terpenting dekatkan diri dengan sang khalik, dan selama dirumahaja manfaatkan waktu untuk quality time dengan keluarga

    1. Panik bikin pikiran kita jadi kabur dan salah ambil keputusan.

  8. Setuju. Rasa cinta, syukur dan beramal bisa bikin sistem imun kita lebih kuat. Jadikan masa karantina di rumah aja menjadi waktu yang tepat buat memulihkan hubungan dengan Tuhan dan keluarga.

    1. Iya Mbak. Cinta bikin kita semakin kuat dan imun tubuh meningkat.

      1. Nurhilmiyah menulis:

        Hormon cinta ada dalam tubuh kita ya, diproduksinya saat² kita memperbanyak waktu dan kedekata dg keluarga yaa Mba Asih ❤️

        1. Aku setuju ketiga tiganya mbak Ummi, apalagi untuk mendekatkan diri dengan Allah karena Dialah Maha Penyembuh Maha Mengasihi. Walau di rumah aja selagi ada keluarga tetap terasa seru ya mbak

          1. Betul Mbak. Bonding dengan keluarga dan Sang Khalik makin lebih terasa.

        2. Iya Mbak Mia, Salam sayang untuk keluarga.

  9. Memang benar harus ada rasa cintanya. Gak kalah penting mengadu ke Yang Maha Kuasa karena kalau sungguh2 insya Allah bikin hati tenang.

    1. Semakin dekat kita dengan Sang Khaliq bikin hati makin tenang juga.

  10. dengan hadirnya cintas, sungguh bisa meminimalisiri rasa was-was yg selalu melingkupi disaat-saat masa self isolation ini ya mba. Semoga segera berakhir, aamiin

    1. Aamiin. Salam cinta Mbak.

  11. Jadi keinget lagu tentang korona nih mbak.

    Di rumah aja, bersama keluarga..
    Bersama kita saling menjaga..

    Iya, di rumah aja emang biaa meningkatkan bonding sama keluarga dan Sang Khaliq ya. Jadi punya lebih banyak waktu. Keadaan sulit juga bikin lebih rajin berdoa.

    1. Haha. Lagu untuk kita terus semangat di rumah.

  12. Semoga pandemi ini cepat berlalu yaa..
    Dan dengan hadirnya ramadhan, semoga makin memperkuat iman kita.
    Mudah-mudahan ramadhan di tengah pandemi juga menjauhkan kita dari aktivitas remeh temeh yang seharusnya ngga kita lakukan…

    1. Ini adalah doa kita semua. Pandemi segera berlalu.

  13. Betul Mbak.Cinta mampu menguatkan segalanya. Termasuk saat pandemi ini.

  14. Setuju banget mba.. sebagian orang bilang ramadhan tahun ini ga seru, bagi saya justru ramadhan kali ini membawa makna terdalam dimana kita bisa lebih khusyuk menyelami makna keagungan sang Khalik.. betapa manusia sangat kecil jika Allah sudah berkehendak..

    1. Betul Mbak, ramadhan tahun ini memberikan banyak hikmah untuk kita.
      Semoga bisa kita jalani dengan ibadah yang lebih baik lagi.Aamiin.

  15. Buka handphone kalau urusan kerjaan sih nggak masalah kak, jadi alhamdulillah kebagian rezeki. Kalau buka henponnya buat melihat berita negatif, nah itu lebih baik jangan yak

    1. Setuju Mbak, urusan pekerjaan tentu beda halnya, karena meski dirumah kita juga perlu terus memantau.

  16. Iya Alhamdulillah saya sudah melakukannya. Hati makin tenang dan insya Allah optimis

  17. Sweet banget mba tulisannya, apapun itu harus disertai dengan rasa syukur ya mba dan menjadikannya sebagai hikmah. Setuju banget deh!

  18. Pandemi COVID-19 ini mengajarkan banyak hal termasuk hubungan keluarga yang semakin lekat, Makin dekat dengan Sang Khalik, juga peduli sesama

  19. Betul, Mbak. Apalagi kecintaan kepada Sang Khalik. Perlu banget dimiliki setiap manusia. Insya Allah menjadi pribadi yang lebih bersabar akan ketentuan-Nya.

    1. Aamiin. Hanya kepada-Nya kita bisa minta yang terbaik dalam kehidupan ini.

  20. aku pun selalu mengingatkan diri sendiri buat nggak overthinking, biar nggak stress trus sistem imun turuun. berusaha mensyukuri kondisi sekarang, betapa eksklusif ya mba bisa kruntelan sama keluarga 24 jam 7 minggu. semoga mba sekeluarga sehat selalu yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *