Inspirasi

Grit Kunci Kesuksesan Seseorang Dalam Kehidupan

Grit, Kunci Kesuksesan Seseorang Dalam Kehidupan

Ђคll๏ … Melihat keberhasilan orang lain rasanya bikin kita kepengin ya. Kok bisa sih dia sukses begitu padahal kelihatannya biasa saja. Apa sih kunci keberhasilannya? Ternyata grit, kunci kesuksesan seseorang dalam kehidupan. Maksudnya apa ya? 

Pertanyaan tentang kesuksesan seseorang tentu tidak lepas dari benak kita. Bagaimana caranya dan apa yang dilakukan supaya bisa mencapai keberhasilan? Kuncinya ternyata tidak hanya pada bakat yang dimiliki dan tingkat kecerdasan seseorang saja, tetapi juga grit.

Grit, Kunci Kesuksesan Seseorang Dalam Kehidupan

Seorang psikolog, Angela Duckworth dari University of Pennsylvania menjelaskan bahwa faktor kesuksesan seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya dipengaruhi oleh grit. Yang dimaksud dengan Grit adalah passion and perseverance, gairah atau hasrat dan ketekunan atau kegigihan yang dilakukan untuk meraih tujuan jangka panjang. 

Benarkah? Bukankah selama ini yang kita ketahui kalau keberhasilan seseorang itu berdasarkan dari kemauan yang kuat juga tingkat kecerdasan atau pendidikannya. Sebelum mengungkapkan apa itu grit, Angela Duckworth melakukan beberapa penelitian agar mendapatkan hasil yang tepat dan sesuai. 

Penelitian dilakukan terhadap anak-anak, remaja juga dewasa dan berhasil membuktikan bahwa kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh grit (penentu utama).   

Grit, Kunci Kesuksesan

Passion (Hasrat)

Setiap orang tentu mempunyai hasrat atau keinginan pada suatu hal. Saat keinginan atau hasrat itu datang, maka kita akan berusaha melakukan banyak cara untuk bisa mewujudkannya. Berusaha mencari tahu dahulu apa dan bagaimana kita mewujudkan hasrat itu. Apa kekurangan diri dan bagaimana meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Semua digali untuk memudahkan action selanjutnya.  

Perseverance (Kegigihan)

Kegigihan atau kekeh berjuang dalam menggapai sesuatu. Saat hasrat itu muncul, kemudian kita eksekusi datang ujian silih berganti. Ada yang mudah dilalui, tetapi ada yang amat berat dirasakan. Hingga terkadang ada hal yang perlu kita korbankan. 

Tenaga, waktu, dan pikiran dipadukan menjadi satu untuk menjalankan apa yang menjadi harapan tersebut. Kalau kita menyerah di titik ini berarti harapan itu akan sirna dan tidak ada yang kita dapatkan. 

Sebaliknya jika kita mampu terus maju, pantang menyerah, maka meskipun berat tetap akan dapat dilalui untuk sampai ke tujuan. Layaknya seorang yang mengayuh sepeda. Dia tidak akan berhenti mengayuh sebelum sampai di tujuan. 

Saat rasa letih datang, cukup istirahat sejenak kemudian melanjutkan kembali. Sepeda terus dikayuh dengan penuh semangat. Hambatan datang tetap tidak menghalangi niatnya untuk segera sampai di tujuan.     

Grit dalam Kehidupan

Apakah grit hanya ditujukan untuk pencapaian kesuksesan berkarir atau pencapaian cita-cita  saja? Tidak. Grit ditujukan untuk pencapaian jangka panjang dan bisa diterapkan dalam kehidupan kita juga. Misalnya dalam pola pengasuhan anak, mewujudkan keluarga sakinah, dalam beribadah juga untuk pencapaian lainnya. Semua dilakukan untuk periode jangka panjang.  

Setelah paham apa dan bagaimana grit, apa nih yang akan kamu lakukan? Saya ingin melakukan evaluasi. Apa sih yang jadi grit saya saat ini? Apakah saja hasrat saya saat ini dan apa yang sudah dilakukan? Seberapa gigih usaha yang saya lakukan untuk mewujudkannya? 

Kalau diuraikan ternyata jadi panjang ya, tetapi bisa lebih membuka pikiran kita sih. Karena untuk mencapai suatu keinginan memang tidak mudah. Akan ada perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan. Benar adanya kalau kesuksesan itu akan diraih oleh orang yang gigih, tekun, ulet dan kekeh dalam proses perjuangannya. 

 

Kegigihan atau Keuletan Membuahkan Hasil

Semua keinginan yang kita harapkan ingin rasanya bisa segera diwujudkan. Meskipun pada kenyataannya kesuksesan tidak didapatkan dengan proses yang instans. Ada banyak hal yang akan dilalui. 

Beberapa faktor yang mendukung keberhasilan seseorang yaitu :

  • Kejujuran (integritas)
  • Kedisiplinan
  • Keuletan (berkemauan kuat)
  • Kegigihan (bekerja keras)
  • Menjaga pergaulan
  • Positif thinking dan berhusnuzon
  • Melakukan dengan sepenuh hati
  • Belajar dari kesalahan yang dilakukan
  • Memetik hikmah dari orang-orang sukses

Grit Dalam Keberhasilan

Benar adanya bahwa kesuksesan tidak datang dengan sendirinya atau tidak muncul begitu saja. Kita perlu banyak belajar dari mereka yang sukses meraih impiannya, berjuang dengan begitu gigih dengan semangat yang kuat. 

Apa mereka tidak capek? Tentu saja ada, tetapi mereka berhasil meramu rasa itu dengan bijak sehingga tidak terlena. Tidak hanya sekadar keyakinan saja yang mereka miliki. Namun usaha dan kerja keras yang dilakukannya menjadikan mereka kuat dan tangguh. 

Apa kita bisa mengoptimalkan kemampuan kita untuk berhasil seperti mereka? Tentu bisa. Yakinlah selama kita mau terus berjuang, berusaha, tidak mudah putus asa, maka harapan itu ada. Lain halnya jika kita hanya berharap, tetapi tidak ada usaha yang dilakukan atau menyerah sebelum keberhasilan datang. Maka harapan itu hanya menjadi mimpi semata.  

Baca juga :

Penutup

Grit, kunci kesuksesan seseorang dalam kehidupan telah diungkapkan oleh Angela Duckworth yaitu hasrat dan kegigihan. Sudahkah kita melakukannya? Bila sudah maka teruslah berjuang untuk mencapai keberhasilan. Namun jika masih mempertanyakan apa yang menjadi hasrat kita saat ini maka galilah lebih dalam untuk menemukan jawabannya. 

Keberhasilan tidaklah datang dengan sendirinya. Banyak hal yang perlu dilakukan agar kita mampu semakin kuat, tegar dan tidak mudah terjatuh. Semoga kita mampu terus menguatkan diri, tekad, dan istikamah agar tidak tergoda dengan ujian yang datang menghampiri. 

Kalau bukan kita sendiri yang yakin maka siapa lagi yang akan menguatkan diri kita. Tak lupa doa dan bertawakal kepada Sang Ilahi agar membantu dan memberikan petunjuk terhadap proses sedang kita yang lalui. Yuk senyum bersama untuk menguatkan diri kita. 

Salam,     

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(1) Komentar

  1. […] Grit Kunci Kesuksesan Seseorang Dalam Kehidupan  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *