Bola Kasti Termasuk Olahraga Mengasyikkan

Bola Kasti Termasuk Olahraga Mengasyikkan

Ħăiii … Adakah yang pernah menikmati masa olahraga dengan bola kasti? Zaman sekarang olahraga ini sudah tidak ada dalam kegiatan di sekolah. Sekarang jenis olahraganya dengan basket, voli, renang, futsal. Apa benar bola kasti termasuk olahraga yang mengasyikkan? Lalu kenapa tidak ada lagi di masa sekarang?

Bola Kasti Termasuk Olahraga Mengasyikkan

Saat diminta untuk menulis mengenai tema olahraga, tiba-tiba ingat jenis olahraga masa kecil dulu (masa sekolah dasar). Sayangnya saat ini sudah tidak terlihat anak-anak melakukannya lagi. Mungkinkah sudah terlupakan? Padahal bola kasti termasuk olahraga mengasyikkan kala itu. 

Selidik punya selidik tentang bola kasti ternyata bukan termasuk jenis olahraga lo, tetapi bagian dari permainan bola. Padahal banyak gerakan yang dilakukan, lari, melempar bola dan yang main sampai keringatan. 

Kalau ingat keseruan bola kasti rasanya jadi kangen. Anak-anak sekarang mungkin tidak mengenal apa itu bola kasti. Padahal bola kasti termasuk olahraga mengasyikkan, ee salah permainan mengasyikkan. Meskipun terkesan lawas, tetapi sayang kalau dilupakan. 

Mungkin masih ada yang tetap melakukan permainan ini. Hanya saja bukan di kota besar. Bagaimana mungkin melakukan permainan ini kalau tempatnya saja tidak ada. Lapangan luas sekarang jarang terlihat. Sudah diberdayakan untuk apartemen, tempat parkir, pembangunan rumah atau kios. 

Jenis Olahraga yang Disukai

Ada beberapa jenis olahraga yang saya dan keluarga sukai, seperti :

Badminton

Olahraga satu ini banyak peminatnya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua. Bahkan sering dijadikan sebagai perlombaan pertandingan. Badminton atau bulu tangkis pernah membawa nama bangsa kita harum, karena atletnya beberapa kali jadi juara, termasuk juara olimpiade. 

Ingat waktu remaja, kalau ada pertandingan bulu tangkis sekeluarga ikutan nonton sampai habis dan teriak kegirangan kalau Indonesia menang. Beda dengan kondisi sekarang. Jarang nontonnya. 

 

Pentingnya Menjaga Kesehatan

 

Berenang

Tidak jauh berbeda dengan olahraga badminton. Berenang juga termasuk banyak peminatnya. Gerak bebas di air dan menikmati kesegaran air kolam memang jadi daya tarik buat semua orang. Anak kecil saja sudah dilatih berenang menggunakan pelampung. Mereka bisa belajar menggerakkan kakinya di air.  

Manfaat yang didapatkan dari olahraga ini, seperti :

  • Meredakan stres
  • Mampu menggerakan seluruh organ tubuh, mulai dari kepala, tangan, kaki.
  • Membakar kalori. 
  • Memperkuat otot jantung dan paru-paru
  • Meningkatkan mood
  • Bisa dilakukan oleh segala usia

 

Senam Ringan

Olahraga ini yang mudah dilakukan dimanapun dan waktunya juga bisa pagi hari atau sore. Waktu yang menyegarkan adalah pagi hari, tetapi saat tidak sempat melakukannya maka bisa waktu sore. Memang tidak keluar banyak keringat. Namun tubuh terasa nyaman karena gerakan yang dilakukan. 

Selain senam ringan bisa juga dengan jalan santai. Saat pandemi ini saya agak membatasi diri untuk keluar rumah, jadinya dialihkan dengan jenis lainnya. Padahal jalan santai itu enak banget. Menghirup udara pagi hari sambil menyegarkan suasana hati plus saat pulang bisa sambil belanja untuk masak pagi hari. Jadi dapat banyak plusnya kan. Hehe. 

  Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan

Menikmati Kehidupan

Nikmat hidup akan semakin kita rasakan saat kondisi tubuh sehat. Saat ke rumah sakit dan melihat banyak orang yang memeriksakan dirinya atau keluarga untuk mendapatkan penanganan dokter, hati rasanya jadi bergetar. Mengingatkan diri bahwa tidak selamanya kesehatan akan dirasakan.  

Kesehatan merupakan harta tak bernilai harganya dan kita bersyukur atas karunia ini. Berharap kita mampu terus menjaganya sebaik mungkin. Namun lagi-lagi tidak mungkin akan terus sehat jika kita tidak mengusahakannya dengan sungguh-sungguh. Pola hidup sehat jadi pedoman dengan menjaga konsumsi makan dan minum, tidak berlebihan dalam melakukan suatu hal, olahraga teratur, hindari stres, cukup istirahat juga selalu berhusnuzon dengan apapun yang terjadi. 

Baca juga :

 

Penutup

Bola kasti termasuk olahraga mengasyikkan, betul banget. Meskipun setelah menyelisik bukan masuk dalam kategori olahraga, bola kasti tetap jadi bagian olah tubuh yang menyenangkan. Ada kekompakan, keseruan juga kehebohan. Lebay ya. Hiks.

Bola kasti jadi dari bagian permainan bola. Padahal bola yang dipakai kecil, bola kasti. Bolanya cakep, sedikit berbulu, warnanya kuning atau hijau muda dan ringan. Duh udah lama juga nggak lihat keberadaan bola ini. 

Apapun jenis olahraga yang kita pilih, semoga bisa terus rutin kita lakukan ya. Ingat-ingat lagi kalau kesehatan itu mahal dan penting banget bagi kehidupan ini. Duh, jadi pengin tahu nih, olahraga apa sih yang jadi kesukaanmu dan apa alasannya?  

Salam,

Share the article :

19 komentar untuk “Bola Kasti Termasuk Olahraga Mengasyikkan”

  1. wah aku kira selama ini main kasti ya olahraga mbak, wkwkw
    zaman SD dulu tiap minggu main kasti sama temen2, kalau pas masang kena bola kastinya duh sakitnya gile smpe biru2. tp seru. aku pun suka berenang dan main badminton wlpun amatiran 😀

  2. Saya salah satu pelaku pemain bola kasti saat kecil. Iya saya angkatan 80an hehehe
    Sebenarnya bola kasti itu menggunakan bola tenis. Di kampung, tenis belum membumi. Bolanya aja kalau kami main, itu dapat mulung dari lapang tenis milik Seskoad di Kaveleri Bandung. Ya lahir dan masa kecil saya memang di dekat Seskoad Bandung

  3. Olah raga pas SD ini. Hahaha. Seru banget main bola kasti. Mirip bisbol, tapi pemukulnya pas zaman saya SD dulu tongkat pipih, bukan bulat.

    Asik banget pas nunggu giliran kita jadi pemukul. Paling deg-degan kalo kita jadi giliran pelari yang harus berkejaran dengan waktu sesuai jarak pukulan kawan setim menuju titik perhentian berikutnya, sampai finish. Waaah ,jadi nostalgia.

  4. Eh iya ya dulu waktu SD main bola kasti ama temen sekelas jadi favorit lho. Mirip bisbol karena pake pemukul kayu juga ya tp gak ada home run nya gitu… kl pas lari usaha aja agar gak kena lemparan bola. Duhh mendadak kangen ke masa itu

  5. Terakhir main kasti bareng ibu-ibu komplek waktu tinggal di Sumut (2002-2007) karena ada stadion di dekat perumahan. Kalau di Jakarta sudah susah, enggak ada tempat memadai buat main kasti hihihi
    Heran juga di sini kasti termasuk kategori permainan ya, padahal mirip baseball yang di Amerika termasuk jenis olahraga

  6. Kak asih.. saat baca artikel ini pikiranku menerawang saat masih sekolah. Beneran yaaaak zaman dulu itu kasti udah dimainin dari SD, SMP bahkan sampe aku SMA loh..

    Dan ini olahraga yang dulu bikin berantem antar kelas karena mau menang. Hehehe.
    Sedihnya sekarang anak sekolah udah jarang nih tau permainan ini.

  7. Duh jadi inget dulu pas SD seneng bangett main kasti. Tiap istirahat sekolah, tiap Sabtu, tiap minggu main kasti terus hahah. Skrg udah ngga pernah. Cari lapangannya yg susah euy

  8. Kasti ini jadi permainan khas kalau lagi pelajaran olahraga saat SD, cuma baru tahu kala di SMP, kalau permainan kasti waktu SD sudah agak dimodifikasi, wkwk aneh2 aja SDku, beda dikit gitu sih, mumgkin benar ya memang permainan jadi dibawa seruu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *