Lifestyle

Mengabadikan Momen Indah Tak Terlupakan

Mengabadikan momen indah

Helo semua … Bagaimana cara mengabadikan momen indah yang tak terlupakan dalam kehidupan kita? Setiap kita tentu mempunyai kenangan yang tak akan terlupakan. Ya, sebuah memories. Kejadian indah yang pernah terjadi di masa lalu dan akan terus abadi dalam ingatan juga hati kita masing-masing.

Era digital seperti saat ini, setiap momen akan selalu diabadikan dengan jepretan foto juga video menarik, baik melalui handphone atau menggunakan kamera. Lalu bagaimana nasib foto dan video yang sudah jadi itu? Tenang ada banyak cara untuk mengabadikannya.

Momen Indah Kehidupan

Mengabadikan momen indah yang tak terlupakan, bagaiman tidak? Setiap momen tentu memberikan arti tersendiri dalam kehidupan kita. Mulai dari saat kita masih kecil hingga besar, banyak kejadian menarik yang dialami dan tidak sedikit yang mengusik hati juga pikiran. Bisa menyenangkan dan membahagiakan, atau sebaliknya menyakitkan juga menyedihkan.

Setiap kejadian yang kita lalui tentu suatu saat ingin di kenang, sehingga banyak hal yang dilakukan untuk menyimpan memori itu.  Kenangan terindah akan membuat kita tersenyum bahagia, bahkan juga rindu akan masa yang sudah terjadi.

Sedangkan untuk kenangan yang menyedihkan bukan berarti tidak ingin mengingatnya lagi, tetapi sebenarnya bisa dijadikan sebagai pembelajaran berharga untuk kehidupan kita selanjutnya dan berharap tidak terulang kembali.

Namun adakah yang ingin mengubur dalam-dalam kenangan yang pernah terukir? Ternyata ada juga lho. Bisa jadi karena kenangan yang tersimpan begitu terasa dan sulit dilupakan atau justru kenangan menyakiti diri sendiri sehingga lebih baik membuang jauh semua memori yang tersimpan.

Mengabadikan momen indah

Mengabadikan Momen Indah Kehidupan

Semakin hari kemajuan teknologi terus berkembang, sehingga ada banyak cara yang dilakukan untuk menyimpan momen kehidupan, antara lain :

1. Membuat album kenangan

Foto yang sudah dibuat tentu akan lebih menarik juga dikumpulkan, kemudian dijadikan satu agar bisa dilihat dan dinikmati kapanpun. Tersimpan indah dan rapi dalam sebuah album foto. Beberapa tahun lalu cara inilah yang digunakan karena perkembangan dunia digital belum secanggih seperti saat ini.

Banyak album foto kenangan yang masih tersimpan rapi sampai saat ini, tetapi foto yang tercetak dan tidak tertata rapi  ada yang sudah mulai pudar juga rusak. Bisa jadi karena tempat penyimpanannya terlalu lembab, sehingga membuat foto tersebut menempel, lengket dan fotonya tidak dapat utuh seperti sebelumnya.

 

2. Ubah menjadi benda kenangan

Kreatifitas yang terus berkembang membuat banyak karya yang dihasilkan. Foto kenangan dibuat menjadi kreasi yang menarik seperti untuk mug, t-shirt, quilt (selimut), bantalan, paper bag, kalender, dan kreasi indah lainnya. Hasilnya pun disukai banyak orang, karena bentuknya jadi lebih menawan dan memikat hati.

 

Mengabadikan momen indah

3. Menyimpan dalam file memori

Kemajuan dunia digital semakin hari semakin memudahkan kita untuk melakukan suatu hal, termasuk menyimpan memori indah dalam sebuah file, baik berupa flashdisk, harddrive eksternal atau DVD. Proses pemindahannya bisa dibantu oleh orang yang ahli dan penyimpanannya juga praktis. Jadi benar-benar memudahkan kita.

 

4. Sering menceritakan

Sebuah pengalaman berharga akan mudah dikenang bila kita sering menceritakannya, baik kepada teman, kerabat ataupun sanak saudara. Ekspresi kebahagian akan terpancarkan saat kita menceritakan kesan dari pengalaman tersebut. Tak jarang cerita ini nantikan akan menjadi kisah turun temurun yang membanggakan.

 

5. Membuat jurnal

Saat ini keberadaan blog atau website juga jurnal tidak hanya sebatas sharing atau berupa curhatan semata. Isinya bisa dikembangkan juga menjadi jurnal kehidupan anak ataupun keluarga. Nantinya kisah ini bisa dibaca oleh siapapun dan akan lebih mudah mengaksesnya. Sudah banyak juga para blogger yang membuat masa tumbuh kembang buah hatinya dalam bentuk jurnal yang lengkap. Tertarik ingin ikutan buat juga? Yuk, segera eksplorasi pembuatannya.

 

6. Unggah di media sosial

Media sosial semakin hari semakin berkembang pesat. Seiring perkembangan dunia digital, sosial media semakin tambah ramai dan terus menarik hati banyak orang. Mulai dari facebook, instagram, membuat vlog, youtube, path. Akunnya bisa di setting sesuai keinginan juga, mau di share untuk banyak orang atau di private.

Tidak sedikit yang saat ini menjadikan media sosial sebagai ajang unjuk penampilan ataupun eksistensi, sehingga mampu mendulang banyak followers. Nah, ini bisa mendatangkan rezeki tambahan deh. Padahal niat awal hanya untuk menyimpan kenangan semata, tetapi ternyata banyak yang tertarik. Asyikkan jadinya.

Eiit, ada juga lho tempat penyimpanan foto yang aman selain melalui sosial media. Bisa di coba simpan melalui google drive atau google foto. Caranya mudah dan untuk model handphone sekarang juga nggak bikin ribet, jadi lebih simple deh.

 

7. Terpatri dalam hati

Meskipun kemajuan teknologi terus tumbuh pesat, masih ada juga lho yang hanya menyimpan kenangan indah di dalam hati dan pikiran saja. Tidak mau menyimpan kenangan indah itu dalam bentuk yang lain. Karena di dalam hati bisa lebih abadi. Memang tidak bisa di pandang atau di sentuh, hanya bisa dirasakan, tetapi inilah bentuk keabadian. Memori indah yang akan terus membekas dan tersimpan rapi dalam sanubari. Kesannya jadi so sweet gitu ya. Bisa jadi memang begitu karena setiap orang punya pilihan sendiri dan tidak boleh dipaksakan.

 

Mengabadikan momen indah

Baca : Intip 5 momen indah selama bersama pandemi

Ukhuwah menjalin hati dengan iman

Jalan Kehidupan

Setiap insan akan terus menjalani hari-hari kehidupannya. Tanpa terasa waktu yang dilalui berjalan dengan cepat. Rasanya perjalanan waktu dalam sehari saja tidak terasa,  meski dalam sehari berputar 24 jam. Setiap jam, hari, minggu, bulan juga tahun. Terus bergulir bagaikan roda yang berputar dan mengantarkan kita ke suatu tempat.

Saat menentukan sebuah tanggal untuk peristiwa tertentu, awalnya jarak terasa jauh dan lama, tetapi setelah dilalui, hari yang dinantipun tiba dan segera berlalu. Meninggalkan jejak yang tak terlupakan. Ada pertemuan dan perpisahan. Ada bahagia dan sedih. Ada tawa dan tangis. Inilah dua kehidupan setiap insan manusia. Semua yang terjadi tidak ada yang kekal abadi.

Ingin rasanya bisa selalu merasakan kebahagiaan dan menikmati tawa bersama orang yang kita sayangi, tetapi mungkinkan itu terjadi? Tentu tidak.  Semua yang terjadi akan ada masanya. Oleh karena itu, setiap momen kehidupan yang dialami ingin kita abadikan agar nantinya bisa menjadi kenangan yang dapat  selalu diingat kapanpun, juga bisa menjadi warisan untuk generasi selanjutnya.

 

Manfaat Menyimpan Kenangan

Dalam menapaki hari-hari yang kita lalui, tidak sedikit dari kita yang mampu menyimpan kenangan membahagiakan, juga menyedihkan. Apapun bentuk kenangan itu, ingin rasanya ada yang ingin di simpan atau diwujudkan dalam bentuk yang lain. Kita berharap kenangan ini suatu saat kelak bisa menjadi hikmah bermanfaat buat masa depan.

Saat usia semakin menua, kemampuan memori daya ingat akan semakin berkurang, maka adanya file kenangan masa lalu bisa membantu membangkitkan ingatan itu kembali. Nah, ini salah satu manfaat jika kita menyimpan kenangan indah dalam bentuk yang mudah disimpan, seperti flashdisk, melalui sosial media ataupun bentuk yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama.

 

Setiap peristiwa yang kita alami tentu menyimpan nilai tersendiri dalam sanubari, menyenangkan atau menyedihkan. Selanjutnya peristiwa itu akan berlalu dan tinggal kenangan yang tersisa. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengabadikan momen indah yang tak terlupakan sehingga dapat tersimpan semua jejak indah itu. Apapun pilihan penyimpanannya, hanya kita yang tahu seberapa besar arti dari kenangan tersebut. Kalau kamu pilih yang mana untuk menyimpan kenangan?

 

Salam,

 

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(23) Komentar

  1. Zaman sekarang saya lebih suka no.3. bahkan tiket nonton saja saya foldering

    1. haha… ini banyak jadi pilihan karena lebih cepat dan praktis.

  2. Sriw_sw menulis:

    Kalau kata orang, masa muda digunakan sebaik baiknya untuk berbuat hal Baik, menjalankan apa yang kita mau, perbanyak traveling, sehingga suatu saat Nanti kita ngga bakal kehabisan cerita ttg kenangan kita Nanti

    1. Traveliing memang bikin banyak kenangan. Seru dan asyik banget. Sampai dirumah koleksi foto makin tambah banyak deh.

  3. Kalau aku selain di posting di medsos, aku simpan di laptop juga biar memory smartphone gak terlalu berat.
    Karena selain aman, juga bisa dilihat dilain waktu juga.

    1. Tos kita. Bisa jadi selanjutnya nanti bakal dikumpulkan, terus di buat video kenangan, jadi bisa kelihatan lebih seru. hehehe.

  4. Fenni Bungsu menulis:

    Kalau menurut daku satu lagi kak cara menyimpan kenangan, dituliskan di dalam blog atau disusun rapi menjadi sebuah novel/antologi yang kemudian diterbitkan, hehe.. Soalnya daku pernah seperti itu.

    1. Idenya bagus juga nih Mbak. Kapan ya bisa dicoba. Bakal jadi kenangan indah yang manis banget nih. Mantap idenya.

  5. kalo aku tipe yang nyimpen digital di media sosial, utk anakku aku udah bikin akun khusus foto2 dari kecil dan rencananya mau aku kasih pas udh usianya cukup untuk main sosmed, jd skrg ak private sih akunnya

    1. Asyik nih, sudah dibuat persiapan sejak dini. Bisa jadi anak nantinya bakal kaget begitu tahu banyak koleksi foto indah yang tersimpan. Keren idenya.

  6. kalo aku biasanya cetak foto-foto, simpan di album terus juga diceritakan di blog, supaya abadi dan tak lekang oleh waktu. hehe

    1. Wah, ide bagus juga nih. Belum banyak kisah yang saya share di blog.
      Bisa buat planning selanjutnya ah.

  7. saya sekarang biasa nyimpan di medsos
    tapi ada sih kepikiran tuk cetak di album gitu juga
    supaya bisa gampang diliat
    setidakny dipilih2 gitu moment2 yg penting

    1. Tos kita. Saya juga ingin, tetapi belum sempat nih. Belum pilih-pilih juga.
      Semoga suatu saat bisa segera dilaksanakan supaya tidak terus menumpuk. hehe.

  8. Kl simpen di medsos suka ada pemberitahuan tiap tahunnya ya, kl aku jg suka tp private dan gada followersnya biar utk kenangan sendiri. Krn krnangan memang bs memberi harapan nanti2nya utk diingat 😀

    1. Betul, ada kalanya momen indah yang kita rasakan ingin dinikmati sendiri karena ada kesan yang khusus.
      Jadi lebih nyaman kalau di private.

  9. Diriku juga suka membuat album kenangan kak. Mencetak foto beberapa momen penting dan disatukan dalam satu tempat agar lebih mudah untuk diingat

    1. Iya Kak. Album kenangan bisa dilihat kapanpun dan lebih terasa di hati karena fotonya bisa disentuh langsung.

  10. Memasukkan ke media sosial bisa jadi solusi sekali, terutama jika disertai caption tentang kenangan tersebut. Banyak foto digital saya yang hanya tersimpan, dan beberapa peristiwa telah memuai.

    1. Media sosial memang banyak jadi pilihan ya Mbak. Mudah diakses dan bisa dilihat banyak orang juga.

  11. Bener banget nih kak,tapi suka kesel aku udah simpen di flash disk eh hilang,jadi mendingan di sosmed karena aman dan gak terbatas ya,cuma kalo akunnya dibajak,amsyong juga.

    1. Berarti untuk proses penyimpanan sebaiknya tidak hanya fokus di salah satu cara saja ya. Ada baiknya juga mempunyai copyan yang lengkap supaya bisa benar-benar aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *