Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa

5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Berpuasa Ramadan

Ђคll๏ …Saat puasa biasanya kamu tetap melakukan olahraga atau tidak? Ada yang merasa khawatir kalau olahraga yang dilakukan nantinya bikin tubuh lemas. Duh, jenis olahraga yang dianjurkan saat puasa itu seperti apa, sih. 

Bolehkan Olahraga Saat Puasa

Bolehkan Olahraga Saat Puasa

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan selama menjalani ibadah puasa. Melakukan me time atau aktivitas seru bersama keluarga.  Dibalik semua kegiatan tersebut, hendaknya olahraga tetap bisa dilakukan, termasuk saat berpuasa.

Berpuasa adalah menahan dahaga dan lapar selama beberapa jam, mulai dari waktu imsak sebelum subuh hingga Maghrib. Kalau dihitung-hitung, sih, lamanya kita berpuasa itu sekitar 11-20 jam disesuaikan dengan wilayah masing-masing. 

Kita yang tinggal di Indonesia waktu berpuasanya kurang lebih 13,5 jam. Tentunya berbeda dengan beberapa negara lainnya. Mengutip dari The Nasional News, Norwegia, Greenland dan Finlandia menjalani durasi terlama berpuasa di bulan Ramadan tahun ini yaitu 20 jam. Sedangkan Selandia Baru, Argentina dan Afrika Selatan durasi puasanya tersingkat, yaitu 11,5 jam.  

Menilik kondisi tersebut maka menjaga kesehatan selama berpuasa dengan melakukan olahraga tentu mampu mendukung kondisi fisik. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan jika kita ingin melakukan olahraga?

1. Olahraga Hanya Dilakukan Sebentar

Olahraga merupakan bentuk penyegaran tubuh dengan melakukan gerakan tertentu. Maka sebelum melakukannya kita perlu memahami dahulu bagaimana kondisi tubuh kita dan tidak memaksakan diri. 

Kondisi saat berpuasa tentu berbeda dengan hari-hari biasanya. Untuk menjaga kondisi tersebut maka jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan adalah olahraga dengan intensitas ringan, seperti jalan santai atau bersepeda. Durasinya pun tidak lama, cukup 30 menit sebelum waktu berbuka puasa. 

2. Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Terpenuhinya tubuh dengan asupan cairan yang cukup akan membantu terhindar dari dehidrasi. Asupan cairan air putih sebanyak delapan gelas per hari. Jumlah ini tidak termasuk cairan dari asupan yang lain, ya, seperti kuah sayur juga minuman berwarna. 

Jumlah tersebut memang terbilang cukup banyak dan apakah asupan kita sudah terpenuhi? Saya belum sempat hitung berapa gelas asupan air putih saya selama ini, jadi penasaran, nih. Meski demikian, untuk yang sudah terbiasa minum dalam jumlah cukup maka tidak masalah. 

3. Cukup Istirahat

Jumlah waktu istirahat juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan fisik kita. Pernah nggak kamu merasakan bagaimana kondisi tubuh saat kurang tidur? Pusing dan tubuh rasanya kurang semangat. 

Waktu istirahat yang cukup adalah 7-8 jam. Sebaliknya jika kita kelebihan waktu tidur juga kurang baik, badan jadi tambah lemas. Karena itu jumlah tidur yang cukup tetap lebih baik. 

Olahraga yang Dianjurkan Saat Berpuasa

Bagi umat Muslim, Ramadan menjadi bulan kemuliaan dan berbeda dengan bulan lainnya. Berpuasa tidak menghalangi seseorang untuk tetap aktif menjalani kegiatan rutinitas. Untuk mendukung stamina tubuh yang optimal, kita tidak hanya bergerak aktif saja. Perlu didukung olahraga yang membuat tubuh tetap bugar.

Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan saat berpuasa antara lain :

Olahraga yang Dianjurkan Saat Puasa

1. Jalan Santai

Setelah sahur, enaknya memang tidur kembali. Namun, bisa juga melakukan jalan santai dan jaraknya tidak perlu terlalu jauh. Sambil berjalan kita bisa menghirup udara segar dan menikmati terbitnya matahari pagi. 

2. Bersepeda

Bagi sebagian orang bersepeda saat ini sudah menjadi bagian kehidupannya. Saat waktu libur berkeliling sambil bersepeda. Melihat kondisi di luar rumah dan menghirup udara segar. Tentunya tetap dengan menjaga protokol kesehatan, ya. 

Bersepeda juga bisa membantu menenangkan pikiran, lho. Karena saat kita berkeliling, pikiran jadi teras lebih rileks.

3. Yoga

Tahukah kamu tentang yoga? yaitu merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang terfokus pada pernafasan, kekuatan dan kelenturan tubuh. Ada berbagai jenis yoga dan manfaatnya juga banyak. Pemilihan jenis yoga bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuh dan lakukan secara bertahap. 

Manfaat Olahraga Saat Puasa

Saat ditanya jenis olahraga apa yang kamu lakukan di waktu-waktu tertentu, suka bingung. Olahraga yang paling sering dilakukan biasanya jalan santai di lingkungan sekitar rumah. Waktunya juga disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jadi bisa beda-beda. 

Nah, setelah tahu jenis olahraga yang dianjurkan saat puasa apakah kita akan istikamah melakukan olahraga setiap harinya? Harapannya, sih, iya, karena kita semua tahu bahwa olahraga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Tidak hanya sekadar bikin tubuh bugar saja, tetapi ada manfaat lain yang bisa didapatkan, yaitu :

  1. Mengurangi stres
  2. Mengurangi kantuk
  3. Detoksifikasi tubuh
  4. Melancarkan aliran darah

Penutup

Olahraga yang dianjurkan saat puasa bisa membantu mengoptimalkan kondisi tubuh. Namun, tetap ada aturan yang sebaiknya menjadi perhatian agar puasa tetap berjalan dengan lancar. 

Selain itu juga untuk menghindari terjadinya dehidrasi jika olahraga dilakukan di waktu yang kurang tepat dengan durasi yang lebih lama. Tubuh kita memang perlu terus dijaga keseimbangannya agar kondisi kesehatan tetap maksimal. Ibadah puasa pun bisa berjalan dengan baik sampai hari akhir. 

Salam sehat, 

Share the article :

2 komentar untuk “5 Olahraga yang Dianjurkan Saat Berpuasa Ramadan”

  1. Ping-kembali: Tips Aktif dan Produktif Saat Bulan Puasa - UmmiSyifa.com

  2. Ping-kembali: Resep Aneka Takjil Favorit Keluarga yang Istimewa - UmmiSyifa.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *