Nikmati Liburan Untuk Menjaga Kesehatan

Nikmati Liburan Untuk Menjaga Kesehatan

Ħăi … Saat  rasa penat dan letih menumpuk dalam jiwa, hal yang menyenangkan untuk dilakukan adalah melakukan liburan. Bisa seorang diri, dengan teman atau bersama keluarga. Pokoknya bisa merilekskan pikiran dengan melakukan tadabbur alam. Yuk, kita nikmati liburan untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. 

Nikmati Liburan untuk Menjaga Kesehatan

Liburan menjadi quality time yang berarti untuk semua anggota keluarga dalam menjaga kondisi fisik dan mental. Menikmati indahnya panorama alam bisa membantu menyegarkan pikiran, mengurangi stres dan meningkatkan bonding keluarga.

Nikmati Liburan Bersama Keluarga

Pandemi yang sudah berjalan setahun ini tentu mempengaruhi kondisi kesehatan semua insan manusia. Sampai saat ini tidak sedikit yang masih membatasi aktivitas meskipun sudah ada vaksinasi Covid. Bertujuan untuk saling menjaga kesehatan satu sama lain. 

Lalu bagaimana bisa melakukan liburan? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa berlibur. Ada yang membuat tenda di sekitar rumah dan bermalam di sana. Berlibur dengan bermain bersama anak-anak dan anggota keluarga lain atau dengan melakukan kegiatan bersama yang menyenangkan, misalnya masak, berkebun, membersihkan kolam ikan, bermain dan membersihkan hewan peliharaan dan kegiatan lainnya. 

Ada juga yang lebih banyak mengisi waktu liburannya dengan melakukan me time, dan istirahat yang cukup. Apapun bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan dengan hal-hal yang menyenangkan. Bukankah hati yang senang akan membuat imun tubuh menjadi meningkat, yes.

Manfaat Liburan Bagi Keluarga

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah menikmati liburan, yaitu :

1. Menghindari Stres

Masalah tidak hanya datang dari pekerjaan, tetapi bisa dari banyak hal. Bisa dari diri sendiri karena pengaruh rasa kurang percaya diri, lelah karena kurang istirahat atau ada masalah dengan orang lain baik dengan teman, tetangga atau orang dekat lainnya. 

Manfaat Liburan Bagi Kesehatan

Masalah tersebut tidak ayal membuat diri membutuhkan energi yang ekstra. Namun bagaimana bisa mendapatkannya jika fisik saja sudah merasa lemah dan berat untuk berpikir yang kompleks. 

Berbagai permasalahan yang datang silih berganti inilah yang kondisi tubuh kita menjadi stres ditambah karena kurang istirahat, atau konsumsi makan yang tidak beraturan. Nah, disaat kondisi fisik seperti inilah kita membutuhkan penyegaran yang benar-benar mampu memulihkan kondisi kita. Salah satunya dengan melakukan liburan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat bisa kita dapatkan dengan menjaga kondisi fisik dan mental. Tidak hanya cukup dari makanan sehari-hari dan istirahat saja. Keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental tentu sangat berpengaruh. 

3. Mampu Meningkatkan Produktivitas

Kita semua tentunya ingin apa yang dicita-citakan bisa terwujud dengan hasil yang memuaskan. Ya, kita perlu menjadi diri yang produktif, mau terus berkembang dan maju, serta tidak mudah putus asa. 

Liburan yang menyenangkan akan membuat kita menjadi diri yang baru. Mendapatkan ide cemerlang, karena kondisi tubuh sudah bugar dan saat liburan mendapatkan banyak inspirasi. 

4. Meningkatkan Aura Positif

Membuat diri lebih bahagia dan bersemangat memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Setiap orang tentu punya cara jitu untuk meningkatkan aura positif dalam dirinya. Ada yang lebih senang bepergian ke tempat yang bisa memberikan inspirasi, berbagi dengan teman atau kerabat terdekat atau traveling. 

Aura positif bisa tergambar melalui raut wajah. Terlihat lebih awet muda, mudah tersenyum, tidak mudah marah, wajahnya bercahaya atau terlihat penuh kharisma. Ada beberapa cara membuka aura positif dalam diri kita, antara lain :

  • tidur dalam jumlah cukup
  • memanjakan diri dengan me time
  • berhusnuzon
  • berlibur ke tempat yang menyenangkan
  • mampu lapang hati dan lapang dada dengan apa yang dialaminya

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Saat kondisi fisik melemah, obat dan istirahat bisa membantu memulihkan. Namun bagaimana dengan kondisi mental yang menurun. Ingin mengungkapkan apa yang dirasakan tetapi tidak tahu dengan siapa atau berharap bisa mendapatkan saran, tetapi belum menemukan yang cocok. 

Lagi-lagi semuanya dipendam sendiri dan membuatnya diam tak berdaya. Kesehatan mental yang terus menurun tidak hanya akan membuat diri semakin kurang percaya diri juga akan membuatnya tidak berkembang.  

5 Tempat Liburan Favorit yang Mengesankan

Ada banyak pilihan untuk melakukan liburan menyenangkan. Mulai dari melihat panorama alam di pegunungan, birunya pantai, susunan sawah yang hijau dan menyegarkan atau berupa hamparan rumput yang menyegarkan penglihatan. Berikut ini 5 tempat liburan favorit yang mengesankan bagi saya dan keluarga, yaitu :

1. Bandung Parahyangan

Adakah yang masih meragukan keindahan alam parahyangan ini. Daerah dataran tinggi yang mempunyai banyak wisata. Udaranya yang dingin dan menyegarkan ini membuat pengunjung betah hingga enggan pulang. 

Saya suka bingung menentukan tempat wisata saat singgah ke Bandung. Semua wilayah Bandung punya sisi kelebihan masing-masing dan yang sering dikunjungi adalah Lembang, termasuk kabupaten Bandung Barat.   

2. Malioboro, Yogyakarta

Tempat Liburan Favorit Mengesankan

Mendengar kata Yogyakarta yang akan diucapkan pertama kali adalah Malioboro. Menapaki pinggiran Jl. Malioboro yang riuh ramai menjadi pemandangan yang mengesankan. Berbagai pernak-pernik khas Jogja bisa menjadi pilihan buah tangan yang menarik.

Banyak penganan juga yang bisa dipilih untuk menemani waktu sore hari di tempat ini. Pecel, sate ayam, aneka minuman dan makanan lainnya yang menggugah selera. Bisa juga mampir ke pasar Bringharjo untuk membeli berbagai koleksi pakaian, baik untuk keseharian atau acara resmi tertentu. 

Jalan ini sebenarnya mulai ramai dari ba’da Ashar hingga larut malam. Namun meskipun toko-toko sepanjang jalan ini tutup, temaram cahaya lampu dan kursi-kursi yang ada di bagian pertokoan seolah memberikan kenyamanan tersendiri sehingga wisatawan tetap betah sambil berbincang santai ke sana kemari.      

3. Puncak, Bogor

Daerah puncak Bogor merupakan bagian terdekat dengan wilayah Jakarta dan sekitarnya sehingga memudahkan untuk dikunjungi. Tidak hanya saat liburan panjang saja ramai wisatawan, weekend pun tetap semarak. 

Panorama alam yang tersaji membuat penglihatan menjadi lebih cerah di tambah sejuknya udara pegunungan yang mampu memanjakan para wisatawan.   

4. Ngawi, Jawa Timur

Daerah Ngawi menjadi salah satu pilihan wisata karena anak sedang menuntut ilmu di sini. Memang tidak ada waktu yang khusus untuk berkunjung, tetapi ada kenyamanan tersendiri saat datang dan bermalam bersama anak dan keluarga. 

Lingkungannya tenang, adem dan menyenangkan. Selain itu juga bisa bercengkrama juga dengan orang tua wali murid lainnya. 

5. Pulau Dewata, Bali

Tempat Liburan Favorit Mengesankan

Daerah wisata ini memang sudah menjadi kesukaan banyak orang termasuk wisatawan luar negeri. Tradisi dan keindahan alamnya membuat banyak wisatawan nyaman dan ingin kembali lagi. Faktanya Bali juga menjadi salah satu tempat wisata yang terpopuler di dunia tahun 2020. Yeay, Bali merupakan Indonesian paradise yang mempesona.

Dimanapun tempat wisata yang dipilih untuk menikmati liburan tentu akan menyenangkan. Kita bisa menikmati alam sekitar, mentadabburi ciptaan Sang Ilahi dan menjaga alam sebaik mungkin agar bisa terus memberikan kemanfaatan untuk semua makhluk hidup. 

Penutup

Nikmati liburan untuk menjaga kesehatan jadi bagian yang berarti. Bukan hanya sekadar untuk cuci mata saja, tetapi kita bisa mendapatkan banyak manfaat dengan menikmati liburan itu. Tubuh dan mental membutuhkan penyegaran agar kita mampu memfungsikannya dengan maksimal. 

Rasa lelah, penat, bosan dan jenuh perlahan akan terkikis. Seolah diri menjadi jiwa yang baru yang penuh dengan banyak inspirasi untuk menunjang harapan dan asa yang sedang kita bangun. Setujukah? Daerah wisata mana nih, yang jadi kesukaanmu?

Salam, 

Share the article :

5 komentar untuk “Nikmati Liburan Untuk Menjaga Kesehatan”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *