Food

Minum Jus Buah, Yuk Nikmati Kesegarannya

Minum jus buah

Halo semua … Suka minum jus buah? Sudah beberapa hari ini udara terasa begitu panas ya. Minum air putih saja rasanya masih kurang. Ada yang ingin lebih dinikmati saat dahaga ini begitu terasakan. Apa ya? Aha… minum yang segar seperti ada tambahan es batu tentu bikin rasa haus ini hilang.

Bila tidak suka dengan tambahan es batu bisa dengan minuman yang sudah didinginkan sebelumnya, tetapi ada yang bilang kalau minum dingin saat udara terasa panas punya dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Benar tidak sih seperti itu?

Kesegaran minum jus buah

 

Minum Jus Buah Menghindari Dehidrasi

Nikmatnya minum jus buah memang beda dengan minum air putih. Menikmati kesegaran air akan membuat dahaga yang dirasakan menjadi hilang. Asupan cairan yang terpenuhi dalam jumlah cukup membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Cairan tubuh yang keluar melalui keringat akan mempengaruhi keseimbangan cairan sehingga perlu segera mendapatkan penggantinya. Asupan cairan per hari yang dianjurkan sekitar 2 liter.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh tentu menjadi hal yang penting, terlebih saat kondisi cuaca panas seperti beberapa hari belakangan ini. Rasanya akan lebih nikmat jika saat haus bisa langsung minum air yang menyegarkan dan terasa dingin. Memang saat cuaca panas boleh saja menikmati cairan dingin dengan tetap memperhatikan keseimbangan suhu dan cairan tubuh sehingga kita bisa terhindar dari dehidrasi.

Selain menikmati air dingin, kita juga bisa konsumsi buah-buahan segar. Kandungan didalamnya selain tinggi akan cairan juga kaya akan kandungan zat gizi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Bisa dengan mengonsumsi secara langsung, di jus, bikin puding ataupun dibuat setup buah. Apapun bentuk hasil olahan buah, tetap akan terasa nikmat.

Manfaat minum jus buah

Jenis Buah Untuk Jus

Apa sih yang disukai saat minum jus? Rasanya manis, dapat dua manfaat yaitu cairan tubuh terpenuhi juga ada tambahan serat buahnya. Manfaat jus antara lain :

  • Tinggi kandungan serat sehingga bisa melancarkan saluran pencernaan.
  • Mampu mengontrol berat badan juga.

Ada beberapa jenis buah yang biasanya diolah menjadi minuman segar atau jus. Jenis buah dan kelebihan kandungan nutrisinya antara lain :

  • Jeruk : tinggi kandungan vitamin C, kalium dan asam folat.
  • Semangka :  kandungan cairannya lebih banyak, tinggi vitamin C dan A.
  • Alpukat : memiliki kandungan vitamin B, C juga biotin untuk pertumbuhan kuku dan rambut.
  • Mangga : tinggi kandungan vitamin C, A juga asam folat.

Selain kesegaran yang didapatkan, jus jeruk berdasarkan penelitian American of Academy Neurology, dapat membantu menurunkan risiko hilangnya memori yang terjadi pada kaum laki-laki. Masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah secara teratur. Pembuatan jus selain menggunakan buah-buahan juga bisa dengan cara di mix antara sayuran dan buah. Kandungan nutrisinya akan jadi semakin banyak yang terserap oleh tubuh.

Buah kaya akan nutrisi

 

Baca : Yuk, lakukan ini untuk lawan Covid-19

Buah Kaya Nutrisi

Buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh juga kaya dengan cairannya. Tidak dipungkiri zat gizi yang terdapat dalam buah-buahan membantu meningkatkan metabolisme tubuh juga mudah di olah menjadi berbagai jenis sajian. Setiap jenis buah mempunyai kelebihannya masing-masing, begitu pun citarasanya. Jeruk yang terdiri dari beberapa jenis varian juga memiliki kekhasan masing-masing. Dari jenis yang ada, biasanya yang paling disukai adalah jeruk Medan atau jeruk Pontianak.

Untuk citarasanya tidak diragukan lagi, tetapi masih ada lho yang kurang menyukai buah. Misalnya kurang suka buah nanas, duren, jeruk atau pisang. Bisa karena aromanya yang tajam, bentuknya yang terlalu lunak atau alasan lainnya.

Seperti buah duren, siapa sih yang tidak suka dengan jenis buah ini. Mulai dari anak-anak sampai orang tua, begitu mencium aromanya ada yang langsung kepengin menikmati. Namun, untuk yang tidak suka maka akan segera tutup hidung lalu pergi, bahkan ada juga yang sampai mual mencium aromanya saja.

 

 

Bersyukurnya kita yang tinggal di negara dengan keanekaragaman hasil bumi. Ada beragam buah dan sayuran yang ada disekeliling kita, sehingga memudahkan kita dalam memanfaatkan hasil bumi ini. Bila ada yang tidak suka dengan jenis buah tertentu maka bisa konsumsi jenis buah yang lain. Jadi tetap ada penggantinya dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya juga.

 

Salam,

 

Referensi :  www.hellosehat.com

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(4) Komentar

  1. Aku paling suka jus alpukat. Enak dan menyehatkan.

    1. Idem Mbak, meskipun kalorinya makin tambah banyak karena ada tambahan susu dan gula. Hehe.

  2. kalo aku suka banget mengonsumsi mangga dan ternyata memiliki kandungan tinggi akan vitamin C, A juga asam folat 😀 terimakasih atas infonya ya kak

    1. Jus mangga memang enak dan banyak yang suka, tapi musiman sih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *