Lifestyle

Tangkal Corona dengan Meningkatkan Imunitas Diri

Tangkal Corona dengan Meningkatkan Imunitas Diri

Ђคll๏ … Bagaimana aktivitas yang kamu lakukan selama masa pandemi? Apapun aktivitas yang sedang berjalan ataupun direncanakan semoga semuanya berjalan sesuai harapan ya. Betul banget, kita perlu terus menjaga kebahagian diri supaya bisa tangkal Corona dengan meningkatkan imunitas diri kita. Setujukan! Di masa pandemi ini menjaga imunitas penting banget. Apalagi sampai hari ini jumlah kasus yang terkonfirmasi positif masih tetap tinggi. Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Tangkal Corona dengan Meningkatkan Imunitas Diri

Meningkatkan imunitas diri bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya :

1. Menjaga asupan nutrisi

Tubuh yang sehat tentu jadi harapan semua orang, tanpa terkecuali. Saat sehat kita bisa menikmati makanan yang tersaji dengan lahap. Namun saat sakit, nafsu makan akan mengalami penurunan, tetapi siapa sih yang mau sakit? Nggak akan ada yang mau. Menjaga asupan nutrisi yang baik dan tidak berlebihan tentunya perlu diperhatikan.

Ingat makan tidak hanya sekadar kita merasa kenyang saja, tetapi hendaknya bisa benar-benar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ada kandungan nutrisi karbohidrat (nasi, umbi, tepung, roti, pasta), lemak, protein (tempe, daging, telur), vitamin dan mineral (buah dan sayur). 

2. Cukup Istirahat

Istirahat adalah merehatkan tubuh dari aktivitas yang dilakukan. Waktu istirahat dalam sehari adalah sekitar 7-8 jam. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat juga bisa memperbaiki suasana hati, juga meredakan pikiran. Meskipun sekarang kita banyak melakukan lebih banyak di rumah bukan berarti jadi lebih banyak tidurnya ya. Karena bisa bikin kepala pusing juga. Hiks. 

3. Melakukan Olahraga Rutin

Olahraga apa sih yang biasanya kamu lakukan? Kalau saya lebih sering senam ringan dan jalan santai, tetapi yang paling enak dilakukan saat ini senam santai. Biasanya pagi atau sore hari. Waktu yang paling enak sih pagi setelah salat subuh. Udaranya segar banget. 

4. Hindari Stres

Dalam menjalani kehidupan rasanya tidak ada insan yang tidak punya masalah. Ada problem pribadi, pekerjaan, keluarga, saudara, atau tetangga. Semua memang perlu diselesaikan, tetapi bagaimana bisa kalau pikiran kita tidak tenang. Kondisi stres tidak akan menyelesaikan masalah, justru sebaliknya. 

5. Tetap Positif Thinking

 Berpikiran positif akan membuat kita jadi lebih rileks. Semua permasalahan yang datang disambut dengan senyuman, kemudian mencari solusi yang terbaik. Apapun yang kita hadapi nantinya akan terasa lebih ringan dan mudah. 

6. Tetap Tersenyum

Senyum bisa menunjukkan bagaimana aura dalam jiwa kita lo. Mungkinkah bisa tersenyum kala hati sedang sedih atau marah. Pasti nggak mungkin. Berarti yang tersenyum adalah orang yang bahagia. 

7. Bersyukur Atas Semua Nikmat 

Sang Khalik memberikan banyak kenikmatan kepada semua hamba-Nya, tanpa membedakan. Sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu mensyukuri semua nikmat tersebut dengan semakin mendekatkan diri kepada-Nya, baik dengan menjalankan perintah-Nya juga menjauhi larangan-Nya. Hati rasanya jadi lebih tenang dan tentram banget. 

Meningkatkan Imunitas Diri

Baca juga : Peran Ibu Bantu Mencegah Penyebaran Covid-19

Masa Pandemi

Belum dapat dipastikan sampai kapan kita menghadapi masa pandemi ini. Kalau melihat bagaimana kondisi di luar sana, rasanya pandemi itu tidak ada. Namun ketika melihat pemberitaan di media, rasanya sedih. Semakin hari orang yang terkonfirmasi positif bertambah dan tidak kita duga orangnya. Tetanggakah, teman, kerabat terdekat, dan lainnya. 

Pertanyaan yang sering muncul, dari mana mereka bisa terkena virus itu? Tentu tidak ada yang bisa menduga karena virus ini tidak terlihat dan siapa yang menularkan tidak bisa diketahui secara pasti. 

Hal yang kita lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin untuk tangkal Corona dengan meningkatkan imunitas diri juga terus menjaga protokol kesehatan dengan 3M. Selain itu juga tidak keluar rumah kala tubuh terasa kurang sehat. 

Baca juga :

Penutup

Tangkal Corona dengan meningkatkan imunitas diri bertujuan agar kondisi kita dan keluarga terus terjaga kesehatannya. Menikmati masa di rumah saja dengan melakukan hal yang kita sukai agar rasa jenuh yang dirasakan tidak membuat kita semakin melemah. 

Harapan kita semua sama, semoga masa pandemi ini segera berakhir. Berbagai tindakan preventif terus dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Maka kita perlu mendukung dengan menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari, 3M. Semoga kita semua terjaga kesehatannya dan imun tubuh terus terjaga. 

Salam,

Share the article :

Tentang Penulis

About Asih Mufisya

Motherhood blogger dan mencintai dunia literasi juga suka baking yang simple.

(1) Komentar

  1. […] Tangkal Corona dengan Meningkatkan Imunitas Diri  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *