Inspirasi

Tahun Baru Tiba! Resolusi Apa yang Akan Dilakukan Mendatang

Faust, Tangan, Solusi, Tabel, Mengalahkan, Keras
Mempersiapkan resolusi mendatang. (Sumber : Pixabay)

Waktu terus berjalan dan tak terasa hari sudah di penghujung tahun. Ya, jelang tahun 2020. Sebelum menapaki hari di tahun mendatang, sepertinya kita perlu melakukan evaluasi terhadap waktu dan hari yang sudah dijalani. Kesenangan, kebahagian atapun kesedihan, pastinya sudah terajut indah di hari-hari tersebut.

Apakah ada penyesalan? Ohh … bisa jadi, tetapi apakah dengan menyesali akan mengembalikan kembali semua yang sudah terjadi. Inilah kehidupan, penuh dengan berbagai rasa. Jadi ingat permen aneka rasa itu deh. Hiks.
Menikmati hari
Detik demi detik terus berjalan dan hari pun cepat beranjak ke hari berikutnya. Hingga tak terasa sudah mau mencapai 365 hari di tahun 2019 ini. Menurutmu, bagaimana hari yang sudah dijalani selama ini? Kalau bagi saya, semua tetap terasa indah. Walaupun sebenarnya tidak selalu seperti itu, tetapi tetap berusaha untuk selalu bersyukur. Karena sesuai janji yang Allah SWT sampaikan dalam firman-Nya :

“Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.”
~ QS. At-Taubah : 40 ~

Memang tidak mudah menerima kondisi sedih atau kecewa, tetapi saat perasaan itu datang, segeralah menikmati apa yang menjadi kesenangan, misalnya menikmati cokelat. Ya, makan cokelat memang enak dan nikmat. Betulkan, hi. Ups, ingat lho meskipun enak jangan sampai berlebihan karena yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh.

Batu, Cinta, Mimpi, Harapan, Pasir, Emosi, Dekorasi
Harapan itu pasti ada. (Sumber : Pixabay)
Evaluasi yang sudah dijalani
Tentunya sudah banyak hal yang kita lakukan selama tahun ini. Ada yang berhasil sesuai harapan, tetapi ada juga yang belum berhasil diwujudkan. Rencana saya di tahun ini yang belum terwujud adalah belum punya keberanian yang penuh untuk melakukan sesuatu hal. Ya, saya masih merasa kurang percaya diri, apalagi dalam hal menulis, masih newbie istilahnya. Adanya komunitas yang mendukung saya, justru memberikan banyak motivasi dan semangat yang kuat untuk terus mencoba dan melakukan yang diinginkan. Tentunya dengan segala persiapan dahulu, bukan dengan asal-asalan. Karena hasil yang terbaik tetap yang diharapkan.

Persiapan yang dilakukan apa? Seperti baca buku, mencari teman yang bisa memotivasi juga mencoba menulis sedikit demi sedikit. Bukankah suatu perbuatan yang dilakukan terus menerus maka nantinya bisa jadi rutinitas yang menyenangkan. Hasil yang terbaik akan didapatkan kalau kita mau terus mencoba dan berusaha. Di saat kita merasa kekuatannya menurun, jangan terlalu lama dibiarkan, karena bisa bikin tujuan menjadi tertunda atau bahkan bisa gagal dilakukan. Ooo no. Tentu bukan itu yang diinginkan.
Resolusi tahun mendatang
Meniti hari untuk melanjutkan kisah kehidupan ini tentu membutuhkan harapan dan cita-cita. Ya, agar kehidupan kita bisa terus terarah dan lebih termotivasi. Apa ya yang jadi resolusi untuk tahun 2020?

Direktori, Papan Penunjuk Arah, Harapan, Keputusasaan
Resolusi tahun mendatang. (Sumber : Pixabay)
Resolusi utama adalah berusaha untuk terus jadi lebih baik dan menjaga keistiqomahan. Ujian yang datang menghadang pastinya ada, karena bertujuan untuk lebih menguatkan harapan dan cita-cita kita. Selanjutnya meningkatkan kemampuan dan keberanian untuk terus merangkai kata melalui tulisan. Hempaskan semua rasa yang membuat kita tidak percaya diri atau bisa bikin kita berputus asa.

Meski hasil yang didapatkan belum terlihat jelas, tetapi ini bisa menjadi tantangan untuk terus mengevaluasi diri. Keberhasilan memang tidak mudah diraih, tetapi dengan usaha dan semangat yang kuat, maka ujian yang menghadang tidak akan mampu menggoyahkannya.     
Setiap insan pastinya mempunyai keinginan. Hasrat untuk menjadi yang terbaik dalam kehidupannya, berbagi dengan sesama, juga mampu memberikan kebahagiaan bagi orang yang tersayang. Hari yang sudah dilalui menjadi evaluasi diri dan waktu yang menghadang di depan mata, bisa menjadi tantangan juga semangat agar mampu terus dijalani dengan lebih baik lagi.

Semoga esok hari menjadi hari yang terindah. Mampu menggapai harapan dan asa. Membuang hal buruk yang telah terjadi dan membuatnya sebagai pelajaran serta pengalaman yang berharga. InsyaAllah.

Salam resolusi.   
 

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(4) Komentar

  1. Noted Mbak Asih, keep istiqomah yaa… Semoga segala resolusi bs diridhoi Allah SWT. Aamiinn

  2. Salam kenal Mbak Asih,

    Yuk sama-sama saling menyemangati Mbak, semoga di tahun depan, lebih banyak lagi manfaat yang bisa kita tebar dan kita panen melalui menulis blog..

  3. Salam kenal juga Mbak.

    Semoga harapan kita bisa terwujud ya Mbak. Berjuang bersama dengan semangat literasi.

  4. Keep semangat juga Mbak. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *